Apa Saja Target Menggunakan SEO bagi Bisnis? Simak Disini!

Nadia L Kamila

•

05 October 2023

•

3069

Image Banner

Mungkin Sobat MinDi sudah familiar dengan SEO. Nah, tapi apakah Sobat MinDi pernah bertanya-tanya sebenarnya apa sih target menggunakan SEO? Apakah hanya untuk membuat website berada pada halaman pertama dan dibaca banyak orang saja?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, simak artikel ini hingga tuntas ya!


Apa Itu SEO?


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Secara sederhana, dapat diartikan sebagai sebuah strategi untuk mengoptimalkan bagaimana mesin pencari dapat menemukan website kita. 

Strategi ini tak berhenti hanya menemukan, namun juga mampu merekomendasikan website kita pada orang yang membutuhkan informasi tersebut. Misalnya Sobat Mindi memiliki dua website, satu berisi informasi kesehatan dan satunya berisi informasi teknologi.

Pastinya kamu menginginkan website yang berisi informasi kesehatan bisa dibaca oleh orang yang sedang mencari info tentang cara hidup sehat, tips diet sehat, atau info apapun yang berkaitan dengan kesehatan.

Sama dengan website tentang teknologi. Harapannya tentu dibaca oleh orang yang mencari tau tentang teknologi terbaru. Tidak lucu jika ada orang mencari info kesehatan malah nyasar di website teknologi dan sebaliknya. Untuk itulah SEO diciptakan.


Baca Juga : Apa itu SEO? Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya di 2024


Apa Saja Target Menggunakan SEO dalam Website?


Lalu, apakah SEO hanya digunakan agar muncul di halaman pertama dan mendapatkan pengunjung yang sesuai saja? Tentu tidak bestie, ada banyak sekali target menggunakan SEO yang bisa digunakan.


1. Mendatangkan Organic Trafik

Website dibuat dengan tujuan tertentu, misalnya contoh website kesehatan di atas yang awalnya sekedar memberi informasi bisa berubah menjadi website berjualan suplemen kesehatan. 

Nah, SEO membuat trafik pengunjung atau orang-orang yang datang ke website tersebut sesuai dengan target pasar dari suplemen kesehatan tadi. Bagaimana caranya? Buatlah konten yang akan dicari oleh orang yang butuh suplemen kesehatan.

Pengunjung yang butuh suplemen kesehatan biasanya mencari info tentang vitamin, penyebab kelelahan, cara agar tetap bugar, dan lain sebagainya. Jika kamu bisa memberikan informasi tersebut, pengunjung akan datang sukarela ke website milikmu. 

Informasi tersebut dikemas dalam bentuk blog atau landing page. Jadi, ketika pengunjung tersebut mencari soal Vitamin A, misalnya, mereka akan menemukan konten kamu di pencarian Google dan kemudian mengkliknya. Hal itu bisa kamu lakukan lewat SEO.


2. Membangun Brand Image


Brand image adalah bagaimana orang-orang memandang brand atau bisnis yang kamu miliki. Proses untuk membangun brand image biasa dikenal dengan branding. Branding inilah yang akan membedakan antara satu bisnis dan bisnis lainnya. 

MinDi ambil kasus jualan suplemen kesehatan dari contoh sebelumnya, ada banyak brand lain yang juga jualan suplemen kesehatan. Apa yang membedakan bisnis kamu dari bisnis lainnya? 

Misalnya suplemen yang kamu jual ini premium, dibuat dengan teknologi terbaik di Korea Selatan, dan banyak dikonsumsi oleh idol Kpop untuk menunjang aktivitas mereka yang sibuk. 

Nah, Sobat MinDi bisa menggambarkan branding ini melalui website yang kamu miliki. Sehingga orang-orang bisa mengenal bahwa suplemen kesehatan ini berkualitas karena sudah dibuktikan dengan banyaknya testimoni idol Kpop yang mengonsumsinya.

Misalnya, dengan membuat konten yang mengedukasi pengguna tentang kelebihan, serta bahan-bahan penyusun suplemen kesehatan tersebut. Bisa juga lewat font, warna UI nya, atau pemilihan copy yang menunjukan brand image yang dibangun.


3. Meningkatkan Konversi Penjualan


Target SEO selanjutnya dapat berupa meningkatkan jumlah sales atau jumlah penjualan dari suplemen kesehatan. Buatlah halaman katalog dengan foto dan deskripsi produk yang lengkap dan jelas serta proses pembelian yang tidak ribet. 

Hal ini akan membuat pengunjung merasa nyaman untuk berbelanja langsung melalui website. Saat pengunjung merasa nyaman, mereka bisa kembali lagi untuk membeli produk dari website kamu dan bisa dipastikan sales akan terus meningkat!


4. Membangun Kepercayaan Konsumen


Sebuah website yang berada di halaman pertama pencarian, selalu update informasi tentang produknya, tidak loading, dan tampilannya enak dilihat tentu akan membuat konsumen memiliki keyakinan bahwa brand ini dapat dipercaya.

Kepercayaan dari konsumen merupakan segalanya dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, jangan sampai konsumen melihat websitemu tak terurus dan tidak enak dilihat. Karena hal ini bisa membuat konsumen berpikir bahwa bisnismu tidak profesional.


5. Meningkatkan Brand Awareness


Brand Awareness menunjukkan seberapa luas konsumen atau masyarakat mengenal bisnis yang kamu punya. Semakin banyak orang yang tahu, maka semakin bagus bisnis tersebut. 

Salah satu cara populer untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan beriklan. Namun kamu bisa memanfaatkan SEO dan menargetkannya untuk meningkatkan brand awareness dari bisnismu secara gratis. 

Dengan optimasi website, maka akan ada lebih banyak orang bisa mengakses dan mendapatkan informasi tentang suplemen kesehatan ala idol Kpop. Hal ini tentu berdampak bagus bagi perkembangan bisnismu. 

Wah, banyak juga target menggunakan SEO terutama untuk keberlangsungan bisnis. Kalau kamu suka dengan bahasan SEO dan bisnis seperti ini, kamu bisa belajar digital marketing lebih mendalam bareng mentor Dibimbing nih.

Akan ada banyak real case project seperti contoh di atas yang bisa kamu kulik selama mengikuti bootcamp dari Dibimbing ini lho!


Bagaimana Cara Kerjanya Agar Target Menggunakan SEO Tercapai?


Selanjutnya mari kita bahas lebih lanjut mengenai cara yang harus dilakukan agar target di atas dapat dicapai. Ada tiga hal utama yang harus kamu lakukan agar website bisa sukses.


1. Riset Keyword Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen

Riset keyword menjadi pondasi utama dalam strategi SEO. Kamu wajib untuk memilih keyword yang sesuai dengan target pasar dan tujuan bisnis. Karena keyword yang akan mendatangkan trafik yang tepat dan meningkatkan konversi. 

Sebagai contoh, website suplemen kesehatan tadi bisa kamu optimasi menggunakan keyword “suplemen kesehatan korea” atau “suplemen kesehatan terbaik” untuk memastikan bahwa situsmu yang muncul ketika orang mencari produk-produk tersebut.

Dengan mengimplementasikan strategi SEO yang cerdas, maka situs web dapat menarik pengunjung yang potensial dan mengubah mereka menjadi pembeli yang akhirnya bisa menjadi pelanggan setia.


2. Optimasi Konten

Konten adalah elemen kunci dalam strategi SEO. Konten yang baik dan teroptimasi tak hanya meningkatkan waktu kunjungan pengunjung, tetapi juga mendorong interaksi lebih lanjut dan membuat orang datang untuk mengunjungi situs web kembali. 

Oleh karena itu, konten haruslah informatif, unik, relevan, dan menarik. Misalnya kau membuat konten "panduan sehat ala idol Kpop" atau "studi kasus kesehatan dari idol kpop" untuk menarik perhatian orang dengan suplemen kesehatan yang kamu jual.

Dengan konten yang berkualitas, situs web dapat membangun otoritas di bidangnya, memberikan sinyal positif kepada mesin pencari, dan akhirnya mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian.


3. Optimasi Struktur dan Desain Website


Desain yang responsif dan ramah pengguna adalah kunci untuk menbuat pengunjung nyaman saat menjelajah website. Selain itu, struktur situs yang baik memudahkan mesin pencari untuk mengindeks dan memahami konten yang sudah kamu siapkan.

Buatlah situs dengan navigasi sederhana dan memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan. Berikan tanda yang jelas mengenai mana halaman informasi dan mana halaman pembelian. 

Kamu juga harus memperhatikan penggunaan tag HTML seperti H2 dan H3 yang bisa membantu mengklasifikasi struktur dan hierarki konten dan memudahkan mesin pencari untuk memahami informasi yang disajikan.

Yang tak kalah penting adalah pastikan halaman bisa dimuat dengan cepat dan desain yang responsif untuk perangkat mobile. Ini akan memastikan bahwa situs kamu dapat diakses dengan lancar dari berbagai perangkat.

Akhirnya dengan mengoptimalkan desain dan struktur, maka situs kamu dapat memenuhi kebutuhan baik pengguna maupun mesin pencari. Pada akhirnya akan mendukung pencapaian target-target SEO yang telah ditetapkan.

Tips Memaksimalkan SEO untuk Bisnis


Di bagian ini MinDI akan berikan tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan performa SEO untuk bisnis. Baik untuk membangun awareness hingga mendatangkan sales.

1. Set Goals yang Jelas!


Yang pertama, set goals yang jelas dulu. Apakah kamu mau bangun brand awareness, mau bangun engagement dengan audiens, atau dapetin leads. Ini jadi langkah pertama agar strategi SEO kamu sukses. Goal ini bisa kamu tentukan dengan mempertimbangkan kebutuhan bisnis kamu yah.


2. Pahami Masalah Audiens

Kamu perlu tau ketika audiens mencari sebuah kata kunci di mesin pencari, mereka punya masalah yang ingin diselesaikan atau informasi yang dibutuhkan. Tugas SEO adalah menjawab permasalahan mereka lewat konten-konten yang kamu buat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan, misalnya dengan ngobrol dengan orang sales, tanya-tanya ke customer, liat google profile bisnis mereka dll. Tujuannya biar tahu apa sih yang bisa kita bantu lewat konten-konten kita.

3. Buat Konten yang Enak Dibaca dan Perlu


Setelah tau apa masalah audiens kamu, kemudian tinggal buat konten yang menjawab permasalahan mereka. Biasanya, MinDi selalu menulis dengan bayangan audiens di kepala yang sedang mengalami kebingunan atau sedang mencari informasi.

MinDi lalu mencari informasi-informasi, riset soal bahan-bahan untuk nantinya dibuat konten yang bisa ngebantu audines kita.

Itulah 3 tips memaksimalkan strategi SEO untuk bisnis yang bisa kamu coba sendiri. Yang pertama adalah tentukan goals yang ingin dicapai, lalu reset keyword, kemudian buat konten yang enak dibaca dan bisa solving masalah audiens. Nah, itulah bahasan mengenai target menggunakan SEO dan bagaimana langkah untuk mewujudkan target tersebut. Jika kamu tertarik untuk mengutak-atik website dan SEO seperti bahasan di atas, kamu bisa berkarir sebagai SEO Specialist.

Untuk menjadi SEO Specialist, kamu butuh untuk belajar mendalam dan menyeluruh mengenai Digital Marketing. Nah Dibimbing punya Bootcamp Digital Marketing yang didesain khusus buat kamu nih.

Selain kamu bakal belajar dengan mentor-mentor keren, kamu juga akan diberi pendampingan mengenai persiapan karirmu ke depan lho! Jika kamu tertarik untuk join, segera daftar di sini ya!

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!đź‘‹

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!