Blog

/

UI/UX Design

/

Contoh Judul Skripsi Tentang UI/UX Paling Inspiratif

Contoh Judul Skripsi Tentang UI/UX Paling Inspiratif

Hudita A. R. Lubis

27 August 2023

4385

Image Banner

Pada era digital saat ini, desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kesuksesan aplikasi, situs web, dan produk teknologi lainnya. Bagi para mahasiswa jurusan desain dan bidang teknologi sejenis, memilih judul skripsi yang berkaitan dengan UI/UX bisa menjadi pilihan yang cerdas dan relevan dengan perkembangan teknologi.

Judul skripsi adalah representasi dari isi penelitian yang akan mahasiswa lakukan. Memilih judul yang tepat dapat membantu kamu dalam menunjukkan pemahaman mendalam tentang bidang UI/UX, serta memberikan sumbangan nyata dalam pengembangan disiplin tersebut.


Langkah-langkah Menyusun Judul Skripsi UI/UX


Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ambil:

  1. Memahami UI/UX dalam Konteks Skripsi

Sebelum memilih judul, kamu perlu memahami konsep dasar UI/UX. UI adalah tentang bagaimana antarmuka ditata, sementara UX fokus pada bagaimana pengguna berinteraksi dan merasa saat menggunakan antarmuka tersebut. Dalam skripsi UI/UX, kamu akan mengeksplorasi bagaimana merancang antarmuka yang tidak hanya estetis, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.

  1. Mempelajari Tren Terbaru dalam UI/UX

Langkah pertama adalah memahami tren terbaru dalam dunia UI/UX. Kamu dapat mengikuti perkembangan desain antarmuka, teknologi terbaru, dan praktik terbaik dalam bidang ini. Hal ini akan membantu kamu menemukan celah penelitian yang dapat dieksplorasi dalam skripsi kamu.

  1. Menilai Kebaruan dan Kontribusi

Pilihlah judul yang memiliki elemen kebaruan dan potensi kontribusi terhadap perkembangan UI/UX. Hindari memilih judul yang sudah banyak diteliti, kecuali kamu memiliki pendekatan yang unik atau perlu memperbarui pendekatan yang sudah ada.

  1. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Dosen pembimbing adalah sumber pengetahuan berharga. Diskusikan ide judul yang kamu miliki dengan mereka. Dosen dapat memberikan wawasan tentang kelayakan, kompleksitas, dan relevansi judul tersebut.


Baca juga: Gaji UI/UX Designer dan UI/UX Researcher Terbaru Tahun 2023


Tips Memilih Judul Skripsi UI/UX yang Menarik


Berikut adalah tiga tips dalam memilih judul skripsi UI/UX yang menarik:

  1. Pastikan judul skripsi kamu relevan dengan tren terkini dalam dunia UI/UX dan memenuhi kebutuhan industri. Perkembangan teknologi dan desain antarmuka terus berubah, jadi memilih topik yang sesuai dengan perkembangan terbaru akan membuat penelitian kamu lebih relevan dan bermanfaat.

  2. Pilih judul yang menangani masalah nyata dalam pengalaman pengguna sehari-hari. Misalnya, masalah navigasi yang kompleks dalam aplikasi, penggunaan warna yang kurang efektif dalam memandu pengguna, atau ketidakjelasan pesan kesalahan. Dengan mengatasi masalah yang dihadapi pengguna, penelitian kamu akan lebih berdampak dan bermanfaat.

  3. Memilih judul yang melibatkan dua variabel dapat memberikan sudut pandang yang lebih komprehensif. Contohnya, kombinasi variabel seperti visual design dengan interaksi, mikro-interaksi dengan umpan balik, atau kegunaan dengan aspek emosional. Kombinasi variabel ini dapat membantu kamu mengidentifikasi interaksi kompleks antara elemen-elemen UI/UX.


Ingatlah bahwa pemilihan judul skripsi adalah langkah awal yang penting dalam proses penelitian. Lakukan penelitian awal untuk memastikan bahwa topik yang kamu pilih cukup luas untuk di investigasi dan memiliki sumber literatur yang memadai. Jadi, kamu butuh sumber materi UI/UX yang akurat, misalnya dengan pelayan super responsif Dibimbing.id kamu bisa menikmati sumber kemudahan belajar segala hal tentang UI/UX bebas akses LMS seumur hidup.




Contoh Judul Skripsi UI/UX yang Inspiratif


Berikut adalah tujuh contoh judul skripsi yang berkaitan dengan UI/UX (User Interface/User Experience) dengan dua variabel, beserta alasan mengambil judul tersebut:

  1. Pengaruh Tata Letak Antarmuka dan Kecepatan Respons terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Mobile Banking 

Dalam era digital, penggunaan aplikasi perbankan mobile semakin populer. Tata letak yang baik dan respons yang cepat memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mempengaruhi kepuasan mereka dalam menggunakan layanan tersebut.

