dibimbing.id - 16 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah, Panduan Lengkap!

16 Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah, Panduan Lengkap!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

21 February 2024

•

780

Image Banner

Facebook Ads adalah salah satu platform penting untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal ini berlaku bagi pemasar berpengalaman atau pemilik usaha kecil. Oleh sebab itu, menguasai cara membuat Facebook Ads adalah hal yang cukup krusial.


Dengan menguasai cara membuat Facebook Ads, kamu bisa terhubung dengan audiens dan meningkatkan keterlibatan. Untuk menguasainya, baca artikel ini sampai habis ya!


Apa itu Facebook Ads?


Facebook Ads adalah iklan berbayar yang digunakan oleh bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa kepada pengguna platform ini. Iklan ini ditargetkan berdasarkan demografi, lokasi, minat, dan informasi profil lainnya dari pengguna.


Dengan Facebook Ads, bisnis bisa menetapkan anggaran dan membayar setiap kali iklan mereka diklik atau dilihat ribuan kali. Iklan yang dibuat dari Facebook Ads bisa muncul di feed pengguna, Stories, Messenger, dan Marketplace.


Secara keseluruhan, Facebook Ads adalah platform iklan berbayar untuk mempromosikan produk atau jasa suatu bisnis ke pengguna media ini.


Apakah Facebook Ads Berbayar?


Jawaban atas pertanyaan ini adalah iya. Pasalnya, platform ini merupakan layanan iklan berbayar yang ditawarkan oleh Facebook. Ini memungkinkan bisnis dan individu untuk membuat dan menjalankan iklan yang ditargetkan kepada pengguna.


Iklan ditargetkan dengan beragam faktor seperti usia, lokasi, minat, dan perilaku. Pengguna bisa menetapkan anggaran harian atau total kampanye iklan mereka. Selain itu, pengguna bisa membayar iklan berdasarkan jumlah tayangan atau klik yang diterima kampanye.


Bagaimana Cara Menjalankan Iklan di Facebook?


Memulai kampanye iklan mungkin bisa menjadi proses yang cukup menantang. Namun, ini bisa membawa banyak manfaat dalam memberikan visibilitas dan pertumbuhan signifikan bagi merek atau usaha. 


Berikut adalah cara membuat Facebook Ads yang bisa kamu terapkan:


1. Buat Iklan


Cara membuat Facebook Ads adalah dengan membuat iklan langsung dari sistem pengelolaannya. Berikut adalah langkahnya:


buat iklan di google adsense


  • Klik tombol Create Ad di Facebook Ads Manager.

  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman untuk memilih jenis pembelian dan tujuan kampanye.


2. Pilih Jenis Pembelian


Berikutnya, cara membuat Facebook Ads adalah dengan memilih jenis pembelian. Facebook menawarkan dua jenis pembelian, yakni Auction dan Reservation


Auction memberikan lebih banyak fleksibilitas dan pilihan dengan hasil yang kurang bisa diprediksi. Sementara itu, Reservation memungkinkan perencanaan dan pembelian kampanye lebih awal dengan tujuan kinerja yang bisa diprediksi.


3. Pilih Tujuan Kampanye


Langkah selanjutnya dalam cara membuat Facebook Ads adalah memilih tujuan kampanye. 


Beberapa tujuan yang ditawarkan oleh Facebook Ads antara lain:

  • Kesadaran (Awareness)

  • Lalu Lintas (Traffic)

  • Keterlibatan (Engagement)

  • Leads

  • Promosi Aplikasi (App Promotion)

  • Penjualan (Sales)




Setelah itu, penerapan cara membuat Facebook Ads adalah dengan menamai kampanye iklan. Berikan nama yang mudah dikenali dan relevan dengan tujuan iklan dari kampanyemu.


5. Deklarasikan Kategori Iklan



Cara membuat Facebook Ads selanjutnya adalah dengan mendeklarasikan kategori iklan. Deklarasi penting apabila iklanmu masuk dalam kategori tertentu seperti kredit, pekerjaan, perumahan, isu sosial, pemilihan, atau politik.


Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kepatuhan terhadap standar iklan di berbagai wilayah.


6. Pilih Kebutuhan A/B Testing



Cara membuat Facebook Ads berikutnya adalah dengan memilih apakah kamu mau melakukan A/B testing atau tidak. 


Kamu bisa aktifkan A/B testing untuk mencoba berbagai gambar, teks, audiens, atau penempatan iklan. Hal ini menemukan kombinasi yang paling efektif.


Baca Juga: Ketahui Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads untuk Promosi Bisnis


7. Tetapkan Kebutuhan Menyalakan Advantage+ Campaign Budget



Lalu, cara membuat Facebook Ads adalah dengan menetapkan apakah kamu mau melakukan Advantage+ Campaign Budget atau tidak. Ini hanya tersedia untuk opsi pembelian Auction.


Hal ini memungkinkan Facebook untuk secara otomatis menemukan peluang terbaik untuk hasil di seluruh set iklanmu.


8. Tentukan Tujuan Kinerja


Kemudian, kamu bisa menentukan tujuan kinerja iklanmu. Kamu bisa memilih tujuan spesifik dari kinerja iklanmu. Mulai dari opsi yang lebih luas hingga target spesifik.


9. Tetapkan Anggaran dan Jadwal Iklan


Setelah itu, cara membuat Facebook Ads adalah dengan menetapkan anggaran dan jadwal iklan. Kamu bisa memilih antara anggaran harian atau total untuk seluruh kampanye.


10. Sesuaikan Audiens Target


Berikutnya, kamu bisa sesuaikan audiens target. Facebook telah membuat beberapa perubahan pada pengaturan kustomisasi audiens di Ads manager. Hal ini memungkinkanmu memilih hanya tiga opsi yakni lokasi, usia, dan bahasa.


11. Pilih Penempatan Iklan



Lalu, cara membuat Facebook Ads berikutnya adalah dengan memilih penempatan iklan. Kamu bisa menentukan penempatan iklan dengan memilih opsinya secara manual.


12. Tetapkan Akun Sosial


Berikutnya adalah menetapkan akun sosial. Kamu bisa memilih profil media sosial Meta yang ingin digunakan untuk menjalankan iklan.


13. Pilih Format Iklan


Cara membuat Facebook Ads selanjutnya adalah memilih format iklan. Di bawah pengaturan iklan, kamu bisa membuat kampanye baru. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan postingan yang ada.


Kamu juga bisa gunakan mock-up yang kamu miliki di Creative Hub Meta.


14. Pilih Media dan Buat Teks Iklan


Selanjutnya, kamu bisa memilih media dan buat teks iklan. Pada tahapan ini, kamu bisa menambahkan aset kreatif yang menarik perhatian. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah foto atau klip milikmu.


Baca Juga: Cara Belajar Facebook Ads? Berikut Adalah Tahap-tahapnya


15. Pilih Destinasi Iklan


Berikutnya, kamu bisa memilih destinasi iklan. Kamu punya berbagai opsi menarik untuk bermain dengan tujuan iklan. Contohnya adalah Instant Experience atau mengarahkan pengguna ke situs web milikmu.


16. Terbitkan Iklan


Cara membuat Facebook Ads yang terakhir menerbitkan iklan. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Klik tombol Publish.

  • Facebook akan meninjaunya untuk memastikan iklan telah memenuhi standar spesifikasi mereka.

  • Tunggu selama kurang lebih 24 jam sampai kamu menerima email konfirmasi bahwa iklan telah aktif.


Demikian panduan lengkap mengenai cara membuat Facebook Ads. Apabila tertarik untuk memperdalam pengetahuanmu dan mempraktikannya, kamu bisa ikuti Bootcamp Digital Marketing Dibimbing.id


Lewat program ini, kamu bisa mendapatkan pembelajaran lengkap dengan silabus beginner-friendly. Kamu juga bisa dapatkan hands-on experience lewat praktik dengan real-case project.


Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu dan kembangkan keahlianmu di digital marketing bersama Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!