dibimbing.id - Apa itu Instagram Ads? Pengertian, Biaya & Langkah Beriklan

Apa itu Instagram Ads? Pengertian, Biaya & Langkah Beriklan

Muthiatur Rohmah

•

26 April 2024

•

426

Image Banner

Sobat MinDi bekerja di bidang social media marketing khususnya di platform instagram ? jika iya pasti tau mengapa kita perlu menggunakan instagram ads untuk memaksimalkan strategi marketing bisnis.


Instagram Ads adalah sebuah layanan periklanan berbayar yang dirancang khusus untuk digunakan di platform Instagram. 


Dengan instagram Ads, pengguna dapat menempatkan iklan mereka di berbagai bagian dari aplikasi Instagram, dengan tujuan untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi dengan audiens.


Penasaran mengenai apa itu instagram Ads lebih lanjut? Yuk simak penjelasan hingga langkah beriklan di instagram Ads dengan tepat.



Apa itu Instagram Ads?



Instagram Ads adalah sebuah layanan iklan yang ditawarkan oleh platform media sosial Instagram, untuk mempromosikan produk atau layanan pengguna secara langsung melalui aplikasi tersebut. 


Instagram Ads menyediakan berbagai opsi format iklan seperti foto, video, carousel, dan stories, yang dapat ditargetkan berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, dan data lainnya untuk mencapai audiens yang lebih spesifik. 


Fitur instagram ads berguna untuk meningkatkan visibilitas, meningkatkan traffic ke halaman atau situs web, dan secara umum meningkatkan konversi penjualan atau pencapaian tujuan bisnis lainnya.



Berapa Harga Layanan Instagram Ads 2024?



Biaya untuk beriklan di Instagram Ads pada tahun 2024 di Indonesia sangat bervariasi, tergantung pada jumlah audiens yang ingin Anda jangkau serta durasi dan jenis iklan yang dipilih. 


Berdasarkan data dari whello.id, harga awal untuk memulai sebuah iklan di Instagram bisa dimulai dari Rp 10.000 per hari, hingga jutaan rupiah per hari tergantung pada kebutuhan dan skala kampanye.


Harga layanan Instagram Ads sangat fleksibel, kamu  dapat menentukan sendiri berapa banyak biaya yang ingin dikeluarkan untuk mencapai tujuan pemasaran yang spesifik. 


Sebagai contoh, dengan budget Rp. 10.000 per hari, Sobat MinDI bisa mencapai sekitar 1.300 hingga 3.400 audiens potensial. Jika ingin meningkatkan budget, jangkauan audiens kamu juga akan meningkat secara signifikan


Selain itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga layanan instagram ads, seperti target demografi, jenis iklan, dan tingkat persaingan di pasar.


Pada hal ini, Algoritma Instagram digunakan untuk mengoptimalkan penayangan iklan berdasarkan faktor-faktor tersebut untuk membantu memaksimalkan efektivitas iklan yang ditayangkan.


Baca Juga: Apa itu Rate Card Instagram? Yuk Pahami Strategi & Cara Membuatnya




Langkah Beriklan melalui Instagram Ads



Setelah memahami tentang instagram ads, lantas bagaimana cara beriklan melalui instagram ads?


Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai beriklan melalui Instagram Ads:



1. Buat Akun Bisnis


Pastikan Sobat MinDi memiliki akun bisnis di Instagram. Ini memungkinkan akses ke fitur-fitur seperti Instagram Insights dan Instagram Ads.



2. Menggunakan Facebook Ads Manager


Semua iklan untuk Instagram dikelola melalui Facebook Ads Manager karena Instagram adalah bagian dari Facebook. Sobat MinDi harus menghubungkan akun Instagram dengan Facebook Ads Manager.



3. Tentukan Tujuan Kampanye


Pilih tujuan yang sesuai dengan apa yang ingin ingin dicapai, seperti meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web, atau meningkatkan konversi.



4. Pilih Target Audiens


Tentukan siapa yang ingin dijangkau dengan iklan instagram ads. Sobat MinDi dapat menargetkan audiens berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, dan lainnya.



5. Tentukan Anggaran dan Jadwal


Atur biaya instagram ads beserta jadwal tayang iklan tersebut. Sobat MinDi bisa memilih antara anggaran harian atau anggaran untuk seluruh periode kampanye.



