Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

•

5237

Image Banner

Social Media Marketing merupakan profesi, yang banyak dibutuhkan perusahaan. Hal tersebut dikarenakan Social Media Marketing memiliki jobdesk yang selaras dengan gaya berbisnis sekarang. Maka tidak heran, bila banyak yang mau jadi Social Media Marketer. Selain kesempatan bekerja yang tinggi, gaji Social Media Marketing pun menggiurkan.


Tentunya kita tidak bisa pungkiri, selain adanya relasi luas dan kesempatan belajar yang tinggi, gaji menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang mau bekerja. Kebetulan juga, gaji Social Media Marketing pun memperlihatkan nominal yang ‘menyegarkan’ setiap tahunnya. Lantas, berapa gaji para Social Media Marketer tahun ini?



Gaji Social Media Marketing



Dilansir dari sumber terpercaya, ada beberapa tingkatan gaji yang akan diterima oleh Social Media Marketer setiap bulannya. Tentunya tingkatan gaji tersebut akan berbeda sesuai dengan jabatan atau tingkatan mereka. 

  1. Gaji Social Media Marketing (Entry Level): 4-6 Juta Perbulan

  2. Gaji Social Media Marketing Specialist: 5-10 Juta Perbulan

Perlu Sobat MinDi ingat juga, bahwa gaji yang tertera merupakan gaji umum yang bisa saja berbeda dengan gaji di tempat kamu bekerja. Lantas, sebenarnya apa saja sih faktor yang mempengaruhi besar tidaknya suatu gaji?


Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Gaji Social Media Marketing



Tidak hanya gaji Social Media Marketing, semua perusahaan pasti akan mempertimbangkan beberapa faktor pada saat menggaji seorang karyawan. Apa saja yang mereka pertimbangkan?


1. Pengalaman Kerja



Umumnya, seseorang yang memiliki pengalaman kerja lebih banyak atau lebih lama pasti berkesempatan untuk memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki pengalaman lebih sedikit.


2. Ukuran Perusahaan




Banyaknya karyawan dan omzet perusahaan seringkali berkorelasi dengan besarnya gaji yang ditawarkan. Kalau kamu bisa kerja di perusahaan yang besar (Contoh: Startup Unicorn), pasti gajinya akan berbeda dengan Startup yang benar-benar baru merintis.


3. Lokasi



Sobat MinDi pasti sudah tidak asing dengan yang namanya UMR, bukan? UMR sendiri adalah gaji yang bervariasi berdasarkan lokasi. Bekerja di area metropolitan atau kota besar sering menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menyesuaikan dengan biaya hidup yang lebih mahal.


4. Keahlian Khusus



Keterampilan atau keahlian khusus yang dimiliki oleh seseorang dapat meningkatkan nilai mereka di pasar kerja dan mempengaruhi gaji yang mereka terima. Sebab, keterampilan khusus biasanya didapatkan dari banyaknya pengalaman baik itu pengalaman kerja, maupun pengalaman belajar di kelas.


5. Kinerja



Dalam beberapa kasus, kinerja individu dan pencapaian tujuan perusahaan juga dapat mempengaruhi gaji, melalui bonus atau insentif. Karena, sangat disayangkan bukan bila kita punya karyawan yang rajin dan selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas, tapi tidak diberikan bonus yang sesuai?


Tentunya hal tersebut bisa dianggap sebagai reward kepada karyawan yang mendedikasikan diri untuk terus bekerja demi perusahaan.


6. Pendidikan



Walaupun jarang, tapi beberapa perusahaan sering melihat tingkat pendidikan dalam memberikan gaji. Terutama, untuk posisi yang membutuhkan keahlian atau pengetahuan khusus. 


7. Industri



Tidak semua industri bisa berjalan lurus mulus tanpa naik turun. Beberapa industri yang sedang dibutuhkan atau tingkat produksinya tinggi untuk beberapa waktu ke depan, cenderung menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan industri lainnya.


Baca Juga: Pengertian dan Contoh Content Pillar Social Media


Bila kita kembali lihat lagi di atas, ternyata ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi gaji-gaji para pekerja di Indonesia. Dengan dibahasnya topik di atas, menandakan bahwa kamu masih punya kesempatan untuk naik gaji! Asalkan, kamu bisa menggunakan tips yang akan MinDi berikan.



Tips Naik Gaji




Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, bila kamu ingin naik gaji atau ingin mendapat pekerjaan dengan gaji yang lebih besar. Bagaimana caranya?


1. Tunjukan Prestasi




Jangan ragu untuk memberikan keberhasilan dan kontribusi kamu kepada perusahaan. Buat catatan mengenai pencapaian dan kontribusi positif yang telah kamu lakukan selama bekerja.


2. Tingkatkan Skill





Masih ingat dengan apa yang kita bahas sebelumnya, Sobat MinDi? Salah satu faktor yang mempengaruhi gaji adalah skill yang kamu miliki. Maka dari itu, sebelum kamu meminta untuk dinaikan gaji atau mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi, hal yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan skill. 


Jika kamu ingin bekerja sebagai Social Media Marketer yang memiliki gaji yang lebih besar dibanding pekerjaan yang sekarang atau ingin naik jabatan, maka tingkatkan skill-mu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya mengikuti Bootcamp Digital Marketing. Di sana, kamu akan belajar bersama mentor-mentor yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.


Kamu juga akan dapat kesempatan untuk berdiskusi atau konsultasi karir, di sana kamu bisa bertanya banyak hal terkait apa yang saat ini kamu khawatirkan mengenai jenjang karir. Salah satunya, bertanya kemungkinan naik gaji dengan skill yang ada.


Jika kamu ingin mengulang materi yang sudah dipelajari sebelumnya, kamu bisa mengakses video recording dan online material lainnya sebagai materi belajarmu. Hebatnya lagi, kamu bisa akses kapan saja! Karena, dibimbing.id memberi kamu akses menuju seluruh materi yang sudah dipelajari, selamanya.


3. Pahami Pasar



Mengetahui standar pengupahan untuk posisi yang kamu incar di industri dan lokasi serupa bisa memberi kamu referensi untuk negosiasi gaji kelak. Cobalah untuk mencari informasi mengenai rentang gaji untuk posisi kamu saat ini.


4. Rencanakan dan Atur Pertemuan



Ajukan pertemuan dengan atasan untuk membahas kinerja dan aspek lainnya terkait kenaikan gaji. Pastikan kamu sudah mempersiapkan argumen dan data pendukung sebelum pertemuan.


5. Persiapkan Argumen


Saat meminta kenaikan gaji, hadirkan argumen yang logis dan berdasar, seperti pencapaian yang sudah ada, tanggung jawab yang dimiliki, dan kontribusi kamu terhadap perusahaan.

Baca Juga: Panduan dan Contoh Portofolio Social Media Specialist


Social Media Marketing adalah pekerjaan ‘panas’ yang banyak dicari karena ketersediaan lapangan yang banyak dan gaji Social Media Marketing yang menggiurkan. Tapi sayangnya, referensi di atas belum tentu akan sama dengan apa yang akan kamu dapatkan ke depannya. Karena, semua akan bergantung pada faktor-faktor tertentu.


Namun, bukan berarti kamu tidak punya kesempatan untuk nego gaji. Selain bergerak aktif dalam banyak kegiatan dan mencari prestasi di kantor, kamu juga harus menaikan skill sebagai pembuktian bahwa kamu layak mendapat gaji Social Media Marketing yang lebih tinggi. Kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing untuk konsultasi dan tambah skill. 

Social Media Boootcamp

Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Selain menulis, dia juga suka merenung dan menangis.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Digital Marketing

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Bahas tuntas soal sepuluh tips dan strategi SEO untuk toko online e-commerce sebagai solusi untuk h...

Image Author

Nadia L Kamila

•

06 October 2023

Mobile-First Indexing dan SEO: Apa Hubungannya?

Digital Marketing

Mobile-First Indexing dan SEO: Apa Hubungannya?

Ternyata, salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh para pakar SEO adalah Mobile-First Inde...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

13 December 2023

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Digital Marketing

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Pekerjaan afliator adalah bagian dari model bisnis di mana individu mendaptkan komisi lewat promosi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 January 2024

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024