Contoh CV Videographer Lengkap & Tips Membuatnya

Muthiatur Rohmah

29 May 2024

86

Image Banner

Sobat MinDi ingin memulai karir sebagai videographer? Bingung harus mulai dari mana? Langkah awalnya, siapkan beberapa dokumen penunjang seperti CV atau curriculum vitae.


CV Videographer adalah dokumen lamaran kerja yang berisi informasi pribadi, pendidikan, keahlian hingga pengalaman kerja yang relevan di bidang videographer. CV merupakan peluang untuk menarik perhatian recruiter dan menciptakan kesan awal yang baik.


Oleh sebab itu, CV yang baik dan profesional akan meningkatkan peluang Sobat MinDi diterima oleh perusahaan. Lantas bagaimana contoh CV videographer yang benar dan efektif? Bagaimana langkah membuatnya?


Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.



Pentingnya CV Videographer dalam Melamar Pekerjaan



CV videographer berperan penting untuk menunjukkan kemampuan profesional serta pengalaman yang dimiliki oleh seorang kandidat dalam bidang videografi.


Sebab pekerjaan ini bergantung pada aspek visual dan kreativitas, sehingga CV harus mampu menggambarkan kualitas teknis serta gaya artistik yang unik dari videographer tersebut.


Selain menyertakan daftar pengalaman kerja, proyek yang telah dilakukan, dan pendidikan formal, penting juga bagi videographer untuk menambahkan link atau referensi ke portofolio online, agar recruiter dapat langsung melihat contoh karya mereka. 


Hal ini membantu recruiter dalam menilai kemampuan teknis seperti pencahayaan, komposisi, dan editing, serta aspek-aspek kreatif lainnya. 


CV yang baik juga harus memperlihatkan kemampuan videographer dalam bekerja dalam tim, beradaptasi dengan berbagai situasi pengambilan gambar, dan keterampilan dalam mengelola proyek dari konseptualisasi hingga post-produksi, yang semuanya adalah keterampilan penting untuk seorang videographer dalam industri saat ini.



Struktur CV Videographer



Sebelum mulai membuat CV, yuk pahami dulu struktur CV videographer pada penjelasan berikut ini.


Untuk membuat CV seorang videografer yang efektif, penting untuk menyusun informasi secara jelas dan profesional. Berikut adalah struktur yang sebaiknya harus dicantumkan pada CV seorang videographer:


struktur cv videographer



1. Informasi Kontak


Informasi kontak adalah bagian pertama dari CV, yang berisi detail kontak pribadi seperti nama lengkap, alamat (jika relevan), nomor telepon, dan alamat email. Sertakan juga tautan ke profil LinkedIn atau portofolio online jika ada.



2. Judul Resume


Judul resume merupakan sebuah pernyataan singkat yang menonjolkan identitas profesional, yang secara singkat menggambarkan siapa Sobat MinDi sebagai seorang profesional.



3. Ringkasan atau Tujuan Resume


Ringkasan pada CV berfokus pada pencapaian karier dan kekuatan utama. Bagian ini cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman signifikan. 


Dalam CV juga menyatakan tujuan karir dan keahlian yang dapat memberikan manfaat bagi recruiter. Ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman lebih sedikit atau sedang berpindah karier.



4. Pengalaman Kerja & Prestasi


Dalam CV videographer, sebaiknya cantumkan peran-peran yang telah diselesaikan, diurutkan dari yang terbaru ke yang terlama. Untuk setiap posisi, jelaskan secara singkat peran dan sertakan prestasi atau proyek penting.



5. Keahlian & Kompetensi


Cantumkan keahlian dan kemampuan Sobat MinDi, termasuk keahlian teknis yang berkaitan dengan videografi seperti kemampuan menggunakan perangkat lunak pengeditan video, serta keahlian lunak seperti kreativitas dan komunikasi.



6. Pendidikan


Dalam CV, sertakan informasi mengenai latar belakang pendidikan, mulai dari gelar pendidikan terakhir yang diperoleh, nama institusi, dan tahun kelulusan.


Ada beberapa struktur CV Videographer yang bersifat opsional, sebagai berikut.

  • Sertifikasi/Pelatihan: Jika memiliki sertifikasi profesional atau telah mengikuti kursus pelatihan khusus yang relevan dengan videografi, sertakan detail ini untuk menambah kredibilitas.

  • Penghargaan: Daftar setiap penghargaan industri atau akademik yang telah diterima yang mengakui karya atau kontribusi dalam bidang tersebut.

  • Proyek: Jelaskan proyek-proyek signifikan yang menampilkan keterampilan dan kontribusi. Baik itu proyek individu atau kolaboratif, jelaskan peran dan hasil yang dicapai.


Baca Juga: Contoh CV Marketing Bahasa Inggris yang Menarik Perhatian Recruiter!



 

Cara Menulis CV Videographer yang Efektif



Ingin mulai menulis CV Videographer, namun bingung harus mulai dari mana? Yuk simak cara menulis CV videographer secara efektif berikut ini.


Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat CV yang efektif untuk posisi videografer:



1. Pilih Format Terbaik untuk CV Videografer


Langkah awal, Sobat MinDi dapat memilih format CV terlebih dahulu. Struktur CV harus mengikuti format yang jelas dan profesional. Format yang umum digunakan adalah format kronologis terbalik, yang menonjolkan pengalaman kerja terbaru di bagian atas. Struktur CV dapat  meliputi:

  • Informasi Kontak

  • Ringkasan atau Tujuan Resume

  • Pengalaman Kerja

  • Pendidikan

  • Keahlian

  • Sertifikasi atau Penghargaan (opsional)



2. Tulis Objektif atau Ringkasan CV Videografer


Langkah selanjutnya adalah menulis objektif atau summary tergantung pada tingkat profesionalisme Sobat MinDi.


Ringkasan Objective cocok untuk videografer yang baru memulai atau mereka yang beralih karier. yang menjelaskan tujuan karier dan apa yang Sobat MinDi tawarkan kepada perusahaan.


Summary CV ideal untuk videografer dengan pengalaman lebih, ringkasannya harus menyimpulkan keterampilan, pencapaian, dan aspek-aspek kunci dari karier.


Contoh:


Resume Summary

Videografer kreatif dengan lebih dari 8 tahun pengalaman dalam produksi video komersial dan dokumenter. Ahli dalam Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan After Effects. Mampu mengelola beberapa proyek secara simultan dengan hasil akhir yang memuaskan klien.



Resume Objective:

Videografer yang baru lulus dengan pengetahuan teoritis dan pengalaman praktik dalam produksi video, pencarian peran junior untuk mengembangkan keterampilan teknis sambil menyumbangkan perspektif kreatif baru.



3. Buat Deskripsi Pekerjaan Videografi yang Sempurna


Langkah selanjutnya adalah tulis Detail setiap posisi pekerjaan dengan jelas, termasuk nama perusahaan, lokasi, dan tanggal bekerja. Untuk setiap pekerjaan, sertakan 3-5 poin yang menjelaskan tanggung jawab dan menonjolkan pencapaian utama dengan metrik kinerja.


Contoh:


Pengalaman Kerja:

Senior Videografer

Digital Media Studios, Jakarta | Januari 2017 - Sekarang

  • Mengarahkan, mengambil, dan mengedit lebih dari 150 video komersial yang meningkatkan visibilitas klien sebesar 40%.

  • Mengelola produksi dari konsep hingga realisasi untuk video promosi dan dokumenter.



4. Tulis Bagian Pendidikan yang Relevan


Langkah berikutnya, sertakan tingkat pendidikan, nama institusi, lokasi, dan tahun-tahun pembelajaran. Jika Sobat MinDi memiliki kualifikasi pendidikan yang relevan dengan videografi atau film, sorot ini secara khusus.


Contoh:


Pendidikan:

Sarjana Seni, Jurusan Produksi Film

Universitas Multimedia Nusantara, Tangeran | 2009 - 2013



5. Sorot Keahlian Videografer


Langkah akhir, tambahkan keahlian teknis seperti penggunaan software (Adobe Premiere, Final Cut Pro, After Effects) dan peralatan (kamera, drone, stabilizers). Jangan lupa untuk menyertakan soft skill seperti manajemen proyek, kerja tim, dan kreativitas.


Contoh:


Skill:

  • Ahli dalam Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan After Effects

  • Pengalaman luas dengan kamera DSLR, mirrorless, dan sinematik

  • Kemampuan komunikasi yang efektif, bekerja dengan tim lintas departemen

  • Pengelolaan proyek dan waktu yang sangat baik




Baca Juga: Contoh CV Programmer Fresh Graduate & Tips Membuatnya!



Contoh CV Videographer



Sobat MinDi penasaran bagaimana contoh CV videographer yang efektif? Yuk simak beberapa contohnya berikut ini.



1. Contoh CV Videographer Bahasa Indonesia


Jessica Angkasa  

Videografer Profesional  

+62 812 3456 7890 | jessica.angkasa@example.com | LinkedIn: linkedin.com/in/jessicaangkasa | Portofolio: jessicaangkasaportfolio.com


Profil Profesional

Videografer kreatif dengan pengalaman lebih dari 8 tahun dalam produksi video komersial dan dokumenter. Ahli dalam mengoperasikan Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan After Effects. Terampil dalam mengelola proyek dari konsep hingga penerapan akhir, selalu menghasilkan karya yang meningkatkan keterlibatan klien.


Pengalaman Kerja

Videografer Senior

Studio Media Digital, Jakarta 

Januari 2017 - Sekarang  

  • Mengarahkan, merekam, dan mengedit lebih dari 150 video iklan yang meningkatkan visibilitas klien hingga 40%.  

  • Mengelola tim produksi dalam proyek-proyek video promosi dan dokumenter, termasuk penganggaran, penjadwalan, dan pasca-produksi.  

  • Bekerja lintas tim dengan desainer, pemasar, dan profesional kreatif lainnya untuk mengintegrasikan elemen visual dan naratif.


Videografer Freelance

Freelancer, Jakarta  

Juni 2013 - Desember 2016
  • Melaksanakan proyek-proyek video independen untuk iklan, acara korporat, dan dokumentasi pernikahan.  

  • Menyediakan layanan pengeditan video dan pasca-produksi, menerapkan teknik kreatif untuk menghasilkan output visual yang menarik.


Pendidikan

Sarjana Seni dalam Produksi Film

Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang 

2009 - 2013


Keahlian

  • Keahlian tinggi dalam pengeditan video menggunakan Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro X, dan After Effects. 

  • Berpengalaman dengan berbagai jenis kamera termasuk DSLR, mirrorless, dan sinematik.  

  • Keterampilan komunikasi yang efektif; berpengalaman dalam koordinasi dengan klien dan tim lintas fungsi.  

  • Manajemen waktu dan pengelolaan proyek yang sangat baik.


Sertifikasi

  • Sertifikasi Adobe Certified Expert (ACE)**  

  • Pelatihan Sinematografi Lanjutan** - Institut Film Jakarta, 2015


Bahasa

  • Indonesia (Ibu bahasa)  

  • Inggris (Lancar)



2. Contoh CV Videographer Bahasa Inggris


John Doe

Professional Videographer  

+1 234 567 8900 | john.doe@example.com | LinkedIn: linkedin.com/in/johndoe | Portfolio: johndoephotovideo.com


Professional Profile

Creative and technically skilled videographer with over 10 years of experience in video production, including commercials, weddings, and documentary films. Proficient in a range of video editing software with a keen eye for detail and a commitment to delivering high-quality content that engages and informs audiences.


Work Experience

Senior Videographer 

Dynamic Media Solutions, New York, NY 

March 2015 - Present  

  • Directed, shot, and edited over 200 commercial and personal video projects, enhancing client engagement by up to 50%.  

  • Led a team of video professionals in high-pressure environments to deliver projects on time and within budget.  

  • Innovated filming techniques that reduced production costs by 20% while maintaining artistic quality.


Freelance Videographer  

Self-Employed, Various Locations

January 2010 - February 2015  

  • Collaborated with diverse clients to produce custom video content tailored to their specific needs, from initial concept to post-production.  

  • Managed all aspects of video production, including scriptwriting, shooting, and editing, for over 100 freelance projects.  

  • Developed strong client relationships, resulting in a freelance referral rate of over 60%.


Education

Bachelor of Arts in Film Production

University of California, Los Angeles (UCLA)  

2006 - 2010


Skills

  • Proficient in Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro X, and After Effects.  

  • Experienced with various cameras and equipment, including ARRI, RED, and DSLR systems.  

  • Strong storytelling ability, able to translate abstract concepts into compelling visual content.  

  • Excellent time management skills, with the capacity to handle multiple projects simultaneously.


Certifications

  • Certified Professional Videographer - Video Professionals Association, 2014  

  • Advanced Drone Videography - FAA Certified, 2016


Languages

  • English (Native)  

  • Spanish (Conversational)



3. Contoh CV Videographer untuk Pemula


Rian Putra

Videografer Junior  

+62 812 3456 789 | rian.putra@example.com | LinkedIn: linkedin.com/in/rianputra | Portofolio: rianputraportfolio.com


Profil Profesional

Videografer pemula dengan latar belakang pendidikan dalam film dan multimedia. Memiliki keahlian dasar dalam pengeditan video dan pengambilan gambar. Bersemangat untuk mempelajari teknik baru dan berkontribusi dalam tim kreatif. Dapat bekerja di bawah tekanan dan memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan karier dalam videografi.


Pengalaman Kerja

Asisten Videografer 

Studio Kreasi Visual, Jakarta  

Juli 2022 - Sekarang  

  • Membantu dalam pengaturan peralatan dan penerangan untuk sesi pemotretan.  

  • Mendukung tim dalam pengeditan video menggunakan Adobe Premiere Pro.  

  • Berpartisipasi dalam brainstorming konsep untuk proyek video klien.


Pendidikan

Diploma Seni Media Visual

Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta

2019 - 2022


Keahlian

  • Pengeditan video menggunakan Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro.  

  • Pemahaman dasar tentang pencahayaan dan pengambilan gambar video.  

  • Kemampuan beradaptasi cepat dengan teknologi dan software baru.  

  • Komunikasi yang efektif dan kemampuan kerja tim yang baik.


Kursus dan Sertifikasi

  • Kursus Dasar Pengeditan Video - Akademi Media Jakarta, 2021  

  • Workshop Penggunaan Kamera DSLR  - Studio Foto Jakarta, 2022


Bahasa

  • Indonesia (Bahasa Ibu)  

  • Inggris (Lancar)



Ingin Membuat Curriculum Vitae Profesional? Yuk Ikuti Career Preparation Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai contoh cv videographer, informasi ini sangat berguna Jika Sobat MinDi hendak melamar pekerjaan sebagai videographer, dan harus menulis CV yang efektif.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, mempelajari membuat CV  merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan diri demi karir yang baik di masa depan.


Menulis CV merupakan hal yang tidak diajarkan dalam perkuliahan pada umumnya. Namun Sobat MinDi bisa mengikuti career preparation dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.


Reference:

  • Videographer Resume Template & Guide (20+ Examples) - Buka

  • 6 Videographer Resume Examples for Your 2024 Job Search - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved