dibimbing.id - Leadership: Pengertian, Contoh & Cara Mengembangkannya

Leadership: Pengertian, Contoh & Cara Mengembangkannya

Muthiatur Rohmah

•

12 February 2024

•

480

Image Banner

Skill leadership atau kepemimpinan adalah kemampuan yang penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. 


Dalam dunia karir, skill leadership yang diperlukan, sebab kemampuan ini penting untuk kesuksesan bisnis perusahaan. Kemampuan leadership juga mempengaruhi faktor kesuksesan karir seseorang.


Kemampuan leadership seseorang dapat dikembangkan dengan usaha dan ketekunan masing-masing individu.


Belum paham mengenai leadership? yuk simak pengertian, cara mengembangkan serta contoh leadership berikut ini.


Pengertian Leadership


Secara umum, leadership berarti kepemimpinan yaitu kemampuan seseorang dalam mengatur dan mengarahkan kelompok atau tim menuju tujuan bersama dan telah disepakati.


Nelson Mandela, mantan Presiden Afrika Selatan dan tokoh anti-apartheid, memandang leadership sebagai "kemampuan untuk berjalan di depan dan bersedia mengambil pukulan jika hal-hal menjadi sulit." Bagi Mandela, leadership adalah tentang ketegaran, pengorbanan, dan komitmen terhadap keadilan.


Steve Jobs, pendiri Apple, dikenal dengan pendekatan kepemimpinannya yang unik, seringkali mengaitkan kepemimpinan dengan "mengikuti intuisi, keingintahuan, dan keinginan untuk berinovasi." Bagi Jobs, leadership dapat melibatkan visi, inovasi, dan kemampuan untuk menantang status quo.


John C. Maxwell, seorang penulis dan pembicara terkenal di bidang kepemimpinan, mendefinisikan leadership sebagai "pengaruh – tidak lebih, tidak kurang." Menurut Maxwell, inti dari kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain.


Dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa leadership memiliki banyak perspektif yang berbeda. Namun pada intinya, leadership berarti cara atau gaya seseorang mengarahkan dalam menuju keberhasilan.


Contoh Leadership yang Baik


Contoh leadership adalah sikap seseorang yang mencerminkan tentang gaya kepemimpinan yang baik dan dapat mempengaruhi kelompok menuju kearah positif.


Berikut adalah beberapa contoh leadership yang dapat Sobat MinDi pahami.


1. Contoh Leadership dalam Kehidupan Sehari-hari


Contoh kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada sosok orang tua dalam keluarga. 


Seorang ibu atau ayah yang memimpin keluarganya dengan memberikan contoh perilaku positif, mengajarkan nilai-nilai penting, dan membuat keputusan yang berdampak pada kesejahteraan anggota keluarganya menunjukkan kepemimpinan sehari-hari. 


Mereka menggunakan pengaruh mereka untuk membimbing, melindungi, dan memotivasi anggota keluarga mereka untuk mencapai potensi terbaik mereka.


2. Contoh Leadership dalam Organisasi


Dalam konteks organisasi non-profit atau sukarela, kepemimpinan bisa diwakili oleh seorang ketua organisasi yang memobilisasi anggota dan sumber daya untuk mencapai misi bersama. 


Misalnya, ketua organisasi amal yang mengoordinasikan upaya relawan untuk memberikan bantuan kepada komunitas yang terkena dampak bencana alam, menunjukkan kepemimpinan dengan memotivasi anggota untuk berkontribusi terhadap tujuan yang lebih besar dari diri mereka sendiri.


Baca Juga: Training Leadership, Penting atau Tidak?


3. Contoh Leadership dalam Perusahaan


Di lingkungan perusahaan, seorang CEO yang mengarahkan perusahaan melalui perubahan strategis untuk beradaptasi dengan pasar yang berubah adalah contoh kepemimpinan perusahaan. 


Misalnya, CEO yang memimpin transformasi digital perusahaannya untuk meningkatkan inovasi dan efisiensi operasional, sambil mempertahankan keterlibatan dan kepuasan karyawan, menunjukkan kepemimpinan strategis dan visioner.


4. Contoh Leadership dalam Sekolah


Kepemimpinan dalam konteks sekolah sering kali dilihat pada sosok kepala sekolah atau guru yang memimpin dengan contoh, menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif. 


Seorang kepala sekolah yang mengembangkan program pendidikan karakter untuk membentuk sikap dan perilaku positif siswa, sambil meningkatkan prestasi akademik, menunjukkan kepemimpinan pendidikan yang efektif.


5. Contoh Leadership Bernegara


Kepemimpinan bernegara dapat diwakili oleh seorang presiden atau pemimpin nasional yang memandu negaranya melalui tantangan dan kesempatan. 


