Tugas Project Manager, Skill & Prospek Kerjanya

Muthiatur Rohmah

05 February 2024

305

Image Banner

Project manager adalah salah satu pekerjaan yang dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini.


Project manager adalah orang yang bertugas mengatur manajemen proyek atau layanan perusahaan agar berjalan lancar sesuai tujuan bisnis perusahaan.


Tugas project manager yang utama adalah manajemen proyek perusahaan. Seorang project manager harus memastikan proyek perusahaan berjalan dengan lancar sesuai rencana.


Penasaran mengenai tugas project manager? Yuk simak artikel berikut ini.


Apa itu Project Manager?


Project manager adalah seorang yang bertanggung jawab atas perencanaan, eksekusi, pengawasan, dan penutupan proyek. 


Project manager berperan penting dalam memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu, sesuai anggaran dan spesifikasi yang telah ditetapkan. 


Tugas seorang project manager meliputi mendefinisikan ruang lingkup proyek, mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan, merencanakan dan mengatur jadwal kerja, serta mengkoordinasikan berbagai tim yang terlibat. 


Project manager juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko, memastikan komunikasi yang efektif para stakeholder, dan menjaga proyek tetap sesuai dengan tujuan strategis perusahaan. 


Sebagai pemimpin proyek, project manager harus  memiliki kemampuan manajemen yang kuat, kemampuan dalam mengambil keputusan, pemecahan masalah, dan komunikasi.


Seorang project manager harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan tantangan yang muncul selama jalannya proyek.


Tugas Project Manager


Project manager memiliki tugas penting dalam memimpin proyek perusahaan. Pahami selengkapnya!


Tugas dan tanggung jawab seorang project manager mencakup berbagai aspek manajemen proyek, dari perencanaan awal hingga penutupan proyek. Berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang project manager:


  • Mendefinisikan ruang lingkup dan tujuan proyek.

  • Menyusun rencana proyek yang mencakup jadwal, sumber daya, anggaran, dan metodologi yang akan digunakan.

  • Menetapkan tim proyek dan menentukan tanggung jawab masing-masing anggota.

  • Mengalokasikan dan mengatur sumber daya yang diperlukan untuk proyek, termasuk tenaga kerja, teknologi, dan bahan.

  • Mengelola anggaran proyek dan memastikan proyek berjalan sesuai dengan batasan biaya yang ditetapkan.

  • Memantau kemajuan proyek secara teratur untuk memastikan bahwa semua aktivitas berjalan sesuai rencana.

  • Mengidentifikasi dan mengelola risiko serta masalah yang mungkin muncul selama pelaksanaan proyek.

  • Menjaga komunikasi yang efektif antara semua pemangku kepentingan, termasuk tim proyek, manajemen senior, dan klien atau pengguna akhir.

  • Memberikan laporan berkala tentang kemajuan, kendala, dan perubahan dalam proyek kepada pemangku kepentingan yang relevan.

  • Mengambil keputusan penting yang mempengaruhi jalannya proyek.


Seorang project manager harus memiliki manajemen proyek yang kuat, termasuk kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, negosiasi, dan komunikasi. 


Selain itu, project manager harus paham metodologi manajemen proyek dan pengalaman dalam industri terkait.




Skill yang dibutuhkan Project Manager


Seorang project manager memerlukan berbagai skill untuk berhasil menjalankan proyek dengan efisien dan efektif. Berikut adalah skill penting bagi seorang project manager:


1. Komunikasi


Project manager harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif kepada semua pemangku kepentingan, termasuk tim proyek, klien, dan manajemen. 


Ini termasuk kemampuan untuk mendengarkan, menyampaikan pesan secara jelas, negosiasi, dan penyelesaian konflik. Komunikasi yang baik memastikan bahwa semua pihak memahami dan mendukung keputusan yang diambil.


2. Strategi dan Rencana


Skill dalam mengelola dan merencanakan sangat penting untuk menentukan ruang lingkup proyek, mengalokasikan sumber daya, menetapkan timeline, dan memantau kemajuan. 


Kemampuan untuk merencanakan sesuatu secara efektif, dapat meminimalkan risiko dan memastikan proyek selesai tepat waktu dan sesuai anggaran.


3. Kepemimpinan


Seorang project manager harus memiliki kemampuan kepemimpinan untuk memimpin tim, memotivasi anggota tim untuk menyelesaikan proyek dengan baik. 


Kemampuan ini termasuk mengelola dinamika tim, mendorong kinerja yang baik, dan menangani konflik internal.


4. Problem Solving


Dalam manajemen proyek, sering kali muncul masalah dan tantangan yang tidak terduga. 


Seorang project manager harus bisa cepat dan efisien dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan yang tepat, seperti analisis situasi, evaluasi opsi, dan penerapan solusi kreatif.


5. Pengetahuan Proyek


Pengetahuan teknis yang relevan terhadap industri proyek, sangat membantu seorang project manager. 


Dengan pemahaman ini, project manager dapat memahami aspek teknis dari proyek dan berkomunikasi lebih efektif dengan tim teknis dan pemangku kepentingan atau stakeholder.


Penting juga bagi project manager memahami metodologi manajemen proyek, seperti Agile, Scrum, atau Waterfall.


Selain lima skill tersebut, seorang project manager harus memiliki berbagai keterampilan untuk menangani berbagai aspek manajemen proyek secara efektif. 


Baca Juga: Project Manager: Pengertian, Skill dan Job Desk


Prospek Kerja Seorang Project Manager


Tertarik menjadi seorang project manager? Ternyata pekerjaan project manager memiliki prospek kerja yang cukup menjamin untuk masa depan. Pahami penjelasannya berikut ini.


Semua perusahaan, memiliki proyek-proyek yang perlu dikelola, hal ini membuat peran seorang project manager penting dan dibutuhkan perusahaan.


Menurut Project Management Institute (PMI), terdapat kebutuhan besar akan profesional di bidang manajemen proyek. 


Diperkirakan, hingga tahun 2027, perusahaan di seluruh dunia akan membutuhkan sekitar 2,2 juta orang setiap tahunnya untuk mengisi peran-peran yang berhubungan dengan project management.


Beberapa industri diharapkan akan mengalami pertumbuhan terbesar dalam permintaan untuk project manager. 


Tren ini menunjukkan pentingnya keahlian project management perusahaan. Kemampuan manajemen proyek yang baik berperan penting untuk memastikan efisiensi dan keberhasilan proyek.


Gimana nih? sebelum menjadi project manager profesional, sobat MinDi harus mempelajari project management perusahaan dengan baik. Salah satu caranya adalah mengikuti pelatihan atau kursus khusus.


MinDi ada rekomendasi nih, Yuk ikuti bootcamp product and project management dibimbing.id. Dengan pembelajaran inovatif disertai silabus terbaik, dibimbing.id siap bantu wujudkan karirmu sebagai project manager yang sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftar sekarang juga di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!