Big Data Analytics: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Syaukha Ahmad Risyad

•

14 August 2023

•

1785

Image Banner

Dalam bisnis, big data sangatlah penting, namun bagaimana cara mengolahnya menjadi informasi? Untuk tahu itu, kamu perlu paham yang namanya big data analytics.

Di era digital saat ini, perusahaan sudah hampir pasti memerlukan data dalam jumlah yang masif. Data ini kita sebut sebagai big data. Karena ukurannya yang besar dan bentuknya yang beragam, pengolahan big data menjadi informasi membutuhkan teknik-teknik khusus. Di artikel ini, kita bakal berkenalan dengan pengertian, jenis-jenis, dan cara kerja big data analytics dalam dunia data science.

Apa itu Big Data Analytics?

Apa itu Big Data Analytics


Big data analytics adalah proses pengumpulan, penelitian, dan analisis data dalam jumlah besar, termasuk data terstruktur dan tidak terstruktur, untuk mengidentifikasi pola, tren, dan informasi yang relevan. 

Pengolahan big data merupakan proses yang cukup kompleks dan melibatkan banyak teknologi dan teknik analisis data. Hal ini disebabkan oleh masifnya ukuran big data memerlukan infrastruktur yang berbeda dari database konvensional. Teknik analisis ini membantu perusahaan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang operasional mereka, pasar, dan pelanggan.


Jenis-jenis Big Data Analytics

Menentukan tujuan analisis merupakan hal yang sangat penting agar analis dapat mengambil informasi yang sesuai. Tujuan big data analytics yang berbeda-beda akhirnya melahirkan jenis-jenis big data analytics yang variatif.


Berikut adalah beberapa jenis big data analytics yang mencakup beragam pendekatan:

Descriptive Analytics

Descriptive analytics adalah jenis analisis yang umum dilakukan untuk memperoleh pemahaman tentang apa yang terjadi dalam data. Bentuk analisis ini melibatkan pengolahan data mentah menggunakan operasi matematis. Melalui visualisasi data, ringkasan statistik, dan laporan berbasis data, pendekatan ini membantu menggambarkan gambaran menyeluruh tentang peristiwa dan tren masa lalu.  

Setelah kamu memperoleh informasi dari descriptive analytics, kamu juga dapat melakukan analisis big data jenis lainnya.

Diagnostic Analytics

Diagnostic analytics merupakan pendekatan analisis big data yang ditujukan untuk untuk mengidentifikasi penyebab atau faktor yang mempengaruhi suatu peristiwa tertentu dalam data. Dalam melakukan diagnostic analytics, kamu menanyakan mengapa suatu karakteristik dalam bisnis, seperti yang berkaitan dengan pelanggan, penjualan, dapat terjadi.

Pendekatan ini memanfaatkan analisis kausalitas dan analisis akar masalah untuk memahami mengapa suatu kejadian terjadi.

Predictive Analytics

Predictive analytics fokus pada prediksi tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan berdasarkan pola dan trend dalam data historis. Analisis jenis ini memerlukan teknik-teknik khusus, seperti machine learning, untuk membangun model prediksi yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

Banyak perusahaan yang sangat bergantung pada predictive analytics. Semakin akurat prediksi yang dihasilkan, maka perusahaan berpeluang untuk menjadi lebih maju ketimbang pesaing-pesaingnya.

Prescriptive Analytics

Prescriptive analytics berusaha memberikan rekomendasi tindakan yang optimal berdasarkan hasil analisis data. Pendekatan ini menggabungkan elemen dari descriptive dan predictive analytics untuk mencari solusi terbaik dari berbagai pilihan yang ada.


Manfaat Big Data Analytics

Dengan banyaknya informasi yang dihasilkan setiap detiknya, penting bagi perusahaan untuk menggunakan big data analytics agar dapat:

  • Pembuatan kebijakan yang lebih cepat dan akurat: Menggunakan data dengan volume  yang besar, perusahaan dapat membuat kebijakan yang akurat. Ditambah dengan proses otomasi, proses analisis dan pembuatan kebijakan bisa lebih cepat lagi.

  • Memahami pelanggan: Informasi dari big data dapat membantu perusahaan mengetahui kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan.

  • Menghemat biaya: Pengelolaan big data yang efisien dapat membantu perusahaan dalam menghemat biaya, mengoptimalkan operasi bisnis, dan meningkatkan efisiensi proses.

  • Mengantisipasi perubahan pasar: Analisis-analisis prediktif dapat memberikan informasi bagi perusahaan untuk menghadapi perubahan pasar dan bersaing secara lebih efektif.


Cara Kerja Big Data Analytics

Profesional di bidang data, seperti data analyst dan data scientist memiliki struktur tertentu dalam melakukan big data analytics. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengolahan data akurat dan efektif.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan big data analytics.

1.Pengumpulan Data

Langkah pertama dalam big data analytics adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk platform digital, media sosial, perangkat IoT, dan transaksi bisnis. Semakin lengkap dan beragam data yang terkumpul, semakin kuat analisis yang dapat dihasilkan.

Setelah data terkumpul, data kemudian harus disimpan dengan aman dan efisien. Terdapat berbagai sistem penyimpanan data, seperti basis data relasional (RDBMS) atau sistem penyimpanan data lain, yang dipilih berdasarkan kebutuhan dan karakteristik data.

2. Pembersihan Data

Data yang tidak bersih atau tidak lengkap dapat menghasilkan kesalahan dalam analisis. Oleh karena itu, sebelum proses analisis dimulai, data harus dibersihkan dan dipersiapkan dengan hati-hati.

Proses pembersihan data melibatkan proses-proses seperti penghapusan data yang tidak sesuai, pengubahan format data, dan deduplikasi data.

3. Analisis Data

Langkah inilah yang menjadi inti dari big data analytics. Pada tahap ini, berbagai teknik analisis, seperti analisis statistik, machine learning, atau data mining, digunakan untuk menggali wawasan dari data besar yang ada.

4. Presentasi Data

Setelah informasi dari data sudah diperoleh, hasil analisis perlu dipresentasikan. Agar hasil analisis lebih mudah dipahami dan disajikan kepada pemangku kepentingan, data diubah menjadi visualisasi yang menarik dan informatif, seperti menggunakan dashboard.

Belajar Big Data

Karena penting dan kompleksnya pengelolaan dan pengolahan big data, profesinya menjadi sangatlah dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Kalau Sobat MinDi tertarik buat mendalami karir di bidang data, tentulah kamu harus bisa menguasai konsep-konsep dan teknik-teknik dalam big data analytics.

Buat itu, kamu bisa banget, nih, ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Kamu bakal belajar banyak konsep penting big data, dan tools buat mengolahnya, seperti SQL, Python, hingga Tableau. Kamu bakal dilatih oleh ahli-ahli data science yang sudah berpengalaman.

Makanya, pelajari big data dan jadilah ahli data science bareng Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!