Cara Menambahkan Teks ke Reels Instagram: Konten jadi Menarik!

Muthiatur Rohmah

•

26 March 2024

•

1093

Image Banner

Dengan meningkatnya popularitas TikTok, instagram akhirnya membuat fitur baru yang bisa menyamai fungsinya yaitu reels instagram.


Reels instagram adalah fitur video pendek pada akun instagram yang bertujuan sebagai hiburan maupun konten inspiratif bagi penggunanya.


Seiring dengan berkembangnya waktu, reels instagram terus memaksimalkan fiturnya agar terlihat menarik dan relevan, salah satunya adalah fitur membuat reels dengan teks.


Reels instagram dengan teks memiliki nilai keunikan tersendiri, dibandingkan dengan konten yang memiliki visual grafik. 


Lantas bagaimana cara membuat reels instagram dengan teks? Yuk pahami cara-caranya berikut ini.



Mengapa Reels Instagram dengan Teks terlihat Lebih Menarik?



Reels Instagram yang mengandung teks yang terlihat lebih menarik, dan menarik perhatian penonton melalui informasi yang disampaikan dalam teks.


Teks pada reels instagram dapat digunakan untuk menampilkan poin penting yang membuat konten lebih relate dengan penonton, sehingga memperkuat pesan yang ingin disampaikan. 


penggunaan teks yang kreatif pada reels instagram, seperti pemilihan font, warna, atau animasi, dapat menambah estetika, sehingga tampilan menjadikan lebih menarik dan meningkatkan penonton untuk berinteraksi dengan konten. 


Teks pada instagram memberikan cara cepat untuk menangkap esensi dari video yang tidak dapat disampaikan melalui gambar atau video saja.


Baca Juga: Kenali Social Media Marketing: Definisi, Tujuan, Skill, dan Gaji





Cara Membuat Reels Instagram dengan Teks



Membuat Reels Instagram dengan teks yang menarik melibatkan beberapa langkah kreatif agar pesan konten yang disampaikan terlihat  jelas dan menarik. 


Berikut cara membuat Reels dengan teks, melalui 5 langkah.


1. Persiapan Konten Reels


Rencanakan isi Reels, termasuk pesan utama yang ingin disampaikan. Rekam video menggunakan aplikasi kamera Instagram atau aplikasi video pihak ketiga jika memerlukan pengaturan atau efek khusus.



2. Menambahkan Teks ke Reels


Buka aplikasi Instagram dan geser layar ke kanan atau ketuk ikon kamera di pojok kiri atas untuk mengakses kamera Reels.

  • Geser hingga menemukan opsi 'Reels'.

  • Rekam video langsung melalui aplikasi atau pilih dari galeri dengan mengetuk ikon galeri di kiri bawah.

  • Setelah video siap, ketuk ikon 'Aa' di bagian atas layar untuk menambahkan teks.

  • Ketikkan teks yang diinginkan. kamu dapat menyesuaikan font, warna, dan latar belakang teks untuk membuatnya menarik.


Source: youtube.com/fzl_sptra



3. Penyesuaian Teks


Setelah mengetikkan teks, kamu bisa menyesuaikan posisi teks dengan menyeretnya ke tempat yang diinginkan.

  • Gunakan jari  untuk memperbesar atau memperkecil teks, menyesuaikan ukurannya agar sesuai dengan video.

  • Kamu juga dapat mengetuk teks untuk mengakses lebih banyak opsi pengeditan, seperti mengubah warna atau gaya font.


Source: youtube.com/fzl_sptra



4. Menentukan Durasi Teks


Jika kamu ingin teks muncul hanya pada bagian tertentu dari video, ketuk teks yang telah ditambahkan, lalu pilih ikon stopwatch atau durasi. Seret penggeser untuk menentukan kapan teks muncul dan menghilang dari video.



5. Tinjau dan Publish


Setelah menambahkan dan mengedit teks sesuai keinginan, tinjau Reels dengan mengetuk tombol pratinjau.

  • Jika kamu sudah puas dengan hasilnya, lanjutkan dengan menambahkan keterangan, tagar, dan lokasi sebelum mempublikasikan.

  • Ketuk 'Bagikan' untuk mempublikasikan Reels ke profil atau cerita Instagram.


Membuat Reels dengan teks akan membantu dalam menyampaikan pesan dalam konten secara efektif dan kreatif. 


Saat membuat reels, kamu bisa menambah berbagai gaya, animasi, dan penempatan untuk teks, agar konten yang kamu buat terlihat unik dan menarik perhatian audiens.


Reels Instagram adalah salah satu sarana social media marketing yang efektif, Jika kamu dapat memanfaatkannya secara maksimal, menggunakan aplikasi instagram dapat menambah penghasilan brand atau produk kamu.


Baca Juga: Pelajari Contoh Social Media Marketing Beserta Strateginya, Berikut Ini!



Untuk menerapkan strategi tersebut, Sobat MinDi harus mempelajari social media marketing melalui bootcamp atau pelatihan intensif.


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran terbaik dan inovatif. Bootcamp ini menyediakan LMS canggih yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.


Bootcamp dibimbing.id didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya, dan siap membantu Sobat MinDi wujudkan mimpi sebagai seorang social media marketing sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!