7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 February 2024

6822

Image Banner

Memahami kegunaan dan elemen yang ada di footer website adalah kunci untuk  meningkatkan pengalaman pengguna serta menambahkan nilai tambah pada situs web. Hal ini bisa dicapai dengan mengkaji contoh footer web yang umum digunakan.


Contoh footer web ini cukup beragam. Mulai dari informasi kontak hingga FAQ atau bantuan. Untuk pelajari lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!


Apa itu Footer di Web?


Footer di web merujuk pada bagian bawah halaman website. Umumnya, footer di web berisi informasi tambahan dan link. Konten tersebut bertujuan untuk mendukung navigasi dan aksesibilitas pengunjung.


Berbeda dari header yang berisi menu navigasi utama, footer berfungsi sebagai area penutup yang menyediakan konten pelengkap. Isi dari footer bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan dan tujuan website.


Selain itu, footer juga sering digunakan untuk menyertakan elemen desain seperti logo mitra, sertifikasi, dan penghargaan. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas.


Bukan hanya itu, footer juga memainkan peran kunci dalam usability dan SEO website. Ini dilakukan dengan menyajikan informasi penting di lokasi yang mudah diakses.


Apa Kegunaan dari Footer Web?


Footer web memiliki beragam kegunaan yang penting bagi keseluruhan fungsi dan estetika sebuah website. Selain itu, footer web juga berperan dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut adalah beberapa kegunaan utamanya:


  • Navigasi Tambahan: Dipakai di halaman penting yang tak ada di menu utama. Ini membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari tanpa harus kembali ke bagian atas halaman.

  • Memperkuat Branding: Bisa dimanfaatkan untuk memperkuat identitas dan pesan merek melalui penggunaan logo, slogan, atau elemen visual lainnya.

  • Optimasi SEO: Membantu meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian dengan menyediakan link internal yang relevan.

  • Penawaran Khusus dan Promosi: Dimanfaatkan untuk menyoroti penawaran khusus, promosi, atau produk dan layanan terbaru sebagai strategi pemasaran.


Baca Juga: Cara Membuat Footer di HTML Secara Lengkap!


Contoh Footer Web


Seperti yang telah disebutkan, footer web memainkan peran penting dalam desain dan fungsionalitas website. Ia menyediakan informasi tambahan serta memudahkan navigasi untuk pengguna. Berikut adalah beberapa contoh footer web yang sering ditemukan:


1. Informasi Kontak


Pertama, contoh footer web adalah informasi kontak. Ini mencakup alamat fisik perusahaan, nomor telepon, dan alamat email. Informasi kontak berfungsi untuk memudahkan pengunjung guna menghubungi perusahaan.


Oleh sebab itu, informasi kontak adalah aspek esensial untuk membangun kepercayaan dan mendukung layanan pelanggan.


2. Navigasi Tambahan


Berikutnya, contoh footer web adalah navigasi tambahan. Ini berfungsi untuk menambahkan bagian penting dalam halaman yang tidak masuk ke dalam menu utama.


Contohnya halaman FAQ, tentang kami, karir, atau peta situs. Ini membantu pengguna dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat.


3. Link Media Sosial


Setelah itu, contoh footer web adalah link media sosial. Ikon atau link ke halaman media sosial perusahaan memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah mengikuti dan terhubung dengan merek di berbagai platform sosial.


4. Formulir Berlangganan


Kemudian, contoh footer web adalah formulir berlangganan. Formulir ini bisa diisi pengguna yang mau berlangganan newsletter atau update email


Ini memungkinkan pengunjung untuk tetap terinformasi dengan berbagai hal. Misalnya, pemberitahuan berita, penawaran, atau konten baru dari website.


5. Hak Cipta atau Pernyataan Kepemilikan


Selanjutnya, contoh footer web adalah hak cipta atau pernyataan kepemilikan. Menyatakan hak cipta dan tahun pembuatan konten di footer ini bertujuan untuk melindungi hak intelektual dan menunjukkan kepemilikan website.


Baca Juga: 9 Cara Membuat Web Responsif dan User Friendly


6. Kebijakan Privasi dan Syarat Penggunaan


Berikutnya, contoh footer web adalah kebijakan privasi dan syarat penggunaan. Link ini berfungsi untuk memberikan transparansi tentang bagaimana data pengunjung dikelola.


Selain itu, ini berfungsi untuk menjelaskan aturan penggunaan situs. Kedua hal tersebut penting untuk kepatuhan hukum dan kepercayaan pengguna.


7. Sertifikasi, Penghargaan, dan Logo Mitra


Terakhir, contoh footer web adalah sertifikasi, penghargaan, dan logo mitra. Menampilkan ketiga hal tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Selain itu, ini juga menunjukan keahlian dan status terpercaya perusahaan.



Demikian penjelasan serta contoh footer web yang banyak ditemukan. Dari penjelasan di atas, bisa dilihat bahwa footer web tidak hanya memperkuat identitas merek dan meningkatkan pengalaman pengguna.


Namun, footer web juga bisa membantu dalam navigasi situs dan optimasi SEO. Oleh sebab itu, peran UI/UX designer sangat penting dalam hal ini. Mereka harus memilih setiap elemen di footer dengan baik dengan tujuan untuk menambah nilai bagi pengguna.


Oleh sebab itu, tanggung jawab UI/UX designer cukup besar. Eits.. meski tanggung jawabnya besar, UI/UX adalah salah satu bidang dengan potensi karir yang menjanjikan. Pekerjaan di bidang ini cenderung menawarkan nilai jual yang tinggi.


Tertarik untuk memulai karir di sini? MinDi rekomendasikan kamu untuk daftar Bootcamp UIUX/Product Design. Bootcamp ini menawarkan pembelajaran UI/UX terlengkap dengan silabus beginner-friendly.


Kamu bakal dipandu oleh profesional untuk belajar konsep dasar, alat pendukung, hingga aplikasi dengan real-case project. Pokoknya, kamu bakal dibimbing sampai jadi! Yuk, daftar dan bangun karir yang lebih baik bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved