Baru! Kenali Update Algoritma Google 2024

Anisa Fitri Maulida

12 December 2023

1615

Image Banner

Sobat MinDi, Google selalu berkembang dan berinovasi, dan setiap tahunnya, Google Core Algorithm Updates menjadi topik yang penting untuk diperbincangkan. Kali ini, kita akan membahas tentang Update Algoritma Google 2024. Apakah akan berbeda dengan update sebelumnya?


Pengertian Algoritma Google


Beberapa dari Sobat MinDi, mungkin masih merasa bingung dengan pengertian algoritma Google ini. Jangan khawatir, kita bisa belajar bareng-bareng!


Algoritma Google adalah kumpulan aturan dan prosedur yang rumit yang digunakan oleh Google untuk mengambil data dari indeksnya dan dengan segera mengirimkan hasil pencarian terbaik kepada pengguna. Algoritma ini mengatur cara Google menemukan, menilai, dan mengurutkan halaman web.


Biasanya, teman-teman yang berprofesi sebagai Digital Marketer terutama fokusnya SEO harus mengikuti peraturan yang ada. Jika tidak, tentunya artikel atau konten yang merupakan produk dari perusahaan tidak akan dinilai dan tidak masuk ke dalam halaman satu Google.


Untuk lebih jelasnya mengenai profesi ini, kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing. Di sana, kamu akan belajar lebih dalam mengenai apa saja yang akan dikerjakan oleh para Digital Marketer saat ini. Oh, ya! Profesi satu ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan, lho. Jadi, menginvestasikan diri untuk belajar ilmu ini akan sangat bermanfaat buat kamu.


Kamu juga akan belajar lebih dalam mengenai Google Core Update, yang akan menjadi peraturan yang perlu dipahami oleh para Digital Marketer. Hal ini tentunya berlaku untuk update tahun 2024 saat ini.


Poin-poin Penting dari Google Core Update Oktober 2024


Google kembali memberikan update penting, untuk kita ketahui. Untuk membuatnya lebih mudah dipahami, MinDi akan memberikan poin-poin penting dari Google Core Update pada Oktober 2024 lalu:


1. Peningkatan pada Kualitas Konten


Salah satu fokus utama dari update ini adalah peningkatan pada kualitas konten. Google semakin memperketat penilaiannya terhadap konten yang dianggap bernilai dan informatif. Konten yang original, mendalam, dan memberikan insight baru akan lebih diutamakan.


2. Pemahaman Konteksual yang Lebih Baik


Google terus mengembangkan kemampuannya untuk memahami konteks dalam sebuah konten. Dengan update ini, algoritma Google menjadi lebih canggih dalam menginterpretasi konteks dan nuansa bahasa, sehingga hasil pencarian menjadi lebih relevan dengan query pengguna.


3. Mobile-first Indexing


Pentingnya mobile-friendly website semakin ditekankan dalam update ini. Google terus mendorong para pemilik website untuk mengoptimalkan situs mereka untuk penggunaan mobile, mengingat jumlah pengguna perangkat seluler yang terus meningkat.


4. Keamanan Website sebagai Prioritas


Update algoritma ini juga menekankan pada aspek keamanan website. Situs yang memiliki protokol keamanan yang baik, seperti HTTPS, akan lebih disukai. Ini merupakan langkah Google untuk memastikan pengalaman browsing yang aman bagi pengguna.


5. Penekanan pada User Experience (UX)


Google Core Update Oktober 2024 juga menyoroti pentingnya UX. Website dengan navigasi yang mudah, loading cepat, dan desain yang responsif akan memiliki keunggulan dalam peringkat pencarian.


6. Perubahan pada Penilaian Backlinks


Google terus menyempurnakan cara penilaiannya terhadap backlinks. Di update ini, kualitas backlink menjadi lebih penting daripada kuantitasnya. Link yang berasal dari situs terpercaya dan relevan dengan konten akan memberikan dampak yang lebih besar.


Berikut di atas adalah Update Algoritma Google 2024 yang perlu Sobat MinDi patuhi, agar artikel tetap ada di halaman satu Google. Apakah berbeda dengan update sebelumnya? Mari kita jelajahi bersama!


Evolusi Algoritma Google


Sama seperti teknologi pada umumnya, Google sering melakukan update pada algoritmanya. Apa saja perbedaannya?


Algoritma Google di Tahun 2020


Pada tahun 2020, Google memfokuskan pada pemahaman konten yang lebih baik dan pengalaman pengguna (user experience, UX). Salah satu update besar adalah BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers), yang membantu Google lebih memahami konteks dalam query pencarian. 


Hal ini membuat hasil pencarian lebih relevan. Google juga menekankan pentingnya keamanan situs dengan mengutamakan situs yang menggunakan HTTPS.


Algoritma Google di Tahun 2021


Di tahun 2021, salah satu fokus utama adalah pada 'Core Web Vitals', yaitu sekumpulan faktor yang berkaitan dengan kecepatan loading situs, interaktivitas, dan stabilitas visual. Google ingin memastikan bahwa situs yang muncul di hasil pencarian menawarkan pengalaman pengguna yang baik, termasuk waktu loading yang cepat dan interaksi yang mulus.


Algoritma Google di Tahun 2022


Pada tahun 2022, Google melanjutkan peningkatan pada pemahaman konteks dan relevansi konten. Mereka juga meningkatkan upaya dalam memerangi konten spam dan meningkatkan keamanan bagi pengguna. 


Google mulai menggunakan teknologi AI lebih lanjut untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan konten yang orisinal dan berkualitas tinggi. Fokus pada UX masih menjadi prioritas, dengan penambahan faktor-faktor baru yang menilai kenyamanan pengguna saat mengakses situs.


Baca Juga: Ketahui Apa Itu SEO Off Page dan Contohnya


Bisa dikatakan bahwa semua update termasuk Update Algoritma Google 2024 yang dilakukan, sangat mendukung pada pengalaman para pembaca pada saat mengakses seluruh artikel yang ada di halaman nomor satu Google. 


8 Algoritma Google Yang Paling Berpengaruh


Dalam dunia digital yang terus berkembang, memahami algoritma mesin pencari seperti Google menjadi sangat penting. Algoritma ini tidak hanya berperan dalam menentukan cara website kita terindeks dan diranking, tetapi juga dalam membentuk strategi SEO yang efektif.


Sepanjang sejarahnya, Google telah meluncurkan beberapa algoritma yang sangat berpengaruh. Algoritma-algoritma ini telah merevolusi cara kita memahami dan mendekati SEO. Mereka juga telah membantu dalam menyaring dan menyajikan konten yang paling relevan dan berkualitas tinggi kepada pengguna.


Alasan kenapa algoritma-algoritma ini sangat berpengaruh terletak pada peran mereka dalam mengubah landscape pencarian internet. Setiap algoritma membawa perubahan signifikan dalam cara Google menilai website, memengaruhi strategi pemasaran digital, dan pada akhirnya, cara kita mengakses informasi secara online.


Berikut adalah 8 algoritma Google yang paling berpengaruh:


1. Google Panda


Diluncurkan pada tahun 2011, algoritma Panda fokus pada kualitas konten. Website dengan konten berkualitas rendah, seperti konten duplikat atau konten yang tidak informatif, diberikan peringkat yang lebih rendah.


2. Google Penguin


Penguin diperkenalkan pada tahun 2012 untuk menangani masalah spam link. Algoritma ini menurunkan peringkat situs yang menggunakan teknik backlink tidak etis atau over-optimized.


3. Google Hummingbird


13 menandai perubahan besar dalam pemahaman Google terhadap query pencarian. Algoritma ini lebih mementingkan konteks daripada kata kunci spesifik.


4. Google Pigeon


Pigeon, yang diluncurkan pada tahun 2014, mengoptimalkan hasil pencarian lokal. Hal ini membuat faktor lokasi menjadi lebih penting dalam SEO.


5. Google Mobilegeddon


Mobilegeddon (2015) menekankan pentingnya website yang mobile-friendly, menyesuaikan dengan tren penggunaan smartphone yang meningkat.


6. Google RankBrain


Diperkenalkan pada tahun 2015, RankBrain menggunakan pembelajaran mesin untuk menghasilkan hasil yang lebih relevan, terutama untuk query pencarian baru atau kompleks.


7. Google BERT


BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers), diperkenalkan pada akhir 2019, merupakan langkah besar dalam pemahaman bahasa alami, membantu Google lebih memahami nuansa dan konteks dalam query pencarian.


8. Google Core Updates


Core Updates adalah serangkaian update berkelanjutan yang dilakukan oleh Google untuk meningkatkan keseluruhan kualitas dan relevansi hasil pencarian. Setiap update ini sering membawa perubahan signifikan.


Dengan semua algoritma yang paling berpengaruh dan juga adanya Update Algoritma Google 2024, apa yang perlu kita lakukan supaya artikel dan website tetap ada di halaman 1 pencarian Google?


Baca Juga: Rekomendasi 10 Tools SEO GRATIS Terbaik 2022 - dibimbing.id


Berikut di atas adalah hal yang perlu Sobat MinDi tahu mengenai algoritma Google, termasuk Update Algoritma Google 2024. Jika kamu ingin belajar lebih lanjut, kamu bisa belajar di Bootcamp Digital Marketing. Tidak hanya belajar algoritma, kamu juga akan belajar membentuk strategi SEO supaya website ada di halaman satu Google. 





Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!