dibimbing.id - Bagaimana Cara Menggunakan Meta Ads Library secara Efektif?

Bagaimana Cara Menggunakan Meta Ads Library secara Efektif?

Muthiatur Rohmah

30 March 2024

501

Image Banner

Meta ads library adalah solusi efektif untuk mendapatkan banyak inspirasi iklan, dijamin Sobat MinDi nggak akan buntu lagi. Meta adalah sistem integrasi berbagai social media populer seperti facebook dan instagram.


Dengan meta ads library, pengguna dapat menelusuri iklan yang ada di facebook maupun instagram secara detail untuk keperluan analisis.


Strategi social media marketing melalui meta ads library, merupakan hal yang efektif untuk mengetahui minat kompetitor yang menciptakan promosi brand yang unik.


Penasaran mengenai meta ads library dan cara menggunakannya secara efektif? Yuk pelajari selengkapnya pada artikel ini.



Pengertian Meta Ads Library dan Fungsinya



Meta Ads Library merupakan sebuah alat transparansi yang dikembangkan oleh Meta Platforms, Inc., perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan platform sosial media lainnya. 


Tujuannya meta ads untuk memberikan keterbukaan dan akses publik terhadap informasi tentang iklan yang berjalan di seluruh jaringan platform Meta. 


Meta Ads Library menampilkan detail tentang iklan seperti isi iklan, biaya yang dikeluarkan, jangkauan audiens, dan periode penayangan. 


Meta ads library bermanfaat untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam periklanan digital, memudahkan penelitian tentang pengaruh iklan pada opini publik, dan membantu mencari inspirasi iklan yang efektif.


Dari pengertian tersebut, meta ads library memiliki beberapa fungsi yang efektif sebagai alat analitik iklan.


Beberapa fungsi Meta Ads Library meliputi:


  • Pencarian dan tampilan iklan yang sedang atau telah ditayangkan di platform Meta.

  • Transparansi dalam pembiayaan iklan, terutama untuk iklan politik dan isu sosial.

  • Akses ke detail iklan, seperti target audiens, jangkauan, dan anggaran.

  • Kemampuan untuk melihat riwayat iklan entitas atau pengiklan tertentu.

  • Penyediaan data untuk analisis dan penelitian oleh jurnalis, peneliti, dan publik.

  • Mendukung upaya akuntabilitas dan integritas dalam periklanan digital.



Strategi Menggunakan Meta Ads Library secara Efektif



Untuk memaksimalkan efektivitas iklan di Meta Ads Library agar mendapatkan banyak pelanggan, ada beberapa strategi yang bisa digunakan. 


Meta Ads Library adalah alat untuk melihat iklan yang aktif di seluruh platform Meta, termasuk Facebook, Instagram, Messenger, dan lainnya. 


Berikut strategi meta ads yang efektif menarik banyak pelanggan:


1. Analisis Kompetitor


Gunakan Meta Ads Library untuk melihat jenis iklan yang digunakan oleh kompetitor Anda. Analisis elemen seperti copy iklan, desain, dan call-to-action yang mereka gunakan.


Perhatikan tren dalam strategi iklan di industri Anda, termasuk penggunaan kata kunci, tema visual, dan penawaran promosi.


Meskipun Meta Ads Library tidak menyediakan data performa, Anda dapat mengambil kesimpulan berdasarkan frekuensi dan variasi iklan yang digunakan oleh pesaing.



2. Inspirasi Konten


Lihat berbagai format iklan yang digunakan oleh merek di berbagai sektor untuk mendapatkan inspirasi. Ini bisa meliputi video, gambar, atau format carousels.


Gunakan insight dari iklan yang berhasil menarik perhatian Anda sebagai inspirasi iklan, termasuk pemilihan warna, storytelling, dan visualisasi produk.



3. Tes dan Optimalkan Iklan


Setelah melihat berbagai format iklan di Ads Library, lakukan eksperimen dengan format serupa untuk melihat mana yang paling efektif untuk audiens Anda.


Berdasarkan variasi iklan yang dilihat, ciptakan beberapa versi iklan sendiri untuk menguji mana yang paling resonan dengan target pasar Anda.



4. Identifikasi Call-to-Action yang Efektif


Amati jenis call-to-action yang digunakan dalam iklan yang sukses atau oleh kompetitor. Apakah mereka menggunakan "Learn More", "Shop Now", atau "Sign Up"?


Adaptasi CTA berdasarkan apa yang tampaknya efektif di pasar dan tes untuk melihat mana yang menghasilkan tingkat konversi terbaik.



5. Pelajari Timing dan Seasonality


Perhatikan waktu kompetitor saat meningkatkan aktivitas iklan. Sebab timing tersebut menunjukkan waktu terbaik untuk mengiklankan produk atau layanan tertentu.


Identifikasi pola seasonality dalam iklan di industri Misalnya, jika menjual produk konsumen,Anda bisa meningkatkan iklan menjelang hari libur.


Memanfaatkan Meta Ads Library untuk strategi bisnis dapat meningkatkan efektivitas kampanye iklan, dan  memberikan wawasan berharga tentang dinamika pasar dan perilaku kompetitor. 


Selalu eksperimen dan sesuaikan strategi berdasarkan hasil yang telah diperoleh untuk terus meningkatkan performa iklan.


Baca Juga: 16 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah, Panduan Lengkap!




Cara Menggunakan Meta Ads Library



Meta ads library memang sebuah strategi efektif dalam meningkatkan penjualan brand atau produk. Lantas bagaimana cara menggunakannya?


Cara menggunakan Meta Ads Library cukup mudah melalui beberapa langkah berikut


1. Mengakses Meta Ads Library


Pertama, buka Meta Ads Library dengan menavigasi ke situs webnya. Anda tidak perlu login ke akun Facebook atau Instagram untuk mengaksesnya, namun beberapa fitur memerlukan autentikasi.


Anda bisa akses meta ads library secara cepat DI SINI



2. Melakukan Pencarian


Langkah selanjutnya, filter pencarian berdasarkan lokasi dan kategori. Lokasi merujuk ke negara di mana iklan ditayangkan, dan kategori mencakup opsi seperti semua iklan, politik, isu, pemilihan, atau iklan dari perusahaan tertentu.


Kemudian ketik nama perusahaan, merek, atau kata kunci yang ingin dicari di kolom pencarian. Ini akan menampilkan semua iklan yang sedang berjalan yang terkait dengan kata kunci tersebut.



3. Meninjau Hasil Pencarian


Setelah melakukan pencarian, Meta Ads Library akan menampilkan daftar iklan yang aktif dan sesuai dengan kriteria pencarian.


Anda dapat melihat detail dari setiap iklan, seperti konten iklan, tanggal mulai iklan, dan rentang pengeluaran dan tayangan.



4. Gunakan Informasi dengan Efektif


Perhatikan copy, gambar, atau video yang digunakan dalam iklan. Ini bisa memberikan ide tentang apa yang menarik bagi audiens target.


Dari informasi yang tersedia, Anda dapat belajar tentang strategi penargetan dan posisi pasar kompetitor. Gunakan iklan yang telah ditemukan sebagai inspirasi untuk desain dan pesan iklan perusahaan.



5. Pemantauan dan Analisis Berkelanjutan


Meta Ads Library adalah sumber yang bagus untuk memantau kompetitor secara berkelanjutan. Sehingga pengguna akan terinformasi tentang tren iklan terbaru dan menyesuaikan strategi pesaing.


Meta Ads Library adalah alat yang berharga untuk mendapatkan wawasan kompetitif, memahami dinamika pasar, dan meningkatkan kreativitas dalam kampanye iklan perusahaan.


Baca Juga: 8 Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads, Pasti Untung!


Pembelajaran ads library dapat dilakukan melalui kursus atau bootcamp khusus, misalnya dalam pelatihan kerja yang disediakan oleh perusahaan.


Pelatihan ini cukup penting bagi perusahaan, sebab dapat meningkatkan SDM berkualitas dan kompetitif yang nantinya akan meningkatkan produktivitas bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus memilih tempat pelatihan yang tepat dan efektif.


Ikuti corporate training dibimbing.id sebuah pelatihan atau kursus untuk meningkatkan skill dan potensi  karyawan, termasuk pembelajaran ads library. Training ini bersifat fleksibel dapat dilaksanakan secara online maupun offline, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.


Fleksibilitas dalam training ini akan mewujudkan sebuah pelatihan yang efektif dan tepat bagi peserta. Hal ini akan berdampak baik, yaitu menciptakan peran kepemimpinan yang berkualitas bagi perusahaan.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja tim setelah lulus training ini. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.


Referensi :

1. Facebook Ads Gallery - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋
Kalau kamu butuh bantuan,
hubungi kami via WhatsApp ya!