User Interface Adalah: Definisi, Fungsi, Jenis, & Contohnya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

22 March 2024

1260

Image Banner


User interface adalah kunci dari keberhasilan aplikasi atau perangkat. Pasalnya, UI berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara konsumen dan aplikasi, serta memengaruhi pengalaman pengguna.


Secara keseluruhan, user interface adalah elemen yang memainkan peran penting untuk memudahkan interaksi dengan teknologi. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!



Apa Itu User Interface?


User interface adalah elemen krusial dalam interaksi manusia dengan berbagai sistem digital. Secara garis besar, UI adalah antarmuka yang menghubungkan pengguna dengan teknologi.

UI memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan menjalankan tugas-tugas mereka secara efisien. Dalam aplikasi, desain UI mencakup semua yang bisa dilihat, disentuh, atau didengan pengguna saat berinteraksi dengan suatu sistem.

Contoh UI antara lain tombol, teks, gambar, dan semua elemen grafis. UI dibuat dengan tujuan untuk membuat pengalaman pengguna menjadi intuitif. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisasi kesulitan dalam menggunakan teknologi.


Apa Perbedaan antara UI dan UX?


Dalam desain aplikasi, UI dan UX adalah dua elemen yang seringkali digunakan secara bergantian. Meski begitu, keduanya adalah dua hal yang berbeda. Berikut adalah uraian yang membedakan UI dan UX:


User Interface


Berikut adalah beberapa poin yang menggambarkan karakteristik user interface:

  • Fokus Pada Antarmuka: UI lebih mengarah pada aspek visual dan interaktif dari produk. Ini termasuk pemilihan warna, tata letak, dan elemen visual lainnya seperti ikon dan gambar.

  • Tanggung Jawab: Desainer UI bertanggung jawab untuk mendesain setiap halaman atau layar yang pengguna interaksikan. Ini memastikan bahwa antarmuka tersebut intuitif, konsisten, dan estetis menarik.

  • Tujuan: Menciptakan antarmuka yang mudah dan menyenangkan untuk digunakan.



User Experience


Beberapa poin yang menggambarkan perbedaan user experience dengan user interface adalah:


  • Fokus Pada Pengalaman: UX mengambil pendekatan yang lebih luas. Ini mencakup semua aspek pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan produk, dari awal hingga akhir.

  • Tanggung Jawab: Desainer UX bertanggung jawab untuk proses keseluruhan interaksi pengguna dengan produk. Ini termasuk bagaimana mudahnya mereka mencapai tujuan mereka dan seberapa efisien proses tersebut.

  • Tujuan: Menciptakan produk yang tidak hanya mudah digunakan tetapi juga memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna.


Baca Juga: 6 Tahapan Desain dalam Menciptakan UI yang Ramah Pengguna




Apa Saja Fungsi dari User Interface?


Seperti yang telah dijelaskan, user interface memiliki peran penting dalam aplikasi digital. Beberapa fungsi utama dari user interface adalah:


  • Fasilitasi Interaksi: Memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. Ini memastikan proses komunikasi antara pengguna dan sistem berlangsung lancar.

  • Penyederhanaan Kompleksitas: Mengubah proses dan operasi yang kompleks menjadi tugas-tugas sederhana dan mudah dimengerti oleh pengguna.

  • Penyampaian Informasi: Menampilkan informasi kepada pengguna dengan cara yang jelas dan mudah dipahami. Ini termasuk status sistem, umpan balik atas aksi, dan panduan penggunaan.

  • Estetika dan Kenyamanan Visual: Membuat tampilan produk menjadi menarik secara visual dan nyaman untuk dilihat.  

  • Konsistensi dan Standarisasi: Menyediakan elemen desain yang konsisten dan standar di seluruh aplikasi atau sistem. Ini memudahkan pengguna untuk mempelajari dan mengadaptasi penggunaan produk.

  • Memfasilitasi Aksesibilitas: Memastikan bahwa semua pengguna, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan, dapat mengakses dan menggunakan produk atau layanan dengan mudah.



Komponen User Interface


Untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, user interface memiliki beberapa komponen yang membentuknya:


  • Elemen Visual: Termasuk tombol, ikon, tipografi, dan skema warna yang membantu pengguna dalam navigasi dan interaksi.

  • Tata Letak: Pengaturan elemen visual pada antarmuka secara logis, intuitif, dan memudahkan pengguna mencapai tujuan mereka.

  • Interaktivitas: Cara elemen bereaksi terhadap interaksi pengguna, seperti hover, klik, dan gesek.

  • Feedback Pengguna: Respons visual, audio, atau haptik yang diberikan kepada pengguna sebagai reaksi terhadap tindakan mereka. Ini membantu pengguna dalam memandu dan menginformasikan hasil dari interaksi mereka.



Jenis-Jenis User Interface


Beberapa jenis-jenis user interface adalah:


  • Graphical User Interface (GUI): Antarmuka yang menggunakan elemen grafis untuk interaksi. Contohnya termasuk desktop pada komputer atau aplikasi pada smartphone.

  • Voice User Interface (VUI): Memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem melalui perintah suara.

  • Text-based User Interface (TUI): Interaksi berlangsung melalui teks. Contoh klasik adalah baris perintah atau terminal.

  • Touch User Interface: Dirancang untuk layar sentuh. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui gestur seperti mengetuk, menggesek, dan mencubit.


Baca Juga:  Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?  



Contoh User Interface


User interface bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan aplikasi. Berikut adalah beberapa contoh UI yang menunjukkan aplikasinya:


  • Antarmuka Web: Situs web atau aplikasi web yang menampilkan informasi dan menyediakan interaktivitas dengan pengguna melalui browser. Contohnya termasuk dashboard pengguna untuk layanan online, halaman checkout e-commerce, atau formulir online.

  • Aplikasi Seluler: UI pada aplikasi smartphone atau tablet, di mana elemen seperti tombol, ikon, dan gestur sentuh digunakan untuk navigasi dan interaksi. Contoh populernya adalah aplikasi media sosial, perbankan, dan permainan.

  • Sistem Operasi Desktop: Antarmuka grafis yang digunakan pada sistem operasi komputer, seperti Windows, macOS, atau Linux. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer melalui ikon, jendela, dan pointer.



Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu user interface hingga contohnya. Dari penjelasan ini, bisa disimpulkan bahwa user interface adalah salah satu komponen penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna.


Apakah kamu tertarik untuk mempelajari bidang ini lebih dalam lagi? Jika iya, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp UI/UX Design Dibimbing.id.

 

Lewat program ini, kamu bisa belajar konsep dasar, tools penunjang, hingga praktik dengan real-case study. Selain itu, pembelajarannya juga dirancang dengan kurikulum beginner-friendly.


Jadi, kamu yang baru mulai atau beralih karir tidak akan kesusahan dalam mengikuti pembelajarannya. So, nggak usah ragu lagi! Yuk, daftar dan kembangkan skills-mu di UI/UX bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!