10 Jenis Tipe Data Pemrograman Paling Populer 2024

Suci Wulandari

01 August 2023

29437

Image Banner

Berbagai jenis tipe data menjadi penting terutama dalam dunia pemrograman. Tipe data adalah konsep yang memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer bermaksud menggunakan data tersebut. Setiap jenis tipe data mempunyai karakteristik unik yang berpengaruh pada cara program berinteraksi dengan data. 


Pada tahun 2024, terdapat beberapa jenis tipe data yang populer dan sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Melalui artikel ini, MinDi akan membahas apa itu tipe data dan 10 jenis tipe data yang populer di tahun 2024 beserta penjelasan lengkap serta fungsinya. Simak artikel berikut ini sampai selesai, ya!


Apa itu Tipe Data?


Dilansir dari laman Amplitude, tipe data atau data type, adalah atribut yang terkait dengan sepotong data yang bisa memberi tahu sistem komputer cara untuk menafsirkan nilainya

Tipe data adalah konsep fundamental dalam pemrograman yang digunakan untuk menggambarkan jenis dan bentuk data yang dapat disimpan, diolah, dan dioperasikan oleh sebuah program komputer. Setiap nilai atau informasi dalam pemrograman memiliki tipe data yang khusus. Tipe data tersebut menentukan bagaimana data akan diperlakukan oleh komputer.


Tipe data berfungsi untuk beberapa hal penting dalam pengembangan perangkat lunak, antara lain:


  • Pengalokasian memori sebab setiap tipe data memerlukan jumlah memori yang berbeda untuk disimpan. Misalnya, tipe data integer biasanya memerlukan lebih sedikit memori daripada tipe data float.

  • Validasi data dengan menentukan tipe data yang tepat. Artinya program bisa memastikan bahwa data yang dimasukkan sesuai dengan ekspektasi. 

  • Tipe data juga mempengaruhi operasi yang dapat dilakukan pada data tersebut. Misalnya, pada tipe data string, pengguna dapat melakukan operasi konkatenasi (penggabungan) dua teks. Pada tipe data integer, pengguna dapat melakukan operasi matematika seperti penjumlahan atau pengurangan.

  • Optimalisasi kode bisa dimaksimalkan dengan memilih tipe data yang sesuai. Hak itu akan membantu menghemat penggunaan memori dan meningkatkan efisiensi eksekusi program.



Jenis Tipe Data


Setiap jenis tipe data mempunyai karakteristik unik yang berpengaruh pada cara program berinteraksi dengan data. Terdapat 10 jenis tipe data yang akan dijelaskan di bawah ini.


1.Tipe Data Integer

Jenis tipe data integer digunakan untuk menyimpan bilangan bulat. Pada umumnya, tipe data ini digunakan untuk menghitung jumlah objek, indeks array, dan dalam berbagai operasi matematika. Di tahun 2024, tipe data integer masih menjadi salah satu tipe data paling populer dalam pemrograman karena efisiensi dan fleksibilitasnya. Contoh tipe data integer misalnya int, long.


2. Tipe Data Float

Tipe data float digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan. Pada umumnya, tipe data ini digunakan untuk melakukan perhitungan matematika yang melibatkan angka desimal. Jenis tipe data float semakin populer tiap tahunnya. Hal itu disebabkan makin banyaknya pengembangan aplikasi yang melibatkan analisis data dan kecerdasan buatan. Contoh tipe data ini misalnya float, double


3. Tipe Data String

Tipe data string digunakan untuk menyimpan sekumpulan karakter. String digunakan untuk merepresentasikan teks dalam program. Pada tahun 2024, tipe data string tetap menjadi salah satu tipe data yang paling umum digunakan, terutama dalam pengembangan aplikasi web dan mobile. Contoh tipe data ini misalnya string


4. Tipe Data Boolean

Jenis tipe data selanjutnya yaitu boolean. Tipe data ini hanya memiliki dua nilai yaitu true (benar) dan false (salah). Boolean digunakan untuk menyimpan hasil dari operasi logika. Dengan meningkatnya kompleksitas logika dalam pengembangan perangkat lunak, penggunaan tipe data boolean semakin meningkat di tahun ini. Contoh tipe data ini misalnya boolean


5. Tipe Data Array

Tipe data array digunakan untuk menyimpan kumpulan nilai yang serupa. Array memungkinkan kita untuk menyimpan sejumlah elemen dalam satu variabel. Dengan semakin banyaknya data yang perlu diolah, tipe data array menjadi sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak. Contoh tipe data array misalnya int[], string[].


6. Tipe Data Object

Tipe data object digunakan untuk membuat struktur data yang kompleks. Objek dapat memiliki properti dan metode yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi data dan berinteraksi dengan objek lainnya. Semakin berkembangnya paradigma pemrograman berorientasi objek, penggunaan tipe data object pun semakin meluas. Contoh tipe data object misalnya class, struct


7. Tipe Data Enum

Tipe data enum digunakan untuk mendefinisikan kumpulan nilai tetap yang memiliki arti khusus. Enum digunakan untuk menyederhanakan penggunaan konstanta dalam kode program. Tipe data ini tetap menjadi pilihan yang populer dalam mengelola kumpulan nilai tetap di kalangan programer. Contoh tipe data ini misalnya enum


8. Tipe Data Date dan Time

Jenis tipe data populer 2024 selanjutnya yaitu tipe data date dan time. Fungsinya yaitu untuk menyimpan informasi tentang tanggal dan waktu. Tipe data ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengelolaan jadwal, pemrosesan data temporal, dan lain sebagainya. Kini mulai bermunculan aplikasi yang melibatkan aspek waktu sehingga tipe data ini semakin penting penggunaannya. Contoh tipe data ini misalnya date, time.


9. Tipe Data Null

Tipe data null digunakan untuk menyatakan ketiadaan nilai atau nilai kosong. Tipe data ini sering digunakan untuk menginisialisasi variabel sebelum nilai sebenarnya diberikan. Null menjadi penting dalam pengembangan perangkat lunak, lho! Contoh tipe data ini misalnya null.


10. Tipe Data Collection

Tipe data collection digunakan untuk menyimpan dan mengelola kumpulan data. Collection memungkinkan pengguna untuk menambah, menghapus, dan mengakses data dengan mudah. Penggunaan tipe data collection termasuk populer di tahun ini. Penyebabnya yaitu banyaknya pengembang aplikasi yang melibatkan pengolahan data besar. Contoh tipe data collection misalnya List, Set, Map


Pentingnya Jenis Data


Sobat MinDi mungkin bertanya-tanya mengapa penting mengetahui berbagai jenis data, terutama ketika kamu fokus pada pemanfaatan data pelanggan. Hanya ada satu alasan utama untuk mengumpulkan data yang bersih dan konsisten.


Pengetahuan kamu tentang jenis data akan berguna dalam dua tahap pengumpulan data seperti dijelaskan di bawah ini.


1. Instrumen


Proses melacak data perilaku dari sumber data utama dan menyinkronkan data ke sistem penyimpanan internal atau eksternal disebut instrumen.


Langkah pertama dalam proses instrumen adalah membuat rencana pelacakan data. 


Menentukan jenis data setiap properti dalam pelacakan data membuat proses instrumen lebih efisien dan mengurangi kesalahan.


Ini sangat membantu bagi para engineers yang bertugas melakukan implementasi. Dengan memastikan setiap properti dikirim dengan jenis data yang benar, ketidakkonsistenan data dapat dihindari.



2. Survei


Sebagai profesional yang berbasis data, kamu mungkin akan mengumpulkan data dari pelanggan melalui survei sepanjang perjalanan pelanggan dari pendaftaran hingga berhenti berlangganan.


Pertanyaan dalam survei bisa terbuka (teks atau angka) atau dengan pilihan yang sudah ditentukan seperti daftar drop-down (enum), kotak centang (array), tombol radio (boolean).


Untuk menyimpan data dari survei, kamu perlu menentukan nama properti (nama_industri, peran_kerja, alasan_pembatalan, apakah_puas, dll.) dan jenis datanya (string, angka, boolean, dll.) untuk setiap field dalam survei. Nama properti menyimpan nilai yang dimasukkan dan jenis data memvalidasi bahwa nilai tersebut sesuai harapan.


Melakukannya menghasilkan data yang konsisten dan memudahkan analisis dan aktivasi data. Penting untuk diingat bahwa pertanyaan terbuka membuat analisis lebih sulit karena kamu tidak dapat mengumpulkan respons kecuali kamu mengubah data dengan memparsing setiap respons dan mengekstrak teks yang sesuai dengan aturan tertentu.


Dengan pilihan yang sudah ditentukan, analisis lebih mudah dan tidak terpengaruh meskipun kamu mengubah pilihan di kemudian hari (lihat jenis data enum dan array).



Semoga artikel di atas bisa menambah pengetahuan Sobat MinDi tentang jenis-jenis tipe data populer 2024, ya. Memahami masing-masing tipe data sangat penting terutama jika ingin mengembangkan perangkat lunak secara efisien dan handal.


Untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam tentang dunia pemrograman, dibimbing.id punya program bootcamp Pemrograman intensif, lho! Melalui program tersebut, Sobat MinDi akan diberikan materi berkualitas secara bertahap dan tentunya mendapat mentor profesional yang sesuai. Segera daftarkan diri dan jangan sampai melewatkan kesempatan belajar secara asyik dengan para ahli di dunia pemrograman. 



Referensi


1. Programming Fundamentals - Buka

2.  What Are Data Types and Why Are They Important? - Buka

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved