5 Rekomendasi Tools Data Analyst Terbaik - dibimbing.id

Kezia Margaretha

•

01 November 2022

•

14122

Image Banner

Halo Sobat MinDi, disini siapa yang tertarik untuk menjadi Data Analyst? Seorang Data Analyst sendiri memiliki tugas dalam mengumpulkan dan menganalisis banyak sekali data. Untuk itu, kamu tentunya akan membutuhkan berbagai tools Data Analyst dalam menunjang pekerjaanmu.


Sebelum masuk ke rekomendasinya, MinDi bakal ngajarin dulu nih tips and trick memilih tools Data Analyst yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Gimana sih caranya? 


  1. Gunakan Berbagai Tools Data Analyst

Ketika membaca rekomendasi yang diberikan, kamu tentunya ingin mencari tools data analyst yang bisa digunakan untuk semua jenis permasalahan data-mu. Namun, hal tersebut sebenarnya merupakan langkah yang kurang tepat. 


Satu jenis tools Data Analyst belum tentu dapat menyelesaikan semua masalahmu. Untuk itu, kamu perlu membuat beberapa opsi untuk tools yang ingin kamu gunakan. 


  1. Pertimbangkan Kebutuhanmu

Setiap bisnis dan orang tentunya memiliki kebutuhannya masing-masing. Orang yang merupakan Data Analyst, ilmuwan, maupun orang awam tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika menggunakan tools tersebut. 


Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih tools Data Analyst yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu ketika melihat list ini.


  1. Perhatikan Kapabilitas dari Tools 

Ketika melihat list-list dibawah ini, kamu perlu memperhatikan bagaimana kapabilitas pemodelan data yang dimiliki oleh tools Data Analyst tersebut. Mengerti terhadap kapabilitas tools akan membantumu memilih jumlah dan jenis tools apa yang ingin kamu gunakan. 


  1. Memeriksa Lisensi dan Harganya 

Cara yang satu ini mungkin tidak terlalu berfokus pada kemampuan tools Data Analyst tersebut. Namun, aspek satu ini tidak boleh diremehkan begitu saja. Harga dan lisensi sebuah tools menjadi sangat penting yang perlu dimasukkan ke dalam list pertimbanganmu. 


Terdapat beberapa alat yang menawarkan penggunaan tool secara gratis dengan kualitas yang tidak mengecewakan. Namun, terdapat juga tools yang perlu biaya yang cukup banyak untuk mengaksesnya. Untuk itu, kalian harus kembali memperhatikan kebutuhan dan jumlah pengguna ketika melihat list rekomendasi di bawah ini. 


Setelah memahami bagaimana cara memilih tools yang tepat untuk kalian. Yuk, kita langsung masuk ke rekomendasi Tools Data Analyst yang dapat menjadi pilihan kalian. 


  1. R  


Tools untuk Data Analyst R/Sumber: Coursera


Di sini siapa yang ga tau dengan bahasa pemrograman satu ini? Untuk seorang Data Analyst, R merupakan salah satu tools yang sangat populer dan sangat sering digunakan.


R sendiri merupakan bahasa pemrograman open-source yang biasanya digunakan untuk menganalisis dan memvisualisasi data yang ada. R juga memiliki CRAN (the Comprehensive R Archive Network) yaitu jaringan kode yang tersedia secara bebas. Di dalamnya, kalian dapat mengakses banyak sekali package dimana jumlahnya bahkan mencapai sampai dengan 10.000. 


Tools Data Analyst satu ini juga terintegrasi dengan sistem-sistem lainnya serta mampu memahami bahasa kode lainnya seperti C, C+, dan juga FORTRAN. Namun, R juga memiliki kekurangan dimana manajemen memorinya sangat buruk dan tidak ada tim khusus yang mengatasi masalah tersebut. 


Saat ini, banyak perusahaan-perusahaan besar yang juga menggunakan R seperti ANZ, Google, Firefox, dan lainnya. 


  1. Python


Tools untuk Data Analyst Python/Sumber: Pinterest


Tidak berbeda jauh dari R, Python merupakan bahasa pemrograman open-source yang sangat terkenal. Namun, Python tidak terbatas pada hal spesifik saja, melainkan juga dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih general. Untuk itu, Python seringkali digunakan oleh orang-orang yang lebih awam. 


Python memiliki kumpulan package yang dinamakan dengan Python Library. Didalamnya sendiri kalian dapat mengakses package yang sangat cocok untuk Data Analyst seperti Numpy, Scrampy, Beautiful Soup, Matplotlib, dan Pandas. 


Kamu juga dapat mengakses Python dengan mudah melalui websitenya tanpa membayar biaya satu peser pun. Bukan hanya R, Python juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang banyak digunakan oleh kalangan muda saat ini seperti YouTube, Netflix, dan Facebook. 


  1. Microsoft Excel 


Tools untuk Data Analyst Excel/Sumber: Edukasi Kompas


Tools satu ini merupakan salah satu tools yang sangat basic dan mungkin telah dikuasai oleh banyak orang. Meskipun demikian, Excel merupakan tools Data Analyst yang wajib kamu kuasai. 


Kamu perlu menguasai fitur-fiturnya seperti tabel pivot untuk menyortir data dan tools pembuatan form. Terdapat juga fitur seperti CONCATENATE, yang berfungsi untuk menggabungkan teks, angka, dan tanggal ke satu bagian sel. Bukan hanya itu, terdapat beberapa fitur lainnya yang bisa membantu kamu dalam merapikan data-data. 


Excel bahkan dapat dikatakan telah digunakan oleh semua perusahaan besar saat ini. Beberapa nama yang mungkin familiar di telinga kalian adalah McDonald’s, IKEA, dan Marriott. 


Meskipun demikian, Excel bukanlah tools khusus yang dirancang untuk Data Analyst. Oleh karena itu, apabila kamu mengakses dalam jumlah data yang sangat besar, maka akan terjadi kemungkinan untuk menjadi tidak akurat dan lag


  1. Tableau 


Tools untuk Data Analyst Tableau/Sumber: Tableau


Sebagai seorang Data Analyst, salah satu tugas yang perlu dilakukan adalah memvisualisasi data. Salah satu tools yang MinDi sangat rekomendasiin untuk ngejalanin tugas tersebut bagi pemula adalah Tableau. 


Dengan Tableau, kamu tidak perlu menguasai skill-skill coding yang kompleks. Tools Data Analyst satu ini juga sangat mudah untuk digunakan dan memiliki variasi yang lebih banyak dibandingkan tools Data Analyst lainnya. 


Namun, tools satu ini sebenarnya hanya berfokus pada visualisasi data. Untuk itu, apabila kalian ingin menggunakan untuk memproses data, tools Data Analyst ini sangat tidak direkomendasikan. Sebaiknya kalian dapat menggunakan tools lainnya terlebih dahulu seperti R dan Python, lalu baru dikonversi ke Tableau. 


Tools Data Analyst ini juga sangat ramah untuk pemula karena dapat diakses secara mobile dan bersifat gratis. Kinerjanya juga tidak dapat diremehkan karena telah digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti Skype, Citibank, dan Audi. 


  1. Power BI


Tools untuk Data Analyst Power BI/Sumber: Microsoft Power BI


Ketika membahas produk dari Microsoft tentunya tidak ada habisnya. Salah satu produk Microsoft yang sering digunakan sebagai tools Data Analyst adalah Power BI. 


Seperti Tableau, Power BI juga merupakan tools yang berfokus dalam memvisualisasi data. Tools Data Analyst satu ini memungkinkan kamu untuk membuat laporan dan dasbor visual yang bersifat interaktif. 


Apabila kamu menggunakan Excel, aplikasi ini juga akan sangat cocok untuk visualisasi data karena memiliki konektivitas data dengan Excel. Bukan hanya Excel, aplikasi ini juga dapat beroperasi di SQL, file teks, serta cloud. 


Tidak jauh berbeda dari aplikasi lainnya, Power BI juga digunakan oleh Data Analyst perusahaan Adobe, Heathrow, dan Worldsmart. 


Nah, berikut beberapa rekomendasi tools Data Analyst yang dapat kalian gunakan. Sebelum memilih tools-tools yang ingin kalian gunakan, ingat untuk terapkan beberapa tips and trick yang telah diberitahu di artikel ini sebelumnya. Semoga rekomendasi dari tools Data Analyst ini juga dapat berguna bagi Sobat MinDi sekalian!


Sebelum menutup artikel ini, untuk kamu yang tertarik untuk jadi Data Analyst, kamu bisa mengikuti Bootcamp Data Science dari Dibimbing.id, lho!


Bersama Dibimbing.id kalian akan belajar secara intensif selama 4,5 bulan bersama dengan mentor-mentor yang berpengalaman. Kalian nantinya juga akan diajak dan diperkenalkan dengan salah satu tools Data Analyst seperti Python. 


Nantinya, kalian juga akan diajak untuk mengerjakan tugas dan juga latihan-latihan. Berita bagusnya, tugas akhir tersebut bisa kalian masukkan ke dalam portofolio kalian. 


Yuk, jangan berlama-lama lagi dan segera daftarkan diri di sini. MinDi tunggu kehadiranmu di Bootcamp!

Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!