Berikut Gaji UI/UX Designer di Indonesia Terbaru 2024!

Hudita A. R. Lubis

•

16 June 2023

•

17255

Image Banner

Profesi UI/UX Designer telah menjadi salah satu yang paling dicari dan berkembang dalam industri desain digital. Dalam lingkungan yang semakin tergantung pada pengalaman pengguna yang luar biasa, peran UI/UX Designer sangat penting dalam menciptakan produk yang menarik, intuitif, dan memuaskan bagi pengguna.

Kali ini MinDi akan membahas keadaan gaji rata-rata UI/UX Designer terbaru di Indonesia di tahun 2024. Dengan pemahaman yang jelas tentang gaji UI/UX Designer, kamu dapat mengelola ekspektasi dan membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan karir kamu.

Berapa Gaji UI/UX Designer Tahun 2024 di Indonesia?


Melansir dari Indeed, berikut ini jumlah gaji UI/UX Designer di Indonesia tahun 2024. Kamu bisa gunakan data ini sebagai benchmark saat wawancara pekerjaan. Berikut gajinya

  • Jakarta: 7 juta rupiah per bulan

  • Bandung: 4,1 juta rupiah per bulan

  • Surabaya: 3,5 juta rupiah per bulan

  • Yogyakarta: 2,4 juta rupiah per bulan

  • Denpasar: 3 juta rupiah per bulan


Angka di atas merupakan nominal gaji rata-rata yang untuk posisi UI/UX entry level. Jumlahnya bisa jadi lebih banyak, atau lebih murah bergantung pada pengalaman, industri, dan skala perusahaan.

Bahkan mengutip dari Glassdoor, di untuk posisi mid level, UI/UX designer bisa mendapat mencapai 12-13 juta rupiah perbulannya. Menarik bukan?

Faktor yang Mempengaruhi Gaji UI/UX Designer? 


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran gaji seorang UI/UX designer. Dari mulai pengalaman, pendidikan, hingga lokasi. Berikut diantaranya:


1. Pengalaman


Semakin banyak pengalaman, semakin berpeluang kamu mendapat gaji yang besar. Tentu, kamu pasti sadar jika di pekerjaan apapun, gaji freshgraduate pasti berbeda dengan gaji yang sudah mempunyai pengalaman.


Pengalaman kerja membuat UI/UX designer jadi lebih biasa menghadapi berbagai masalah desain dan tau cara efektif buat menyelesaikannya. Mereka juga lebih gampang kerjasama dan mengerti apa yang dibutuhkan tim atau klien.

Intinya, semakin banyak pengalaman, semakin mereka bisa bawa solusi kreatif dan strategis yang akhirnya bisa naikin nilai mereka di mata perusahaan.


2. Lokasi

Selain pengalaman, lokasi juga jadi faktor penting yang menentukan gaji seorang UI/UX designer. Di kota besar atau daerah yang punya banyak perusahaan tech dan startup, biasanya permintaan untuk UI/UX designer itu lebih tinggi.


Makin banyak permintaan, biasanya gaji yang ditawarkan juga makin tinggi, karena perusahaan-perusahaan ini banyak membutuhkan talenta UI/UX designer. Sementara itu, di kota yang lebih kecil atau daerah yang industri kreatifnya belum terlalu berkembang, gajinya tidak sebesar yang ada di kota besar. Misalnya saja, seperti contoh di atas, gaji UI/UX designer di Jakarta lebih besar dibanding di kota Semarang.


3. Besar Perusahaan


Gaji UI/UX Designer di Google, Amazon, atau IKEA atau perusahaan-perusahaan yang besar jauh lebih besar dibanding dengan di perusahaan startup.

Untuk freshgraduate, peluang kamu mungkin akan lebih mudah jika mendaftar di perusahaan rintisan, karena umumnya mereka masih menerima fresh graduate yang pengalamannya belum lebih dari satu tahun. Namun, jika kamu ingin bekerja dan meningkatkan salary kamu, maka pengalaman dan portofolio jadi faktor penting untuk bisa melamar di perusahaan-perusahaan besar.



Gimana Sih Jenjang karir UI/UX Designer? 


Nah, sekarang kita akan membahas tentang jenjang karir UI/UX designer, Sama saja dengan jenjang karir di bidang lainnya, di bidang UI/UX pada umumnya dibagi menjadi tiga tingkatan yang biasa disebut senior level, mid level dan junior level.


Untuk posisi junior level di bidang UI/UX biasa kita temui adalah Junior UI/UX Designer atau Junior UI/UX Researcher, atau hanya Junior UI Designer dan Junior UX Researcher. Ada juga kalau kamu masih newbie banget di dunia ini kamu bisa ditempatkan sebagai posisi intern UI/UX dulu.


Di posisi berikutnya, yang termasuk dalam mid level adalah yang sering disebut UI/UX Designer atau UI/UX Researcher, tanpa embel-embel baik ‘junior’ atau pun ‘senior’.


Pada tingkatan teratas perusahaan, senior level di UI/UX biasanya ada yang namanya Senior UI/UX Designer atau Lead UI/UX Designer. Tapi selain ketiga tingkatan yang disebutkan di atas itu ada juga yang namanya UX/UI Consultant atau UX/UI Freelancer yang bisa saja berdiri sendiri tanpa perlu menjadi company manapun.


Tanggung jawab UI/UX Designer dan UI/UX Researcher


Tanggung jawab hasil akhir juga berbeda antara UI/UX Designer dan UI/UX Researcher. UI/UX Designer bertanggung jawab untuk menghasilkan desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang baik, termasuk tampilan visual, tata letak, interaksi, dan usability produk. UI/UX Designer bekerja sama dengan tim pengembang untuk memastikan implementasi yang tepat. 


Di sisi lain, UI/UX Researcher bertanggung jawab untuk menyediakan wawasan pengguna yang mendalam kepada tim desain. UI/UX Researcher membantu dalam mengarahkan keputusan desain berdasarkan hasil penelitian dan memastikan bahwa desain yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.


Baca juga: Yuk Kupas Tuntas Pekerjaan UI/UX Designer


Mengutip dari monkshill mengenai perekonomian industri startup company Asia Tenggara, di kala gempuran persaingan posisi Product Manager hingga menimbulkan kenaikan Gaji Product Manager, gak mau kalah, talenta bidang UI/UX juga menjadi tambah populer di Asia Tenggara


Jadinya gimana tuh? Ya, gaji pun melonjak naik dua kali lipat setiap kenaikan pangkat. Sini, MinDi langsung kasih tau detail gaji UI/UX Designer di tahun 2024,


Gaji UI/UX Designer tahun 2023 Meme


Dibimbing.id - Gaji UI/UX Designer tahun 2023 Meme






Berapa Gaji UI/UX Designer Tahun 2024 di Luar Negeri?

Tapi beda cerita lagi nih, kalau Sobat MinDi bisa kerja di luar negeri dengan posisi yang sama. Tentunya akan digaji dengan standar luar negeri.

Berikut ini gaji UI/UX Designer di Singapura tahun 2024:

  • senior level digaji sekitar 6,700–8,000 USD (100,554,270–120,064,800 rupiah)

  • mid level digaji sekitar 2,900–6,700 USD (43,523,490–100,554,270 rupiah)

  • junior level digaji sekitar 2,500–4,200 USD (37,520,250–63,034,020 rupiah)


Berikut ini gaji UI/UX Designer di Vietnam tahun 2024:

  • senior level digaji sekitar 2,000–4,100 USD (30,016,200–61,533,210 rupiah)

  • mid level digaji sekitar 1,100–2,500 USD (16,508,910–37,520,250 rupiah)

  • junior level digaji sekitar 800–1,500 USD (12,006,480–22,512,150 rupiah)



Tapi ada yang perlu Sobat MinDi perhatikan bahwa perkiraan gaji ini didata oleh The Southeast Asia Start-up Talent Report 2024 dengan mata uang United States Dollar, dan harga dollar ke rupiah yang MinDi gunakan adalah dari kuartal pertama tahun 2024 ini sejumlah Rp. 15,008,10. Jadi, ada kemungkinan gaji yang kamu terima nantinya lebih tinggi atau lebih rendah.


Baca juga: Ngapain Aja Profesi UX Researcher?


Sementara berdasarkan laporan per bulan februari 2024 dari data Indeed mengatakan bahwa gaji UI Designer di Indonesia rata-ratanya adalah Rp. 4,612,123 per bulan. Sedangkan terkhusus untuk perusahaan domisili Jakarta, rata-rata gajinya adalah Rp. 7 jutaan per bulan dengan posisi sama, UI Designer. Agak berbeda dengan gaji UX Designer atau UX Researcher di Indonesia yang rata-ratanya digaji 6,260,103 per bulan.


Namun, penting untuk Sobat MinDi ingat bahwa ini hanyalah perkiraan dan angka yang mungkin berubah seiring dengan perkembangan industri dan kondisi pasar, juga beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi jumlah gaji kamu. Maka dari itu, penting buat kamu untuk upgrade skill kamu di bidang UI/UX Designer di awali dengan mengikuti Bootcamp UI/UX Designer yang bisa kamu akses di sini.

Share

Author Image

Hudita A. R. Lubis

Hudita merupakan penulis lepas di berbagai topik. Dengan pengalaman lebih dari 2 tahun, ia terkenal dengan tulisannya yang padat dan jelas di topik-topik Project Management dan UI/UX design. Hudita juga merupakan seseorang yang punya rasa ingin tahu yang tinggi dan hobi menulis.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved