dibimbing.id - Ternyata Ini Pengaruh Core Web Vitals Terhadap SEO

Ternyata Ini Pengaruh Core Web Vitals Terhadap SEO

Anisa Fitri Maulida

•

13 December 2023

•

1317

Image Banner

Sobat MinDi harus tahu! Ternyata, ini lho pengaruh Core Web Vitals terhadap SEO. Kali ini, kita akan kupas tuntas bersama beberapa fakta, yang menyangkut pautkan antara Core Web Vitals dengan SEO.


Apa itu Core Web Vitals?


Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik yang dikembangkan oleh Google untuk menilai pengalaman pengguna pada sebuah situs web. Core Web Vitals berfokus pada tiga aspek utama:


  1. Largest Contentful Paint (LCP)

Mengukur kecepatan pemuatan konten utama pada halaman. Idealnya, konten utama harus dimuat dalam waktu 2,5 detik atau lebih cepat sejak halaman mulai dimuat.


  1. First Input Delay (FID)

FID mengukur waktu responsivitas situs ketika pengguna pertama kali berinteraksi dengannya, seperti mengklik link atau tombol. Situs yang responsif seharusnya memiliki FID kurang dari 100 milidetik.


  1. Cumulative Layout Shift (CLS)

CLS mengukur stabilitas visual halaman saat sedang dimuat. Halaman tidak seharusnya mengalami perubahan layout yang tak terduga yang dapat menyebabkan pengguna secara tidak sengaja mengklik sesuatu yang tidak mereka inginkan. Nilai CLS yang baik adalah kurang dari 0.1.


Core Web Vitals penting karena memberikan indikator kinerja situs web yang berhubungan langsung dengan pengalaman pengguna. Untuk lebih jelasnya, kita bahas di bawah sini. Ayo kita belajar lagi!


Mengapa Core Web Vitals Penting?


Core Web Vitals sangat penting karena mereka memberikan gambaran objektif tentang kualitas pengalaman pengguna di sebuah situs web. Alasan utama pentingnya Core Web Vitals adalah:


1. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik


Core Web Vitals membantu memastikan bahwa situs web memuat cepat, responsif, dan visualnya stabil. Meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna saat mengunjungi situs tersebut.


2. Pengaruh pada Peringkat Pencarian


Google telah memasukkan Core Web Vitals sebagai faktor penentu dalam algoritma peringkat pencariannya. Ini berarti situs web dengan skor Core Web Vitals yang baik cenderung mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian Google.


3. Mengurangi Tingkat Bounce


Situs web yang memuat cepat dan responsif cenderung memiliki tingkat bounce yang lebih rendah. Pengguna cenderung bertahan lebih lama dan menjelajahi lebih banyak halaman pada situs yang memiliki performa yang baik.


4. Konversi yang Lebih Tinggi


Pengalaman pengguna yang positif sering kali berkorelasi dengan tingkat konversi yang lebih tinggi. Pengguna lebih cenderung melakukan pembelian atau berinteraksi dengan situs yang cepat, mudah dinavigasi, dan tidak memiliki masalah teknis.


5. Kompetitif di Pasar Digital


Dengan semakin banyak bisnis yang beralih ke online, memiliki situs web dengan performa yang tinggi menjadi kunci untuk tetap kompetitif. Core Web Vitals membantu situs web menonjol dengan memberikan pengalaman pengguna yang superior.


6. Feedback untuk Perbaikan


Melalui pengukuran Core Web Vitals, pemilik situs web dapat mendapatkan umpan balik yang jelas tentang aspek mana dari situs mereka yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.


7. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan untuk Ranking Signal SEO


Selain semua manfaat yang sudah disebutkan, Core Web Vitals yang baik juga meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan situs di mata mesin pencari, yang berperan penting dalam Ranking Signal SEO.


Situs yang menunjukkan kinerja teknis yang unggul dan konsistensi dalam menyediakan pengalaman pengguna yang berkualitas dianggap lebih andal oleh Google. Hal ini dapat berkontribusi pada peningkatan peringkat dalam hasil pencarian.


Beberapa dari Sobat MinDi mungkin sedikit asing dengan ‘Rangking Signal SEO’ dan apa hubungannya dengan Core Web Vitals dan pengaruh Core Web Vitals terhadap SEO ini? Mari MinDi jelaskan.


Baca Juga: Apa Saja Target Menggunakan SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Apa itu Ranking Signal SEO?


Ranking Signal SEO adalah berbagai faktor dan elemen yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google, untuk menentukan peringkat sebuah halaman web dalam hasil pencarian. Faktor-faktor ini memberikan indikasi kepada mesin pencari tentang relevansi, kualitas, dan kegunaan sebuah halaman web bagi pengguna yang melakukan pencarian.


Ranking Signal SEO mencakup berbagai aspek, baik teknis maupun non-teknis, dari sebuah situs web. Beberapa contoh Ranking Signal SEO meliputi:


1. Konten Berkualitas


Kualitas konten, termasuk keoriginalan, kedalaman, dan relevansinya terhadap query pencarian, merupakan faktor penting. Konten yang informatif, akurat, dan menarik sering kali dihargai dengan peringkat yang lebih tinggi.


2. Kata Kunci


Penggunaan kata kunci yang relevan dan tepat di dalam konten, termasuk judul, subjudul, dan body teks, membantu mesin pencari memahami topik halaman.


3. Backlinks


Link dari situs lain yang mengarah ke halaman web-mu, terutama dari situs yang memiliki otoritas tinggi, dapat meningkatkan kredibilitas dan peringkat halaman tersebut.


4. Kecepatan Pemuatan Halaman


Kecepatan di mana sebuah halaman web dimuat adalah penting, terutama pada perangkat mobile. Halaman yang memuat lebih cepat cenderung dihargai dengan peringkat yang lebih baik.


5. Mobile-Friendly


Kemudahan penggunaan situs pada perangkat mobile, termasuk desain responsif yang menyesuaikan tampilan berdasarkan ukuran layar.


6. User Experience (UX)


Pengalaman pengguna, termasuk navigasi yang mudah dan desain yang user-friendly, mempengaruhi bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs, yang pada gilirannya mempengaruhi SEO.


7. Core Web Vitals


Seperti yang telah disebutkan, Core Web Vitals yang mencakup LCP, FID, dan CLS, adalah faktor kunci dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik dan sekarang menjadi bagian dari Ranking Signal SEO.


8. Keamanan Situs


Penggunaan HTTPS sebagai bukti keamanan situs juga mempengaruhi peringkat SEO.


Ranking Signal ini terus berkembang seiring dengan perubahan algoritma mesin pencari dan tren online. Penting bagi pemilik situs, untuk terus memperbarui dan mengoptimalkan situs mereka sesuai dengan praktik terbaik SEO. Hal ini dilakukan, untuk mempertahankan atau meningkatkan peringkat mereka dalam hasil pencarian.


Namun di sini, kita akan lebih fokus pada meningkatkan Core Web Vitals seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya. Bagaimana caranya?


Cara Meningkatkan Skor Core Web Vitals


Untuk meningkatkan skor Core Web Vitals pada situs web kamu, Sobat MinDi, kamu perlu fokus pada tiga aspek utama yang telah dibahas: Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:


1. Optimalkan Largest Contentful Paint (LCP)


Meningkatkan LCP bisa dilakukan dengan mengurangi waktu pemuatan konten utama. Termasuk menerapkan lazy loading, untuk gambar dan konten media, memilih hosting yang cepat, dan mengoptimalkan ukuran file gambar dan video. Tujuannya adalah membuat konten utama situsmu bisa dimuat secepat mungkin.


2. Perbaiki First Input Delay (FID)


Untuk memperbaiki FID, fokuskan pada minimasi JavaScript yang menghambat rendering. Menggunakan teknik seperti splitting code bisa sangat membantu, karena ini memungkinkan hanya kode yang diperlukan untuk dimuat. 


Selain itu, hilangkan JavaScript dan CSS yang menghalangi tampilan halaman, dan manfaatkan cache browser untuk meningkatkan kecepatan pemuatan.


3. Kurangi Cumulative Layout Shift (CLS)


Kurangi CLS dengan menghindari perubahan ukuran atau posisi elemen setelah halaman dimuat. Pastikan untuk menentukan ukuran untuk elemen media dan ruang iklan, serta hindari menambahkan konten dinamis yang menyebabkan perubahan layout mendadak. Stabilitas visual halaman adalah kunci untuk mengurangi CLS.


4. Gunakan Format Gambar yang Efisien


Menggunakan format gambar yang efisien seperti WebP juga dapat membantu, karena format ini menawarkan kompresi yang baik tanpa mengorbankan kualitas. Selain itu, optimasi penggunaan web font dengan memilih font yang lebih ringan dan membatasi variasi font juga berkontribusi pada peningkatan performa.


5. Manfaatkan Content Delivery Network (CDN)


Penerapan Content Delivery Network (CDN) sangat disarankan untuk membantu mendistribusikan konten ke server di seluruh dunia, yang pada gilirannya mengurangi waktu pemuatan halaman.


Jika hanya dibaca saja, sangat wajar bila Sobat MinDi akan merasa bingung dan tidak tahu harus memulai darimana. Maka dari itu, MinDi ingin menyarankan kamu untuk mengikuti kelas Bootcamp Digital Marketing. Di sana, kamu akan dibantu oleh mentor sekaligus berdiskusi, supaya Core Web Vitals-mu bisa dioptimalisasi dengan maksimal.


Selain SEO, kamu juga bisa mempelajari banyak pelajaran berkaitan dengan dunia Digital Marketing. Tidak hanya itu! Kamu juga akan dapat kesempatan, untuk terlibat dengan project khusus yang nantinya bisa kamu jadikan portofolio.


Kamu juga akan mendapat tips-tips yang lebih banyak, dalam mengoptimalisasikan Core Web Vitals. Lebih banyak dibandingkan tips yang akan MinDi berikan.


Tips Praktis untuk Mengoptimalkan Core Web Vitals


Bagi Sobat MinDi yang baru pertama kali ingin meningkatkan skor Core Web Vitals, berikut beberapa tips yang dapat membantu dalam memulai proses ini:


1. Pahami Core Web Vitals


Sebelum melakukan perubahan apapun, penting untuk memahami apa itu Core Web Vitals, termasuk Largest Contentful Paint (LCP), First Input Delay (FID), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Mengerti apa yang diukur oleh masing-masing metrik ini akan membantu kamu dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.


2. Gunakan Alat Diagnostik


Mulailah dengan mendiagnosis situs webmu menggunakan alat seperti Google PageSpeed Insights, Lighthouse, atau Web Vitals Chrome Extension. Alat-alat ini akan memberikan gambaran umum tentang performa situsmu dan menunjukkan area yang memerlukan perbaikan.


3. Fokus pada Optimasi Gambar


Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan LCP adalah dengan mengoptimalkan gambar. Gunakan format gambar seperti WebP yang lebih ringan, terapkan teknik kompresi gambar, dan pertimbangkan untuk menerapkan lazy loading.


4. Meminimalkan JavaScript


Untuk memperbaiki FID, cobalah untuk mengurangi atau menunda pemuatan JavaScript. Optimalkan penggunaan JavaScript dengan memastikan hanya script yang penting yang dimuat terlebih dahulu.


5. Perhatikan Layout Shift


CLS dapat ditingkatkan dengan memastikan elemen di situsmu stabil selama proses pemuatan. Hindari adanya perubahan tiba-tiba dalam layout halaman setelah dimuat, misalnya dengan menentukan ukuran gambar dan elemen multimedia lainnya.


6. Optimalkan Kecepatan Server


Pilih hosting web yang cepat dan responsif. Kecepatan server memainkan peran penting dalam waktu pemuatan situs, yang secara langsung mempengaruhi LCP.


7. Evaluasi dan Iterasi


Setelah melakukan perubahan, gunakan kembali alat diagnostik untuk mengevaluasi dampak dari perubahan tersebut. Proses optimisasi Core Web Vitals seringkali membutuhkan beberapa iterasi perbaikan dan penyesuaian.


8. Jadilah Sabar dan Konsisten


Perbaikan Core Web Vitals bisa memakan waktu dan memerlukan usaha yang konsisten. Jangan berkecil hati jika tidak melihat perubahan yang signifikan segera. Teruslah melakukan evaluasi dan penyesuaian secara berkala.


Baca Juga: Fungsi SEO dalam Dunia Digital: Cara Jitu Tembus Halaman Pertama Google


Pengaruh Core Web Vitals terhadap SEO memang sangat besar, bahkan berpengaruh pada bagaimana Google menaruh websitemu kelak. Maka dari itu, diperlukan optimalisasi yang dilakukan secara benar. Bagi kamu yang baru pertama melakukannya atau justru tertarik untuk belajar SEO lebih jauh, kamu bisa belajar di Bootcamp Digital Marketing


Dibimbing.id bersama dengan fasilitator dan mentor terpilih, akan dengan senang hati membantu kamu untuk mengenal Digital Marketing, terutama SEO.

Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!