Perhatikan! Begini Cara Mengatasi Dampak Update Algoritma

Anisa Fitri Maulida

•

29 December 2023

•

526

Image Banner

Tahukah kamu? Mengikuti dan mengadaptasi perubahan, merupakan kunci utama. Salah satunya adalah mengatasi dampak dari update algoritma Google Search 2023. Kita akan membahas bagaimana cara mengatasi dampak update algoritma dengan cerdas.


Update Algoritma Google Search 2023


Pada tahun 2023, Google meluncurkan update algoritma pencariannya yang memberikan beberapa perubahan signifikan. Update ini dirancang untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dan memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna. Bagi kamu yang memiliki website atau blog, perubahan ini bisa berdampak besar pada visibilitas dan traffic situsmu.


Salah satu fokus utama dari update ini adalah peningkatan pada pemahaman konten berkualitas. Google kini lebih canggih dalam mengidentifikasi dan memberikan peringkat pada konten yang memberikan informasi yang akurat, mendalam, dan bermanfaat bagi pengguna. 


Berarti, kamu perlu lebih fokus pada pembuatan konten yang tidak hanya SEO-friendly, tetapi juga informatif dan berguna bagi pembaca. 


Adanya update tersebut, membuat banyak website yang merasakan dampaknya. Salah satu dampak yang cukup buat ‘gerah’ adalah turunnya rangking website. Apakah kamu merasakannya juga?


Jika memang Google kembali melakukan update, bagaimana cara kita bertahan agar rangking tetap bagus?


Bagaimana Agar Website Kita Bisa Bertahan?


Di tengah perubahan algoritma yang terus menerus, mungkin kamu bertanya-tanya, "Bagaimana agar website kita bisa bertahan?" Pertanyaan ini sangat relevan dan penting, Sobat MinDi. Kuncinya ada pada beberapa langkah strategis yang bisa kamu terapkan untuk memastikan website kamu tetap kompetitif dan relevan.


1. Konsistensi dalam Mengupdate Konten


Pertama dan terpenting, konsistensi dalam mengupdate konten. Google menyukai website yang terus menerus diperbarui dengan konten segar dan relevan. Tidak hanya tentang menambahkan artikel baru, tapi juga memperbarui informasi lama agar tetap relevan.


2. Fokus pada Kualitas Konten


Google semakin cerdas dalam mengenali konten berkualitas. Jadi, buatlah konten yang informatif, mendalam, dan menarik. Konten yang menjawab pertanyaan pengguna dengan lengkap dan menyediakan informasi berharga akan lebih disukai.


3. Optimasi Pengalaman Pengguna


Kenyamanan pengguna saat mengunjungi website kamu sangat penting. Ini termasuk kecepatan loading website, desain yang responsif, dan navigasi yang mudah. Website yang ramah pengguna akan lebih disukai tidak hanya oleh pengunjung tapi juga oleh mesin pencari.


4. SEO On-Page dan Off-Page yang Baik


Jangan lupakan praktik SEO baik on-page maupun off-page. Termasuk penggunaan kata kunci yang tepat, struktur website yang baik, penggunaan tag secara efektif, dan pembuatan backlink berkualitas.


5. Respon Terhadap Feedback dan Analisis Data


Dengarkan feedback dari pengunjung dan analisis data pengunjung website kamu. Gunakan insight ini untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan. Cara ini juga membantu kamu, untuk lebih memahami audience dan apa yang mereka cari.


Feedback ini pun sebenarnya bisa kamu dapatkan, dari praktisi SEO atau mentor lain yang mungkin sudah lebih berpengalaman. 


6. Pelajari SEO Lebih Lanjut


Jika kamu baru mengenal SEO dan baru mengalami hal ini, itu sangat wajar. Mengingat SEO adalah ilmu yang cukup luas, sehingga diperlukan latihan lebih banyak. Jangan khawatir, Sobat MinDi! Kamu bisa belajar SEO dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing.


Di sana, kamu pasti akan menemukan teman baru sekaligus mentor yang fokus pada SEO. Asiknya di sana, kamu bisa belajar sekaligus berdiskusi. Bahkan, mereka juga tidak sungkan untuk membantu menyelesaikan permasalahan pada website-mu lho!


Baca Juga: Pertanyaan Sebelum Memilih Bootcamp yang Tepat - dibimbing.id


Dengan menerapkan langkah-langkah ini, website kamu tidak hanya akan lebih baik dalam menghadapi update algoritma terbaru, tapi juga akan terus berkembang dan menarik pengunjung baru. Ingatlah, adaptasi dan inovasi adalah kunci utama dalam dunia digital yang terus berubah.


Namun, jika website-mu sudah jatuh alias turun rangking. Mungkin, kamu harus melakukan pendekatan yang berbeda. Begini caranya.


