Blog

/

Digital Marketing

/

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Dibimbing.id

25 February 2022

2967

Image Banner

Nah, di artikel kali ini MinDi bakalan kasih tau beberapa hal yang perlu Sobat MinDi perhatikan sebelum menggunakan IG Ads. Simak artikelnya sampai akhir buat informasi lengkapnya, ya!

 

Apa Keuntungan Pakai IG Ads?

Photo by cottonbro from Pexels

 

Sebelum kita masuk ke pembahasan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan IG Ads, mungkin beberapa Sobat MinDi ada yang masih penasaran, nih. Kira-kira kenapa sih banyak banget orang yang mengiklankan bisnis mereka pakai IG Ads? Emang apa aja keuntungan pakai IG Ads?

 

Okay, MinDi coba bantu jawab pertanyaannya, ya!

 

Seperti namanya, IG Ads atau Instagram Ads tentunya berguna buat mengiklankan suatu postingan kita di Instagram. Manfaatnya, hal ini bisa membuat postingan yang kita iklankan bisa muncul di timeline banyak orang tanpa mereka harus mengikuti akun kita lebih dulu. Jadi, tentunya ini peluang yang oke banget terutama buat orang-orang yang menjalankan suatu bisnis.

 

Gak cuma itu aja, dengan IG Ads, kita bisa memilih sendiri audiens yang mau kita sasar berdasarkan lokasi, minat, demografi hingga bahkan kebiasaan mereka. Karenanya, kita bisa benar-benar memastikan iklan kita gak “salah sasaran”. Alhasil, iklan kita pun bakalan lebih mudah buat sampai ke audiens yang benar-benar sesuai dengan target bisnis kita.

 

 

Apa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads?

Pastikan hal ini kamu perhatikan ketika menggunakan IG Ads yaa

Photo by Mikael Blomkvist from Pexels

 

Setelah tau nih, apa aja manfaat dan kelebihan dari menggunakan IG Ads, mungkin sekarang Sobat MinDi jadi makin penasaran, nih. Kira-kira ada gak sih hal yang perlu diperhatiin lebih dulu sebelum pakai IG Ads? Ada gak hal yang perlu dilakukan biar nantinya iklan kita jadi optimal?

 

Nah, MinDi udah merangkum jawabannya di bawah ini. Langsung simak, yuk!

 

1. Tentukan tujuan yang pasti dari IG Ads

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tentukan lebih dulu tujuan yang pasti Gimana tuh maksudnya? Maksudnya adalah kamu harus tau apa sih yang ingin kamu “dapatkan” dari iklan yang kamu lakukan.

 

Apa yang sebenernya pengen kamu promosikan? Apa yang pengen kamu dapat dari mempromosikannya? Dan seberapa ukuran dari target yang pengen kamu capai?

 

Walaupun kesannya remeh banget, tapi hal yang satu ini justru merupakan hal yang penting banget sebelum kamu memulai IG Ads. Alasannya adalah untuk memudahkan kamu buat mengetahui keefektifan dari iklan yang kamu lakukan.

 

Jadi, misalnya nih, kamu menetapkan target profile visit sebanyak 100. Tapi, ternyata hasil dari IG Ads-mu gak mencapai target yang udah kamu tetapkan tersebut. Nantinya, kamu bisa lebih mudah buat mengevaluasi atau menganalisis apa yang kurang dari iklan yang kamu lakukan. Dan ke depannya, kamu jadi bisa menemukan strategi yang lebih pas lagi untuk bisnismu.

 

 

 

2. Bagi uangmu untuk iklan-iklan yang berbeda

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah bagilah uang yang kamu punya buat iklan-iklan yang berbeda.

Sobat MinDi pernah gak sih dengar kata-kata: “Don’t put all your eggs in one basket” atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah “Jangan meletakkan semua telur dalam satu keranjang”?

 

Nah, hal ini juga bisa kamu terapkan dalam penggunaan IG Ads. Kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang adalah mereka langsung mengeluarkan semua anggaran yang mereka punya buat 1 iklan aja. Padahal hal ini justru berpotensi bikin iklan kita jadi gak efektif, lho!

 

Kenapa bisa begitu? Karena kalau iklan yang kita lakukan gak berhasil, otomatis kita kehabisan anggaran kita buat melakukan pengiklanan lagi.

 

Buat menghindari kejadian seperti ini, usahakan buat membagi anggaranmu buat IG Ads setidaknya jadi 2. Lalu, lakukan A/B Testing buat mengetahui strategi mana yang tepat dan efektif buatmu.

 

 

 

3. Pastikan konten yang kamu iklankan eye-catchy

Konten yang eye-catchy akan membuat IG Ads kamu semakin perform loh!

Cr. Tuit Marketing

 

Hal yang terakhir yang wajib kamu perhatikan adalah visual dari konten yang akan kamu iklankan. Meskipun kesannya emang sepele, tapi justru hal inilah yang bakal menentukan kesuksesan dari pengiklanan yang kamu lakukan.

Seperti yang Sobat MinDi udah tau, Instagram itu adalah media sosial yang basisnya adalah foto. Karenanya, penting banget buat kamu memastikan iklanmu benar-benar menarik secara visual. Karena kalau gak begitu, siap-siap aja iklanmu bakal kena skip begitu aja.

 

Pastikan kalau konten yang kamu iklankan punya resolusi yang tinggi. Dan kalau kamu mengiklankan suatu postingan yang mengandung tulisan, pastikan kalau kamu punya headline yang menarik. Hal ini bisa membantu kamu buat menarik perhatian audiens saat postinganmu muncul di Instagram mereka.

 

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan IG Ads. Semoga aja informasinya bisa membantu kamu jadi lebih optimal dalam mengiklankan bisnismu, ya! Buat Sobat MinDi yang pengen belajar tentang bisnis digital atau Instagram Ads lebih dalam, kamu juga bisa lho ikutan Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id!

 

Dengan mengikuti bootcamp ini, kamu bakalan dapat materi yang super lengkap tentang digital marketing termasuk Instagram Ads. Gak cuma itu aja, di tiap pertemuannya bakalan ada latihan praktik juga yang bakalan bantu menunjang kemampuanmu di bidang digital marketing ini, lho!

 

Kerennya lagi nih, kamu juga bisa berkonsultasi secara pribadi dengan mentor berpengalaman kalau ada materi yang susah buat kamu pahami. Alhasil, dijamin deh setelah program bootcamp-nya beres, kamu bisa langsung berkarier menjadi seorang digital marketer.

 

Apalagi nih, nantinya juga bakal ada program penyaluran kerja juga, lho! Bener-bener kesempatan yang gak boleh dilewatkan, nih!

 

Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait