12 Soft Skill dan Hard Skill Project Manager, Wajib Dikuasai

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

26 March 2024

168

Image Banner

Peran seorang project manager tidak hanya sebatas mengelola jadwal dan anggaran. Oleh sebab itu, ada beberapa soft skill dan hard skill project manager yang wajib dikuasai demi kesuksesan proyek.


Keahlian tersebut sangat diperlukan dalam mengarahkan tim menuju pencapaian tujuan serta mengelola proyek. Untuk mempelajari soft skill dan hard skill project manager, baca artikel ini sampai habis ya!



12 Soft Skill dan Hard Skill Project Manager yang Terpenting



Untuk mengelola proyek dan tim, ada beberapa kombinasi soft skill dan hard skill project manager yang diperlukan. Berikut adalah beberapa soft skill dan hard skill project manager yang dianggap penting:



Soft Skills Penting Project Manager





Memiliki soft skills yang kuat adalah kunci untuk menjadi project manager yang ahli. Soft skills ini tidak hanya memengaruhi bagaimana seorang project manager berinteraksi dengan tim dan stakeholder.


Akan tetapi, ini juga penting bagi mereka untuk mengelola tantangan dan tekanan yang datang bersamaan dengan pengelolaan proyek. Berikut adalah beberapa soft skills penting yang harus dimiliki seorang project manager:




1. Komunikasi



Ini merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan secara jelas dan efektif. Hal ini berlaku di komunikasi secara lisan maupun tertulis. Ini juga berlaku kepada semua pihak yang terlibat dalam proyek. 


Komunikasi juga termasuk kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dan memberikan umpan balik yang konstruktif.




2. Kepemimpinan



Keahlian ini berkaitan dengan kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan mengarahkan tim. Ini mencakup pengambilan keputusan yang tepat dan bertanggung jawab.





3. Pemecahan Masalah



Ini merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dengan cepat dan merumuskan solusi praktis dan kreatif. Pemecahan masalah, sering kali memerlukan pendekatan analitis dan kemampuan untuk berpikir di luar kotak.




4. Manajemen Konflik



Manajemen konflik juga seringkali melibatkan kemampuan menavigasi perselisihan atau ketidaksepakatan dalam tim atau dengan stakeholder eksternal. 


Selain itu, ini juga melibatkan kemampuan menemukan resolusi yang adil dan efektif. Tentunya, resolusi ini harus bisa diterapkan tanpa membiarkan masalah tersebut mengganggu kemajuan proyek.




5. Adaptabilitas



Kemampuan untuk tetap fleksibel dan responsif terhadap perubahan. Hal ini berlaku bagi perubahan dalam ruang lingkup proyek, sumber daya, tenggat waktu, atau kondisi eksternal lainnya. Ini juga melibatkan kemampuan untuk mengelola ketidakpastian dengan tenang.




6. Manajemen Waktu



Keterampilan mengatur waktu dengan efisien tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk anggota tim. Mereka harus memastikan bahwa proyek bergerak maju sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan tenggat waktu dipenuhi.


Baca Juga: 8 Job Desk Project Manager yang Harus Kamu Ketahui




Hard Skills Penting Project Manager






Hard skills adalah keterampilan teknis dan pengetahuan spesifik yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam peran project manager. Hal ini mencakup kemampuan yang dapat diajarkan dan diukur.


Berikut adalah beberapa hard skills penting untuk project manager:



1. Pengetahuan Manajemen Proyek




Memahami prinsip-prinsip dan praktik terbaik dalam manajemen proyek. Ini termasuk metodologi seperti Agile, Scrum, Waterfall, dan Lean. 


Selain itu, keahlian ini termasuk pemahaman tentang siklus hidup proyek, perencanaan, eksekusi, pemantauan, pengendalian, dan penutupan proyek.




2. Penggunaan Perangkat Lunak Manajemen Proyek




Ini melibatkan keterampilan dalam menggunakan alat dan software manajemen proyek. Misalnya, Microsoft Project, Asana, Trello, JIRA, atau Basecamp. 


Hal ini memungkinkan project manager untuk merencanakan proyek, mengalokasikan sumber daya, mengatur jadwal, dan memantau kemajuan.



3. Manajemen Anggaran



Ini melibatkan kemampuan untuk merencanakan dan mengelola anggaran proyek. Kehalian ini termasuk perencanaan keuangan, alokasi sumber daya, dan pengendalian biaya. Ini juga melibatkan pemahaman tentang analisis biaya-manfaat dan pengembalian investasi (ROI).



4. Analisis Risiko



Kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons risiko yang mungkin mempengaruhi proyek. Ini melibatkan penilaian risiko, perencanaan mitigasi, dan implementasi strategi. Tujuannya adalah untuk mengelola risiko secara efektif.



5. Pemahaman Teknis



Tergantung pada industri atau domain proyek, project manager mungkin perlu memiliki pemahaman teknis tertentu. Ini bisa berupa pengetahuan tentang software development untuk proyek IT, pemahaman tentang proses konstruksi proyek bangunan. 


Ini juga bisa meliputi pemahaman tentang spesifikasi teknis lainnya yang relevan dengan proyek.


Baca Juga: Inilah Peran Project Manager dalam Mengelola Perusahaan Startup



6. Pengetahuan Regulasi dan Standar Industri



Profesional harus memahami regulasi, hukum, dan standar industri yang relevan dengan proyek. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa proyek mematuhi semua persyaratan legal dan standar kualitas.



Itulah beberapa soft skill dan hard skill project manager yang wajib dikuasai. Apabila kamu tertarik untuk belajar lebih banyak lagi soal ini, MinDi punya rekomendasi program yang sesuai.


Bagi yang tertarik untuk menjadi project manager, MinDi sarankan kamu untuk ikut Bootcamp product and project management dibimbing.id. Dengan pembelajaran inovatif, kamu bisa menjadi project manager yang ahli lewat program ini.


Di sini, kamu bisa belajar teori dasar, kembangkan soft skills dan hard skills, hingga praktik dengan real-case project.


Intinya, kamu bakal dibimbing sampai jadi! So, nggak perlu ragu! Segera daftar dan bangun karirmu di project management bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved