Ketahui Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads untuk Promosi Bisnis

Muhammad Fazer Mileneo

•

17 August 2023

•

1163

Image Banner

Facebook Ads menjadi sarana yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran mereka di platform ini. Kalau mau beriklan di sini, tentu harus tahu cara kerja Facebook Ads.

Sebab, untuk bisa berhasil dalam menggunakan Facebook Ads, perlu pemahaman yang mendalam tentang cara kerjanya.  

Dalam artikel ini, MinDi akan mengulas dengan lebih rinci tentang hal tersebut. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!

Apa itu Facebook Ads?

Apa itu Facebook Ads


Facebook Ads adalah platform periklanan online mandiri yang memungkinkan bisnis membuat dan menjalankan iklan di Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp. Dengan Facebook Ads, bisnis dapat menargetkan iklannya ke audiens tertentu berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya.

Facebook Ads dapat Sobat MinDi gunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Misalnya untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic website, serta menaikkan penjualan.

1.Menjangkau audiens yang lebih luas

Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, jadi memiliki kesempatan untuk menjangkau banyak orang dengan iklan

Sobat MinDi dapat menargetkan iklan berdasarkan minat, demografi, dan perilaku, sehingga hanya menjangkau orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan.

  1. Meningkatkan brand awareness

Facebook Ads adalah cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness untuk bisnis. Ketika orang melihat iklan, mereka akan mulai lebih sadar akan merek dan apa yang ditawarkan. Ini dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan potensial.

  1. Mendorong penjualan

Facebook Ads dapat membantu mendorong penjualan dengan mengarahkan orang ke situs web atau ke halaman produk. 

Sobat MinDi dapat menggunakan Facebook Ads untuk menawarkan diskon, kupon, atau penawaran khusus untuk mendorong orang untuk membeli.

  1. Hasil yang terukur

Facebook Ads menawarkan berbagai alat untuk mengukur hasil iklan. Sobat MinDi dapat melihat berapa banyak orang yang melihat iklan, berapa banyak orang yang mengkliknya, dan berapa banyak orang yang melakukan pembelian setelah melihat iklan.

Tentunya ini sangat membantu memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga dapat membuat penyesuaian dan meningkatkan hasil.

Contoh Facebook Ads 

Mungkin Sobat MinDi pernah melihat ini di Facebook?



Nah itu adalah salah satu contoh iklan di Facebook yang muncul di News Feed (Beranda). Facebook Ads sendiri juga dapat muncul di berbagai tempat di Facebook, antara lain:


  • News Feed

  • Right Column (bagian kolom kanan News Feed)

  • Instant Articles (artikel yang dioptimalkan untuk dibaca di perangkat seluler)

  • Aplikasi Messenger

  • Instagram

  • Audience Network (pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Facebook)

Cara Kerja Facebook Ads

Sebagai salah satu platform periklanan media sosial paling berpengaruh, potensi iklan Facebook sangat berpengaruh. Berikut adalah bagaimana mekanisme dari Iklan Facebook yang harus Sobat MinDi pahami :

1.Menargetkan Audiens yang Tepat

Inti dari Iklan Facebook terletak pada kemampuan penargetan yang canggih. Pengiklan dapat dengan tepat menentukan audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan koneksi.

Hal ini memungkinkan pelaku bisnis untuk menyampaikan pesan kepada pengguna yang kemungkinan besar tertarik dengan penawaran, memastikan keterlibatan yang lebih baik dan peluang konversi yang lebih tinggi.

  1. Menyesuaikan Format Iklan

Facebook menawarkan beragam format iklan yang sesuai dengan berbagai tujuan pemasaran. Dari iklan gambar yang menarik hingga iklan video yang menawan dan iklan carousel interaktif, pengiklan dapat memilih format yang paling sesuai dengan tujuan kampanye dan strategi konten.

Fleksibilitas dalam format iklan memungkinkan penceritaan yang kreatif dan meningkatkan pengalaman iklan secara keseluruhan bagi pemirsa.

  1. Penetapan Anggaran Iklan

Iklan Facebook melayani bisnis dari semua ukuran, menawarkan fleksibilitas untuk menetapkan anggaran yang selaras dengan tujuan pemasaran individu. Pengiklan dapat menentukan pengeluaran secara harian atau seumur hidup, dengan kemampuan menyesuaikan anggaran sesuai kebutuhan.

Platform memastikan bahwa pengiklan memiliki kendali penuh atas pengeluaran iklan, memungkinkan mengalokasikan sumber daya secara efektif.

  1. Penawaran dan Sistem Bid Pada Iklan

Sistem Iklan Facebook beroperasi pada model berbasis bid (lelang). Pengiklan bersaing satu sama lain agar iklan ditampilkan kepada audiens target.

