dibimbing.id - Apa Itu Google Colab Python? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Google Colab Python? Ini Penjelasan Lengkapnya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

29 February 2024

•

495

Image Banner

Google Colab Python adalah salah satu layanan yang menawarkan kemudahan untuk menjalankan kode pemrograman. Pasalnya, Google Colab Python adalah layanan gratis yang menyediakan wadah untuk eksekusi kode Python langsung dari browser.


Selain itu, ini bisa diakses oleh pemula hingga profesional. Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini!


Apa Itu Google Colab?


Google Colab, atau Google Colaboratory, adalah sebuah layanan gratis untuk memudahkan siapa saja untuk menulis dan menjalankan kode Python langsung dari browser.


Oleh sebab itu, Google Colab adalah layanan yang sering digunakan oleh profesional di industri data science, machine learning, dan artificial intelligence. Berikut adalah beberapa aspek utamanya:


  • Lingkungan berbasis cloud.

  • Akses gratis ke hardware seperti GPU (Graphics Processing Unit) dan TPU (Tensor Processing Unit).

  • Pengguna bisa berkolaborasi secara real-time.

  • Layanan terintegrasi dengan Google Drive dan GitHub.

  • Google Colab mendukung berbagai pustaka Python populer.


Cara Menjalankan Kode di Google Colab Python


Menjalankan kode di Google Colab Python adalah proses yang tidak terlalu rumit. Berikut langkah-langkah dasar untuk memulai dan menjalankan kode Python di Google Colab:


1. Buka Google Colab


Langkah pertama untuk jalankan kode di Google Colab Python adalah membuka layanan ini. Berikut adalah langkahnya:


  • Buka browser dan kunjungi Google Colab.

  • Kamu akan diminta untuk masuk dengan akun Google milikmu jika belum masuk.


2. Buat Notebook Baru


Setelah itu, langkah berikut untuk jalankan kode di Google Colab Python adalah membuat notebook baru. Untuk membuat notebook, berikut langkah yang bisa kamu terapkan:


  • Masuk ke akun dan tunggu sampai kamu berada di halaman utama Colab.

  • Lalu, buat notebook baru dengan klik New Notebook di bagian bawah kanan layar, atau melalui menu File >> New Notebook.



3. Tulis Kode


Langkah berikutnya untuk jalankan kode di Google Colab Python adalah menulis kode. Notebook colab terdiri dari serangkaian sel (cells) yang dapat berisi kode atau teks. Untuk menuliskan kode, berikut langkahnya:


  • Klik sel kode dengan ikon {}, atau tambahkan sel baru dengan mengklik + Code di toolbar.

  • Ketikkan kode Python dalam sel tersebut.


Baca Juga: 10 Bahasa Pemrograman Paling Mudah


4. Jalankan Kode


Selanjutnya, langkah untuk menjalankan kode di Google Colab Python adalah untuk menggunakan kode tersebut. Berikut cara jalankan kodenya:


  • Gunakan tombol Play di sebelah kiri sel atau gunakan pintasan keyboard Shitf + Enter.

  • Colab akan menjalankan kode dalam sel tersebut.

  • Lalu, output akan ditampilkan langsung di bawah sel.



5. Simpan dan Bagi Notebook


Setelah kode dijalankan, langkah berikutnya untuk dilakukan di Google Colab Python adalah menyimpan dan membagikan notebook. Berikut langkahnya:


  • Penyimpanan akan dilakukan secara otomatis di Google Drive. Kamu juga bisa mengaksesnya kapan saja dari Google Colab atau Drive.

  • Lalu, kamu klik File > Share untuk berbagi. 


  • Kamu juga bisa masukkan alamat email orang yang ingin diundang untuk lihat atau edit notebook.


6. Gunakan Library Eksternal


Berikutnya, kamu juga bisa gunakan library eksternal di Google Colab Python. Jika ingin gunakan library eksternal yang tidak ada di default Colab, kamu bisa menginstalnya menggunakan library-name atau !apt-get install package-name.


7. Akses GPU


Lalu, kamu juga bisa akses GPU di Google Colab Python. Hal ini terutama saat bekerja dengan machine learning. Untuk aktifkannya, berikut caranya:


  • Pilih Runtime > Change runtime type

  • Pilih GPU sebagai hardware accelerator.

  • Simpan.


Baca Juga: 7 Bahasa Pemrograman Paling Populer


8. Impor dan Simpan File


Selanjutnya, kamu juga bisa impor dan simpan file. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dari Google Drive. Kamu bisa gunakan mount drive atau menggunakan widget file untuk upload/download file dari dan ke komputer lokal milikmu.


9. Menggunakan Shortcut


Di Google Colab Python, kamu juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk mempercepat workflow. Ini bisa dilakukan dengan melihat daftar shortcut dengan klik Tools>Keyboard Shortcuts.


10. Menjelajahi Contoh dan Sumber Belajar


Terakhir, kamu juga bisa menjelajahi contoh dan sumber belajar dari Google Colab Python. Untuk mengaksesnya, kamu bisa buka melalui File > Open Notebook > tab Examples.


Itulah penjelasan lengkap mengenai Google Colab Python dan cara menjalankan kode di situ. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, platform ini juga bermanfaat di beragam bidang mulai dari data science hingga machine learning.


Berbicara tentang kedua hal ini, apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya? Bagi yang tertarik, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp Data Science Dibimbing.id. Bootcamp ini adalah program yang cocok buat belajar semua hal tentang data science.


Kamu bisa belajar mulai dari konsep dasar, tools penunjang, scope of work di industri, hingga praktik dengan real-case project. Terlebih lagi, pembelajarannya dilengkapi oleh silabus beginner-friendly dan panduan praktisi ahli.


Jadi, kamu yang beralih karir dan baru mulai pun bisa mengikutinya tanpa kesusahan. So, nggak perlu ragu lagi! Segera gabung dan mulai karir baru di data science bersama Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!