9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Muthiatur Rohmah

27 April 2024

1474

Image Banner

LinkedIn adalah social media yang dirancang untuk memfasilitasi koneksi dan interaksi antara para profesional dari berbagai industri. 


LinkedIn dapat berfungsi sebagai alat untuk mencari pekerjaan, dengan fitur yang memungkinkan pengguna dan perekrut untuk memposting dan melamar lowongan pekerjaan. 


Sebagai seorang mahasiswa, Sobat MinDi wajib memiliki akun LinkedIn dan mengupdatenya secara berkala. Hal ini berguna untuk membangun jaringan profesional yang akan dibutuhkan setelah lulus kuliah.


Lantas bagaimana cara mengisi LinkedIn untuk mahasiswa? bagaimana cara membuat profil LinkedIn mahasiswa menarik, meskipun belum memiliki pengalaman kerja?


Yuk simak dan pelajari tipsnya berikut ini.



Tips Mengisi LinkedIn untuk Mahasiswa



LinkedIn untuk mahasiswa berfungsi membangun dan menunjukkan identitas profesional diri sejak dini, mencakup pencantuman pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja atau magang. 


LinkedIn merupakan jembatan bagi mahasiswa untuk terhubung dengan para profesional di industri yang diminati, hal ini untuk memperluas jaringan dan mendapatkan wawasan langsung tentang karir yang potensial. 


LinkedIn merupakan alat yang sangat berharga untuk persiapan karir mahasiswa. Oleh sebab itu kamu harus mengisi akun LinkedIn dengan baik dan profesional.


Yuk simak tips mengisi LinkedIn untuk mahasiswa berikut ini. Perhatikan dengan baik dan pastika profil LinkedIn kamu akan lebih menarik.



1. Buat Foto Profil yang Profesional


Tahap awal untuk mengisi LinkedIn adalah buat foto profil yang menarik, sebab foto adalah elemen pertama yang diperhatikan. 


Gunakan foto yang berpenampilan profesional dan ramah. Pastikan foto memiliki latar belakang yang netral dan pencahayaan yang baik. Foto yang tampak profesional meningkatkan kesan pertama dan kredibilitas profil LinkedIn kamu.



2. Buat Headline yang Menarik


Selanjutnya, agar linkedin kamu menarik, buat headline yang mencerminkan bahwa kamu seorang mahasiswa, pastikan untuk menambah aspirasi karir agar terlihat profesional. 


Contohnya:

Economic Student | Digital Marketing Enthusiast. 


Headline ini akan menarik perhatian orang-orang di industri terkait dan membuat profil linkedin kamu  mudah ditemukan dalam pencarian terkait.



3. Buat Ringkasan LinkedIn yang Menyeluruh


Tips selanjutnya, pastikan untuk membuat ringkasan likedIn yang menyeluruh sesuai dengan diri dan preferensi karir.


Ringkasan pada linkedIn adalah kesempatan untuk menceritakan lebih banyak tentang diri, termasuk keahlian, pengalaman, dan tujuan karir. 


Gunakan ringkasan untuk menunjukkan keunggulan diri, minat karir dan kontribusi yang potensial terhadap perusahaan atau industri. Jangan lupa untuk ceritakan tentang proyek atau pengalaman magang yang menunjukkan keahlian Anda.



4. Pendidikan dan Kualifikasi


Saat mengisi LinkedIn, detailkan latar belakang pendidikan dengan menyertakan universitas, jurusan, dan tanggal kelulusan. 


Jangan lupa untuk menyertakan kursus relevan, sertifikat, dan prestasi akademis yang menonjol. Informasi ini memberikan konteks tentang pengetahuan dan spesialisasi diri kamu sebagai mahasiswa.


Baca Juga: Kursus Social Media Specialist Gratis! Jangan Sampai Kelewatan!



5. Pengalaman Kerja dan Magang


Tips mengisi LinkedIn selanjutnya adalah menyertakan pengalaman kerja dan magang pada LinkedIn.



Jelaskan setiap pekerjaan dan pengalaman profesional kamui, termasuk magang, pekerjaan part time, atau volunteer. 


Jangan lupa untuk menulis tanggung jawab utama dan prestasi saat magang dalam bentuk poin-poin. Hal ini menunjukkan kemampuan kamu dalam menerapkan teori ke praktik profesional.



6. Cantumkan Keterampilan Spesifik


Selanjutnya, kamu bisa mengisi LinkedIn dengan mencantumkan daftar keterampilan spesifik yang relevan dengan bidang yang kamu minati. 


Tulislah keterampilan berupa hardskill dan softskill yang dapat menunjukkan keahlianmu dalam suatu bidang tertentu.


Misalnya:

Soft Skill: Communications, Negotiation, Public Speaking

Hard Skill: Content Writing, Creative Writing, Wordpress, Microsoft Excel, etc.



7. Tulis Aktivitas dan Organisasi selama Kuliah


Jika kamu seorang mahasiswa, cantumkan pada linkedIn organisasi, atau kompetisi kampus yang pernah diikuti.


Mencantumkan organisasi atau aktivitas kampus akan menunjukkan kemampuan dalam kerjasama tim, kepemimpinan, dan manajemen waktu. Jelaskan pula peran relevan dengan pengembangan profesional.



8. Cantumkan Proyek atau Publikasi Ilmiah


Jangan lupa untuk mengisi LinkedIn dengan menulis proyek atau publikasi ilmiah selama kuliah. Hal ini berfungsi untuk menunjukkan kemampuan aplikasi praktis dari pengetahuan. 


Detilkan setiap proyek kampus, penelitian, atau publikasi yang telah dikerjakan atau sumbangkan. Hal tersebut akan memberikan gambaran kepada  jaringan profesional tentang kemampuan analitis dan inovatif kamu.



9. Pastikan untuk Tetap Aktif dan Update di LinkedIn


Setelah mengisi profil linkedin dengan baik, jangan lupa untuk selalu aktif dan update akun linkedin kamu.


Aktivitas yang teratur di LinkedIn, seperti berbagi dan mengomentari konten industri, menulis artikel, atau berpartisipasi dalam diskusi, akan meningkatkan visibilitas dan kredibilitas diri di antara profesional lainnya.


Dengan mengikuti tips mengisi linkedIn untuk mahasiswa ini, Sobat MinDi dapat membangun profil LinkedIn yang  mencerminkan kualifikasi, menarik minat dan membangun koneksi profesional.


Baca Juga: 7 Pelatihan Social Media Marketing Gratis & Bersertifikat



LinkedIn merupakan salah satu social media yang bersifat profesional, tahukah kamu bahwa linkedIn juga dapat dijadikan strategi marketing? 


Yuk pelajari selengkapnya tentang strategi social media marketing dengan mengikuti bootcamp khusus dari dibimbing.id


Ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Bootcamp ini didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi sosmed specialist sukses.


Belum memiliki pengalaman tentang social media marketing sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly


Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.


Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!