Blog

/

Corporate Traning

/

Contoh Etika Bisnis: Pengertian & Manfaatnya

Contoh Etika Bisnis: Pengertian & Manfaatnya

Muthiatur Rohmah

13 February 2024

14

Image Banner

Sebagai seorang pengusaha, atau karyawan yang sedang menjalankan bisnis perusahaan, etika bisnis merupakan hal utama yang perlu diperhatikan.


Etika bisnis adalah sebuah pedoman atau aturan dalam berbisnis yang wajib dipatuhi oleh seluruh individu yang terlibat bisnis. Etika bisnis merupakan pedoman hierarki yang harus dijalankan selama Sobat MinDi masih berbisnis.


Masih bingung terkait etika bisnis? Yuk pahami contoh etika bisnis beserta tujuan dan manfaatnya pada artikel berikut ini.


Pengertian Etika Bisnis


Etika bisnis adalah prinsip moral, nilai-nilai, dan standar perilaku yang mengatur tindakan dan keputusan dalam konteks bisnis. 


Etika bisnis dapat melibatkan perusahaan dan individu dalam dunia bisnis berinteraksi dengan pelanggan, mitra bisnis, karyawan, masyarakat, dan lingkungan secara umum. 


Etika bisnis melibatkan pertimbangan tentang keadilan, kejujuran, integritas, tanggung jawab sosial, dan dampak dari keputusan bisnis terhadap berbagai pemangku kepentingan.


Dalam praktiknya, etika bisnis membuat keputusan yang adil, transparan, dan mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari tindakan bisnis. 


Hal ini mencakup menghindari perilaku yang tidak etis seperti penipuan, penyalahgunaan kekuasaan, pencucian uang, dan praktik-praktik yang merugikan masyarakat atau lingkungan.


Contoh etika bisnis dalam perusahaan atau organisasi dapat dilihat dari sikap menerima kolega atau client, sikap perkenalan diri yang baik, serta penggunaan tata krama saat berinteraksi dengan kolega atau client.


Manfaat Etika Bisnis


Menerapkan etika bisnis yang baik di perusahaan, dapat nilai, norma dan perilaku yang baik bagi seluruh tim perusahaan. 


Terciptanya hubungan yang efektif dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi karyawan yang menguntungkan perusahaan.


Etika bisnis memiliki beberapa manfaat yang signifikan, baik bagi perusahaan maupun masyarakat secara umum. Berikut adalah manfaat etika bisnis:


1. Reputasi yang Baik


Etika bisnis yang tinggi dapat membantu mempertahankan reputasi perusahaan atau organisasi. 


Bisnis yang berpedoman pada etika mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya. Reputasi yang baik dapat menjadi aset yang berharga demi keberlangsungan perusahaan kedepannya.


2. Kepuasan Pelanggan Meningkat


Menerapkan etika bisnis dengan baik, seperti transparansi dalam pengambilan keputusan dapat  memberikan keuntungan bagi pelanggan. 


Pelanggan merasa lebih nyaman saat bertransaksi dengan perusahaan yang dipercayai dan tahu bahwa perusahaan tersebut akan bersikap adil.


3. Unggul dalam Persaingan


Etika bisnis yang baik dapat memberikan nilai lebih perusahaan di hadapan para kompetitornya.


Perusahaan yang menerapkan etika bisnis dapat menarik pelanggan yang lebih banyak, menarik talenta terbaik, dan memenangkan dukungan dari seluruh stakeholders.


4. Pemenuhan Kewajiban


Etika bisnis yang baik merupakan salah satu kewajiban hukum. Dengan mematuhi etika bisnis, perusahaan telah memenuhi semua peraturan dan undang-undang yang berlaku, mengurangi risiko hukum, dan menghindari sanksi atau masalah hukum.


5. Dampak Sosial yang Positif


Etika bisnis tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan. 


Etika bisnis yang baik, pasti memperhatikan tanggung jawab sosialnya, seperti mendukung inisiatif sosial, pelestarian lingkungan, dan kontribusi positif pada komunitas sekitar.


Baca Juga: Seberapa Penting Etika Profesional Untuk Mahasiswa?


Tujuan Etika Bisnis


Etika bisnis bertujuan untuk menciptakan lingkungan bisnis yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab. 


Berikut adalah  tujuan etika bisnis dalam perusahaan:


1. Integritas dan Moralitas


Salah satu tujuan etika bisnis adalah mempromosikan integritas dan moralitas dalam semua aspek operasi perusahaan. 


Hal ini dapat mencakup pengambilan keputusan yang jujur dan adil, hukuman tindakan yang benar dan etis, serta menekankan pentingnya kejujuran dalam komunikasi internal dan eksternal. 


Dengan mengutamakan integritas dan moralitas, perusahaan dapat menciptakan budaya kerja yang berlandaskan nilai-nilai yang positif.


2. Menghindari Praktik Tidak Etis


Tujuan etika bisnis lain adalah menghindari praktik bisnis yang tidak etis. Hal ini termasuk mencegah korupsi, penipuan, pencucian uang, penyalahgunaan kekuasaan, dan tindakan ilegal lainnya. 


Dengan menerapkan etika bisnis dengan baik, perusahaan dapat menjaga reputasi, mengurangi risiko hukum, dan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih adil dan aman.


3. Menciptakan Nilai jangka Panjang


Etika bisnis bertujuan untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan stakeholders lainnya. 


Hal ini termasuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan, menciptakan keunggulan bersaing, dan memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari operasi bisnis. 


Dengan mempertimbangkan nilai jangka panjang, perusahaan dapat mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.


Prinsip Etika Bisnis


Dalam menerapkan etika bisnis di perusahaan, diperlukan beberapa prinsip yang dapat mendukungnya.


Etika bisnis melibatkan sejumlah prinsip untuk membimbing perilaku dan keputusan bisnis. Berikut adalah prinsip etika bisnis yang penting:


1. Prinsip Kehormatan


Prinsip etika bisnis adalah menjunjung tinggi kehormatan dan integritas. Hal ini mengharuskan individu dan perusahaan berperilaku dengan jujur dan adil dalam semua aspek bisnis. 


Prinsip ini mencakup berkomunikasi efektif, memenuhi kewajiban sesuai kontrak dan menghindari konflik kepentingan yang tidak etis.


2. Prinsip Keadilan


Prinsip ini menekankan pentingnya perlakuan yang adil dan setara terhadap semua stakeholders. 


Perusahaan harus memperlakukan karyawan, pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat secara adil, tanpa diskriminasi. Prinsip ini juga mencakup menghormati hak asasi manusia dan norma-norma hukum yang berlaku.


3. Prinsip Tanggung Jawab


Prinsip etika bisnis juga mencakup tanggung jawab sosial dan lingkungan. Prinsip ini mengharuskan bisnis untuk mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari keputusan yang diambil.


Hal ini termasuk memastikan praktik bisnis yang berkelanjutan, mengurangi dampak negatif pada lingkungan, dan mendukung inisiatif sosial yang positif.


4. Prinsip Transparan


Prinsip ini menekankan pentingnya transparansi dalam komunikasi dan akuntabilitas atas tindakan bisnis. 


Perusahaan harus terbuka dan jujur tentang kebijakan, praktik, dan hasil bisnis. Perusahaan juga harus siap menerima tanggung jawab atas kesalahan atau pelanggaran etika yang terjadi.


Baca Juga: Pentingnya Leadership Skill untuk Membangun Karir yang Sukses!


Contoh Etika Bisnis


Contoh etika bisnis adalah sikap atau kepribadian perusahaan atau individu dalam berbisnis yang wajib dicontoh dan diterapkan. 

Berikut adalah beberapa contoh etika bisnis yang baik dan dapat dipelajari:


1. Kejujuran dan Integritas dalam Pemasaran dan Penjualan


  • Menyajikan informasi produk yang akurat dan tidak menyesatkan: Memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang produk atau layanan, termasuk manfaat, kekurangan, dan risikonya. Menghindari iklan yang berlebihan dan menyesatkan.

  • Menghormati privasi konsumen: Melindungi data pribadi konsumen dan tidak menggunakannya tanpa persetujuan mereka.

  • Menawarkan produk dan layanan dengan cara yang jujur dan adil: Menghindari tekanan penjualan yang tidak wajar dan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membandingkan produk dan layanan dari berbagai perusahaan.


2. Keadilan dan Kepedulian dalam Manajemen Karyawan



3. Persaingan yang Sehat dalam Bisnis



Penerapan contoh etika bisnis yang baik dapat membantu perusahaan untuk membangun kepercayaan dan reputasi positif,meningkatkan keuntungan jangka panjang, dan mencapai tujuannya.

Kesimpulannya, menerapkan etika bisnis yang baik dalam berbisnis dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan profesional. Patuhi segala norma, nilai, serta peraturan dalam etika bisnis demi kelancaran urusan bisnis semua pihak yang terlibat.

Dalam perusahaan, selain etika bisnis, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Salah satunya adalah memperhatikan skill dan potensi anggota tim atau karyawan.

Untuk menciptakan SDM yang berkualitas, diperlukan peningkatan skill dan potensi karyawan secara tepat dan efisien. Kunci dari permasalahan ini adalah program corporate training dibimbing.id.

Dengan pembelajaran aktif dan inovatif disertai materi pembelajaran yang dapat dicustom sesuai kebutuhan, dibimbing.id merupakan pilihan tepat untuk mengembangkan skill dan potensi karyawan Anda.

Ayo segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati kinerja tim yang lebih unggul setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.



Corporate Training

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

love write, music and kdrama

Artikel Terkait

Mengenal Protokol Jaringan, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Corporate Traning

Mengenal Protokol Jaringan, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Pelajari pengertian protokol jaringan dan bagaimana kamu dapat saling berkomunikasi dengan perangka...

Image Author

Coriena Lathifa Dewi

26 August 2023

5 Cara Optimalisasi Strategi Machine Learning Untuk Kebutuhan Sepakbola

Corporate Traning

5 Cara Optimalisasi Strategi Machine Learning Untuk Kebutuh...

Pelajari cara optimalisasi strategi machine learning supaya analisis dan strategi yang dibuat untuk...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

19 October 2023

Admin Server: Definisi, Tugas, Kualifikasi, Skill, dan Gaji

Corporate Traning

Admin Server: Definisi, Tugas, Kualifikasi, Skill, dan Gaji

Pada tahun 2023, ada beberapa posisi pekerjaan yang cukup sering dibutuhkan perusahaan dan Admin Se...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

08 November 2023

Cara Menggunakan Rumus Pembulatan Excel

Corporate Traning

Cara Menggunakan Rumus Pembulatan Excel

Cek bagaimana menggunakan rumus pembulatan di Excel bersama Dibimbing!

Image Author

Dibimbing.id

26 December 2023

Cara Menggunakan Rumus Pajak di Excel  Beserta Contohnya!

Corporate Traning

Cara Menggunakan Rumus Pajak di Excel Beserta Contohnya!

Pelajari bagaimana cara menggunakan rumus pajak di Excel dan contohnya!

Image Author

Dibimbing.id

27 December 2023

Pelatihan Data Scientist: Tingkatkan Kinerja Karyawan

Corporate Traning

Pelatihan Data Scientist: Tingkatkan Kinerja Karyawan

Data scientist merupakan ilmu yang dibutuhkan di dunia kerja. Yuk ikuti pelatihan data scientist un...

Image Author

Muthiatur Rohmah

14 February 2024