Bagaimana Cara Memulihkan Traffic yang Terlanjur Jatuh?


Menemukan bahwa traffic website kamu telah mengalami penurunan bisa menjadi situasi yang menegangkan, Sobat MinDi. Tapi, ada beberapa langkah strategis yang dapat kamu ambil untuk memulihkan traffic tersebut. Mari kita bahas cara-cara efektif untuk mengatasi masalah ini.


1. Analisis Penyebab Penurunan Traffic


Langkah pertama adalah menganalisis penyebab penurunan traffic. Gunakan tools seperti Google Analytics, untuk melihat tren traffic dan mencari tahu halaman mana yang paling terpengaruh. Perhatikan juga perubahan algoritma terbaru yang mungkin memengaruhi peringkat situsmu.


2. Optimalkan Konten yang Ada


Setelah mengetahui halaman mana yang terpengaruh, optimalkan ulang konten tersebut. Pastikan konten sesuai dengan standar SEO terkini, dan tambahkan informasi terbaru yang relevan. Jangan lupa untuk mengupdate meta description dan judul untuk meningkatkan CTR dari hasil pencarian.


3. Buat Konten Baru yang Berkualitas


Konten baru yang berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan traffic. Buatlah konten yang relevan dengan audiens targetmu dan sesuai dengan tren terkini. Konten yang mendalam, informatif, dan menarik akan membantu menarik pengunjung baru.


4. Tingkatkan Strategi Link Building


Link building masih menjadi salah satu faktor penting dalam SEO. Dapatkan backlink berkualitas dari situs terpercaya yang relevan dengan niche kamu. Cara ini akan membantu, meningkatkan otoritas situsmu di mata mesin pencari.


5. Gunakan Media Sosial dan Email Marketing


Jangan lupakan kekuatan media sosial dan email marketing untuk menarik traffic. Promosikan kontenmu di berbagai platform media sosial dan gunakan email marketing untuk menjaga keterlibatan dengan audiens yang sudah ada.


6. Terus Lakukan A/B Testing


Lakukan A/B testing untuk menemukan strategi terbaik dalam hal judul, konten, dan tata letak halaman. Pengujian ini akan membantu kamu memahami apa yang paling efektif dalam menarik dan mempertahankan pengunjung.


Dengan menerapkan strategi-strategi ini, kamu dapat secara efektif memulihkan traffic yang telah terlanjur jatuh. Proses ini memerlukan kesabaran dan konsistensi, tetapi dengan pendekatan yang tepat, kamu akan melihat peningkatan yang signifikan dalam traffic situsmu.


Setelah semuanya pulih, bukan berarti kita berhenti! Melainkan, kita harus melakukan optimalisasi untuk meminimalisir jatuhnya website pada saat update dilakukan.


Baca Juga: Apa Itu Backlink Dalam SEO? Ketahui Pengertiannya!


Mengoptimalkan Konten untuk Memenuhi Kriteria Algoritma Terbaru


Dengan setiap update algoritma yang dilakukan oleh Google, penting bagi Sobat MinDi untuk mengoptimalkan konten agar tetap relevan dan efektif. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk memastikan kontenmu memenuhi kriteria algoritma terbaru:


1. Gunakan Kata Kunci Secara Alami


Meskipun kata kunci masih penting, penggunaannya harus alami dan relevan dengan konten. Hindari pengulangan kata kunci yang berlebihan dan fokuslah pada membuat konten yang terbaca dengan baik dan bermakna bagi pembaca.


2. Tingkatkan User Experience (UX)


Konten yang baik bukan hanya tentang teks, tetapi juga bagaimana pengalaman pengguna ketika mengaksesnya. Pastikan website kamu mudah dinavigasi, memiliki kecepatan loading yang cepat, dan desain yang responsif untuk berbagai perangkat.


3. Pastikan Konten Mobile-Friendly


Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses internet melalui perangkat mobile, penting untuk memastikan bahwa kontenmu ramah untuk pengguna mobile. Termasuk penggunaan desain responsif dan format konten yang mudah dibaca di layar kecil.


4. Optimalisasi untuk Snippets dan Voice Search


Optimalisasi untuk featured snippets dan voice search menjadi semakin penting. Strukturkan konten dengan subjudul yang jelas, daftar poin, dan FAQ untuk membantu kontenmu muncul dalam featured snippets. 


Demikian juga, gunakan bahasa alami dan pertanyaan yang sering ditanyakan untuk mengoptimalkan voice search.


Dengan menerapkan cara mengatasi dampak update algoritma ini, kamu dapat mengoptimalkan kontenmu sesuai dengan kriteria algoritma terbaru, sehingga meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. 


Jika kamu masih merasa kesulitan atau mungkin membutuhkan mentor untuk membantu mengatasi dampak ini, kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing. Mentor akan sangat siap membantu kamu.


Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved