Blog

/

Web Development

/

Back End Programming: Profesi Penting Dibalik Layar Website

Back End Programming: Profesi Penting Dibalik Layar Website

Dibimbing.id

26 August 2022

5379

Image Banner

Dibalik megahnya suatu website, ada beberapa profesi yang berperan penting buat memastikan website tersebut berjalan dengan lancar. Mungkin kalau Sobat MinDi mengunjungi website, yang pertama kali dilihat adalah tampilannya. Dalam dunia programming, profesi yang memegang tanggung jawab penting dengan tampilan website adalah Front End Developer. 

Kemudian ada juga profesi yang harus mengontrol server dan data dari website. Tugas tersebut adalah bagian penting dari Back End Programming. Mungkin hasil kerjanya gak begitu terlihat oleh kamu, tapi bisa dirasakan dari lancarnya proses menjelajah suatu website. 

Ibaratnya kalau kamu sedang berkunjung ke sebuah bangunan. Front End Programming ini bertugas mengurusi tampilan depan, dekorasi ruangan, dan peletakkan informasi. Nah kalau Back End Programming ini tugasnya adalah memastikan struktur bangunan tersebut berdiri kokoh. Memastikan bahwa arsitektur bangunan membuat nyaman pengunjung. 

Nah buat kamu yang tertarik mengetahui lebih lanjut tentang Back End Programming, yuk intip lebih lanjut, kira-kira apa saja ya tugas dan peran pentingnya untuk website? Simak artikel ini sampai habis ya. 

Tugas Utama Back End Programming

Profesi ini berperan penting dibalik layar sebuah website

Seperti yang udah MinDi bahas sebelumnya, hasil kerja profesi ini kebanyakan di belakang layar suatu website. Jadi gak bisa kamu lihat secara langsung. Namun, hasil kerjanya bisa kamu rasakan dari kelancaran kamu dalam menjelajah website tersebut. Secara detail, tugas-tugas dari Back End Programming adalah sebagai berikut:

  1. Merancang database

Database merupakan tempat untuk mengumpulkan data-data terkait dengan website atau aplikasi. Data-data tersebut mencakup data user, data produk, dan data lainnya. Tujuan dari pengumpulan data dalam Back End Programming adalah untuk membantu merancang dan mengembangkan website. 

Seperti yang udah MinDi bahas sebelumnya, kalau ibarat sebuah bangunan Back End Programming bertugas untuk memastikan arsitektur nyaman untuk para pengunjung. Penerapannya dalam pembuatan website adalah profesi ini wajib untuk membuat arsitektur database yang efisien. Tujuannya apa sih? Agar data-data tersebut bisa diakses dengan mudah dan lancar. Arsitektur database yang baik juga bisa membuat kerja server menjadi lebih ringan, jadi website juga gak bakalan gampang down atau crash. 

  1. Merancang alur website

Selain merancang database, Back End Programming juga wajib membangun user experience yang baik untuk user. Dalam hal ini artinya profesi ini harus mengatur alur website dengan jelas. Misalnya website untuk online shop, agar dapat memberikan UX yang baik untuk user, kamu harus memastikan jalannya setiap user dari mulai mendapatkan informasi tentang produk hingga akhirnya mereka dapat membelinya. Kamu harus memastikan bahwa setiap alurnya akan berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan, karena ini akan mempengaruhi keputusan user untuk membeli produk dari website tersebut.

  1. Mengatur keamanan website

Back End Programming juga harus selalu mengembangkan sistem keamanan website

Pada poin sebelumnya udah MinDi bahas kalau Back End Programming bakal mengatur dan merancang database. Nah data-data tersebut kan mencakup banyak data penting dari user, agar terjaga dengan aman dan gak mudah bocor, profesi ini wajib mengatur keamanannya dengan baik. 

Kamu yang ingin berkecimpung dalam profesi ini juga harus paham betul dalam memanfaatkan teknik hacking, seperti SQL Injection, deface, dan phishing untuk meningkatkan keamanan database

  1. Melakukan coding dan testing

Sebelum akhirnya website dipublikasikan, profesi ini harus memastikan dulu bahwa setiap menu dari website dapat bekerja dengan baik. Testing atau pengecekan ini bisa dilakukan ditengah-tengah proses coding ataupun ketika proses coding udah selesai secara keseluruhan. 

  1. Melakukan pengembangan struktur data yang ada

Agar website bisa selalu berjalan dengan baik, profesi ini juga harus selalu melakukan evaluasi dan pengembangan pada programnya. Mulai dari arsitektur databasenya, alur website, terutama pada keamanan database. Untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan kayak kejahatan digital yang bisa aja mencuri database website, profesi ini wajib sekali untuk selalu meningkatkan keamanannya. 

Nah gimana nih Sobat MinDi, melihat tugas-tugas Back End Programming, kira-kira kamu berniat buat berkecimpung di profesi ini gak? 

Mau nih MinDi, tapi aku gak punya skill sama sekali.” 

Tenang Sobat MinDi, kamu gak perlu galau lagi. MinDi kasih solusi buat kamu, yaitu ikut dengan Bootcamp Web Development dari dibimbing.id. Melalui bootcamp ini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk belajar web development secara intensif bersama expert

Benefit yang bakal didapetin Sobat MinDi setelah daftar bootcamp ini banyak banget. Mulai dari live class via zoom selama 50+ pertemuan, pratical exercises, final project, hingga tambahan business english bersertifikat untuk persiapan kerja kamu. 

Gak sampai disitu aja nih, Sobat MinDi juga bisa konsultasi pribadi dengan mentor yang berpengalaman lho. Sttt, ada penyaluran kerja juga! 

Nah tunggu apalagi, yuk daftar segera Bootcamp Web Development!


Referensi: 

Memulai karir Menjadi Seorang backend developer. (2020, 17). Sekawan Media | Software House & System Integrator Indonesia. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/menjadi-seorang-backend-developer/ 

Backend developer: 5+ skill Yang Harus Dikuasai untuk Jadi Profesional. (2022, March 15). Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/backend-developer /

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Web Development

Apa Itu Bahasa Pemrograman Python?

Salah satu bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai jika ingin mendalami data science adalah pytho...

Image Author

Dibimbing.id

28 September 2022

Contoh Use Case Diagram Berikut Ini Mudah Dipelajari dan Dipahami, Lho!

Web Development

Contoh Use Case Diagram Berikut Ini Mudah Dipelajari dan Di...

Berbagai contoh use case diagram berikut ini akan membantu pemahaman Sobat MinDi. Penerapan use cas...

Image Author

Suci Wulandari

29 May 2023

Apa Itu GitHub? Definisi, Fungsi, Istilah, & Cara Gunakannya

Web Development

Apa Itu GitHub? Definisi, Fungsi, Istilah, & Cara Gunakannya

GitHub adalah platform hosting kode untuk mengembangkan software. Pelajari apa itu GitHub hingga ca...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 July 2023

10 Cara Membuat Biodata di HTML

Web Development

10 Cara Membuat Biodata di HTML

Membuat biodata yang menarik dan informatif di HTML dapat membantu meningkatkan kesan profesional, ...

Image Author

Suci Wulandari

21 September 2023

Virtual Machine (VM):  Definisi, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Web Development

Virtual Machine (VM): Definisi, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Virtual machine atau VM artinya adalah emulasi hardware komputer yang berkaitan dengan pelaksanaan ...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

02 February 2024

5 Contoh Gerbang Logika dalam Aplikasi Nyata, Yuk Lihat

Web Development

5 Contoh Gerbang Logika dalam Aplikasi Nyata, Yuk Lihat

Aplikasi gerbang logika bisa ditemukan di berbagai aspek dari elektronik digital hingga sistem komp...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

08 February 2024