Mau Buat Iklan di Google? Ini Dia Tutorial Mudah dan Praktis

Dibimbing.id

18 August 2022

6741

Image Banner

Udah bikin produk dengan kualitas yang bagus, konten-konten yang menarik, udah SEO friendly juga, eh tapi traffic-nya masih kecil? Suka kesel gak sih kalau ngalamin begituan? Tapi tenang, kalau Sobat MinDi lagi ngalamin hal itu, jangan bingung lagi. MinDi punya jawabannya lho buat ngatasin masalah tersebut. 

Terus apa jawabannya? Pasang iklan di Google. 

Kenapa? Karena lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia ini manfaatin pencarian di google buat mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah nantinya, Google Ads ini bakal boost konten kamu sesuai dengan keyword di dalamnya. 

“Tapi aku gak tau cara buat iklan di Google nih, MinDi”

Tenang, karena disini MinDi bakal kupas satu persatu tentang Google Ads dan gimana cara buat iklan di Google. Jadi simak sampai selesai ya, biar kamu bisa langsung praktikkan di produk kamu. Let’s go! 

Bagaimana Cara Kerja Google Ads?

Contoh tampilan website yang diiklankan oleh Google

Nah mungkin sebelum kita bahas tentang cara buat iklan di Google, MinDi bakal bahas dulu gimana sih kerja Google Ads? Apakah bakalan seefektif itu buat meningkatkan traffic website

Oke, sebenarnya kalau dibahas secara sederhana, cara kerja Google Ads ini Cuma ada tiga tahapan. Yaitu, pasang iklan, artikel kamu muncul di pencarian paling atas, traffic naik atau dengan kata lain more targeted traffic = more sales. Untuk lebih jelasnya seperti ini:

  1. Membuat iklan

Ketika kamu akan memutuskan untuk membuat iklan di Google, kamu harus memperhatikan keyword yang bakal kamu gunakan. Bagaimanapun juga, Google bakalan tetap memperhitungkan quality score dan relevansi website kamu dengan target keyword

Google akan bekerja sesuai dengan keyword yang ada di artikel kamu atau dengan kata lain SEO disini masih penting ya. Jadi jangan sampai kamu berpikir sudah memasang iklan, berarti tidak perlu memperhatikan kaidah SEO lagi. Bisa-bisa biaya yang kamu gunakan bakal terbuang sia-sia nantinya. 

  1. Penayangan iklan

Setelah kamu berhasil membuat iklan, nantinya Google akan menayangkan website kamu di pencarian. Seperti yang udah MinDi bahas di awal tadi, Google Ads bakal boost artikel atau website kamu sesuai dengan keyword di dalamnya. Jadi misalnya kamu berbisnis tentang fashion, nah kalau ada seseorang yang lagi googling  tentang fashion, Google Ads bakalan menyarankan website kamu biar dikunjungi sama mereka. 

Website kamu bakalan muncul di tampilan paling atas, dengan label “sponsored link”

  1. Traffic

Lalu apalagi yang bakal terjadi setelah iklan ditayangkan? Kalau Sobat MinDi berhasil membuat konten-konten atau artikel yang informatif dan menarik, maka penayangan iklan tadi bakalan berhasil menarik perhatian banyak orang. Dengan begitu Google Ads berhasil menggiring pengguna internet buat meng-klik website kamu. 

Nah ketika banyak orang yang berkunjung ke website kamu atau dengan kata lain trafficnya naik, maka mereka juga bakal melihat-lihat produk kamu. Atau dengan kata lain, more targeted traffic = more sales. Artinya iklan kamu berhasil. 

Nah setelah tau cara kerjanya, sekarang MinDi bakal bahas cara buat iklan di google. Catat ya Sobat MinDi, biar gak ada yang terlewat. 

Cara Buat Iklan di Google

Memulai memasang iklan melalui Google Ads

  1. Buat akun Google Ads

Pastikan kamu udah punya akun Google Ads ya Sobat MinDi. Kalau belum, kamu bisa buat akunnya di situs Google Ads. Setelah berhasil membuat akun, kamu bakalan diarahkan ke halaman goal iklan. 

  1. Masukkan tujuan iklan

Google menyediakan beberapa tujuan iklan untuk bisnis kamu, mulai dari meningkatkan penjualan, jumlah klien, website traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, dan promosi aplikasi. Nah, kamu bisa pilih salah satu, sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya. 

  1. Pilih jenis tampilan Google Ads

Google juga menyediakan beberapa tampilan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Beberapa pilihan tampilan itu adalah:

  • Search campaign: jenis iklan dengan memanfaatkan keyword tertentu

  • Display ads: jenis iklan yang muncul berdasarkan keyword, lokasi, dan minat audiens

  • Shopping ads: jenis iklan yang menyediakan berbagai informasi produk, mulai dari harga hingga nama penjual

  • Video ads: jenis iklan berupa video di Youtube

  • Universal app campaign: jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi

  1. Pilih target lokasi dan bahas

Di tahap ini kamu harus mengisikan lokasi dan bahasa secara spesifik pada kotak yang tersedia. Ini digunakan agar iklan kamu tepat sasaran dengan audiens yang ditargetkan.

  1. Menentukan target audiens

Agar iklan yang dipasang lebih tepat sasaran, Google menyediakan fitur target audiens. Sobat MinDi bisa mengisikan target yang diinginkan, ya. Mulai dari siapa target itu, minat, hingga detail demografi. 

  1. Tentukan anggaran harian dan bidding

Anggaran harian bergantung dari biaya per klik per kata kunci dan jumlah klik yang didapat dalam satu hari. Kalau Sobat MinDi memilih banyak kata kunci yang sulit atau kompetitifnya tinggi, maka biaya yang dikeluarkan juga makin banyak. Jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar memilih kata kunci agar bisa mengatur anggaran harian.

Sementara bidding adalah biaya yang dikeluarkan dalam sekali iklan. Google juga memberikan kamu pilihan dalam menentukan bidding. Ditentukan dari Google atau melakukan set biaya sendiri dari awal. Keduanya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau memilih pilihan kedua, mungkin kita bakal lebih irit ya. Tapi kalau mengisi nominal terlalu sedikit, kemungkinan iklan kamu ga akan muncul kalau udah kehabisan anggaran harian.

  1. Tambahkan informasi bisnis, masukkan kata kunci dan tampilan iklan

Di tahap ini kamu bisa memasukkan informasi lebih detail tentang bisnis kamu. Setelah itu dilanjutkan untuk memilih kata kunci yang bakalan kamu gunakan. Kata kunci ini yang nantinya menjadi acuan dari Google untuk memunculkan website kamu.

Setelah menentukan kata kunci, kamu tinggal melakukan set up  untuk tampilan iklan kamu. Mulai dari judul hingga deskripsi iklan. 

  1. Siapkan detail penagihan

Setelah semuanya siap, Sobat MinDi tinggal mengurus pembayarannya. Kamu harus mengisi beberapa informasi detail sebelum membayar, setelah itu google akan memberikan beberapa pilihan metode pembayaran yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Setelah selesai, kamu bisa mencetak tagihan. 

Nah itu dia beberapa ulasan tentang Google Ads dan gimana cara buat iklan di Google. Agak rumit memang, tapi kalau diikuti dengan baik per stepnya, Sobat MinDi juga bakal bisa segera mengiklankan website kamu kok. 

Tapi kalau dirasa masih butuh penjelasan lebih lanjut terkait digital marketing, apalagi soal pasang ads, Sobat MinDi bisa lho coba daftar Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Nantinya kamu bakalan dapat banyak benefit, mulai dari materi yang lengkap terkait digital marketing, SEO, Ads, bahkan tentang content writing dan copywriting, lho. 

Tunggu apalagi? Daftar bootcamp nya disini! 



Referensi: 

Cara Kerja Google Ads. (2022, January 18). banyumedia.co.id. https://www.banyumedia.co.id/mengapa-harus-iklan-di-internet/cara-kerja-google-adwords/

Shinta, A. (2021, September 20). Panduan Lengkap Cara Membuat Iklan Di Google: Tutorial untuk Pemula. Blog Dewaweb. https://www.dewaweb.com/blog/cara-buat-iklan-google-ads/

Cara Pasang Iklan Di Google Ads [Update 2021]. (2022, March 7). Whello Indonesia. https://whello.id/tips-digital-marketing/cara-pasang-iklan-di-google/

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved