Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

27 August 2023

20651

Image Banner

UI/UX adalah dua bidang yang memiliki peran penting di era digital ini. Pasalnya, mereka berperan dalam kesuksesan produk digital. Bagi para mahasiswa yang berkecimpung di dunia desain atau teknologi, contoh skripsi UI/UX bisa jadi referensi ide tugas akhir.


Skripsi dengan tema UI/UX ini bisa menjadi pilihan cerdas sebab ini sangat relevan dengan perkembangan teknologi. Jika kamu sedang cari inspirasi, simak contoh judul skripsi UI/UX di artikel ini!



Tips Memilih Judul Skripsi UI/UX yang Menarik


Pemilihan judul skripsi adalah langkah awal paling penting di proses penelitian. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih judul skripsi UI/UX yang menarik:



1. Pastikan Judul Skripsi Relevan dengan Tren UI/UX Terbaru


Tips memilih judul skripsi UI/UX yang menarik pertama adalah memastikannya relevan dengan tren terkini. Pasalnya, teknologi dan desain antarmuka terus berubah seiring waktu berjalan. 


Oleh sebab itu, kamu harus update dengan perubahannya dan memilih fenomena yang relevan dengan tren terkini. Hal ini akan membuat penelitianmu lebih relevan dan bermanfaat.



2. Pilih Judul Berdasarkan Masalah Nyata


Kedua, kamu harus memilih judul berdasarkan masalah nyata. Dalam bidang UI/UX, kamu mungkin bisa memilih judul yang mampu menangani masalah nyata dalam pengalaman pengguna sehari-hari.


Contohnya, masalah navigasi kompleks aplikasi, pengguna warna kurang efektif, atau pesan kesalahan yang tidak jelas. Dengan mengatasi masalah-masalah ini, penelitianmu akan lebih berdampak dan bermanfaat.



3. Pilih Judul yang Melibatkan Dua Variabel


Terakhir, kamu harus memilih judul yang melibatkan dua variabel. Tujuannya adalah untuk memberikan sudut pandang yang lebih komprehensif. Contoh kombinasinya antara lain:


  • Visual design dan interaksi.

  • Mikro-interaksi dengan umpan balik.

  • Kegunaan dengan aspek emosional.


Kombinasi variabel tersebut bisa membantu kamu mengidentifikasi interaksi kompleks antara elemen-elemen UI/UX.



Langkah-Langkah Menyusun Judul Skripsi UI/UX


Sebelum mencari inspirasi, berikut adalah langkah-langkah menyusun judul skripsi UI/UX yang harus kamu lakukan:


1. Pahami UI/UX dalam Konteks Skripsi


Sebelum memilih judul, kamu harus pahami dulu konsep dasar UI/UX. Secara umum, UI adalah konsep mengenai penataan antarmuka. Sementara itu, UX adalah konsep mengenai interaksi pengguna dengan antarmuka tersebut.


Dalam skripsi UI/UX, kamu bisa mengeksplorasi bagaimana merancang antarmuka yang estetis serta memuaskan pengguna.



2. Pelajari Tren Terbaru dalam UI/UX


Berikutnya, kamu bisa mempelajari tren terbaru dalam UI/UX. Untuk melakukan ini, kamu mungkin harus mencari informasi tentang perkembangan desain antarmuka, teknologi terbaru, dan praktik terbaik dalam bidang ini.


Hal tersebut akan membantu kamu dalam menemukan fenomena yang bisa dieksplorasi di skripsi milikmu.


Baca Juga: 6 Tahapan Desain dalam Menciptakan UI yang Ramah Pengguna



3. Menilai Kebaruan dan Kontribusi


Selanjutnya, kamu bisa menilai kebaruan dan kontribusi terhadap perkembangan UI/UX. Pada saat melakukan ini, kamu harus pastikan bahwa penelitianmu masih jarang. 


Tetapi, kamu bisa menggunakan ide skripsi yang mungkin sudah banyak diteliti. Hal ini bisa dilakukan dengan catatan pendekatanmu unik atau bisa memperbarui yang sudah ada.



4. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing


Langkah terakhir adalah konsultasi dengan dosen pembimbing. Saat konsultasi, kamu bisa diskusikan ide judul yang kamu miliki. Dari konsultasi ini, dosen akan memberikan wawasan tentang kelayakan, kompleksitas, dan relevansi judul tersebut.





Contoh Skripsi UI/UX dengan Judul Inspiratif


Sekarang mari kita eksplorasi contoh skripsi UI/UX dengan judul menarik yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Berikut adalah contohnya:


1. Pengaruh Tata Letak Antarmuka dan Kecepatan Respons terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Mobile Banking


Contoh skripsi UI/UX pertama ini dipilih karena aplikasi perbankan mobile saat ini semakin sering digunakan. Oleh sebab itu, tata letak rapi dan respons yang cepat berperan penting. 


Sebab, dua aspek ini bisa memberikan pengaruh langsung ke pengalaman pengguna. Pada akhirnya, ini bisa memengaruhi kepuasan mereka dalam menggunakan layanan tersebut.



2. Perbandingan Antara Fitur Navigasi dan Penggunaan Warna dalam Meningkatkan Efektivitas Website E-Commerce


Berikutnya, contoh skripsi UI/UX ini bisa dijadikan acuan sebab e-commerce seringkali memiliki banyak produk yang perlu dinavigasi pengguna. Fenomena ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk dibandingkan dengan penggunaan warna.


Dengan begitu, hasil penelitiannya bisa menilai aspek mana yang bisa memberikan dampak langsung pada konversi penjualan.



3. Evaluasi Pengaruh Animasi dan Tipografi terhadap Kejelasan dan Daya Tarik Aplikasi Mobile Education


Contoh selanjutnya bisa menjadi referensi sebab animasi dan tipografi memiliki peran penting dalam tampilan aplikasi pendidikan. 


Penelitian dengan tema ini bisa memberikan jawaban tentang bagaimana animasi dan tipografi memengaruhi persepsi pelajar. Ini terutama mengenai persepsi mereka tentang kejelasan materi pembelajaran dan daya tarik aplikasi.



4. Pengaruh Konsistensi Ikon dan Respons Antarmuka terhadap Persepsi Keandalan Aplikasi Mobile Transportation


Aplikasi transportasi sangat mengandalkan navigasi dan interaksi yang cepat. Penelitian ini akan menginvestigasi bagaimana konsistensi ikon dan respons antarmuka dapat mempengaruhi persepsi pengguna.


Hal ini khususnya mengenai persepsi mereka tentang keandalan aplikasi dalam memberikan layanan transportasi.



5. Analisis Pengaruh Simplicity dan Personalization dalam Antarmuka Aplikasi Mobile News terhadap Keterlibatan Pengguna


Aplikasi berita sering dihadapkan pada tantangan menghadirkan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dicerna. 


Penelitian ini akan mengeksplorasi bagaimana kesederhanaan dan personalisasi dapat mempengaruhi keterlibatan pengguna terhadap konten berita.


Baca Juga: Apa Aja Sih Metode UI/UX dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna? Pelajari Selengkapnya Disini!




6. Studi Perbandingan Penggunaan Microinteractions dan Feedback dalam Meningkatkan Kualitas Aplikasi Mobile Social Media


Aplikasi media sosial memiliki interaksi yang kompleks. Penelitian ini akan membandingkan efek penggunaan microinteractions (misalnya, like animations) dengan feedback yang diberikan oleh aplikasi. 


Tujuannya adalah untuk melihat aspek mana yang berpengaruh dalam meningkatkan interaksi pengguna dan pengalaman pengguna.



7. Pengaruh Estetika Visual dan Keterbacaan dalam Desain Website Pemerintah terhadap Kepuasan Pengguna


Website pemerintah sering digunakan untuk mendapatkan informasi penting. Penelitian ini akan menggali kombinasi antara estetika visual menarik dan keterbacaan yang baik. 


Kombinasi tersebut dibandingkan untuk melihat aspek mana yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna dalam mencari informasi pemerintahan.



8. Analisis Perbedaan Antara User Experience pada Aplikasi Mobile dan Website: Studi Kasus pada Platform E-commerce


Meneliti perbedaan antara pengalaman pengguna pada aplikasi mobile dan website e-commerce dapat memberikan wawasan tentang preferensi pengguna. Perbandingan ini khususnya dilakukan dalam berbelanja online melalui platform yang berbeda.



9. Pengaruh Posisi Tombol dan Fungsionalitas pada User Experience Aplikasi Game Mobile


Posisi tombol dan navigasi yang baik adalah kunci dalam permainan mobile yang sukses. Penelitian ini dapat mengungkapkan bagaimana penempatan tombol berpengaruh pada kenyamanan pengguna.



10. Evaluasi Usability Antarmuka Aplikasi Berbasis Voice User Interface (VUI)


Contoh skripsi UI/UX dengan topik penggunaan VUI. Penelitian ini dapat membantu mengukur sejauh mana aplikasi berbasi VUI mudah digunakan oleh pengguna.


Pastikan kamu memilih judul yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu serta relevan dengan tren di industri. Apabila kamu ingin menjadikan contoh skripsi UI/UX tersebut sebagai referensi, pastikan untuk menggali informasi lebih dalam lagi!



Kamu juga bisa menggali informasi mengenai UI/UX dengan ikut Bootcamp UI/UX Design Dibimbing.id. Dengan ikut program ini, kamu bisa belajar semua hal tentang UI/UX.


Mulai dari teori hingga praktiknya dengan real-case project. Selain itu, pembelajarannya juga dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, mahasiswa, pemula, atau career-switcher bisa ikut tanpa merasa kesulitan.


Menarik bukan? Yuk, segera daftar dan kembangkan pengetahuanmu di UI/UX dengan Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved