Cara Beriklan di Google Ads Mudah dengan Beberapa Langkah

Muhammad Fazer Mileneo

09 August 2023

866

Image Banner

Sobat MinDi sering lihat iklan-iklan ketika membuka situs web?

Iklan-iklan seperti ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk melakukan promosi saat ini. Jika Sobat MinDi memiliki bisnis, maka Google Ads bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan promosi. Lalu, bagaimana cara beriklan di Google Ads?

MinDi telah merangkum informasi tentang Google Ads, termasuk bagaimana cara menggunakannya. Yuk Simak lebih lanjut!

Apa Itu Google Ads

Masih belum familiar dengan Google Ads? Tenang, MinDi jelaskan sedikit soal ini.

Google Ads adalah layanan periklanan online yang dikembangkan oleh Google, yang menyediakan cara bagi bisnis untuk membuat iklan yang disesuaikan yang menjangkau audiens yang lebih luas dan selaras dengan tujuan bisnis mereka. 

Dengan memanfaatkan Google Ads, pengiklan dapat menampilkan iklannya di Google saat orang menelusuri produk atau layanan yang ditawarkan bisnis tersebut. 

Platform ini juga menawarkan penempatan iklan di situs web, aplikasi seluler, dan platform video, memberikan jangkauan yang luas kepada pengiklan.

Contoh Iklan Google Ads

Berikut adalah beberapa contoh dari iklan Google Ads

  • Search Ads: Iklan berbasis teks yang muncul di hasil pencarian Google saat orang mencari kata kunci tertentu.

  • Iklan Bergambar/Display: Iklan visual dengan gambar atau video yang muncul di situs web dan aplikasi di internet.

  • Iklan Video: Iklan yang diputar di YouTube dan platform video lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan.

  • Shopping Ads: Iklan yang menampilkan gambar produk, harga, dan informasi toko di hasil pencarian Google Shopping.

  • Iklan Promosi Aplikasi: Iklan yang dirancang untuk mendorong orang mengunduh aplikasi seluler atau melakukan tindakan dalam aplikasi.

  • Iklan Responsif: Iklan serbaguna yang secara otomatis menyesuaikan formatnya agar sesuai dengan ruang iklan yang berbeda.

  • Iklan Khusus Panggilan Telepon: Iklan seluler yang mendorong pengguna untuk menelpon pengiklan langsung dari iklan.

  • Iklan Google Maps: Iklan yang membantu bisnis mempromosikan lokasi bisnis di Google Maps dan hasil pencarian lokal.


Cara Menggunakan Google Ads 

Untuk menggunakan Google Ads di Indonesia, Sobat MinDi bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Buat Akun Google Ads



Langkah pertama adalah membuat akun Google Ads. Sobat mindi dapat melakukannya dengan membuka situs web Google Ads dan klik tombol "Mulai Sekarang". Kemudian, akan diminta untuk memasukkan alamat email dan kata sandi. Jika belum memiliki akun Google, dapat membuat akun baru.


Tentukan Tujuan Kampanye

Ada beberapa pilihan terkait dengan tujuan dari kampanye iklan Sobat MinDi. Silahkan pilih mana yang sekiranya cocok dengan tujuan Sobat MinDi beriklan. Misal kalau mau mempromosikan brand, maka bisa memilih Brand Awareness.





Pilih Jenis Kampanye



Setelah membuat akun Google Ads, perlu memilih jenis kampanye yang ingin buat. Google Ads menawarkan berbagai jenis kampanye, termasuk:

  • Kampanye Penelusuran: Iklan akan ditampilkan di hasil pencarian Google ketika pengguna mencari kata kunci yang terkait dengan bisnis.

  • Kampanye Display: Iklan akan ditampilkan di situs web dan aplikasi yang sesuai dengan target audiens.

  • Kampanye Video: Iklan akan ditampilkan di YouTube dan situs web dan aplikasi yang mendukung video.

  • Kampanye Aplikasi: Iklan akan ditampilkan di Google Play Store dan App Store.

  • Kampanye Penjualan: Iklan akan ditampilkan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat pada bisnis, seperti mengunjungi situs web atau menelepon.

Tentukan Anggaran dan Strategi Penawaran



Tetapkan anggaran harian atau bulanan untuk kampanye serta  strategi penawaran. Strategi penawaran adalah cara menentukan berapa banyak bersedia membayar untuk klik pada iklan.

Tentukan Target Audiens dan Grup Iklan



Setelah menentukan anggaran dan strategi bid, tentukanlah siapa target audiens Sobat MinDi. dapat menentukan target audiens berdasarkan lokasi, demografi, minat, dan perilaku mereka.

Kampanye Google Ads pun dapat dibagi menjadi grup iklan. Grup iklan memungkinkan untuk mengatur iklan berdasarkan kata kunci dan target audiens.

Buat Teks Iklan Menarik



Tahap selanjutnya adalah membuat iklan yang hendak Sobat MinDi promosikan. Baik itu dari gambar, teks, URL, video, dan sebagainya.


Review Iklan dan Lakukan Pembayaran



Setelah membuat iklan, maka pastikan lagi apakah iklan Sobat MinDi sudah sesuai atau belum. Jika sudah, maka bisa melanjutkan ke proses pembayaran.

Optimalkan Iklan

Lakukan peninjauan rutin terhadap performa kampanye dan buat penyesuaian untuk meningkatkan efektivitasnya. dapat melakukan berbagai penyesuaian, seperti mengubah teks iklan, kata kunci, target audiens, anggaran, dan strategi penawaran.

Kelebihan dan Kekurangan Google Ads

Sebagai pertimbangan Sobat MinDi, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Google Ads:

Kelebihan Google Ads:

  • Menjangkau lebih banyak pelanggan: Memungkinkan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan menargetkan iklan berdasarkan kata kunci, lokasi, demografi, dan minat.

  • Meningkatkan kesadaran merek: Google Ads dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dengan menampilkan iklan kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan.

  • Meningkatkan lalu lintas ke situs web: Dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web dengan mengarahkan orang-orang yang mengklik iklan ke situs web.

  • Menghasilkan lebih banyak penjualan: Membantu menghasilkan lebih banyak penjualan dengan mengarahkan orang-orang yang mengklik iklan ke halaman pembelian di situs web.

  • Mengukur hasil: Google Ads menyediakan berbagai alat tracking yang memungkinkan mengukur efektivitas iklan dan melihat berapa banyak pelanggan yang dapatkan dari iklan.

Kekurangan Google Ads:

  • Biaya: Google Ads adalah platform berbayar, sehingga perlu mengeluarkan uang untuk menjalankan iklan.

  • Persaingan: Persaingan untuk kata kunci yang populer dapat sangat ketat, sehingga mungkin perlu membayar lebih untuk mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian.

  • Keahlian: Google Ads adalah platform yang kompleks, sehingga mungkin perlu mempelajari cara menggunakannya secara efektif.

  • Waktu: Google Ads membutuhkan waktu dan usaha untuk dikelola secara efektif, sehingga perlu meluangkan waktu untuk membuat dan mengoptimalkan iklan.

Secara keseluruhan, Google Ads adalah platform yang kuat yang dapat membantu mencapai berbagai tujuan bisnis. Namun, penting untuk menyadari kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan apakah ingin menggunakannya atau tidak.


Tips Beriklan di Google Ads

Supaya iklan dapat lebih optimal, tips ini bisa Sobat MinDi terapkan saat kampanye iklan: 

  1. Pilih kata kunci yang tepat: Kata kunci yang targetkan akan menentukan siapa yang melihat iklan. Pastikan memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis dan yang dicari oleh calon pelanggan

  2. Buat iklan yang menarik dan relevan: Iklan adalah satu-satunya kesempatan untuk membuat kesan pertama pada calon pelanggan. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas, dan pastikan iklan mendorong orang untuk mengklik.

  3. Setel anggaran dengan tepat: Pastikan menetapkan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

  4. Optimalkan kampanye secara berkala: Pantau kinerja kampanye Google Ads dan lakukan penyesuaian sesuai kebutuhan. 

  5. Gunakan ekstensi iklan: Ekstensi iklan dapat membantu iklan menonjol dari yang lain dan menarik lebih banyak klik.

  6. Gunakan Google Analytics untuk melacak kinerja kampanye: Google Analytics dapat membantu melihat berapa banyak orang yang mengklik iklan, ke mana mereka pergi setelah mengklik iklan, dan apakah mereka melakukan tindakan yang diinginkan.

  7. Gunakan Google Ads Editor untuk membuat dan mengelola kampanye secara massal: Google Ads Editor dapat membantu menghemat waktu dan biaya.


Biaya Iklan di Google Ads

Harga Google Ads di Indonesia bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti kata kunci yang ditargetkan, jenis iklan yang dipilih, persaingan industri, dan tingkat popularitas dari kata kunci tersebut.

Biaya Google Ads biasanya diukur dalam bentuk biaya per klik (Cost Per Click/CPC) atau biaya per seribu tampilan (Cost Per Mille/CPM) untuk iklan tampilan. Sobat MinDi juga memiliki kebebasan untuk mengontrol unit iklan harian karena menggunakan sistem auction atau lelang.

Supaya mendapatkan harga yang paling efisien, perlu mengoptimalkan iklan agar dapat ditampilkan dalam unit iklan yang tepat.

Biaya Per Klik (CPC) untuk iklan di Google Search mulai dari 800 rupiah, sedangkan pada Google Display biaya per kliknya sekitar 150 rupiah. Untuk iklan di Google Video, biaya per tampilannya sekitar 30 rupiah per view.


Cara Pasang Iklan di Google Gratis, Apakah Memungkinkan?

Sayangnya, Sobat MinDi tidak bisa menggunakan Google Ads secara gratis untuk bisnis.

Sobat MinDi dapat menggunakan Google Ads tanpa membayar jika organisasi non profit yang memenuhi syarat. Google menawarkan program yang disebut Google Ad Grant.

Tetapi, baru-baru ini Google Ads memberikan nominal gratis sebesar Rp3.000.000 sebagai kredit awal ketika membelanjakan Rp3.000.000 untuk pertama kalinya. Untuk ketentuannya bisa Sobat MinDi lihat di sini.


Memaksimalkan Google Ads

Supaya Sobat MinDi bisa semakin mengoptimalkan Google Ads, maka perlu belajar digital marketing lebih mendalam.

Sebagai rekomendasi, Sobat MinDi bisa ikut program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. 

Dengan bimbingan dari mentor berpengalaman dan berbagai tugas menarik, sobat Mindi dapat menguasainya hanya dalam waktu 5,5 bulan. Setelah menyelesaikan bootcamp, tentunya Google Ads Sobat MinDi akan berkembang lebih pesat. 

Sekian artikel dari MinDi untuk cara beriklan di Google Ads. Sobat MinDi tertarik untuk belajar lebih jauh soal digital marketing? Ayo segera mendaftar!

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!