dibimbing.id - Community Engagement: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Community Engagement: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

10 January 2024

•

3213

Image Banner

Selain membangun interaksi dengan konsumen, suatu usaha atau bisnis juga perlu memperhatikan community engagement. Pasalnya, community engagement ini memegang peran penting dalam strategi bisnis.


Alasan utamanya adalah karena community engagement dapat meningkatkan kepercayaan dan reputasi dari merek usaha itu sendiri. 

Bukan sekadar memberi kembali ke masyarakat, community engagement adalah strategi bisnis yang penting untuk pertumbuhan usahamu.


Untuk mengetahui community engagement lebih lanjut lagi, simak penjelasannya di bawah ini!


Apa yang Dimaksud dengan Community Engagement?


Secara umum, community engagement adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjalin interaksi atau koneksi dengan komunitas sosial. 


Lebih lanjut, community engagement adalah sebuah proses di mana perusahaan bekerja sama dengan komunitas di tempat usaha berada ataupun yang terkait pada industri bisnis.


Proses tersebut melibatkan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk membangun koneksi mendalam dengan individual-individual di komunitas tersebut.


Manfaat utamanya adalah untuk menciptakan nilai bersama antara perusahaan dan komunitas.


Meski begitu, community engagement bukan hanya tentang memberi kembail pada masyarakat. Namun, community engagement juga dapat diartikan sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan.


Tujuan Community Engagement


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat community engagement adalah untuk membangun koneksi jangka panjang dengan komunitas. Adapun tujuan community engagement adalah sebagai berikut:


1. Membangun Kepercayaan dan Reputasi Usaha


Pertama, tujuan community engagement adalah untuk membangun kepercayaan dan reputasi usaha. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk capai ini adalah:


  • Konsistensi dan Keaslian dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

  • Melaksanakan praktis bisnis dengan tanggung jawab secara sosial dan etis.

  • Mengutamakan transparansi tentang kegiatan usaha, termasuk tantangan dan cara penanganannya.

  • Menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi secara konsistensi.

  • Mendengar masukan dan memberikan respons cepat terhadapnya.


Baca Juga: Native Advertising, Strategi Promosi Efektif di Era Digital


2. Meningkatkan Pemahaman ke Komunitas


Berikutnya, melalui community engagement perusahaan juga dapat memahami komunitas sekitarnya dengan lebih baik lagi. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai itu meliputi:


  • Melakukan riset komunitas untuk memahami kebutuhan, harapan, dan tantangan mereka.

  • Terlibat dalam kegiatan dan acara komunitas secara aktif untuk memperoleh wawasan langsung guna menciptakan koneksi yang kuat dengan mereka.

  • Membuat sistem umpan balik yang bisa menampung pendapat dan saran dari komunitas.

  • Menggunakan beragam metode interaksi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat komunitas tersebut.


3. Mengembangkan Sosial dan Ekonomi


Selanjutnya, tujuan community engagement adalah untuk mengembangkan sosial dan ekonomi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk capai hal tersebut:


  • Menyediakan kesempatan kerja dan pelatihan yang membantu pengembangan ekonomi lokal.

  • Berikan dukungan pada usaha kecil dalam komunitas berupa investasi, mentorship, atau layanan lainnya.

  • Libatkan diri dalam proyek yang memperbaiki infrastruktur komunitas.


4. Meningkatkan Keterlibatan dan Loyalitas Pelanggan


Berikutnya, tujuan dari community engagement adalah untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Adapun langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut adalah:


  • Personalisasi pengalaman konsumen sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

  • Implementasikan program loyalitas untuk pelanggan.

  • Berikan respon cepat terhadap keluhan atau masalah yang dihadapi pelanggan.


5. Kolaborasi dan Kemitraan


Terakhir, tujuan community engagement adalah untuk berkolaborasi dengan komunitas atau membangun kemitraan dengan industri serupa. Beberapa hal yang dilbatkan untuk capai ini adalah:


  • Membentuk kemitraan dengan organisasi lain yang bisa memberikan nilai tambah kepada kedua belah pihak.

  • Mengembangkan proyek atau inisiatif bersama yang menguntungkan bisnis maupun komunitas.

  • Memanfaatkan jaringan untuk berbagi sumber daya, pengetahuan, dan peluang.


Baca Juga: Pelajari Tahapan CRM untuk Mengoptimalkan Hubungan dengan Pelanggan


Contoh Community Engagement


Selanjutnya, mari kita simak beberapa contoh community engagement berikut ini:


1. Program Kemitraan dengan Organisasi Lokal


Pertama, contoh community engagement adalah program kemitraan dengan organisasi lokal. Hal ini adalah upaya untuk membangun kerjasama dengan entitas non-profit untuk mendukung inisiatif yang bermanfaat bagi komunitas.


Beberapa program yang bisa diterapkan antara lain:


  • Kemitraan untuk Program Lingkungan: Penanaman pohon atau pembersihan sungai.

  • Program Kesehatan Komunitas: Menyediakan layanan kesehatan gratis atau terjangkau melalui kerjasama dengan rumah sakit maupun klinik lokal.

  • Inisiatif Pendidikan: Kolaborasi dengan sekolah atau lembaga pendidikan guna tingkatkan fasilitas maupun sumber daya pendidikan.


2. Kegiatan Sukarelawan Perusahaan


Kedua, contoh community engagement adalah kegiatan sukarelawan perusahaan. Beberapa kegiatannya antara lain:


  • Hari Sukarelawan: Menyelenggarakan hari di mana karyawan dapat berpatisipasi dalam kegiatan lokal, seperti pembersihan pantai atau taman.

  • Program Bantuan Bencana: Mengerahkan sukarelawan untuk membantu dalam situasi bencana alam.


3. Sponsorship dan Donasi


Contoh community engagement terakhir adalah sponsorship dan donasi. Ini bisa berupa:


  • Dukungan Finansial untuk Acara: Menjadi sponsor untuk acara lokal seperti festival, pertandingan olahraga, atau konser.

  • Donasi Produk atau Layanan: Memberikan produk atau layanan perusahaan sebagai donasi untuk acara penggalangan dana atau kebutuhan komunitas.


Itu dia informasi seputar community engagement, mulai dari pengertian hingga contohnya. Seperti yang kita tahu, community engagement adalah elemen yang bisa berdampak besar pada keberlangsungan dan reputasi perusahaan.


Meski memiliki dampak yang luar biasa, community engagement mungkin bisa menjadi strategi bisnis dengan biaya besar. Oleh sebab itu, tidak semua bisnis bisa mengaplikasikan community engagement secara maksimal.


Tapi, tak perlu khawatir! Selain community engagement, kamu juga bisa kembangkan bisnismu dengan menerapkan strategi digital marketing yang baik.


Buat kamu yang mau belajar digital marketing, MinDi rekomendasikan program Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id. Lewat program ini, kamu bisa dapatkan pembelajaran digital marketing dengan materi ter-update di industri ini.


Nggak hanya belajar bagaimana kembangkan bisnismu lewat pemasaran digital, kamu juga bisa dapat layanan job-connection ke 500+companies.


So, tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan dirimu dan kembangkan bisnismu lewat program Dibimbing.id!


Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!