6. Buat Iklan


Pilih format iklan yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Instagram ads menyediakan beberapa format iklan seperti foto, video, carousel (serangkaian gambar), dan stories.



7. Tinjau dan Luncurkan Iklan


Setelah memasukkan semua secara detail, ulas iklan untuk memastikan semuanya sudah benar, lalu luncurkan kampanye pada akun instagram.



8. Pantau dan Sesuaikan Iklan


Setelah iklan ditayangkan, gunakan alat seperti Instagram Insights untuk memantau kinerja dan melakukan penyesuaian jika diperlukan untuk mengoptimalkan kampanye.


Pastikan untuk terus memantau kinerja iklan instagram ads dan membuat penyesuaian untuk mendapatkan ROI (Return on Investment) yang maksimal dari kampanye iklan tersebut.



Tips Agar Instagram Ads Lebih Efektif



Setelah meluncurkan instagram ads, maksimalkan efektivitas iklan di Instagram memerlukan pendekatan yang matang dan strategis. 


Bagaimana caranya? Yuk simak tips agar instagram ads berjalan dengan efektif.



1. Kenali Audiens


Memahami audiens target adalah langkah penting dalam kampanye iklan yang sukses. Instagram menyediakan alat analisis yang canggih  untuk melihat siapa yang mengikuti dan siapa yang berinteraksi dengan konten kamu. 


Dengan mengidentifikasi faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat, Sobat MinDi bisa menyusun iklan yang lebih relevan dan menarik. 


Hal ini bukan hanya tentang menarik perhatian, tapi juga tentang menciptakan iklan yang memenuhi kebutuhan dan memicu minat audiens.



2. Desain Visual yang Menarik


Instagram adalah social media yang kompetitif dalam menunjukkan konten bisnis, agar terlihat beda kamu harus membuat desain visual yang menarik. 


Gambar yang berkualitas tinggi, estetika yang konsisten, dan penggunaan warna yang menarik dapat membuat iklan menonjol di antara yang lain. 


Selain itu, video yang menggunakan elemen interaktif dapat menarik lebih banyak perhatian dibandingkan dengan gambar. Pastikan bahwa visual tidak hanya indah tapi juga menyampaikan pesan merek dengan jelas dan efektif.



3. Pesan yang Jelas dan Singkat


Pengguna Instagram seringkali scrolling feed dengan cepat, sehingga konten harus dibuat singkat untuk menarik perhatian mereka. 


Buatlah headline yang menarik dan deskripsi yang padat agar pesan cepat dipahami. Call-to-action (CTA) yang kuat harus memandu pengguna apa yang harus dilakukan selanjutnya.



4. Gunakan Targeting yang Tepat


Instagram menawarkan berbagai pilihan targeting yang dapat membantu menjangkau orang yang tepat dengan pesan yang tepat. Sobat MinDi dapat menargetkan audiens berdasarkan lokasi geografis, data demografis, perilaku pengguna, dan minat yang terkait. 


Selain itu, retargeting bisa efektif untuk menjangkau pengguna yang sebelumnya telah berinteraksi dengan merek Anda namun belum mengambil tindakan pembelian.



5. Pantau dan Sesuaikan


Beriklan di Instagram bukanlah kegiatan yang bersifat "set and forget". Penting untuk terus memantau kinerja iklan dan membuat penyesuaian berdasarkan data yang diperoleh. 


Instagram Insights menyediakan informasi mendalam tentang bagaimana iklan Anda berperforma, termasuk metrik seperti jangkauan, tayangan, tingkat klik, dan konversi. 


Dengan data tersebut, Sobat MinDI dapat mengoptimalkan kampanye iklan, mengalokasikan budget lebih efisien, dan meningkatkan ROI secara keseluruhan.


Menggunakan instagram ads dalam kampanye bisnis, dapat meningkatkan engagement, konversi dan mencapai tujuan pemasaran yang lebih luas.


Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai instagram ads yang perlu dipahami dan dipelajari sebelum menentukan kampanye iklan di instagram.


Baca juga: Cara Menambahkan Teks ke Reels Instagram: Konten jadi Menarik!



Tertarik belajar instagram ads hingga social media marketing lebih lanjut?


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Bootcamp ini didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi sosmed specialist sukses.


Belum memiliki pengalaman tentang social media marketing sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly


Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.


Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!