dibimbing.id - 9 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Agar Banjir Orderan

9 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Agar Banjir Orderan

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

15 May 2024

•

1498

Image Banner

Sobat MinDi mau membuat toko online kamu di Shopee jadi lebih ramai pembeli? Jangan khawatir, ada banyak strategi yang bisa kamu pakai. Penasaran apa saja cara meningkatkan penjualan di Shopee?


Kali ini, MinDi udah siapkan 9 strategi ampuh untuk Sobat MinDi terapkan di toko online kamu! Untuk lebih lengkapnya, yuk, simak informasi di bawah ini!



9 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee



Sumber: Freepik


Buat Sobat MinDi yang mau memperbanyak penjualannnya, MinDi udah siapkan tips spesial untuk kamu coba. Berikut adalah 9 cara meningkatkan penjualan di Shopee versi MinDi:


1. Buat Konten Menarik


Konten produk yang menarik adalah kunci utama untuk menarik perhatian calon pembeli. Mulailah dengan mengunggah minimal tiga foto produk dari sudut pandang yang berbeda.


Kemudian, tulis fitur utama produk dalam bentuk poin-poin yang jelas. Jangan lupa untuk sertakan tabel ukuran jika kamu menjual baju.


Di akhir konten, kamu juga bisa tambahkan bagian pertanyaan umum berkaitan produk untuk menjawab keraguan pembeli. Dengan menerapkan tips ini, tampilan produkmu akan lebih menarik dan mendorong penjualan.



2. Buat Kampanye Promosi


Shopee memberikan kesempatan untuk sellers guna menampilkan produk terlaris mereka di lokasi paling menonjol dalam platform lewat kampanye. Jadi, kamu bisa manfaatkan fitur ini untuk tingkatkan penjualanmu.


Tips pertama untuk memanfaatkan kampanye promosi adalah pastikan produk yang diajukan punya deskripsi menarik dan foto estetis. Kamu juga perlu memberikan diskon antara 10% hingga 20% agar produk tersebut terpilih dalam kampanye.


Apabila produkmu terpilih, kamu bisa mendapatkan lebih banyak perhatian serta meningkatkan penjualan.




Bagaimana Cara Bergabung di Shopee Campaign?


Secara berkala, Shopee akan mengundang penjual untuk bergabung dalam kampanye tertentu. Jika kamu terpilih, Shopee akan menghubungimu dan memberikan informasi tentang kampanye yang berlangsung.


Kalau kamu setuju untuk berpartisipasi, berikut adalah beberapa syarat yang bisa kamu ikuti:


  • Mengaktifkan COD & Gratis Ongkir XTRA: Ini berlaku untuk semua penjual yang tergabung dalam kampanye. Hal ini memungkinkan pembeli untuk memilih pembayaran di tempat dan mendapatkan keuntungan dari gratis ongkir.

  • Kriteria Khusus untuk Penjual: Bergantung pada jenis kampanye, mungkin ada persyaratak khusus yang hanya berlaku untuk tipe penjual. Untuk lebih lengkapnya, kunjungi website Shopee.



3. Berikan Diskon Produk


Diskon adalah cara yang paling disukai oleh pembeli. Maka dari itu, pemberian diskon bisa meningkatkan jumlah penjualan secara signifikan. Kamu bisa melakukan ini dengan menurunkan harga dari nilai awalnya.


Contohnya kamu jual kaos dengan harga Rp40.000 dan keuntungan Rp10.000 per buah. Kamu bisa turunkan harganya jadi Rp35.000. Meski keuntungan per buah berkurang, diskon ini bisa meningkatkan keuntungan keseluruhanmu.



4. Manfaatkan Fitur My Vouchers


Selain diskon, voucher juga merupakan cara efektif untuk mendorong pelanggan habiskan lebih banyak uang saat berbelanja di tokomu. 


Shopee menyediakan fitur untuk penjual agar mereka bisa membuat voucher kustom untuk ditawarkan pada pelanggan yang berbelanja lebih dari jumlah tertentu. Ada dua jenis voucher yang bisa kamu berikan.


Pertama adalah voucher toko untuk semua produk. Kedua adalah voucher produk untuk item tertentu. Biasanya, voucher toko bisa lebih menarik bagi pelanggan. Alasannya karena ini bisa dipakai saat mencapai jumlah belanja minimum.



Bagaimana Cara Membuat Voucher di Shopee?


Untuk membuat voucher di Shopee, Sobat MinDi bisa lakukan lewat seller centre dan aplikasi Shopee. Berikut penjelasan lengkapnya:


Lewat Seller Centre


1. Pilih voucher di Toko Saya.



Sumber: seller.shoppe.co.id



2. Pilih buat untuk promo pilihan.



Sumber: seller.shoppe.co.id



3. Lengkapi informasi dasarnya.



Sumber: seller.shoppe.co.id



5. Tentukan tampilan voucher dan produk yang bisa dipakaikan promo ini.



Sumber: seller.shoppe.co.id



6. Tekan tombol konfirmasi.



Sumber: seller.shoppe.co.id



Lewat Aplikasi Shopee


1. Pilih Toko Saya.



Sumber: seller.shoppe.co.id



2. Pilih promosi toko.



Sumber: seller.shoppe.co.id



3. Pilih voucher.



Sumber: seller.shoppe.co.id



4. Klik buat voucher baru.



Sumber: seller.shoppe.co.id



5. Temukan tipe voucher.



Sumber: seller.shoppe.co.id



6. Isi dan lengkapi rincian voucher.


Sumber: seller.shoppe.co.id



7. Klik simpan.



Sumber: seller.shoppe.co.id



5. Nominasikan Produkmu Agar Masuk Flash Sale


Produk yang masuk ke dalam flash sale cenderung mendapatkan lebih banyak penjualan. Pastikan Sobat MinDi sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Misalnya, penetapan tanggal dan waktu berakhirnya penjualan. Lalu, penawaran diskon sesuai batas yang diizinkan.


Produk yang berhasil masuk flash sale nantinya akan meningkatkan eksposur tokomu dan menarik lebih banyak pelanggan.



Bagaimana Cara Masuk Flash Sale Shopee?


Untuk masuk ke nominasi flash sale di Shopee, Sobat MinDi bisa lakukan lewat seller centre dan aplikasi Shopee. Berikut penjelasan lengkapnya:


Lewat Seller Centre


1. Pilih flash sale toko saya.



Sumber: seller.shoppe.co.id



2. Klik tombol buat.



Sumber: seller.shoppe.co.id



3. Pilih slot waktu dan tinjau kriteria produk.



Sumber: seller.shoppe.co.id



4. Pilih tambah produk.



Sumber: seller.shoppe.co.id



5. Isi rincian promo produk dan konfirmasi.



Sumber: seller.shoppe.co.id



Lewat Aplikasi


1. Pilih promosi toko.



Sumber: seller.shoppe.co.id



2. Pilih flash sale toko saya.



Sumber: seller.shoppe.co.id



3. Pilih buat flash sale baru.



Sumber: seller.shoppe.co.id



4. Pilih periode promo dan selanjutnya.



Sumber: seller.shoppe.co.id



5. Pilih produk yang mau ditambahkan.



Sumber: seller.shoppe.co.id



6. Isi rincian promo dan simpan.



Sumber: seller.shoppe.co.id



6. Gunakan Fitur Top Picks


Fitur top picks bisa membuat Sobat MinDi menampilkan hingga 8 produk terbaik di akhir setiap halaman produk. Ini adalah cara efektif untuk cross-sell. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan kemungkinan produk dimasukkan keranjang dan dibeli konsumen.



7. Pakai Fitur Shopee Live


Shopee Live adalah fitur yang tepat buat Sobat MinDi berinteraksi langsung dengan pembeli dan mempromosikan produk secara real-time. Ini bisa jadi strategi optimal untuk menggunakan keterampilan pemasaranmu dalam menjual produk.


Baca Juga: Mau Promosi Produk? Ikuti Cara Efektif Pemasaran Media Sosial



8. Tawarkan Produk Bundel


Berikutnya adalah menawarkan produk dalam bentuk bundel. Ini adalah strategi paling efektif untuk meningkatka penjualan. Hal ini terutama berlaku untuk produk yang kurang mendapatkan perhatian atau dianggap terlalu mahal jika dibeli satuan.



9. Berikan Layanan Kustomer yang Tanggap


Pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci dari kesuksesan tokomu di Shopee. Pastikan kamu selalu bisa menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan nyaman dan yakin untuk membeli produk di tokomu.



Langkah-Langkah Memasarkan Produk di Shopee



Sumber: Freepik


Supaya toko Sobat MinDi makin dikenal lagi, MinDi bakal kasih beberapa tips memasarkan produk yang dijual di Shopee. Berikut adalah tips memasarkan produk di Shopee versi MinDi:


1. Promosikan Tokomu di Berbagai Platform Digital


Mulai dengan memperkenalkan tokomu di berbagai platform digital seperti media sosial, blog, atau website pribadi. 


Gunakan strategi pemasaran digital seperti postingan menarik, video, atau konten interaktif yang dapat menarik perhatian dan membawa pengunjung ke halaman toko Shopee kamu. 


Jangan lupa untuk mengintegrasikan link tokomu di semua promosi digital. Tujuannya adalah agar calon pembeli dapat dengan mudah mengakses dan melihat produk yang kamu tawarkan.



2. Bangun Kepercayaan Kustomer Pada Brand


Kepercayaan konsumen adalah kunci utama dalam bisnis online. Untuk membangun kepercayaan ini, pastikan kamu selalu transparan mengenai informasi produk dan layanan yang dijual. 


Tampilkan review dan testimoni pelanggan yang positif di halaman produkmu untuk memberikan bukti sosial kepada calon pembeli baru. Pastikan juga bahwa kamu responsif terhadap pertanyaan atau keluhan pelanggan.


Hal ini bisa membantu untuk memperkuat reputasi tokomu sebagai brand yang dapat diandalkan.



3. Sampaikan Keuntungan Produk Dibanding Fiturnya


Ketika memasarkan produk, fokuslah pada manfaat yang akan diterima oleh pelanggan. Jadi bukan hanya fokus pada fitur yang dimiliki produk tersebut. 


Misalnya, jika kamu mau menjual gadget dengan penyimpanan 1 GB. Jangan hanya sampaikan kapasitas penyimpanannya, tetapi tekankan bagaimana dengan kapasitas tersebut pelanggan dapat menyimpan 1000 lagu di HP mereka.


Hal ini bisa menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Ini membantu pelanggan memahami nilai tambah yang mereka dapatkan, bukan sekedar spesifikasi teknis.



Kesimpulan


Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee yang bisa Sobat MinDi lakukan. Agar cara ini bekerja dengan maksimal, pastikan Sobat MinDi melakukan pemasaran digital untuk mengenalkan toko ke pembeli.


Nah, kalau masih bingung gimana strategi pemasaran digital yang pas, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp Digital Marketing di bimbing.id. Dengan ikut ini, Sobat MinDi bisa belajar berbagai macam strategi pemasaran digital dan temukan teknik yang paling pas buat bisnismu.


Kamu tidak perlu khawatir akan kesusahan mengikuti kelasnya juga. Sebab, Dibimbing memberikan pembelajaran dari dasar dengan syllabus beginner-friendly. Gimana? Menarik, kan?


Yuk, daftarkan dirimu dan kembangkan keahlian pemasaran digitalmu bareng Dibimbing! Apapun tujuannya, Dibimbing siap bimbing kamu sampai jadi!


Baca Juga: Selain Promosi, Ini Dia Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis



FAQ (Frequently Asked Question)



1. Kenapa Pengunjung Shopee Menurun?


Penurunan pengunjung di Shopee bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu alasan utama adalah persaingan yang semakin ketat di antara para penjual di platform tersebut. Hal ini membuat pelanggan memiliki lebih banyak pilihan. 


Selain itu, perubahan algoritma Shopee yang mempengaruhi visibilitas produk juga bisa menjadi penyebabnya. Faktor lain seperti penurunan kualitas layanan atau kepuasan pelanggan.


Bukan hanya itu, kurangnya inovasi dan pembaruan dalam pemasaran atau tawaran produk juga dapat berkontribusi pada menurunnya jumlah pengunjung. Menyadari dan mengatasi masalah-masalah ini penting untuk memulihkan dan meningkatkan traffic ke tokomu.



Referensi


  1. How to Increase Sales in Shopee [Buka]

  2. Ultimate Guide to Boost Your Sales on Shopee: Everything You Need to Know [Buka]

  3. How to Get People to Buy Your Products: It’s Not as Difficult as You Think [Buka]

  4. Cara Berpartisipasi dalam Kampanye Shopee [Buka]

  5. Membuat Voucher Toko Saya [Buka]

  6. Membuat Flash Sale Toko Saya [Buka]

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!