  1. Perbandingan Antara Fitur Navigasi dan Penggunaan Warna dalam Meningkatkan Efektivitas Website E-Commerce

Website e-commerce seringkali memiliki banyak informasi dan produk yang perlu dinavigasi oleh pengguna. Penelitian ini dapat membantu memahami mana yang lebih efektif antara navigasi yang mudah dan penggunaan warna yang menarik dalam meningkatkan konversi penjualan.

  1. Evaluasi Pengaruh Animasi dan Tipografi terhadap Kejelasan dan Daya Tarik Aplikasi Mobile Education

Animasi dan tipografi dapat memberikan tampilan yang menarik pada aplikasi pendidikan. Penelitian ini dapat mengungkapkan bagaimana kedua elemen ini mempengaruhi persepsi pengguna tentang kejelasan materi pembelajaran dan daya tarik aplikasi.

  1. Pengaruh Konsistensi Ikon dan Respons Antarmuka terhadap Persepsi Keandalan Aplikasi Mobile Transportation

Aplikasi transportasi sangat mengandalkan navigasi dan interaksi yang cepat. Penelitian ini akan menginvestigasi bagaimana konsistensi ikon dan respons antarmuka dapat mempengaruhi persepsi pengguna tentang keandalan aplikasi dalam memberikan layanan transportasi.

  1. Analisis Pengaruh Simplicity dan Personalization dalam Antarmuka Aplikasi Mobile News terhadap Keterlibatan Pengguna

Aplikasi berita sering dihadapkan pada tantangan menghadirkan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dicerna. Penelitian ini akan mengeksplorasi bagaimana kesederhanaan dan personalisasi dapat mempengaruhi keterlibatan pengguna terhadap konten berita.


Baca juga: Pro Kontra Menggunakan Ikon Burger dalam Desain UI 


  1. Studi Perbandingan Penggunaan Microinteractions dan Feedback dalam Meningkatkan Kualitas Aplikasi Mobile Social Media 

Aplikasi media sosial memiliki interaksi yang kompleks. Penelitian ini akan membandingkan efek penggunaan microinteractions (misalnya, like animations) dengan feedback yang diberikan oleh aplikasi dalam meningkatkan interaksi pengguna dan pengalaman pengguna.

  1. Pengaruh Estetika Visual dan Keterbacaan dalam Desain Website Pemerintah terhadap Kepuasan Pengguna

Website pemerintah sering digunakan untuk mendapatkan informasi penting. Penelitian ini akan menggali bagaimana kombinasi antara estetika visual yang menarik dan keterbacaan yang baik dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna dalam mencari informasi pemerintahan.

  1. Analisis Perbedaan Antara User Experience pada Aplikasi Mobile dan Website: Studi Kasus pada Platform E-commerce. 

Meneliti perbedaan antara pengalaman pengguna pada aplikasi mobile dan website e-commerce dapat memberikan wawasan tentang preferensi pengguna dalam berbelanja online melalui platform yang berbeda.

  1. Pengaruh Posisi Tombol dan Fungsionalitas pada User Experience Aplikasi Game Mobile. 

Posisi tombol dan navigasi yang baik adalah kunci dalam permainan mobile yang sukses. Penelitian ini dapat mengungkapkan bagaimana penempatan tombol berpengaruh pada kenyamanan pengguna.

  1. Evaluasi Usability Antarmuka Aplikasi Berbasis Voice User Interface (VUI). 

Penggunaan VUI semakin umum dalam teknologi yang diaktifkan suara. Penelitian ini dapat membantu mengukur sejauh mana aplikasi berbasis VUI mudah digunakan oleh pengguna.

Pastikan kamu memilih judul yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu serta relevan dengan perkembangan tren dalam dunia UI/UX. Alasan di atas hanya beberapa contoh potensial, dan kamu dapat menyesuaikan dengan minat dan penelitian yang lebih mendalam.

Guna lebih mendalami research kamu tentang UI/UX, kamu bisa ikut Bootcamp UI/UX Design selama 5,5 bulan bersama praktisi digital profesional dan kamu akan merasakan menangani langsung real-case proyek yang nambah pengetahuan dan pengalaman kamu. 





kamu bisa ikut Bootcamp UI/UX Design

Share

Author Image

Hudita A. R. Lubis

an adaptable writer who loves to write about any topic with any writing style and always curious about anything.

Artikel Terkait