8 Job Desk Project Manager yang Harus Kamu Ketahui

Muthiatur Rohmah

05 February 2024

499

Image Banner

Project manager berperan penting dalam perusahaan, sebab project manager bertugas memimpin sebuah proyek perusahaan.


Namun tugas project manager bukan sekadar itu saja, job desk project manager dapat meliputi merencanakan, melaksanakan, memantau, serta mengelola proyek perusahaan dengan benar, agar tujuan akhir tercapai secara maksimal.


Seorang project manager harus memiliki skill yang relevan untuk memimpin proyek perusahaan. Dengan skill yang kuat dan profesional, job desk project manager dapat dijalankan dengan baik.


Penasaran mengenai apa saja job description project manager? Yuk simak selengkapnya!



Job Desk Project Manager


Seorang project manager berperan penting dalam mengelola proyek perusahaan dari awal hingga akhir. Berikut adalah delapan job desk project manager saat melakukan manajemen proyek perusahaan.


1. Mengidentifikasi Ruang Lingkup Proyek


Seorang project manager bertugas Mengidentifikasi tujuan, sasaran, dan hasil yang diharapkan dari proyek perusahaan. 


Hal ini termasuk menetapkan batasan proyek, seperti waktu, anggaran, dan sumber daya yang tersedia.


2. Perencanaan Proyek


Job Desk project manager selanjutnya adalah menyusun rencana proyek yang mencakup semua aktivitas, tugas, dan timeline. 


Project manager dapat menggunakan alat atau tools manajemen proyek seperti diagram Gantt untuk memvisualisasikan dan menjadwalkan aktivitas proyek.


3. Mengelola Sumber Daya


Mengalokasikan sumber daya yang diperlukan, termasuk tenaga kerja, teknologi, dan material, juga merupakan job desk project manager. 


Mengelola sumber daya proyek juga termasuk mengatur dan mengelola anggaran proyek perusahaan.


4. Memantau Proyek


Project manager bertanggung jawab dalam mengawasi kemajuan proyek secara teratur untuk memastikan bahwa aktivitas proyek berjalan sesuai rencana. 


Hal ini termasuk mengatur pertemuan status, melacak indikator kinerja, dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.


5. Komunikasi dengan Stakeholder


Project manager harus berusaha menjaga komunikasi yang efektif dengan semua pemangku kepentingan proyek, termasuk project officer, manajemen perusahaan, dan klien. 


Project officer juga bertugas memberikan laporan kemajuan dan berdiskusi tentang perubahan atau tantangan yang dihadapi selama proyek berlangsung.


6. Risk Management


Project manager harus mampu mengidentifikasi potensi risiko yang dapat mempengaruhi keberhasilan proyek dan mengembangkan strategi untuk mengelolanya. 


Manajemen risiko ini termasuk mempersiapkan rencana dan respons terhadap perubahan atau masalah yang tak terduga.


7. Menjamin Hasil Proyek


Project manager dapat memastikan bahwa hasil proyek memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. 


Oleh sebab itu, project manager harus senantiasa melakukan pengujian, evaluasi, dan validasi hasil kerja untuk memastikan proyek sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan klien.


8. Menyelesaikan Project


Project manager bertugas menyelesaikan semua kegiatan dan administrasi proyek, termasuk penyerahan hasil akhir kepada klien, penutupan kontrak, dan penilaian kinerja tim. 


Project manager juga harus mengumpulkan dan mendokumentasikan pelajaran yang dipetik dari proyek untuk referensi di masa depan.


Setiap job desk project manager membutuhkan skill manajemen, komunikasi, dan kepemimpinan yang kuat, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah. 


Project manager bertanggung jawab untuk memastikan proyek selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dan tujuan yang telah disepakati.


Baca Juga: Contoh CV Project Manager serta Tips Membuatnya


Tugas Seorang Project Manager


Selain job desk project manager tersebut, terdapat beberapa tugas project manager yang perlu diperhatikan dalam mengelola proyek perusahaan.


1. Negosiasi


Project manager seringkali terlibat dalam negosiasi kontrak dengan klien, pemasok, dan kontraktor. 


Project manager harus memastikan bahwa semua kesepakatan dan kontrak mendukung tujuan proyek dan memenuhi kebutuhan semua pihak yang terlibat.


2. Mengelola Perubahan Proyek


Mengelola perubahan selama siklus hidup proyek adalah tugas penting seorang project manager. 


Hal ini termasuk menangani permintaan perubahan dari klien atau perubahan internal yang diperlukan karena berbagai faktor. Project manager bertanggung jawab untuk menilai dampak perubahan tersebut dan membuat keputusan yang tepat.


3. Mengatur Tim Proyek


Membangun dan memelihara tim proyek yang efektif adalah kunci kesuksesan proyek. Hal ini termasuk termasuk perekrutan anggota tim, pelatihan, dan pembangunan moral serta kerja sama tim.


4. Evaluasi Proyek


Project manager harus senantiasa melakukan evaluasi terhadap proses dan metodologi manajemen proyek yang digunakan. 


Berdasarkan evaluasi tersebut, project manager perlu mengimplementasikan perbaikan atau perubahan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan proyek di masa depan.


Tugas project manager harus dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sebab kunci dari suksesnya proyek adalah sistem manajemen proyek yang teratur dan efisien.

Project manager adalah seorang yang berperan penting dalam manajemen proyek itu.


Ingin menjadi seorang project manager profesional dan sukses? sebagai langkah awal, Sobat MinDi harus mempelajari ilmu project management dengan baik dengan mengikuti kursus atau pelatihan khusus.


MinDi ada rekomendasi, Ikuti bootcamp product and project management dibimbing.id. Dengan pembelajaran yang inovatif disertai silabus terbaik, dibimbing.id siap bantu wujudin karirmu sebagai project manager yang sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftar di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahan ternama setelah lulus bootcamp. Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.





Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!