Sistem bid ini mempertimbangkan berbagai faktor, seperti jumlah tawaran, relevansi iklan, dan taksiran tingkat tindakan, untuk menentukan iklan mana yang ditampilkan kepada pengguna tertentu.

Memenangkan bid tidak hanya bergantung pada tawaran tertinggi. Ada pula faktor relevansi iklan dan keterlibatan iklan memainkan peran penting.

  1. Penempatan Iklan

Jaringan Facebook yang luas tidak hanya mencakup News Feed Facebook tetapi juga Instagram, Audience Network, serta aplikasi dan situs web mitra lainnya.

Sebagai pengiklan, Sobat MinDi bisa memilih penempatan otomatis, memungkinkan Facebook untuk mengoptimalkan iklan di seluruh jaringan tersebut atau dapat memilih penempatan tertentu secara manual untuk menargetkan audiens yang berbeda secara efektif.

  1. Pemantauan dan Pengoptimalan

Setelah kampanye iklan ditayangkan, Facebook Ads Manager menyediakan data kinerja komprehensif, termasuk tayangan, klik, konversi, dan metrik keterlibatan. 

Data ini memberdayakan pengiklan untuk menilai keberhasilan kampanye dan membuat keputusan berdasarkan data untuk pengoptimalan.

Pengujian A/B pun bisa Sobat MinDI lakukan untuk bereksperimen dengan berbagai elemen iklan, memastikan variasi iklan yang paling efektif dipilih.

Cara Daftar Facebook Ads


  • Buat akun Pengelola Bisnis Facebook.

Ini adalah akun gratis yang memungkinkan  mengelola iklan Facebook dan aset bisnis lainnya.

  • Pilih tujuan kampanye

Apa yang Sobat MinDi ingin capai dari iklan? Apakah ingin meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web , atau menghasilkan prospek?

  • Atur Anggaran

Tentukan berapa banyak dana yang akan dialokasikan untuk kampanye iklan. Sesuaikan anggaran dengan target yang ingin dicapai. 

  • Pilih Target Audiens

Sesuaikan berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya. Dengan menargetkan audiens yang relevan, iklan akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pemasaran.

  • Buat Iklan

Pilih format iklan yang sesuai dengan tujuan, tulis teks iklan yang mengundang perhatian, dan pastikan materi iklan menarik dan relevan dengan audiens target.

  • Atur Jadwal Iklan

Pilih waktu dan durasi iklan akan ditayangkan. Bisa menjalankan iklan sepanjang waktu atau memilih waktu dan hari tertentu dalam seminggu. Sesuaikan jadwal iklan dengan kebiasaan dan aktivitas target audiens.

  • Tinjau dan Luncurkan Iklan

Sebelum meluncurkan iklan, pastikan untuk meninjau kembali semua elemen iklan. Periksa apakah semuanya sudah sesuai dengan tujuan dan anggaran yang telah ditetapkan.


Kelebihan Facebook Ads

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja Facebook Ads, maka bisa MinDi simpulkan berikut adalah kelebihannya : 

  • Jangkau audiens yang luas: Ada lebih dari 2 miliar pengguna Facebook yang aktif, sehingga bisnis dapat menjangkau audiens yang besar dengan iklan

  • Menargetkan audiens spesifik: Bisnis dapat menargetkan iklan ke audiens spesifik berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya.

  • Pelacakan hasil kampanye iklan: Bisnis dapat melacak kinerja kampanye menggunakan alat pelaporan Facebook.

  • Adanya insight untuk target audiens secara real time: Facebook juga memberi Sobat MinDi wawasan tentang audiens target, yang dapat membantu membuat iklan yang lebih efektif.

  • Fleksibilitas anggaran iklan: Pengiklan memiliki kendali penuh atas anggaran dan dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan, memastikan kampanye iklan hemat biaya.

Bagaimana Cara Belajar Facebook Ads?

Digital marketing adalah ilmu kunci kalau memang sobat MinDi ingin memaksimalkan Facebook Ads

Lalu, bagaimana cara mempelajarinya? 

Untuk digital marketing, Sobat MinDi bisa ikut program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. 

Kelas intensif ini diajar oleh mentor kredibel yang ahli di bidangnya. Nantinya, Sobat MinDi juga akan turut mengerjakan berbagai project untuk digital marketing dan mampu menguasainya dalam waktu 5,5 bulan saja. Menarik bukan?

Jadi, Sobat Mindi akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan akun bisnis Facebook dengan lebih baik.

Sekian penjelasan dari MinDi tentang cara kerja Facebook Ads. Apakah sobat MinDi tertarik memperdalam digital marketing? Ayo daftar bootcamp dari Dibimbing.id!



Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!