dibimbing.id - 6 Cara Kerja di Luar Negeri Lengkap dengan Syarat & Tipsnya

6 Cara Kerja di Luar Negeri Lengkap dengan Syarat & Tipsnya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

03 May 2024

•

1152

Image Banner

Bekerja di luar negeri bisa jadi salah satu kesempatan untuk memperluas horison profesional dan pribadi. Bukan hanya itu, kamu juga bisa berpenghasilan lebih besar dalam mata uang asing. Untuk mendapatkan kesempatan ini, belajar cara kerja di luar negeri bisa jadi langkah awalmu.


Dengan mempelajari cara kerjanya, paling tidak kamu tahu syarat dan kesempatan apa yang harus dipenuhi dan tersedia. Eits, tapi kamu tidak perlu pusing!


Kali ini, MinDi udah siapin panduan lengkap tentang cara kerja di luar negeri. Mulai dari syarat sampai tips yang bisa Sobat MinDi ikuti. Pelajari lengkapnya dengan baca artikel ini sampai habis!



Syarat Bekerja di Luar Negeri



Sumber: Freepik


Sebelum membahas cara kerja di luar negeri, MinDi bakal jelasin beberapa syarat bekerja di luar negeri yang harus dipenuhi oleh Sobat MinDi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:


Persyaratan Umum


Pertama, MinDi bakalan jelasin beberapa syarat umum yang harus Sobat MinDi siapkan sebelum jadi pekerja di luar negeri. 


Mengutip dari Pasal 5 UU no. 18 Tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia, ada 5 ketentuan yang harus dipenuhi untuk berkarir di luar negeri. Di bawah ini adalah rangkuman MinDi terkait syaratnya:


  • Setidaknya berumur 18 tahun.

  • Memiliki keahlian khusus.

  • Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

  • Teregistrasi dan mempunyai nomor kepersertaan jaminan sosial.

  • Mempunyai dokumen lengkap yang dibutuhkan.



Syarat Dokumen yang Diperlukan


Seperti yang dijelaskan di atas, Sobat MinDi harus punya dokumen yang diperlukan untuk bekerja di luar negeri. Mengutip dari Pasal 13 UU no. 18 Tahun 2017, berikut adalah syarat dokumen umum yang harus kamu siapkan:


  • Surat nikah atau salinan buku nikah buat Sobat MinDi yang udah nikah.

  • Surat keterangan izin suami, istri, orang tua, atau wali yang sudah disahkan oleh kepala desa.

  • Sertifikat kompetensi kerja.

  • Surat keterangan sehat yang diterbitkan sehabis pemeriksaan kondisi fisik dan psikologi.

  • Paspor dari kantor imigrasi setempat. 

  • Visa kerja.

  • Perjanjian kerja.


Baca Juga: Rekomendasi 6 Tools untuk Membuat CV & Resume - dibimbing.id





6 Cara untuk Bisa Kerja di Luar Negeri



Sumber: Freepik


Apabila sudah memenuhi sebagian syarat yang disebutkan di atas, kamu bisa mulai eksplorasi tentang cara bisa kerja di luar negeri. 


Untuk memulai karir internasionalmu, sebenernya ada banyak sekali cara yang bisa dipilih. Dari bergabung dengan NGO hingga merintis karir freelance. Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman MinDi terkait cara kerja di luar negeri:


1. Daftar Lowongan Pekerjaan Overseas


Opsi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan daftar lowongan pekerjaan overseas. Untuk lakukan ini, kamu bisa mulai dengan eksplor aplikasi job portal internasional seperti Indeed Worldwide atau CEO Worldwide.


Lewat aplikasi tersebut, kamu bisa lihat lokasi dan jenis pekerjaan yang kamu mau. Usahakan untuk lamar pekerjaan di perusahaan dengan kantor global.


Setelah menemukan beberapa pekerjaan yang diinginkan, kamu bisa mulai perbarui resume. Lalu, pastikan resume kamu telah disesuaikan dengan pasar kerja internasional.


Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan resume dengan standar negara yang diminati. Hal ini akan meningkatkan peluangmu untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar.



2. Ikut Agen Penyaluran Kerja


Cara berikutnya adalah dengan mengikuti agen penyaluran kerja. Di Indonesia, ada banyak sekali agen penyaluran kerja luar negeri yang bisa memandu kamu tentang prosesnya.


Dengan metode ini, kamu tidak perlu pusing mencari persyaratan kerja sendiri. Pasalnya, agen akan memandu kamu untuk menyiapkan dokumen serta syarat yang diperlukan.


Bukan cuma itu, agen juga cenderung mampu memudahkan proses dokumen penting. Mereka akan bantu kamu siapkan paspor, visa, hingga mencari akomodasi di negara tujuan.



3. Daftar Beasiswa Luar Negeri


Mendapatkan pekerjaan dengan beasiswa luar negeri adalah salah satu strategi efektif untuk memperluas peluang karir internasional. Bukan hanya berkesempatan untuk belajar di luar negeri, kamu juga bisa bekerja di negara tersebut selama menempuh pendidikan.


Untuk dapatkan beasiswa luar negeri, berikut tips dariMinDiyang bisa kamu ikuti:


Riset Beasiswa yang Tersedia


Kunjungi situs web lembaga pendidikan, pemerintahan, dan organisasi internasional yang menawarkan beasiswa. Pilih program yang sesuai dengan bidang akademis dan tujuan karirmu.



Pahami Persyaratan Beasiswa


Setiap beasiswa punya ketentuan dan syarat yang berbeda, pastikan kamu telah penuhi aturannya. Jadi, cek dulu kriteria seperti usia, prestasi akademik, dan syarat kebahasaannya. 


Selain itu, kamu juga bisa siapkan surat-suratan yang diperlukan. Beberapa dokumen yang menjadi syarat beasiswa antara lain salinan KTP, nomor registrasi pajak (NPWP), surat rekomendasi, esai, surat motivasi, dan CV.



Siapkan Diri untuk Wawancara


Jika beasiswa memerlukan wawancara atau penilaian lain, kamu juga harus persiapkan dirimu. Latih jawaban untuk pertanyaan umum dan khusus terkait studi dan rencana karirmu.


Setelah mempersiapkan semua itu dan berhasil diterima, kamu bisa mencari pekerjaan part-time yang sesuai dengan jadwal akademikmu. Umumnya, universitas luar negeri juga menyediakan portal pekerjaan untuk mahasiswa. 


Lewat portal tersebut, kamu bisa mencari pekerjaan di sekitar kampus. Dengan ikut part-time, kamu bisa mendapatkan bantuan finansial tambahan dan pengalaman kerja internasional.



4. Jadi Freelancer


Selain bekerja di luar negeri dengan langsung datang ke negaranya, kamu juga bisa mulai karir internasionalmu sebagai freelancer. Lewat opsi ini, kamu bisa bekerja dengan WNA tanpa harus keluar rumahmu.


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengeskplor berbagai platform yang menghubungkan freelancer dengan klien. Beberapa platform yang bisa kamu pilih adalah Upwork, Fiverr, atau We Work Remotely.


Sebelum tawarkan jasamu, pastikan kamu punya profil profesional yang menonjolkan keahlian, pengalaman, dan portofoliomu. Selain itu, kamu juga harus perluas jaringan dan koneksimu untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan proyek freelance.


Untuk itu, kamu bisa bergabung ke komunitas lokal, grup online, forum, atau platform media sosial yang melayani pasar targetmu.


Apabila kamu sudah dapat klien dari luar atau kontrak kerja remote, pikirkan dan pahami hal-hal yang berkaitan dengan pajak daerah domisilimu. Walaupun bekerja dari rumah, kamu masih bertanggung jawab untuk memenuhi pajak penghasilan.



5. Ikut Program Volunteer di United Nations (UN)


Selain mencari pekerjaan tetap atau freelance di luar negeri, kamu juga bisa ikut program volunteer. Bukan hanya memperkaya riwayat pekerjaanmu, kamu juga bisa menciptakan nilai tambah saat melamar pekerjaan di perusahaan luar negeri.


Salah satu volunteer yang bisa kamu pilih adalah program relawan dari united nations (UN) atau PBB. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi situsnya langsung.



6. Ikut Program Global Internship


Cara kerja di luar negeri yang terakhir adalah ikut program global internship. Program ini pas banget buat mahasiswa tingkat akhir atau lulusan baru yang mau dapat pengalaman kerja.


Tapi, proses rekrutmen ini tentunya lebih kompetitif dibanding magang di perusahaan Indonesia. Jadi, siapkan dirimu sebagik mungkin. Beberapa program global internship yang bisa kamu coba antara lain WHO Internship Program atau Google Internship.



Tips Riset tentang Negara Tujuan



Sumber: Freepik


Setelah mengikuti beberapa cara di atas, kamu juga harus mulai riset tentang negara tujuan bekerja. Supaya kamu tidak bingung tentang apa aja yang harus dipelajari, MinDi udah siapkan beberapa daftarnya. Berikut adalah tips dan daftarnya:


1. Siapkan Dokumen Penting yang Dibutuhkan


Sebelum berangkat, kumpulkan dan siapkan dulu semua dokumen yang dijadikan persyaratan. Umumnya, dokumen penting ini mencakup visa, sertifikat kelahiran, dan dokumen identifikasi lainnya.


Selain itu, pastikan kamu punya dokumen yang terkait dengan keperluan spesifik di negara tujuan. Contohnya adalah izin kerja, surat penerimaan dari institusi pendidikan, dan kontrak kerja dari perusahaannya.



2. Perhatikan Tabungan Awal yang Diperlukan


Berikutnya, pastikan kamu punya tabungan awal yang diperlukan. Untuk itu, buat estimasi biaya hidup awal di negara tujuan. Ini mencakup pengeluaran akomodasi, transportasi, makanan, dan biaya sehari-hari.


Bukan cuma itu, siapkan dana darurat yang cukup untuk menutupi biaya tak terduga atau keadaan darurat. Ini bisa berguna untuk perawatan medis atau tiket pulang ke Indonesia secara mendadak.



3. Pelajari Skill yang Dibutuhkan


Hal lain yang harus kamu persiapkan adalah kompetensi yang dibutuhkan di negara tujuan. Bukan cuma keahlian bekerja, ada baiknya kamu juga memiliki keterampilan umum untuk kehidupan sehari-hari ini.


Keterampilan itu mencakup navigasi sistem transportasi lokal, komunikasi dasar, dan pengurusan administrasi pribadi.



4. Kembangkan Skill Bahasa Inggris atau Bahasa Lokal Tujuan


Terakhir adalah mengembangkan keahlian Bahasa Inggris atau bahasa lokal negara tujuan. Untuk menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa belajar dengan mengikuti kelas Dibimbing. Di sini, kamu akan diajarkan Bahasa Inggris profesional dari nol sampai mahir. 


Bukan hanya kemampuan menulis, lewat program Dibimbing keahlian berbicaramu juga udah pasti meningkat.


Baca Juga: Wajib Tau Website Gratis Untuk Membuat CV Lamaran Kerja!



Tips Bekerja di Luar Negeri



Sumber: Freepik


Setelah mempelajari beberapa opsi cara bekerja di luar negeri, selanjutnya MinDi bakal kasih kamu tips supaya bisa mulai karir internasionalmu dengan lancar. Berikut adalah tips ala MinDi untuk menyiapkan dan navigasi proses cari kerja di luar negeri:


1. Tentukan Negara yang Mau Dituju


Langkah pertama adalah menentukan negara yang mau dituju. Untuk memilih destinasi, pertimbangkan dulu faktor-faktor yang berkaitan dengan kesempatan karir, kualitas dan biaya hidup, stabilitas politik, dan budaya kerjanya.


Selain itu, kamu juga harus pertimbangkan kebijakan visa dan kemudahan mendapatkan izin kerja di negara tersebut. Pastikan lingkungan sosial dan budayanya juga sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.



2. Cari Informasi Loker Terpercaya


Saat mencari kerja, gunakan informasi dan sumber yang terpercaya. Salah satu upayanya adalah dengan memanfaatkan situs pekerjaan internasional seperti LinkedIn dan Indeed.



3. Bangun Koneksi dengan Orang Berpengalaman


Tips berikutnya membangun koneksi dengan orang berpengalaman. Untuk ini, kamu bisa bergabung dengan grup LinkedIn, forum, atau komunitas online di mana kamu bisa berinteraksi dengan ekspatriat atau profesional lainnya.



4. Siapkan Dokumen dengan Benar


Terakhir, pastikan semua dokumen penting sudah siap dan diperbarui. Beberapa dokumen penting yang perlu kamu siapkan adalah paspor, visa kerja, surat rekomendasi, sertifikat pendidikan dan profesional, serta CV maupun surat lamaran.



FAQ



Sumber: Freepik


Agar Sobat MinDi lebih siap lagi memulai karir di luar negeri, MinDi udah siapkan jawaban dari pertanyaan umum terkait kerja di luar negeri. Berikut adalah jawaban dari dua pertanyaan umum pilihan MinDi:


1. Apakah S1 di Indonesia Bisa Kerja di Luar Negeri?


Jawaban dari pertanyaan ini adalah iya. Akan tetapi, ada faktor lain yang mempengaruhi ini. Misalnya, relevansi gelar dengan pasar kerja internasional, keahlian yang dimiliki, serta kemampuan berbahasa.


Umumnya, jurusan yang berpotensi tinggi untuk kerja di luar negeri adalah teknik, bisnis, kesehatan, dan pendidikan.


Meski kamu punya gelar S1, kamu mungkin perlu menyediakan sertifikasi tambahan yang menunjukkan kompetensi sesuai dengan standar profesional. 


Selain itu, membangun jaringan profesional dan memiliki pengalaman kerja relevan juga meningkatkan peluangmu bekerja di luar negeri.



2. Pekerjaan Apa Saja yang Bisa Ke Luar Negeri?


Banyak jenis pekerjaan yang bisa membawa kamu ke luar negeri. Hal ini tergantung pada keahlian, pengalaman, dan permintaan global. Berikut adalah beberapa bidang yang sering menawarkan peluang internasional:


  • Teknologi Informasi: Mencakup profesi seperti pengembangan perangkat lunak, analisis data, dan keamanan siber.

  • Kesehatan: Dokter, perawat, dan ahli terapi sering kali memiliki peluang untuk bekerja di luar negeri. Akan tetapi, mereka mungkin memerlukan sertifikasi tambahan sesuai dengan regulasi negara tujuan.

  • Pendidikan: Guru bahasa, terutama Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), sering diminta di banyak negara. Pendidik dalam bidang sains, matematika, dan teknologi juga sangat dicari.

  • Keuangan dan Akuntansi: Profesi seperti analisis keuangan, akuntansi, dan perbankan memiliki standar yang serupa di banyak negara. Hal ini memberikan peluang untuk posisi di luar negeri.


Demikian beberapa cara kerja di luar negeri yang bisa Sobat MinDi coba. Sebelum Sobat MinDi memulai karir internasionalnya, pastikan kamu punya keahlian berbahasa Inggris secara profesional.


Pasalnya, kemampuan ini tentu dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau klien. Untuk Sobat MinDi yang masih belum yakin dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut kelas English for Professionals dari Dibimbing.id.


Lewat kelas ini, kamu bakal diajarin dari nol sampai mahir. Tanpa tunggu lama, yuk daftarkan dirimu dan mulai karir yang lebih baik bersama Dibimbing.id. 


Untuk lebih lengkapnya, konsultasi di sini! Apapun tujuannya, Dibimbing siap #BimbingSampaiJadi karir impianmu!



Referensi


1. Cek Syarat Menjadi TKI ke Luar Negeri [Buka]

2. Beasiswa Luar Negeri [Buka]

3. Working Overseas: 13 Websites to Find a Job Abroad [Buka]

4. How to Apply for Job Abroads [Buka]

5. A Guide to Freelancing and Working Abroad [Buka]

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!