Keunggulan Teknik Machine Learning Untuk Analisis Sepakbola

Anisa Fitri Maulida

•

17 October 2023

•

2655

Image Banner

Sobat MinDi, pernah dengar teknik machine learning untuk analisis sepakbola? Teknik tersebut merupakan teknik kekinian yang biasa digunakan oleh para peneliti di bidang Ai, untuk menganalisis berbagai hal yang berhubungan dengan olahraga keren satu ini. 


Ada begitu banyak analisis yang bisa dilakukan, bahkan beberapa diantaranya kerap memberikan insight yang sangat membantu para pelatih dan juga pemain untuk memperoleh kemenangan. Penasaran apa saja keunggulannya sampai-sampai banyak peneliti terus menggunakannya? Temukan jawabannya di sini!


Apa Saja yang Bisa Machine Learning Analisis Tentang Sepakbola?

Sebelum kita mengenal teknik ini lebih jauh, akan lebih baik bila kita menyamakan definisi tentang machine learning terlebih dahulu. Jadi, machine learning merupakan cabang dari ilmu kecerdasan buatan yang berfokus pada pengembangan algoritma yang memungkinkan komputer untuk belajar dari dan membuat keputusan berdasarkan data.


Sesuai dengan namanya, Sobat MinDi! Teknologi canggih satu ini dilatih untuk mengerjakan hal-hal yang diminta oleh para pengguna secara langsung, tanpa harus diberi perintah lagi. Sehingga, lebih menghemat waktu dan data yang dihasilkan tetap sesuai dengan analisis yang telah dibentuk sebelumnya.


Machine learning ini sudah digunakan cukup lama oleh berbagai bidang, salah satunya bidang olahraga seperti sepak bola. Lalu, apa saja macam-macam analisis yang bisa dilakukan dengan teknik machine learning untuk analisis sepakbola? Berikut informasinya:



1.Mendeteksi Pola Permainan Para Pemain

Pada dasarnya, sepakbola adalah olahraga yang penuh dengan strategi dan taktik. Dalam satu pertandingan, bisa jadi terdapat ratusan hingga ribuan aksi yang dilakukan, mulai dari dribbling, umpan, hingga serangan balik. 


Bagi mata awam, seringkali sulit bagi kita untuk melihat pola atau strategi yang sedang diterapkan oleh sebuah tim. Dengan bantuan machine learning, kemampuan untuk memahami dan mengidentifikasi pola tersebut menjadi lebih mudah.


  1. Analisis Performa Pemain

Salah satu aspek paling menarik yang dapat dianalisis oleh machine learning dalam sepakbola adalah performa pemain. Dengan teknologi ini, kita bisa mendalami sejauh mana efektivitas seorang pemain dalam berbagai situasi permainan. 


Contohnya, posisi dan pergerakan pemain di lapangan. Melalui analisis yang digunakan oleh machine learning, kita dapat mengetahui area lapangan mana yang paling sering dikunjungi oleh pemain dan bagaimana pola perpindahannya dari satu posisi ke posisi lain.


Manfaat yang diberikan oleh machine learning untuk menganalisis performa juga tentunya akan sangat membantu pelatih dalam menemukan apa saja kelebihan dan kekurangan pemain tim, serta membantunya latihan untuk memperkuat tim.


  1. Prediksi Hasil Pertandingan

Sobat MinDi yang senang menonton bola, pasti sering melihat konten yang membicarakan tentang prediksi hasil pertandingan atau yang biasa disebut dengan prediksi skor akhir. 


Ternyata, konten prediksi tersebut bisa dibuat dengan menggunakan machine learning juga, lho! Dengan menggunakan langkah yang tepat, teknologi canggih satu ini bisa diprogram untuk mengumpulkan data dan menghasilkan data baru berbentuk prediksi.


  1. Cedera dan Resiko

Machine learning memiliki fokus yang fleksibel, sesuai dengan keinginan penggunanya. Jika suatu mesin yang memiliki kemampuan machine learning, diberi perintah untuk bisa mempelajari hal-hal berbau kesehatan, maka dia bisa menganalisis suatu perintah dengan tema sama.


Dalam ranah sepak bola, machine learning digunakan untuk menentukan pemain mana yang beresiko mengalami cedera jika harus bermain saat ini. Hebatnya lagi, teknologi ini bisa memberikan saran-saran kepada pemain sesuai dengan letak cedera.


Tentunya, itu akan mempermudah para pelatih juga untuk memutuskan pemain mana yang menjadi garda terdepan dalam babak ini dan mana yang harus duduk di kursi sebagai pemain cadangan.


  1. Optimasi Strategi Latihan

Dengan menggabungkan data latihan dan performa pertandingan, pelatih dapat mendapatkan rekomendasi tentang aspek permainan mana yang harus ditingkatkan dan jenis latihan apa yang paling efektif untuk itu. 


Baca Juga: Big Data Analytics: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya


Bagaimana, Sobat MinDi? Tidak heran kan mengapa banyak peneliti mau mengembangkan analisis seperti ini. Sebab, machine learning benar-benar membantu banyak pihak, termasuk pelatih dan pemain untuk menciptakan strategi untuk bermain dan untuk kesehatan timnya dengan akurat.


Walaupun begitu, tetap saja teknologi satu ini punya keunggulan dan kekurangan sendiri. Hal tersebut wajar, sebab machine learning tetaplah program bikinan manusia. Kira-kira apa saja keunggulan dan kekurangannya?







Keunggulan dan Kekurangan Teknik Machine Learning Untuk Analisis Sepakbola


teknik machine learning untuk analisis sepakbola



Machine learning merupakan cabang ilmu yang memiliki banyak kegunaan untuk beragam sektor, tentunya jika kita perhatikan dengan kegunaannya sekarang, ilmu ini cocok untuk kita pelajari lebih lanjut.


Namun, akan lebih baik jika kita belajar dengan ditemani oleh mentor yang berkualitas dan sudah berpengalaman di bidangnya. Seperti mentor yang ada di Corporate Training dari dibimbing.id, mereka sudah berpengalaman untuk mengajarkan banyak hal yang berhubungan dengan Artificial Intelligence (AI) termasuk machine learning. 


Dengan diawasi oleh mentor, tentunya pemahaman kita mengenai machine learning akan lebih akurat. Oh, ya! Di kelas Corporate Training, juga bisa membuat silabus sendiri! Sehingga, Anda bebas untuk mempelajari apa saja yang ingin Anda ketahui tentang machine learning, salah satunya keunggulan dan kekurangan yang akan dibahas sekarang.



Keunggulan Menggunakan Machine Learning

  1. Pengolahan Data Besar

Machine learning mampu mengolah data dalam jumlah besar dalam waktu singkat, memungkinkan analisis yang lebih komprehensif dari seluruh aspek permainan.

  1. Objektivitas

Analisis berdasarkan data memastikan bahwa interpretasi dan kesimpulan yang diambil bersifat objektif dan tidak terpengaruh oleh bias manusia.

  1. Kemampuan Adaptasi yang Kuat

Seiring dengan berjalannya waktu dan penambahan data, model machine learning bisa menjadi semakin akurat dan adaptif terhadap perubahan strategi atau taktik yang digunakan dalam sepakbola.

  1. Integrasi Teknologi Lain

Machine learning dapat diintegrasikan dengan teknologi lain, seperti augmented reality atau video analytics untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam.


Kekurangan Menggunakan Machine Learning

  1. Keterbatasan Interpretasi: 

Meski machine learning mampu memberikan hasil analisis, manusia masih diperlukan untuk menginterpretasi makna di balik data tersebut dalam konteks permainan sepakbola. Sebab, tidak semua manusia memahami bahasa ‘ilmiah’ yang digunakan oleh machine learning. 


  1. Overfitting

Kasus overfitting adalah salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam dunia machine learning. Ketika mesin dilatih dengan terlalu intens pada data dari sistem A sampai sistem C, ia bisa menjadi terlalu spesifik dalam mengenali pola-pola dalam data tersebut. 


Akibatnya, mesin mungkin kesulitan mengenali dan mengadaptasi diri dengan pola baru dari sistem D atau data lain yang berbeda dari yang pernah dia latih sebelumnya. Hal ini terjadi karena mesin terlalu spesifik "menghafal" data lama dan kurang mampu "memahami" pola umum ketika berhadapan dengan data baru.


  1. Kebutuhan Data Berkualitas

Dalam menggunakan teknologi machine learning, kualitas data yang digunakan untuk "mengajarkan" model sangat menentukan hasil analisis. Data berkualitas tinggi berarti data yang lengkap, akurat, konsisten, dan relevan dengan apa yang ingin dianalisis.


Jika data yang digunakan kurang berkualitas atau memiliki banyak kekurangan, model machine learning bisa menghasilkan analisis atau prediksi yang salah atau tidak akurat. 


Oleh karena itu, penting bagi tim atau individu yang menggunakan teknologi ini untuk memastikan bahwa mereka memiliki akses data sepak bola yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik dari analisis mereka.

  1. Ketergantungan Teknologi

Dalam situasi di mana teknologi gagal atau mengalami gangguan, proses analisis sepakbola bisa terhenti atau menjadi tidak akurat.

  1. Biaya

Implementasi dan pemeliharaan teknologi machine learning untuk analisis sepakbola bisa memerlukan investasi awal yang besar dan biaya berkelanjutan. Maka dari itu, tidak heran bila yang menggunakan machine learning adalah tim, penyelenggara acara bola atau klub penggemar besar.


Baca Juga: Jurusan Data Analyst Buat yang Mau Jadi Profesional!


Di era digital yang semakin berkembang, teknik machine learning untuk analisis sepakbola telah membuka jalan baru dalam memahami dan menginterpretasi permainan yang begitu dicintai banyak orang. Meski membawa berbagai kelebihan, kita juga perlu waspada terhadap potensi kekurangannya, terutama dalam hal kualitas data. 


Namun, perlu digaris bawahi bahwa perpaduan antara teknologi dan intuisi manusia, serta pemahaman mendalam tentang sepakbola, tetap menjadi kunci untuk menerapkan analisis ini dengan efektif. 


Oleh karena itu, sangat bermanfaat bagi para Sobat MinDi, untuk memperdalam pemahaman mengenai machine learning. Bukan hanya berguna dalam konteks sepak bola, tetapi juga dapat memberikan keuntungan dalam bisnis, mengingat banyak perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi ini untuk membentuk inovasi baru.


Memperluas wawasan melalui mengikuti Corporate Training adalah sebuah langkah bijak yang dapat Anda tempuh, karena Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai teknologi terkini bersama mentor-mentor yang memiliki pengalaman luas.

Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!