dibimbing.id - Rekomendasi 6 Tools untuk Membuat CV & Resume - dibimbing.id

Rekomendasi 6 Tools untuk Membuat CV & Resume - dibimbing.id

Kezia Margaretha

•

28 November 2022

•

1809

Image Banner

Ketika melamar pekerjaan, CV dan Resume seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tempat kamu melamar. Namun, seringkali hal tersebut dianggap merepotkan dan banyak dari pelamar kerja akhirnya menggunakan CV dan Resume yang sama di semua jenis lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, akhirnya muncul beberapa solusi baru buat kamu yang mager dalam membuat CV dan Resume. Saat ini, telah hadir berbagai tools CV dan Resume yang sangat praktis dan mudah untuk digunakan. 


Tools CV dan Resume tersebut dapat kamu akses melalui website-website online, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya maupun energi yang lebih banyak lagi. Nah, sebelum kalian semua semakin penasaran. Berikut beberapa rekomendasi tools CV dan Resume yang bisa kalian gunakan dalam pembuatannya. 


  1. Resumist atau ResumeBuilderPro


Tools CV dan Resume Resumist

Tools CV dan Resume Resumist/ Sumber: Hongkiat



Website yang satu ini merupakan salah satu tools CV dan Resume terbaik terutama bagi kalian yang ingin bekerja di bidang profesional. Mereka memiliki berbagai template yang sesuai dengan keinginan para HR di berbagai perusahaan. 


Dengan banyaknya pilihan template yang dapat kamu jelajahi, kamu tidak akan kesulitan untuk memilih template terbaik untuk membuat CV dan Resume-mu. 


Dalam website ini juga disediakan berbagai panduan, sehingga kamu dapat semakin mudah dalam mengaksesnya. 


Yang tidak kalah kerennya lagi, Resumist sudah disesuaikan dengan saran para ahli, sehingga CV dan Resume milikmu memiliki kemungkinan untuk mendapatkan nilai tambah di mata para pemberi kerja. 


        2. ResumeCoach


Tools CV dan Resume ResumeCoach

Tools CV dan Resume ResumeCoach/Sumber: ResumeCoach



Seperti namanya, website ini merupakan coach yang akan membantumu dalam membuat CV dan Resume. Mereka akan menuntunmu dalam segala tahap pembuatan CV dan Resume yang profesional. 


Selain itu, langkah-langkah yang telah kamu ikuti tentunya akan memiliki hasil yang sangat sesuai dengan kepribadianmu dan pastinya menakjubkan. 


Seperti coach di dunia olahraga, ResumeCoach juga memandumu dalam setiap langkah serta memberikan tip dan contoh yang dapat membuat CV dan Resume-mu memiliki hasil maksimal. Mereka juga akan menyesuaikannya sesuai dengan industri-industri yang kamu lamar. 


Bukan hanya itu, mereka juga sangat memperhatikan bagaimana jenis kebutuhanmu dalam membuat CV. Mereka memiliki berbagai opsi dan bahkan tingkataan. Misalnya, dalam pembuatan Resume terbagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari siswa, fresh-graduate, dan profesional. Nantinya, kamu juga bisa memilih spesifikasi pekerjaanmu di berbagai bidang profesional seperti desainer grafis, programmer, dan lain-lain. 


3. VisualCV

Tools CV dan Resume Visual CV
Tools CV dan Resume Visual CV/ Sumber: Lifepal

Dari namanya, tools CV dan Resume ini telah menggambarkan bagaimana jenis hasil CV dan Resume yang akan terbentuk. VisualCV akan membantu CV dan Resume-mu memiliki visual yang sangat baik tanpa mengabaikan aspek profesional dan dinamis yang dibutuhkan. 


Tools CV dan Resume yang satu ini juga memberikan kebebasan bagimu untuk membuat versi khusus dari CV dan Resume sesuai dengan seleramu. Dengan demikian, kamu dapat semakin mudah untuk membuat banyak CV dan Resume sesuai dengan kebutuhan lowongan kerja. 


Untuk kamu yang ingin memperbaharui CV dan Resume-mu, jangan cemas! Website satu ini juga menyediakan fitur tersebut. Ga kalah kerennya lagi, fitur tersebut juga dapat membantumu dalam membandingkan dan meningkatkan CV dan Resume-mu untuk menjadi lebih baik lagi. 


Setelah selesai membuat CV dan Resume sesuai dengan keinginanmu, kamu dapat mengekspor file-nya ke dalam bentuk PDF. 

4. ResumeGenius


Tools CV dan Resume ResumeGenius

Tools CV dan Resume ResumeGenius/Sumber: Resume Genius


Tools CV dan Resume yang berhasil menduduki posisi keempat adalah Resume Genius. Untuk kamu yang membutuhkan CV dan Resume tersebut sesegera mungkin, kamu dapat mempertimbangkan menggunakan tools CV dan Resume yang satu ini.


Mereka merupakan salah satu website penyedia layanan pembuatan CV dan Resume tercepat dan profesional. Kamu juga tidak perlu memiliki keterampilan-keterampilan khusus seperti menulis, karena dalam website ini mereka telah menyediakan fitur-fitur seperti tunjuk, klik, dan buat. Hal ini dapat sangat menyingkat waktumu dalam membuat Resume dan CV. 


Kerennya lagi, tools CV dan Resume satu ini menyediakan lebih dari 20 template profesional serta 50.000 lebih frasa yang bisa kamu gunakan dalam pembuatan CV dan Resume. 


Meskipun demikian, sayangnya hasilnya mungkin tidak akan terlalu menggambarkan kepribadianmu secara langsung dan kamu tidak dapat meng-customnya sesuai dengan keinginanmu sepenuhnya. 


Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakannya ketika dalam waktu yang kepepet ataupun situasi-situasi mendesak lainnya. Setelah selesai, tool CV dan Resume ini juga memungkinkanmu untuk mengunduh CV dan Resume dalam berbagai bentuk format seperti PDF, DOCS, dan TXT. 


Apabila kamu ingin membuat resume yang sangat banyak, kamu mungkin juga bisa mempertimbangkan penggunaan layanan premium yang mengharuskanmu untuk mengeluarkan kocek yang lebih. 


5. KickResume


Tools CV dan Resume KickResume/

Tools CV dan Resume KickResume/Sumber: KickResume


Sebagai tools CV dan Resume yang lebih menekankan pada desain, KickResume memiliki banyak sekali opsi warna, ikon, dan tata letak dalam pembuatan CV dan Resume. 


Bagi kamu yang ingin mengeluarkan biaya lebih, kamu bahkan bisa membuat situs web resume pribadi. 


Namun, bagi kamu yang hanya memiliki budget terbatas, tenang! Kamu juga tetap bisa membuat CV dan Resume dengan beberapa pilihan template dari KickResume.  


Sayangnya lagi, tools CV dan Resume yang satu ini tidak memiliki fitur berbagi seperti beberapa tools lainnya yang ada dalam list ini. Namun, mereka memiliki sistem pelacakan yang sangat canggih, sehingga kamu pastinya tidak akan ketinggalan beberapa part ketika membuat CV dan Resume. 


6. Resume Companion 


Tools CV dan Resume Resume Companion

Tools CV dan Resume Resume Companion/ Sumber: Hongkiat


Seperti tool-tool sebelumnya, tools CV dan Resume yang berada di daftar paling akhir artikel kali ini merupakan website pembuatan resume profesional yang telah diakui oleh para ahli. 


Tools yang satu ini juga memiliki template cover letter dan berbagai ribuan opsi konten bagi kamu yang masih belum terbiasa dalam menulis CV dan Resume. Saat ini, telah tersedia lebih dari 5 ribu frasa konten yang dapat kamu pilih dengan satu klik saja. 


Tools CV dan Resume yang satu ini juga sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan-mu masing-masing. Mereka juga menyediakan berbagai format resume yang biasa diminta oleh para HR seperti Word dan PDF.


Berikut beberapa tools CV dan Resume yang bisa kamu gunakan ketika ingin membuat CV dan Resume. Dari beberapa list yang telah diberikan dalam artikel ini, kamu mungkin tidak akan sesuai dengan seluruh tools tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih tools yang sesuai dengan kebutuhanmu masing-masing ya!


Nah, untuk kamu yang sekarang udah tau tools CV dan Resume tapi masih ga punya skill yang memadai. MinDi hadir untuk membantu kalian semua. Saat ini, Dibimbing.id telah menyediakan layanan bootcamp dengan berbagai skill yang bisa kalian ikuti. 


Dengan mengikuti bootcamp di Dibimbing.id, kalian akan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari interaksi bersama para expertise, memiliki final project yang dapat dijadikan sebagai bagian dari portofolio, dan bahkan bisa disalurkan ke perusahaan-perusahaan ternama, lho!


Gimana nih? Udah makin tergiur belum liat beberapa keuntungan yang bisa kalian peroleh? Jika ya, yuk jangan berlama-lama lagi, segera daftarkan diri kalian di Dibimbing.id!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!