Bingung Belajar UI/UX? Mulai dari 5 Hal Ini Aja!

Dibimbing.id

19 August 2022

5635

Image Banner

Profesi UI/UX designer akhir-akhir ini emang lagi dicari-cari ya, Sobat MinDi. Gajinya yang tinggi dan prospek kerja yang menjanjikan bikin banyak orang mulai tertarik buat menekuni skill-skill yang dibutuhin buat profesi ini. Apakah Sobat MinDi juga salah satu orang yang lagi belajar UI/UX?

Iya nih MinDi, tapi aku bingung harus mulai dari mana.” 

Buat Sobat MinDi yang baru aja mau memulai belajar UI/UX, emang gak jarang bakal menemukan kebingungan. Kira-kira harus mulai dari mana ya? Atau kira-kira start mana yang paling tepat. Tapi tenang, selama ada MinDi, maka semua masalah bisa diatasi. 

Kali ini MinDi bakal ajak Sobat MinDi buat ngelakuin 5 hal ini sebagai permulaan belajar UI/UX. Apa aja tuh? Yuk simak sampai akhir. 

5 Langkah Awal Belajar UI/UX

Sebagai profesi yang mulai populer akhir-akhir ini, kamu perlu tau bahwa profesi UI/UX designer sebenarnya gak selalu menargetkan latar belakang jurusan tertentu. Dengan kata lain, siapapun kamu, atau apapun latar belakang jurusan kamu, bakalan tetap bisa kok buat jadi UI/UX designer. Kamu hanya perlu belajar dan melatih skill yang dibutuhkan aja. 

Ini dia langkah awal yang bisa kamu lakukan saat baru mulai belajar UI/UX

  1. Mencari tau perbedaan UI dan UX

Nah ini jadi langkah yang paling dasar banget yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu udah punya pengetahuan yang luas dan dalam tentang dasar-dasar UI/UX ya. Minimal Sobat MinDi harus bisa bedain apa itu UI dan apa itu UX. Jangan sampai keliru. Gimana mau jadi profesional kalau kamu aja gak bisa tau hal mendasar tentang profesi yang lagi kamu tekuni, betul gak? 

Oke, yang pertama UI atau User Interface adalah desain antarmuka untuk aplikasi atau website. UI berperan sebagai visualisasi, coloring sampai hal-hal yang berkaitan sama kreativitas dari interface yang bakal digunain user

Sobat MinDi pasti tau kan, kalau tampilan dari tiap aplikasi itu berbeda-beda? Nah itu dia yang dimaksud dari UI. Atau gampangnya UI itu tampilan dari aplikasi dan website

Nah kalau UX atau User Experience adalah proses peningkatan kepuasan user dalam menggunakan aplikasi atau website. Mulai dari instruksinya, atau gimana aplikasi memproses kesalahan user

Kalau kamu udah tau hal-hal dasar tentang UI/UX, kamu bisa nih buat lanjut ke tahap berikutnya. 

  1. Belajar tentang prinsip dasar UI/UX

Mempelajari cara mengombinasikan warna untuk desain UI/UX

Nah sekarang saatnya kamu belajar prinsip-prinsip UI/UX. Profesi ini kan erat banget kaitannya sama kepuasaan user, jadi kamu harus mulai belajar gimana membuat sesuatu hal yang sekiranya bakal cocok sama banyak orang atau dapat diterima dan dimanfaatkan banyak orang. 

Jadi seorang UI/UX designer yang profesional juga begitu. Ada beberapa hal yang menjadi prinsip dasar atau hal penting ketika akan mendesain UI/UX suatu aplikasi. Mulai dari keseimbangan dalam memilih warna. Untuk punya keahlian ini, Sobat MinDi bisa mulai pelajari tentang dasar-dasar dan psikologi warna agar bisa memilih dan mengombinasikan warna-warna yang cocok buat kebanyakan orang.

Penggunaan font, kamu juga harus pintar-pintar memilih font yang sederhana tapi elegan, dan yang terakhir adalah konsisten. Maksud dari konsisten disini adalah penggunaan elemen atau ikon di desain kamu, agar user juga mudah buat mengenali dan mengingat ikon menu yang kamu buat. 

  1. Praktik dengan berbagai tools UI/UX

Kalau sudah tau tentang prinsip dasarnya, Sobat MinDi boleh nih buat coba cari macam-macam tools UI/UX. Kamu bisa coba dan kuasai beberapa tools-nya biar bisa nentuin tools mana yang cocok sama cara kerja kamu. Beberapa tools yang bisa kamu coba adalah: 

  1. Buat project sebagai latihan dan evaluasi

Mulai membuat project sebagai latihan dan evaluasi keterampilan UI/UX

Salah satu langkah penting agar kamu bisa jadi profesional adalah mengasah kemampuan dan keterampilan kamu dengan membuat suatu project. Kamu bisa coba dengan melibatkan diri dalam project UI/UX yang bekerja sama dengan developer lain. Atau kamu juga bisa coba buat project kamu sendiri dan kumpulkan project kamu ke satu portfolio. Jadi bisa kamu manfaatkan buat melamar kerja. 

Semakin sering kamu mempraktikkan kemampuan kamu, maka kemampuan kamu akan semakin meningkat. Kamu juga bisa melakukan evaluasi secara kontinyu dan melihat perkembangan kemampuan kamu. 

  1. Cari mentor atau ikut bootcamp

Nah yang terakhir ini juga bisa kamu lakukan buat meningkatkan kemampuan kamu biar bisa menjadi UI/UX designer yang makin andal. Apalagi kalau kamu merasa sudah melakukan banyak project tapi masih belum menemukan titik perkembangan kamu. Atau mungkin kamu lagi mengalami kesulitan dan gak segera menemukan jawabannya, maka cari mentor atau ikut bootcamp bisa jadi jawaban yang tepat buat kamu. 

Nah buat Sobat MinDi yang berencana buat ikut bootcamp tapi masih bingung menemukan tempat yang tepat, jangan khawatir lagi. Soalnya dibimbing.id juga menyediakan layanan Bootcamp UI/UX lho. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif selama 4 bulan. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak Cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 

Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini. Lesgoowww!!!


Referensi:

Tips Memulai Belajar UI/UX design Untuk Pemula. (n.d.). Gamelab.ID. https://www.gamelab.id/news/326-tips-memulai-belajar-uiux-design-untuk-pemula

7 tips Belajar UI UX design Yang Harus Diketahui oleh Pemula. (2022, February 18). Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/belajar-ui-ux-design/#.YmJvt4VBy00

Beberapa HAL Yang Harus Kamu Asah untuk Menjadi UIUX. (2022, April 8). Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/hal-yang-diasah-jadi-uiux/#.YmJt_oVBy01

Pelajari Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly dan Interaktif!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

UI/UX Design

Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

Memilih judul skripsi diperlukan kreativitas dan pengetahuan mendalam. Berikut adalah beberapa cont...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

27 August 2023

5 Cara Membuat User Persona Efektif, Tutorial Terlengkap!

UI/UX Design

5 Cara Membuat User Persona Efektif, Tutorial Terlengkap!

User persona adalah komponen penting dalam memahami target audiens dalam proses perancang produk. S...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

20 October 2023

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

UI/UX Design

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Bingung atau kehabisan ide saat merancang website? Ini dia 9 contoh desain UI website yang bisa kam...

Image Author

Nadia L Kamila

21 October 2023

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

UI/UX Design

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

Tujuan utama dari pembuatan desain interface adalah untuk pengalaman pengguna yang maksimal. Temuka...

Image Author

Nadia L Kamila

13 December 2023

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

UI/UX Design

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

Footer web adalah bagian yang kerap kali dianggap tidak penting, tapi sebenarnya memiliki beragam f...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 February 2024

8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

UI/UX Design

8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

Penerapan UX bisa dilihat di berbagai aspek kehidupan, produk digital atau non-digital. Simak conto...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

10 April 2024