dibimbing.id - Strategi Pemasaran Baru dengan Meme Marketing - Dibimbing.id

Strategi Pemasaran Baru dengan Meme Marketing - Dibimbing.id

Kezia Margaretha

•

18 October 2022

•

6870

Image Banner

Halo Sobat MinDi! Absen dulu nih siapa yang hari-harinya terasa  suram kalau belum lihat meme-meme dari Internet? Saat ini, meme sudah menjadi bagian dari hidup kita banget gak, sih? Mulai dari bangun tidur, makan siang, main sosmed, dan bahkan sebelum tidur kita sering banget nih melihat meme di mana pun. 


Bukan hanya itu, kita seringkali juga tertarik dengan beberapa tawaran produk karena meme marketingnya yang bukan kaleng-kaleng, contohnya seperti perusahaan Gucci. Oleh karena itu, saat ini meme marketing telah menjadi strategi marketing andalan bagi beberapa perusahaan. 


Nah, pertanyaannya kok bisa sih meme  bisa jadi andalan untuk digunakan sebagai bahan marketing untuk perusahaan-perusahaan saat ini? Bagi  kamu yang penasaran dengan alasannya , yuk simak artikel berikut ini! 


Apa itu Meme Marketing? 

Apa itu Meme?/Sumber: Recode.ID


Meme sendiri sulit untuk didefinisikan, namun seringkali meme diasosiasikan dengan gambar yang diberikan tulisan atau teks. Biasanya meme dibalut dengan konten-konten humor, parodi, dan hiburan-hiburan lainnya. Seringkali meme juga bersifat satir untuk menyindir suatu peristiwa. 


Tidak berbeda jauh, meme marketing merupakan meme yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk tertentu. Strategi marketing ini banyak disukai oleh beberapa perusahaan karena tidak membutuhkan biaya sama sekali namun dapat terhubung secara langsung dengan audiens. Selain itu, strategi tersebut juga tidaklah sulit dan menyenangkan untuk dilakukan. 


Meme marketing sendiri disajikan dengan berbagai format media seperti GIF, video, teks, dan juga gambar. Hal ini membuat meme sangat dinikmati oleh penggunanya karena punya beragam variasi. 


Selain itu, meme juga menyebar dengan sangat cepat karena dibagikan di berbagai platform sosial media seperti Twitter, Instagram, TikTok, dan aplikasi-aplikasi lainnya.


Melalui meme, engagement sosial media perusahaan juga dapat meningkat dengan pesat. Unggahan mengenai meme seringkali berkaitan dengan trend-trend yang ada serta pop culture  saat ini. Hal ini menyebabkan postingan meme seringkali mendapatkan feedback yang positif di mana audiens saling berinteraksi dan membanjiri kolom komentar. 


Mengapa Meme Marketing Menjadi Andalan? 


Seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, meme marketing seringkali menjadi pilihan oleh beberapa perusahaan dalam strategi marketing karena memiliki banyak keuntungan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat  dari strategi meme marketing: 


  1. Gak Perlu Keluar Modal!

Meme Drake Lucu untuk Marketing 


Di dalam sebuah perusahaan, budget yang dimiliki untuk strategi marketing seringkali tidaklah sedikit. Namun, berbeda dengan strategi yang satu ini, meme marketing tidak membutuhkan biaya sepeser pun! 


Untuk membuat meme, perusahaan tidak perlu membutuhkan skill atau alat-alat khusus. Saat ini, kamu bisa menemukan banyak bahan meme hanya dengan mengeksplor social media. Terdapat juga akun-akun atau website yang secara khusus menyediakan meme sehingga dapat diakses dengan sangat mudah. 


Meme juga dapat dibuat sendiri cukup dengan menggunakan ponsel, loh! Kamu hanya perlu mengeditnya melalui aplikasi-aplikasi gratis seperti Canva. Saat ini juga terdapat laman seperti imgflip.com yang memungkinkan kamu untuk membuat meme dengan cepat.  


  1. Lebih Mudah Viral 

Meme Joker Lucu untuk Marketing


Dengan mudahnya meme untuk viral, maka brand awareness dari perusahaan akan meningkat dan perusahaan kamu akan memperoleh banyak perhatian. Hal ini akan membuat brand kamu semakin dikenal dan tentunya mendapatkan impact yang menguntungkan dalam jangka panjang. 


  1. Melibatkan Emosi Audiens 


Meme Lucu Orang Baper


Meme marketing bisa mendatangkan berbagai jenis emosi seperti perasaan sedih, gembira, kecewa, maupun amarah. Meme seringkali juga mewakili emosi dari audiens sehingga mereka dapat merasa relate dengan konten yang kamu buat. 


Dengan demikian, brand kamu secara tidak langsung juga akan semakin dekat dengan audiens dan tentunya hal ini dapat menjadi keunggulan tersendiri bagi brand. 


  1. Mendapatkan Feedback

Meme Lucu untuk Marketing 


Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah feedback dari pengguna. Dengan menyadari adanya keluhan, kamu tentunya dapat memperbaiki hal tersebut agar disukai oleh para pengguna. 


Nah, untuk mengetahui feedback dan preferensi dari pengguna, kamu dapat menggunakan meme marketing sebagai salah satu caranya. Kamu dapat melihat mana konten yang disukai dan yang kurang disukai dan ini dapat menjadi bahan acuan dalam kelangsungan bisnis kamu. 



Gimana Cara Membuat Meme Marketing? 


  1. Cari Meme yang Sedang Trending dan Relevan 

Terdapat beberapa meme yang memiliki jangka waktu tertentu agar tetap relevan dengan para penggunanya. Nah, untuk menggunakan meme yang ada kamu perlu memperhatikan apakah konten meme marketing tersebut masih menjadi trend dan relate bagi para pengguna. 


Ketika membuat meme, kamu juga perlu memastikan bahwa meme tersebut memang memiliki potensi dan dapat dimengerti oleh target audiens kamu. Meme sendiri juga bisa memiliki pengertian yang berbeda-beda apabila diberikan kepada kelompok tertentu.  Maka dari itu, kamu juga perlu berhati-hati saat membuat meme agar tidak menyinggung kelompok tertentu.


  1. Membuat Sendiri

Jika  kamu bosan dan tidak menemukan meme yang tepat untuk teknik marketing perusahaan milikmu, kamu dapat membuatnya sendiri. Untuk membuatnya, tentunya tidak semudah menggunakan template. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti: 

  • Sebelum membuat meme, kamu perlu memprediksi  terlebih dahulu mengenai tanggapan audiens terhadap brand yang kamu miliki ketika mereka melihat meme buatanmu. Setelah itu, kamu baru dapat membuat meme-meme yang sesuai dengan preferensi audiens terhadap brand yang kamu miliki agar pesan-pesan pun dapat tersampaikan dengan baik.

  • Dalam membuat meme, kamu perlu berhati-hati agar tidak terjadi blunder . Untuk itu, kamu dapat membuat lelucon-lelucon yang bersifat universal, sehingga hal ini tidak akan menyinggung kelompok tertentu dan dapat dipahami oleh semua orang.

  • Untuk membuat meme milikmu viral, kamu perlu memanfaatkan berita-berita yang sedang populer saat ini untuk menarik perhatian orang-orang.


Nah, sebagai referensi penggunaan meme marketing yang baik, MinDi bakal ngasih tau kamu salah satu brand yang sangat sukses dalam memanfaatkan meme marketing sebagai teknik pemasaran miliknya. 


Meme Marketing Netflix/Sumber: Netflix


Melihat dari template-nya, kamu pasti udah gak  asing nih sama brand satu ini. Yup, Netflix! Kamu tau ga sih kalau Netflix seringkali menggunakan meme-meme di dalam sosial media miliknya. Mereka membuat meme sendiri dari series maupun film-film yang mereka miliki. Hal ini sangat sukses di publik dikarenakan banyak dari audiens yang menikmati meme marketing milik mereka. Dengan demikian, netflix pun semakin dikenal karena marketing mereka dikenal ramah dan friendly.


Meme Lucu dan Kocak untuk Meme Marketing/ Sumber: Crafters. 


Berikut penjelasan mengenai meme marketing secara lengkap! Sekarang kamu jadi caranya bikin meme marketing  untuk mempromosikan bisnismu, deh~ 


Bagi kamu yang ingin belajar strategi digital marketing menarik lainnya, yuk pelajari selengkapnya di  bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id! 


Selain belajar dari kurikulum yang ter-update dengan industri, kamu juga akan dibimbing langsung oleh mentor ahli berpengalaman!


Yuk, segera daftarkan diri kamu dengan klik di sini! See you around, Sobat MinDi!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!