dibimbing.id - Contoh Content Pillar Beserta Fungsinya Bagi Perusahaan

Contoh Content Pillar Beserta Fungsinya Bagi Perusahaan

Muthiatur Rohmah

23 January 2024

273

Image Banner

Content pillar penting bagi perusahaan. Pada era digital marketing ini, keahlian manajemen social media marketing sangat diperlukan perusahaan, guna dapat mencapai tujuan marketing di media sosial. 


Content pillar berfungsi sebagai pondasi rancangan awal dalam membentuk strategi konten yang efektif bagi perusahaan. Content pillar adalah tiang untuk menjaga keefektifan social media marketing perusahaan.


Maka dari itu, perusahaan wajib membuat content pillar, sebelum merencanakan strategi konten yang tepat bagi perusahaan. 


Sobat MinDi masih bingung mengenai content pillar? Yuk simak paparan MinDi mengenai contoh content pillar dan fungsinya. Penjelasan ini akan membantu Sobat MinDi memiliki gambaran yang kuat untuk membuat content pillar.



Mengenal Apa itu Content Pillar



Content pillar dalam digital marketing dan media sosial adalah konsep yang merujuk pada tema atau topik utama yang menjadi fokus dalam strategi konten suatu merek sebuah perusahaan.


Setiap content pillar berfungsi sebagai dasar atau 'pilar' yang mendukung keseluruhan strategi konten, memberikan arah dan konsistensi kepada berbagai jenis konten yang dihasilkan. 


Misalnya, bagi merek di bidang kesehatan, content pillar bisa berupa topik seperti nutrisi, olahraga, kesehatan mental, dan gaya hidup sehat. 


Setiap pillar ini kemudian dieksplorasi melalui berbagai format konten, seperti artikel, video, postingan media sosial, dan infografis, yang semuanya berfokus pada aspek tertentu dari topik utama tersebut. 


Penggunaan content pillar bertujuan untuk meningkatkan citra brand dan meningkatkan keterlibatan audiens. 


Selain itu, content pillar membantu dalam merencanakan dan mengorganisir konten secara lebih efektif. Content pillar harus memastikan bahwa semua pesan kunci dan informasi penting disampaikan secara konsisten kepada audiens.


Gimana Sobat MinDi sudah memiliki gambaran mengenai apa itu content pillar? Yuk simak penjelasan selanjutnya mengenai fungsi content pillar dalam strategi perencanaan konten sosial media perusahaan.


Baca Juga: Berikut Cara Mendaftar Akun Linkedin dengan Mudah dan Cepat



Fungsi Content Pillar Bagi Perusahaan


Content pillar memiliki fungsi utama yang penting bagi perusahaan dalam strategi konten. Berikut penjelasannya.


1. Content Pillar dapat Membangun Kredibilitas dan Otoritas


Content pillar membantu perusahaan memposisikan diri sebagai pemimpin pemikiran dalam industri tertentu. 


Dengan secara konsisten menghasilkan konten berkualitas tinggi yang berpusat pada tema-tema inti yang terkait dengan bisnis, perusahaan dapat membangun kredibilitas dan otoritasnya. Ini memungkinkan audiens untuk mempercayai merek sebagai sumber informasi yang andal dan terpercaya.


2. Konten Lebih Terstruktur dan Terorganisir dengan Content Pillar


Dengan menggunakan content pillar, perusahaan dapat mengatur strategi konten dengan lebih baik. Ini menciptakan kerangka kerja yang jelas untuk menghasilkan ide konten, membantu tim pemasaran untuk merencanakan dan mengimplementasikan kampanye konten dengan lebih efisien. 


Hal ini juga memudahkan perusahaan untuk memastikan bahwa mereka secara konsisten menutupi semua aspek penting dari bisnis.



3. Meningkatkan Keterlibatan dan Interaksi Perusahaan dengan Audiens



Content pillar memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens atau konsumen. Dengan fokus pada topik yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi. Ini akan  meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu menarik audiens baru.


4. Memperkuat SEO dan Visibilitas Online Website Perusahaan


Konten yang terfokus pada content pillar dapat membantu dalam upaya SEO (Search Engine Optimisation) perusahaan. Dengan memproduksi konten yang fokus pada topik tertentu, perusahaan dapat meningkatkan peringkat mereka di mesin pencari untuk kata kunci yang relevan. 


Ini menyebabkan peningkatan visibilitas online, yang dapat mengarah pada peningkatan lalu lintas ke situs web dan, akhirnya, peningkatan konversi.


Secara keseluruhan, content pillar merupakan alat yang penting dalam strategi konten, Content pillar dapat membuat perusahaan mengkomunikasikan pesan dengan cara yang lebih efektif, terorganisir, dan berdampak kepada audiens.


Wah ternyata content pillar memiliki fungsi yang penting demi berlangsungnya strategi digital marketing sebuah perusahaan. Selanjutnya, Yuk simak pemaparan MinDi mengenai contoh content pillar yang dapat membantumu menemukan gambaran mengenai content pillar.


Contoh Content Pillar


Berikut adalah contoh content pillar untuk sebuah perusahaan fashion, yang disajikan dalam bentuk tabel. Tabel ini merinci berbagai aspek utama yang dapat menjadi fokus dalam strategi konten sebuah perusahaan.


Content Pillar

Deskripsi

Jenis Konten

Contoh Topik atau Ide Konten

Tren dan Gaya Terkini

Fokus pada tren fashion terbaru dan bagaimana menggabungkannya ke dalam gaya pribadi.

Artikel, Blog Post, Video, Postingan Media Sosial

"10 Tren Fashion Musim Semi yang Wajib Anda Coba", "Cara Menggabungkan Aksesori Vintage dengan Gaya Modern"

Tips dan Trik Fashion

Memberikan saran dan tips praktis tentang fashion.

Blog Post, Tutorial Video, Infografis

"Cara Memilih Outfit yang Cocok untuk Berbagai Jenis Tubuh", "5 Tips untuk Menjaga Pakaian Agar Tahan Lama"

Kisah di Balik Merek

Menyoroti cerita di balik merek, termasuk inspirasi untuk koleksi terbaru dan wawancara dengan desainer.

Artikel, Video Wawancara, Postingan Media Sosial

"Dibalik Layar: Proses Kreatif Koleksi Terbaru Kami", "Wawancara Eksklusif dengan Desainer Kepala Kami"

interaksi dengan Pelanggan

Mengajak partisipasi pelanggan melalui kontes, umpan balik, dan cerita pelanggan.

Kontes Media Sosial, Testimoni Pelanggan, Postingan Interaktif

"Kontes #OOTD Minggu Ini", "Cerita Pelanggan: Pengalaman Fashion Anda dengan Brand Kami"


Dalam tabel ini, setiap content pillar dijabarkan dengan deskripsi singkat, jenis konten yang relevan, serta contoh topik atau ide konten yang dapat dihasilkan. 


Hal ini dapat membantu perusahaan untuk merencanakan dan menyelaraskan konten dengan tujuan strategis. 


Membuat content planner juga dapat memastikan bahwa konten yang diproduksi t menarik dan berguna bagi audiens. Content planner juga dapat mendukung identitas dan pesan merek secara keseluruhan.


Sobat MinDi, sudah paham mengenai content pillar? ingin mempelajarinya lebih lanjut untuk pemahaman social media marketing yang lebih baik?


Yuk segera ikuti digital marketing dibimbing.id. Dengan didampingi oleh para mentor yang berkualitas dan berpengalaman siap untuk menjadikanmu sukses berkarir sebagai social media marketing.


Tunggu apalagi? Yuk buruan daftar sekarang di sini! Nikmati potongan harga menarik khusus hari ini. dan raih karir yang sukses bersama dibimbing.id



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋
Kalau kamu butuh bantuan,
hubungi kami via WhatsApp ya!