dibimbing.id - Cara Mudah Merapikan Tabel di Excel, Sangat Simple dan Praktis!

Cara Mudah Merapikan Tabel di Excel, Sangat Simple dan Praktis!

Muthiatur Rohmah

•

01 March 2024

•

1079

Image Banner

Microsoft excel adalah salah satu tools penting yang wajib dipelajari, mulai dari lingkungan akademik sampai dunia kerja.


Sebagai alat analisis data, excel memiliki tools atau fitur untuk menunjang visualisasi data agar terlihat menarik. Salah satu contohnya adalah tabel.


Dengan membuat tabel di excel, data yang disajikan akan terlihat rapi dan sistematis, sehingga visualisasi data bersifat informatif.


Membuat tabel tak luput dari cara merapikan tabel agar sesuai dengan analisis dan fungsi data. Lalu bagaimana caranya?


Yuk simak cara praktis merapikan tabel di excel berikut ini.



Pengertian Tabel


Tabel adalah struktur data yang terorganisir dalam bentuk kolom dan baris, dimana setiap kolom merepresentasikan kategori informasi dan setiap baris menyajikan nilai yang terkait dengan kategori tersebut. 


Tabel digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan menampilkan data secara sistematis sehingga memudahkan pemahaman, analisis, dan pengambilan keputusan. 


Dalam aplikasi microsoft excel, penggunaan tabel berperan penting dalam penyajian data yang efektif, sehingga pengguna dapat membandingkan, menyortir, dan menyaring informasi dengan cepat dan efisien.



Cara Merapikan Tabel di Excel


Saat membuat tabel di excel, perlu tindakan merapikan tabel agar data lebih sistematis.


Merapikan tabel di excel dapat dilakukan melalui beberapa metode yang efektif, termasuk penggunaan kombinasi tombol keyboard, penerapan format yang konsisten, dan penggunaan fitur Autofit.


Berikut adalah cara merapikan tabel di excel dengan mudah dan praktis:


1. Kombinasi Tombol Keyboard


  • Sobat MinDi dapat menggunakan kombinasi tombol `Ctrl + A` untuk memilih seluruh tabel.

  • Untuk merapikan lebar kolom, gunakan `Alt + H, O, I`. Ini akan membuat Excel secara otomatis menyesuaikan lebar kolom agar sesuai dengan konten terpanjang di dalam kolom tersebut.

  • Untuk menyesuaikan tinggi baris, kombinasi tombolnya adalah Alt + H, O, A. Ini memungkinkan Excel menyesuaikan tinggi baris agar sesuai dengan konten.


2. Merapikan Tabel dengan Format


  • Pilih tabel yang ingin diformat.

  • Buka tab `Home`, lalu gunakan fitur `Format as Table` di Excel. Fitur ini memberi berbagai pilihan gaya tabel yang dapat membuat tabel terlihat profesional dan mudah dibaca.




  • Kamu juga bisa menerapkan format sel, seperti mengatur format angka, menambahkan border, dan mengatur warna latar belakang atau font melalui `Font` dan `Alignment` di tab `Home` untuk membuat tabel lebih menarik.

.

3. Merapikan Tabel dengan Fitur Autofit Column Width


  • Setelah memilih tabel yang ingin disesuaikan, arahkan kursor ke batas antara dua header kolom di header tabel sampai kursor berubah menjadi ikon panah dua arah.

  • Klik dua kali (double-click) untuk memanfaatkan fitur Autofit.




Excel akan secara otomatis menyesuaikan lebar kolom berdasarkan konten terpanjang di dalam kolom tersebut. Untuk semua kolom, kamu dapat memilih seluruh tabel lalu terapkan  autofit.


Gunakan tips dan trik mudah ini untuk merapikan tabel dengan cepat dan efisien, sehingga data lebih mudah untuk dianalisis dan disajikan.


Baca Juga: Rumus Dasar beserta Contoh Soal Excel & Jawabannya untuk Pemula




Fungsi Tabel


Tabel memiliki berbagai fungsi penting yang memudahkan pengguna dalam mengelola dan menganalisis data. Berikut adalah tiga fungsi utama dari tabel:


1. Organisasi Data:

Tabel membantu dalam mengorganisir data secara sistematis dalam baris dan kolom, memudahkan pengguna untuk memasukkan, menyimpan, dan mengakses informasi. Organisasi data yang efektif ini memungkinkan analisis yang lebih cepat dan akurat.


2. Analisis Data:


Dengan menggunakan tabel, pengguna dapat menerapkan fungsi dan formula untuk melakukan kalkulasi kompleks, agregasi data (seperti sum, average, count), dan analisis statistik. Ini memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan data yang tersedia.


3. Visualisasi Data


Tabel memfasilitasi pembuatan visualisasi data seperti grafik dan pivot tables, yang membantu dalam menyajikan data secara lebih intuitif. Visualisasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat tren, pola, dan outliers dalam data dengan lebih jelas.


Baca Juga: Cara Menggunakan Rumus Pajak di Excel Beserta Contohnya!


Sobat MinDi, penting untuk mempelajari excel termasuk memahami berbagai fiturnya seperti cara merapikan tabel yang telah dijelaskan pada artikel ini. Excel merupakan skill penting dan wajib dikuasai dalam sebagian besar bidang pekerjaan.


Bagi perusahaan, memperhatikan skill dan potensi karyawan, termasuk kemampuan menggunakan excel merupakan hal yang penting. Dengan skill excel yang canggih, karyawan dapat meningkatkan produktivitas kinerja yang berdampak baik bagi perusahaan.


Ikuti corporate training dibimbing.id, sebuah wadah pelatihan karyawan secara intensif dan profesional yang dapat meningkatkan skill dan potensi karyawan Anda. Melalui pembelajaran inovatif dan fleksible, dibimbing.id siap ciptakan SDM yang unggul bagi perusahaan Anda.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja karyawan setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!