dibimbing.id - Apa itu Management Trainee? Simak Pengertian & Jenjang Karirnya

Apa itu Management Trainee? Simak Pengertian & Jenjang Karirnya

Muthiatur Rohmah

•

28 March 2024

•

626

Image Banner

Management Trainee Program adalah sebuah pelatihan manajemen sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan kandidat manajer yang tepat.


Program ini biasanya dikhususkan untuk para fresh graduate atau lulusan baru sebab dinilai lebih mudah dibentuk melalui teknik leadership yang tepat bagi perusahaan.


Management Trainee diadakan sebab sebuah perusahaan membutuhkan kandidat manajer yang tepat dan profesional untuk memimpin perusahaan.


Penasaran mengenai apa itu management trainee program? Yuk pelajari lengkapnya pada artikel ini.



Apa itu Management Trainee Program?



Management Trainee adalah sebuah program pengembangan yang dirancang oleh perusahaan untuk menyiapkan calon karyawan terpilih menjadi pemimpin atau manajer di masa depan. 


Program ini biasanya berlangsung selama 6 bulan hingga satu tahun, selama itu peserta MT mendapatkan pengalaman kerja di berbagai departemen atau divisi dalam perusahaan, sehingga mereka dapat memahami bisnis dari berbagai sudut pandang. 


Selain itu, peserta management trainee  juga mendapatkan pelatihan intensif, baik itu pelatihan di kelas, seminar, workshop, maupun pelatihan on-the-job, yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, manajemen, dan keahlian teknis yang relevan dengan industri perusahaan tersebut. 


Program management trainee bersifat kompetitif, sebab perusahaan mencari individu yang memiliki potensi kepemimpinan, motivasi tinggi, dan keinginan untuk berkembang bersama perusahaan. 


Melalui program management trainee, sebuah perusahaan dapat mengembangkan talenta-talenta yang diharapkan dapat mengisi posisi manager di masa depan dan membantu mengarahkan perusahaan menuju pencapaian tujuannya.



Persyaratan Umum Management Trainee



Program management trainee merupakan persaingan yang kompetitif, jika Anda ingin terlihat unggul dibandingkan kandidat lain, simak beberapa persyaratan management trainee yang harus dipenuhi.


Berikut adalah syarat umum yang diperlukan bagi kandidat yang ingin mengikuti program Management Trainee:


1. Min. Gelar Sarjana/ S1


Seseorang yang ingin mendaftar management trainee, setidaknya memiliki gelar diploma atau sarjana. Gelar Sarjana atau diploma dari universitas terakreditasi menunjukkan bahwa kandidat memiliki pengetahuan dasar serta keterampilan yang relevan dengan bisnis perusahaan. 


Pendidikan yang dimiliki tidak selalu harus langsung terkait dengan industri perusahaan tetapi harus menunjukkan kemampuan belajar dan pemikiran kritis.



2. Min. IPK 3.00


Biasanya dalam management trainee memberikan persyaratan umum berupak IPK min 3.00. IPK yang tinggi sering dijadikan salah satu indikator kemampuan akademik dan dedikasi terhadap pendidikan. 


Standar IPK minimal mencerminkan ekspektasi perusahaan terhadap kualitas kandidat dalam hal kemampuan intelektual dan etos kerja. IPK yang tinggi juga dapat menunjukkan kemampuan kandidat MT untuk menghadapi tantangan dan komitmen terhadap pencapaian.



3. Fluent in English


Program management trainee biasanya mengharuskan kandidat untuk menguasai bahasa inggris secara aktif. 


Penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya sangat penting dalam lingkungan kerja global saat ini, untuk komunikasi efektif dengan kolega, klien, dan mitra internasional. 


Kemampuan ini mencakup baik komunikasi lisan maupun tulisan dan seringkali diuji melalui tes atau wawancara.



4. Leadership


Kandidat management trainee harus dapat menunjukkan pengalaman leadership, baik dalam konteks akademis, kerja, atau kegiatan ekstrakurikuler.



5. Fleksibel Penempatan


Program Management Trainee sering melibatkan rotasi tugas ke berbagai departemen atau bahkan ke lokasi yang berbeda. 


Oleh sebab itu, syarat umum management trainee adalah kandidat siap ditempatkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Peserta yang berhasil syarat umum management trainee akan terlihat unggul selama proses seleksi dan memiliki potensi yang lebih besar untuk lolos.


Baca Juga: Ciptakan Kolaborasi Tim melalui Microsoft Teams: Pelatihan Intensif




Peran dan Tanggung Jawab Management Trainee



Peran Management Trainee merupakan pengalaman praktis dalam berbagai aspek operasional dan manajerial perusahaan, untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi. 


Berikut ini adalah beberapa Peran dan Tanggung Jawab Management Trainee:


1. Mengikuti Rotasi Kerja


Management Trainee akan melewati rotasi kerja di berbagai departemen atau unit bisnis dalam perusahaan. 


Peserta MT bertanggung jawab untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang bagaimana setiap departemen beroperasi dan bagaimana mereka saling terkait dalam mencapai tujuan perusahaan. 


Rotasi ini juga membantu dalam mengidentifikasi kekuatan khusus atau minat peserta MT.



2. Menjalankan Proyek Khusus


Selama periode rotasi kerja, management trainee akan diberikan proyek khusus yang harus diselesaikan. 


Proyek-proyek ini dirancang untuk menantang Management Trainee dan memberikan kontribusi nyata kepada perusahaan. 


Melalui proyek ini, Management Trainee diharapkan untuk menerapkan teori yang telah dipelajari ke dalam praktek, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan menunjukkan kemampuan mereka untuk bekerja secara independen serta dalam tim.



3. Berpartisipasi dalam Pelatihan


Management Trainee harus aktif berpartisipasi dalam semua sesi pelatihan yang dijadwalkan. 


Pelatihan ini dapat mencakup workshop, seminar, kursus online, dan sesi mentoring, dengan fokus pada pengembangan keterampilan manajerial, teknis, dan kepemimpinan. tanggung jawab ini sangat penting untuk pertumbuhan pribadi dan profesional peserta MT.



4. Melakukan Analisis dan Penelitian


Dalam beberapa perusahan, Management Trainee berperan untuk melakukan analisis atau penelitian tentang topik tertentu yang relevan dengan bisnis perusahaan. 


Tugas ini bisa berkaitan dengan evaluasi tren pasar, analisis kompetitif, atau penelitian untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan baru.



5. Menyusun Laporan dan Presentasi


Berkaitan dengan proyek khusus dan tugas analisis, Management Trainee diharapkan dapat menyusun laporan dan membuat presentasi yang menjelaskan temuan, rekomendasi, dan kemajuan proyek mereka.


Tugas ini akan mengasah keterampilan komunikasi mereka, baik tertulis maupun verbal, dan mempersiapkan mereka untuk peran kepemimpinan.



6. Beradaptasi dengan Budaya Perusahaan



Memahami dan beradaptasi dengan budaya, nilai, dan etika kerja perusahaan merupakan tanggung jawab seorang management trainee. 


Hal ini mencakup berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan dan mengembangkan hubungan profesional yang baik dengan kolega di semua tingkatan organisasi.


Peran dan tanggung jawab Management Trainee dirancang untuk membekali peserta pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan untuk berkembang dalam karir mereka dan pada akhirnya mengambil peran kepemimpinan dalam perusahaan.



Skill yang Harus dimiliki Seorang Management Trainee



Seorang Management trainee harus memiliki beberapa skill atau kemampuan sebagai berikut:


  • Kemampuan komunikasi yang efektif

  • Keterampilan kepemimpinan

  • Kemampuan analitis dan pemecahan masalah

  • Keterampilan manajerial

  • Kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas

  • Keterampilan kerja tim

  • Orientasi detail

  • Kemampuan untuk belajar dan mengembangkan diri secara terus-menerus

  • Kemampuan pengelolaan waktu dan prioritas

  • Keterampilan negosiasi dan persuasi

  • Pemahaman tentang operasi bisnis dan manajemen keuangan

  • Kemampuan teknologi informasi

  • Kesadaran budaya dan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan multikultural

  • Kreativitas dan inovasi




Jenjang Karir Management Trainee



Management Trainee umumnya dirancang sebagai jalur percepatan menuju posisi kepemimpinan dan manajerial dalam perusahaan.


Berikut adalah contoh gambaran umum jenjang karir management trainee.


1. Management Trainee


Posisi awal sebagai peserta dalam program pelatihan. Fase ini berfokus pada pembelajaran dan pengembangan melalui rotasi departemen, pelatihan, dan penugasan proyek.



2. Junior Manager atau Supervisor


Setelah menyelesaikan program, individu biasanya dipromosikan ke peran manajemen tingkat awal. Tanggung jawab di tingkat ini meliputi pengawasan tim kecil atau proyek dan penerapan keterampilan manajerial dasar.



3. Manager


Dengan lebih banyak pengalaman, individu dapat naik ke posisi manajer, mengelola departemen atau divisi dengan tanggung jawab yang lebih besar. Ini melibatkan perencanaan strategis, pengambilan keputusan, dan pengembangan kebijakan.



4. Senior Manager atau Department Head


Selanjutnya, individu dapat menjadi kepala departemen, mengawasi operasi di seluruh departemen dan berkontribusi pada strategi perusahaan. Posisi ini lebih strategis dan melibatkan pengelolaan sumber daya yang lebih luas.


Jenjang karir management trainee tersebut merupakan jenjang karir umum yang mencerminkan setiap kesempatan atau jalur yang tersedia dalam setiap perusahaan. 


Seseorang mungkin mungkin memiliki jalur karir yang berbeda untuk memaksimalkan keahlian mereka pada perusahaan.



Gaji Management Trainee



Dikutip dari tips kerja, Gaji Management Trainee di Indonesia bervariasi tergantung perusahaan. 


Sebagai contoh, Chevron Pacific Indonesia menawarkan gaji tertinggi sekitar 14,5 juta rupiah per bulan, diikuti oleh HM Sampoerna dengan 9,1 juta rupiah per bulan, dan PT. Garuda Indonesia dengan 8,3 juta rupiah per bulan. 


Perusahaan lain seperti Unilever Indonesia dan Pertamina juga menawarkan gaji yang kompetitif di kisaran 8,2 juta rupiah per bulan.


Baca Juga: Pelatihan Microsoft Excel Tingkat Lanjut untuk Peningkatan Karir


Nah Sobat MinDi, itulah beberapa penjelasan mengenai management trainee program yang biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan ternama.


Biasanya untuk meningkatkan skill dan potensi peserta Management Trainee, perusahaan memerlukan program latihan atau kursus khusus di sebuah lembaga pendidikan terpercaya.


Ikuti corporate training dibimbing.id sebuah pelatihan atau kursus untuk meningkatkan skill dan potensi peserta Management Trainee. Training ini bersifat fleksibel dapat dilaksanakan secara online maupun offline, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.


Fleksibilitas dalam training ini akan mewujudkan sebuah pelatihan yang efektif dan tepat bagi peserta. Hal ini akan berdampak baik, yaitu menciptakan peran kepemimpinan yang berkualitas bagi perusahaan.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja tim setelah lulus training ini. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.


Referensi :

1. Gaji Management Trainee Per Bulan di Berbagai Perusahaan - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!