Misalnya, seorang presiden yang memimpin upaya reformasi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, atau yang berinisiatif dalam diplomasi internasional untuk memperkuat posisi negaranya di panggung global, menunjukkan kepemimpinan strategis dan diplomatis.


Setiap contoh leadership ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan, dari lingkungan keluarga hingga wilayah negara. 


Leadership yang efektif melibatkan pengaruh, visi, dan kemampuan untuk menginspirasi dan menggerakkan orang lain menuju tujuan bersama, tidak peduli seberapa besar atau kecil lingkup pengaruhnya.


Cara Mengembangkan Leadership


Mengembangkan kemampuan leadership adalah proses berkelanjutan yang memerlukan kesadaran diri, pembelajaran, dan praktik. 


Berikut adalah lima cara efektif mengembangkan kemampuan leadership:


1. Pendidikan dan Pembelajaran


Mengikuti pendidikan formal, seperti kursus atau program pelatihan leadership, dapat memberikan dasar teoritis yang kuat tentang prinsip-prinsip leadership. 


Selain itu, membaca buku, menghadiri seminar, dan mengikuti webinar tentang topik terkait kepemimpinan dapat memperluas pemahaman dan perspektif mengenai kepemimpinan. 


Belajar dari pemimpin sukses melalui biografi atau studi kasus juga memberikan wawasan praktis yang berharga tentang bagaimana menghadapi tantangan kepemimpinan dalam berbagai situasi.


2. Menerima Feedback dan Refleksi Diri


Feedback dari rekan kerja, atasan, dan bawahan sangat penting dalam proses pengembangan kepemimpinan. 


Minta feedback secara teratur tentang gaya leadership Sobat MinDi, komunikasi, pengambilan keputusan, dan cara mengelola tim. 


Gunakan feedback tersebut untuk refleksi diri dan identifikasi area yang memerlukan peningkatan. Refleksi diri yang jujur membantu dalam mengakui kekuatan dan kelemahanmu sebagai pemimpin.


3. Inisiatif dan Tanggung Jawab


Kembangkan leadership dengan mengambil inisiatif dalam proyek atau tugas baru, baik dalam lingkungan kerja maupun di luar. 


Memimpin proyek atau tim, dapat memberikan pengalaman praktis dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengatasi tantangan. 


Hal ini juga membantu dalam mempraktikkan keterampilan kepemimpinan, seperti pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, dan manajemen konflik.


Baca Juga: Yuk Intip Ide-ide Game Pelatihan Kepemimpinan Disini!


4. Mentoring dan Coaching


Menjadi mentor atau pelatih untuk orang lain tidak hanya membantu mereka dalam pengembangan profesional dan pribadi mereka, tetapi juga mengembangkan keterampilan kepemimpinan Sobat MinDi.


 Melalui proses mentoring, kamu dapat mengasah kemampuan untuk mendengarkan, memberikan saran, dan memotivasi orang lain. 


Sebaliknya, mencari mentor atau coach untuk diri sendiri menyediakan panduan, dukungan, dan wawasan berharga yang dapat mempercepat pertumbuhan leadership diri.


5. Kegiatan Ekstrakurikuler atau Volunteer


Keterlibatan dalam organisasi sukarela, klub, atau aktivitas ekstrakurikuler memberikan peluang untuk mempraktikkan dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dalam konteks yang kurang formal. 


Kegiatan ini sering kali membutuhkan kerja tim, perencanaan acara, dan koordinasi dengan orang lain, yang semua merupakan aspek penting dari kepemimpinan. Selain itu, kegiatan sukarela menunjukkan komitmen terhadap komunitas dan kemampuan untuk memimpin dengan teladan.


Mengembangkan leadership adalah perjalanan yang memerlukan komitmen terhadap pertumbuhan pribadi dan profesional. 


Dengan menerapkan strategi atau cara mengembangkan leadership dengan baik, Sobat MinDi dapat memperkuat keterampilan leadership dan mempersiapkan diri untuk memimpin dengan lebih efektif dalam berbagai situasi.


Pemahaman mengenai pengertian, cara mengembangkan serta contoh leadership adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan setiap orang.


Dalam dunia kerja, skill leadership penting dan sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan suatu proyek perusahaan. Sebagai seorang pemimpin tim perusahaan, Anda harus memperhatikan skill dan potensi anggota tim.


Sebagai contohnya daftarkan anggota tim Anda pada corporate training dibimbing.id. Program pelatihan skill dan potensi karyawan terbaik, materi pembelajaran dapat di custom sesuai kebutuhan perusahaan sehingga skill karyawan dapat meningkat secara tepat dan efisien.


Ayo konsultasikan perusahaan Anda bersama kami di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja skill secara pesat setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi SDM berkualitas untuk perusahaan Anda.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!