5 Website Buat Kamu yang Sedang Belajar UI

Dibimbing.id

08 June 2022

5655

Menekuni dunia desain itu emang gak gampang. Kamu harus tau ukuran elemen-elemen yang efektif dan efisien, harus bisa mengombinasikan warna-warna yang cocok biar gak bikin sakit mata, dan masih banyak keahlian lain untuk bisa membuat desain yang menarik. Hal itu juga berlaku bagi para UI designer. Belum lagi, kalau membuat desain UI harus memerhatikan perspektif dari user, agar desain UI yang dibuat bisa mudah dipahami sama user.

 

Nah, ngomong-ngomong soal desain, pernah gak sih Sobat MinDi merasa bingung banget harus membuat desain UI yang kayak gimana. Ibaratnya nihlemes banget nih shay, gak dikasih inspirasi sama ayang. Ditambah otak dah gak bisa diajak kompromi buat cari-cari inspirasi.

 

Duh, sini-sini MinDi bakal bisikin kamu website UI design yang bakal bermanfaat banget buat kamu yang lagi cari inspirasi UI design. Apa aja sih? Yuk let’s goo, scroll terus artikelnya! 

 

Website UI Design untuk Cocok Jadi Referensi

 

1. Dribble

Di website UI design yang satu ini kamu bakal menemukan banyak banget desain-desain menarik dari para UI/UX designer. Cocok banget buat kamu si pemula atau kamu yang emang lagi pusing banget gak punya inspirasi buat mikirin desain. Website ini bisa dibilang tempat kumpulnya para UI/UX designer memamerkan hasil kerjanya. Kalau desain Sobat MinDi udah jadi, kamu juga bisa nih memamerkan karya kamu. Bisa jadi portfolio pribadi juga nantinya. 

 

2. Behance

Web design yang satu ini cocok buat kamu yang butuh inspirasi desain dari berbagai jenis bidang. Kalau Sobat MinDi mampir ke website ini, kamu bakal menemukan banyak desain-desain menarik mulai dari fashion, ilustrasi, industrial, arsitektur, fotografi, dan masih banyak lagi. Selain itu, tim manajemen website ini juga benar-benar melakukan seleksi untuk memilih karya-karya kreatif. Jadi gak heran kalau kamu bakal sering menemukan desain yang bisa dibilang ‘stunning’ banget. 

 

3. Awwwards

Kalau Behance menyediakan banyak inspirasi desain dari berbagai bidang, beda halnya dengan website yang satu ini. Awwwards hanya focus menyediakan website design aja nih, Sobat MinDI. Kalau kamu ada seorang UI/UX designer untuk website, situs ini akan cocok banget buat kamu. Menariknya lagi, disini kamu bisa memamerkan sekaligus promosi desain website kamu. Gak sampai disitu aja, kamu juga berkesempatan memenangkan penghargaan ‘the best year-round submission award’. Nah menarik banget, bukan?

 

4. Pttrns

Sobat MinDi lagi mau cari inspirasi dari aplikasi-aplikasi iOS dan Android? Tenang, kamu gak perlu ubek-ubek aplikasi itu satu persatu di playstore. MinDi rekomendasiin kamu buat mampir ke website ini. Beda dari website-website yang udah MinDi sebutkan sebelumnya, Pttrns.com ini bakal kasih tunjuk ke kamu kumpulan desain terbaik yang diambil dari aplikasi-aplikasi iOS dan Android. Sobat MinDi juga bisa mencari desain dengan memilah kategori, tahun, atau tags. 


5. Uplabs

Mulanya website ini hanya menyediakan konten-konten material design aja nih. Tapi sekarang website ini udah berkembang menjadi komunitas developer dan designer UI/UX. Jadi cocok banget buat kamu yang lagi cari inspirasi desain. Gak sampai disitu aja, Uplabs juga menjual UI Kits, Themes, dan Icon yang dibuat langsung oleh komunitas yang ada di dalamnya. Bisa dibilang website ini lengkap banget memberikan fasilitas buat kamu.

 

Nah, itu dia beberapa website UI design yang bisa Sobat MinDi kunjungi untuk mencari inspirasi. Sekarang Sobat MinDi gak perlu galau-galau lagi deh gara-gara stuck ga nemuin inspirasi. 

 

MinDi, tapi aku juga butuh course tentang UI/UX design nih!” 

 

Nah, buat Sobat MinDi yang ternyata masih merasa gak cukup atau masih perlu belajar lebih lanjut tentang UI/UX, MinDi kasih solusinya nih. Apa sih solusinya? Tentu aja daftar Bootcamp UI/UX Design yang disediakan oleh dibimbing.id. 

 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal dikasih course tentang UI/UX. Di akhir sesi bootcamp  nanti, kamu juga bakal diajak untuk membuat satu proyek. Jadi, bootcamp ini gak cuma ngasih materi aja, tapi Sobat MinDi juga bakal diasah keterampilannya biar bisa jadi UI/UX designer profesional.

 

Gimana, Sobat MinDi udah tertarik buat daftar? Kalau iya, nih MinDi kasih linknya, langsung daftar disini aja ya!


 

Referensi:

26 best UX/UI design inspiration sites in 2020. (2018, September 16). Mockplus - Design, Prototype & Collaborate better and faster. https://www.mockplus.com/blog/post/design-inspiration-sites

Babich, N. (2017, July 26). 31 UX design inspiration resources. Adobe Blog. https://blog.adobe.com/en/publish/2017/07/26/30-ux-design-inspiration-resource


 

 

Pelajari Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly dan Interaktif!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

UI/UX Design

Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

Memilih judul skripsi diperlukan kreativitas dan pengetahuan mendalam. Berikut adalah beberapa cont...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

27 August 2023

5 Cara Membuat User Persona Efektif, Tutorial Terlengkap!

UI/UX Design

5 Cara Membuat User Persona Efektif, Tutorial Terlengkap!

User persona adalah komponen penting dalam memahami target audiens dalam proses perancang produk. S...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

20 October 2023

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

UI/UX Design

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Bingung atau kehabisan ide saat merancang website? Ini dia 9 contoh desain UI website yang bisa kam...

Image Author

Nadia L Kamila

21 October 2023

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

UI/UX Design

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

Tujuan utama dari pembuatan desain interface adalah untuk pengalaman pengguna yang maksimal. Temuka...

Image Author

Nadia L Kamila

13 December 2023

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

UI/UX Design

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

Footer web adalah bagian yang kerap kali dianggap tidak penting, tapi sebenarnya memiliki beragam f...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 February 2024

8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

UI/UX Design

8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

Penerapan UX bisa dilihat di berbagai aspek kehidupan, produk digital atau non-digital. Simak conto...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

10 April 2024