Cara Membuat Portofolio Business Intelligence Praktis & Contohnya!

Muthiatur Rohmah

•

20 March 2024

•

152

Image Banner

Sobat MinDi sedang mencari pekerjaan di bidang Business Intelligence (BI)?


Agar menarik perhatian recruiter, kamu perlu menunjukkan keahlian dan pencapaian di bidang Business Intelligence melalui dokumen portofolio.


Portfolio Business Intelligence adalah sebuah dokumen BI berfungsi sebagai showcase seseorang melalui karya, proyek, dan analisis kasus yang menggambarkan keahlian serta kontribusi dalam bidang BI. 


Oleh sebab itu, penting untuk membuat portofolio business intelligence yang efektif sehingga menarik perhatian recruiter.


Lantas bagaimana caranya? Yuk temukan langkah mudahnya pada artikel berikut ini.




Cara Membuat Portofolio Business Intelligence yang Mudah & Praktis!


Membuat portofolio Business Intelligence (BI) yang efektif dan menarik merupakan langkah penting dalam mempromosikan kemampuan diri kepada recruiter. 


Portofolio yang dirancang dengan baik akan  memperlihatkan keahlian teknis, juga kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan komunikasi yang penting dalam penilaian recruiter. 


Berikut adalah cara membuat portofolio BI yang menarik:



1. Memilih Platform yang Sesuai


Langkah awal adalah menentukan platform untuk menampilkan portofolio. Platform digital seperti website pribadi dapat terlihat lebih fleksibel dan mudah. 


LinkedIn memudahkan jaringan profesional untuk melihat karya, sedangkan GitHub cocok untuk menunjukkan kode dan proyek yang berbasis teknis. 


Platform yang dipilih harus memudahkan kamu untuk mengelola konten sehingga recruiter dapat mengaksesnya dengan mudah.



2. Menyusun Ringkasan Profesional


Pendahuluan portofolio harus mencakup ringkasan singkat tentang latar belakang profesional diri, keahlian BI, pengalaman kerja relevan, dan keunikan diri dari kandidat lain. 


Ringkasan professional seperti pitch singkat yang menarik minat pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang diri kamu.



3. Menampilkan Proyek dan Studi Kasus


Pilih proyek dan studi kasus yang menggambarkan kemampuan analitis dan teknis kamu dalam BI. 


Untuk setiap proyek, jelaskan konteks bisnis, peran dalam proyek, metodologi yang diterapkan, teknologi yang digunakan, dan hasil yang dicapai. Sertakan visual seperti grafik, dashboard, dan analisis data untuk memperkuat narasi.



 


Baca Juga: Kenali Perbedaan Business Intelligence & Data Analyst




4. Menguraikan Kemampuan Analisis dan Teknis


Dalam setiap proyek, tunjukkan bagaimana kamu dapat menerapkan metode BI untuk menyelesaikan masalah bisnis. 


Sertakan diskusi tentang pemilihan teknologi, proses pengolahan dan analisis data, serta bagaimana hasilnya mempengaruhi keputusan atau strategi bisnis.

 





5. Menyertakan Bukti Keberhasilan


Testimoni, penghargaan, dan rekomendasi memberikan bukti eksternal tentang kompetensi pada portofolio Business Intelligence. Bukti keberhasilan dapat menambah kepercayaan dan memperkuat reputasi profesional.



6. Buat Akses Portofolio yang Intuitif


Portofolio harus mudah dijelajahi, dengan struktur yang logis dan intuitif. Gunakan navigasi yang jelas, pisahkan proyek berdasarkan tema atau teknologi, dan pastikan konten mudah ditemukan.




7. Memperbarui Konten Secara Berkala


Portofolio yang dinamis dan diperbarui secara regular menunjukkan perkembangan karir dan pembelajaran berkelanjutan. Ini mencerminkan dedikasi dan komitmen diri terhadap bidang BI.




Contoh Portofolio Business Intelligence


Untuk menambah pemahaman Sobat MinDi mengenai portofolio Business Intelligence, Yuk simak contoh portofolio business Intelligence yang menarik dan tepat berikut ini!






Untuk versi lengkapnya, Sobat MinDi dapat melihat dengan KLIK DI SINI!!


Mempelajari cara mudah membuat portofolio BI beserta contohnya akan membantu Sobat MinDi menciptakan portofolio business intelligence menarik, yang dapat menarik perhatian dan memikat recruiter, membuka jalan menuju kesuksesan karir dalam bidang BI.


Baca Juga: Business Intelligence Masa Depan: Trend & Prediksinya



Sobat MinDi tertarik bekerja di bidang business intelligence? 


Sebagai langkah awal, yuk ikuti bootcamp business intelligence dibimbing.id, sebuah pelatihan BI intensif disertai pembelajaran canggih dan inovatif yang sangat recommended buat kamu!


Bootcamp dibimbing.id didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya, yang siap bimbing kamu menuju karir business intelligence yang sukses!


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!