dibimbing.id - 6 Pengaruh UI/UX Terhadap Konversi Pengguna, Yuk Pelajari!

6 Pengaruh UI/UX Terhadap Konversi Pengguna, Yuk Pelajari!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

24 March 2024

•

549

Image Banner

UI dan UX adalah dua aspek yang berperan penting dalam menentukan kesuksesan sebuah website atau aplikasi. Pasalnya, pengaruh UI/UX terhadap konversi sangatlah besar.


Mulai dari desain interaktif hingga visual yang menarik, setiap elemennya berperan dalam memengaruhi keputusan pengguna. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!



6 Pengaruh UI/UX Terhadap Konversi Pengguna



UI/UX memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap konversi pengguna. Pasalnya, dua aspek ini secara langsung memengaruhi bagaimana pengguna berinteraksi dengan sebuah produk digital.


Berikut adalah beberapa pengaruh utama antara UI/UX terhadap konversi pengguna:



1. Meningkatkan Kepuasan Pengguna


Pertama UI/UX bisa memengaruhi kepuasan pengguna. Hal ini adalah kunci utama untuk menjamin pengguna kembali dan berinteraksi dengan produk yang kamu tawarkan. 


UI yang menarik secara visual dan UX yang intuitif mengoptimalkan pengalaman pengguna. Hal ini mencakup waktu muat cepat, navigasi mudah, dan interaksi intuitif. 


Dengan memenuhi atau bahkan melampaui ekspektasi pengguna, kamu dapat meningkatkan kepuasan mereka. Ini tidak hanya membuat mereka tetap menggunakan produk, tetapi juga meningkatkan peluang agar konsumen merekomendasikannya kepada orang lain.



Baca Juga: Cek Perbedaan Desain UI dan UX, Lewat Hal-Hal Ini!




2. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna


Berikutnya adalah meningkatkan kepercayaan pengguna. Desain UI profesional dan pengalaman pengguna yang lancar menciptakan rasa kepercayaan dalam produk atau merek. 


Ini terutama sangat penting untuk situs web maupun aplikasi yang meminta informasi pribadi atau transaksi finansial.



3. Mengurangi Bounce Rate


Bounce rate atau frekuensi pengunjung meninggalkan situs setelah melihat hanya satu halaman, bisa dikurangi dengan UI/UX yang baik. Pengalaman pengguna yang menarik dan interaksi yang memuaskan memotivasi pengguna untuk melakukan berbagai tindakan.


Mulai dari menjelajahi lebih lanjut dan berinteraksi dengan konten. Ini tidak hanya mengurangi bounce rate tetapi juga meningkatkan peluang engagement dan konversi.



4. Memfasilitasi Keputusan Pembelian


UI/UX yang dirancang dengan baik memudahkan pengguna dalam membuat keputusan pembelian. Desain UI/UX yang dirancang dengan baik ini mencakup:


  • Penyajian informasi produk yang jelas.

  • Proses checkout yang simpel. 

  • Panduan yang membantu pengguna melalui setiap langkah. 


Dengan menghilangkan hambatan dan membuat proses seefisien mungkin, pengguna lebih cenderung menyelesaikan pembelian mereka. Secara keseluruhan, ini bisa meningkatkan konversi penjualan.



Baca Juga: 3 Aplikasi dan Contoh Desain Thinking dalam UI dan UX



5. Meningkatkan Aksesibilitas


Aksesibilitas adalah strategi untuk membuat produk digital dapat diakses dan mudah digunakan oleh semua orang. Ini termasuk mereka yang memiliki disabilitas. 


Dengan pertimbangan aksesibilitas, kamu tidak hanya memperluas jangkauan audiens tetapi juga memperlihatkan komitmen merek terhadap inklusivitas. Ini meningkatkan persepsi positif dan kepuasan pengguna secara keseluruhan.



6. Personalisasi Pengalaman Pengguna


Personalisasi dalam UI/UX membantu dalam menyajikan konten, produk, atau fitur yang disesuaikan dengan preferensi pengguna. Dengan menyajikan pengalaman yang relevan dan personal, pengguna merasa lebih dihargai dan terhubung dengan produk. 


Personalisasi ini dapat meningkatkan engagement dan kepuasan pengguna. Pada akhirnya, ini bisa meningkatkan konversi.



Itulah penjelasan lengkap tentang pengaruh UI/UX terhadap konversi. Setelah membaca pengaruhnya, apakah kamu mau belajar lebih dalam soal UI/UX?


Bagi yang tertarik, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp UI/UX Design Dibimbing.id. Lewat program ini, kamu bisa belajar teori, tools penunjang, hingga praktik dengan real-case project.




Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!