Blog

/

Web Development

/

Sukses Interview Machine Learning Engineer: Panduan Lengkap

Sukses Interview Machine Learning Engineer: Panduan Lengkap

Syaukha Ahmad Risyad

•

26 October 2022

•

2551

Image Banner
Hai, Sobat MinDi! Kamu lagi mempersiapkan diri buat ikutan interview Machine Learning Engineer? Nah, kamu mungkin lagi pusing dan bingung, nih, bagaimana mempersiapkannya, tapi jangan khawatir! MinDi sudah menyiapkan panduan lengkap biar kamu sukses interview Machine Learning Engineer!

Dalam era digital saat ini, Machine Learning Engineer telah menjadi peran yang sangat dicari oleh banyak perusahaan. Machine Learning Engineer adalah ahli yang memiliki pengetahuan mendalam tentang artificial intelligence (AI) dan kemampuan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem machine learning (ML) yang canggih. Buat kamu yang belajar data science, Machine Learning Engineer mungkin jadi target karir kamu.

Di artikel ini, MinDi mau ngasih panduan lengkap buat kamu mempersiapkan interview kamu biar sukses mengejar karir sebagai Machine Learning Engineer. Yuk pelajari, biar kamu bisa mengejar cita-cita kamu!

 

Struktur Interview Machine Learning Engineer

Sebelum kamu ikutan interview, kamu perlu tahu nih struktur umum dari proses rekrutmennya.

Proses wawancara untuk peran Machine Learning Engineer dapat berbeda antara perusahaan-perusahaan, tetapi umumnya terdiri dari beberapa tahapan yang dirancang untuk mengevaluasi pemahamanmu tentang konsep-konsep machine learning, beserta keterampilan lain yang dibutuhkan perusahaan 

Berikut adalah struktur umum yang dapat kamu temui dalam wawancara Machine Learning Engineer.

1. Tahap Awal: Pendahuluan dan Evaluasi Awal

Tahap awal biasanya melibatkan sesi dengan tim Human Resource (HR) atau pewawancara yang bertugas mengenali latar belakangmu, pengalaman, dan motivasi dalam mengikuti wawancara tersebut. Kamu juga biasanya akan ditanyakan terkait ketersediaan kamu bekerja dalam lingkungan tertentu, dan lain-lain. Pada tahap ini, pewawancara juga dapat melakukan evaluasi awal terhadap kemampuanmu melalui pertanyaan umum terkait machine learning atau pengalaman kerjamu sebelumnya.

2. Pengetahuan Terkait Machine Learning

Pada tahap ini, kamu sudah akan mulai diwawancara oleh calon supervisor kamu atau kepala bidang terkait. Mereka akan mengajukan pertanyaan teknis dan evaluasi pemahamanmu tentang konsep-konsep machine learning, seperti terkait algoritma-algoritma, teknik pengolahan data, evaluasi model, dan metrik kinerja yang relevan.

Pewawancara juga dapat menanyakan kepada kamu beberapa contoh kasus penggunaan dan meminta kamu menjelaskan langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Di tahap ini, kamu harus menunjukkan bahwa kamu memahami teori-teori terkait machine learning.

3. Keterampilan Pemrograman

Sebagai Machine Learning Engineer, tentunya kamu harus memiliki keterampilan pemrograman yang kuat. Pada tahap ini, pewawancara akan mengajukan pertanyaan terkait pemrograman Python, seperti sintaksis, penggunaan library machine learning, manipulasi data, dan pemecahan masalah pemrograman.

Beberapa perusahaan bahkan akan meminta kamu untuk melakukan koding. Kamu akan diberikan beberapa kasus atau masalah yang perlu kamu selesaikan dalam waktu tertentu

4. Proyek Machine Learning dan Pengalaman Kerja

Di tahap selanjutnya, kamu akan dimintai untuk menjelaskan pengalaman kerja kamu di bagian machine learning. Jika kamu belum pernah bekerja, kamu dapat menjelaskan proyek-proyek machine learning yang sudah pernah kamu kerjakan.

Pewawancara akan menanyakan secara mendalam terkait latar belakang hingga tahapan-tahapan kamu membuat proyek. Kemudian mereka akan menanyakan terkait output yang sudah kamu buat untuk memastikan bahwa kamu benar-benar paham dengan proyek yang kamu buat sendiri.

Persiapan Sebelum Interview Machine Learning Engineer

Sebelum menghadapi wawancara sebagai Machine Learning Engineer, kamu perlu melakukan persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu kamu mempersiapkan diri dengan baik.

Memahami Prinsip-prinsip Dasar Machine Learning

Sebelum memasuki dunia wawancara, pastikan kamu memahami prinsip-prinsip dasar machine learning. Pelajari konsep seperti supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning. Pahami juga algoritma-algoritma populer seperti regresi linear, naive Bayes, dan neural networks.

Menguasai Bahasa Pemrograman dan Framework yang Relevan

Pastikan kamu menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman seperti Python. Selain itu, kuasai framework yang populer seperti TensorFlow atau PyTorch akan memberikan keuntungan tambahan.

Menyelami Proyek-proyek Machine Learning

Seperti yang MinDi jelaskan tadi, memiliki proyek machine learning adalah sebuah kebutuhan kalau kamu ingin melamar kerja di posisi ini. Di waktu lowong, buat beberapa proyek machine learning yang menarik yang dapat kamu kuasai untuk memperkuat kemampuan kamu dalam machine learning. Alternatifnya, kamu dapat mengikuti proyek magang yang berhubungan dengan machine learning atau data science.

Tips Mempersiapkan Interview Machine Learning

Nah, sekarang MinDi mau ngasih beberapa kunci sukses biar interview kamu lancar. erikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu meraih kesuksesan.

Pahami Posisi yang Dicari oleh Perusahaan

Setiap perusahaan mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk posisi Machine Learning Engineer. Sebelum wawancara, lakukan riset tentang perusahaan tersebut dan pahami kebutuhan mereka. Coba juga untuk mencari penggunaan machine learning di perusahaan tersebut. 

Pewawancara mungkin akan memberikan pertanyaan seperti, “Apa yang bisa kamu berikan bagi perusahaan?” Kamu dapat memberikan jawaban yang berhubungan dengan kebutuhan perusahaan terkait machine learning.

Perkuat Pengalaman dan Perbanyak Proyek

Jika kamu ingin berlatih keterampilan machine learning kamu, cara paling efektif yang bisa MinDi sarankan adalah dengan memperbanyak pengalaman kamu dalam membuat proyek machine learning.

Buat proyek-proyek dengan kegunaan dan latar belakang yang berbeda agar kamu memiliki pengalaman yang beragam.

Berlatih Soal Wawancara

Menghadapi interview membutuhkan kepercayaan diri. Cari tahu jenis-jenis soal yang sering muncul dalam wawancara Machine Learning Engineer dan berlatihlah dengan teman atau mentor. Latihan ini akan membantu kamu mengasah keterampilan komunikasi dan merasa lebih siap saat wawancara sebenarnya.

Kamu juga dapat melihat beberapa pertanyaan wawancara Machine Learning Engineer yang sudah MinDi buat di blog Dibimbing.id, loh!

Tunjukkan Kemampuan Team Work

Di proses wawancara, tunjukkan kalau kamu punya kemampuan bekerja sama yang baik. Ceritakan contoh-contoh atau pengalaman kamu dalam bekerja dengan tim. Jika bisa, hubungkan dengan proyek machine learning kamu.

Sobat MinDi, itulah hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum kamu mengikuti wawancara sebagai Machine Learning Engineer.

Biar interview kamu sukses, kamu harus yakin bahwa kamu sudah memiliki kemampuan praktis beserta tools yang mumpuni. Kalau kamu ingin belajar lebih dalam sekaligus meyakinkan diri, kamu bisa banget ikutan Bootcamp Data Science dari Dibimbing.id!

Di sana kamu bakal banyak belajar dan berlatih, sekaligus membuat proyek, yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan kamu untuk jadi Machine Learning Engineer bareng ahli-ahli yang berpengalaman.

Yuk, kejar karir impian kamu bersama Dibimbing.id!


bootcamp data-science

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Artikel Terkait