Cara Membuat Reels di Instagram: Dijamin Banyak Likes dan Penonton!

Muthiatur Rohmah

•

26 March 2024

•

81

Image Banner

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan banyak masyarakat. Dengan beberapa fitur canggih untuk membuat konten, instagram menjadi salah satu media sosial yang penuh kreativitas dan inovasi.


Salah satu fitur instagram adalah reels yang berisi kumpulan video pendek yang dapat menghibur atau menginspirasi audiens. 


Awalnya, fitur reels instagram dibuat untuk respon terhadap fitur konten TikTok, namun belakangan ini, reels instagram memiliki popularitas yang tak kalah dengan TikTok.


Bagi content creator, membuat reels instagram yang banyak likes dan penonton merupakan hal yang penting untuk engagement akun mereka.


Yuk simak cara membuat reels di instagram beserta tips agar reels instagram memiliki banyak likes dan ditonton banyak orang.



Cara Membuat Reels di Instagram


Source: theinfluenceagency.com


Reels instagram bertujuan untuk berbagi momen, mengekspresikan kreativitas, dan menarik perhatian lebih banyak pengikut. Membuat Reels di instagram juga dapat menambah engagement akun, jika konten tersebut menarik dan memiliki banyak likes.


Berikut cara membuat Reels di Instagram yang wajib diperhatikan.


1. Buka Aplikasi Instagram


Pastikan Sobat MinDi telah mengunduh versi terbaru dari Instagram untuk mengakses fitur reels instagram ini.



2. Akses Reels


Ketuk ikon kamera di pojok kiri atas layar beranda Instagram untuk membuka kamera Instagram, atau geser layar ke kanan dari beranda. Di bawah tombol perekaman, geser hingga kamu menemukan opsi 'Reels'.



3. Rekam atau Unggah Video


Untuk merekam video langsung, tahan tombol perekaman. Kamu bisa melepaskannya untuk menghentikan rekaman dan melanjutkannya lagi untuk merekam klip berikutnya.


Untuk mengunggah video dari galeri, ketuk ikon galeri di pojok kiri bawah dan pilih video yang ingin di edit dan bagikan.



4. Edit Reels


Ketuk ikon musik untuk menambahkan lagu atau audio. Kamu bisa memilih lagu dari perpustakaan musik Instagram atau menggunakan audio asli dari rekaman.


Ketuk ikon smiley untuk menambahkan efek. Kamu bisa memilih dari berbagai efek yang telah dibuat oleh Instagram dan pembuat konten lainnya.


Gunakan penggeser untuk menentukan berapa lama klip akan tampil. Instagram memungkinkan Reels hingga durasi tertentu, yang bisa berubah berdasarkan update terbaru.


Ketuk ikon Aa untuk menambahkan teks atau ikon stiker untuk menambahkan stiker, polling, dan fitur interaktif lainnya.



5. Tinjau dan Bagikan


Setelah selesai mengedit, ketuk tombol 'Selanjutnya' untuk meninjau Reels Instagram. Kamu bisa menambahkan keterangan, menentukan pengaturan berbagi, dan memilih apakah ingin menampilkan Reels di profil atau hanya di feed Reels.


Ketuk 'Bagikan' untuk memposting Reels atau 'Simpan sebagai Draf' jika ingin mempostingnya nanti.


Baca Juga: Memahami Arti Reach di Instagram dan Cara Meningkatkannya





Tips Membuat Reels Instagram Agar Banyak Likes dan Audiens



Setelah memahami cara membuat reels di instagram, langkah selanjutnya adalah memahami tips membuat reels instagram banyak likes dan audies. Hal ini penting untuk meningkatkan engagement akun kamu.


Berikut adalah tips membuat reels di instagram agar banyak likes dan audiens, yang dapat Sobat MinDi terapkan.



1. Gunakan Trending Audio dan Topik


Instagram sering menampilkan Reels dengan audio atau topik yang sedang tren. Gunakan fitur pencarian untuk menemukan audio viral dan buat konten yang relevan dengan tren tersebut. 


Mengikuti tren dapat meningkatkan peluang Reels kamu untuk muncul di halaman Explore dan menarik perhatian lebih banyak pengguna.



2. Kreativitas dan Originalitas


Meskipun mengikuti tren penting, menonjolkan kreativitas dan aspek unik dari konten merupakan hal yang penting. 


Buat Reels yang menampilkan gaya atau sudut pandang unik, sebuah konten yang autentik dan kreatif cenderung lebih relevan dengan penonton, yang dapat meningkatkan engagement.



3. Optimalkan Durasi Reels


Reels Instagram dengan durasi pendek (antara 15-30 detik) lebih efektif dalam menangkap perhatian penonton. 


Reels yang singkat dan langsung ke poin cenderung mendapatkan tontonan ulang, yang bisa meningkatkan engagement.



4. Tambahkan Teks dan Caption yang Menarik


Gunakan teks pada Reels instagram untuk memberikan konteks atau memperkuat pesan video. Caption yang menarik, relevan dengan audiens target, dan menggunakan hashtag yang tepat juga dapat meningkatkan visibilitas. 


Hashtag yang spesifik dan relevan dengan niche bisa membantu Reels kamu ditemukan oleh pengguna yang tertarik pada topik tersebut.



5. Interaksi dengan Audiens


Sobat MinDi harus sering merespons komentar dan pertanyaan pada Reels instagram. Interaksi ini kan membantu membangun komunitas dan meningkatkan engagement.


Pastikan Reels instagram yang dibuat memiliki kualitas gambar dan suara yang baik. Penggunaan pencahayaan yang baik, editing yang halus, dan audio yang jernih dapat membuat konten kamu  lebih menarik dan profesional.


Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai cara membuat reels di instagram yang menarik, agar memiliki banyak likes dan penonton. 


Membuat reels di instagram yang menarik dapat meningkatkan engagement akun yang bermanfaat bagi content creator maupun influencer instagram.


Reels Instagram adalah salah satu sarana social media marketing yang efektif, Jika kamu dapat memanfaatkannya secara maksimal, menggunakan aplikasi instagram dapat menambah penghasilan brand atau produk kamu.


Baca Juga: Pelajari Contoh Social Media Marketing Beserta Strateginya, Berikut Ini!



Untuk menerapkan strategi tersebut, Sobat MinDi harus mempelajari social media marketing melalui bootcamp atau pelatihan intensif.


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran terbaik dan inovatif. Bootcamp ini menyediakan LMS canggih yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.


Bootcamp dibimbing.id didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional di bidangnya, dan siap membantu Sobat MinDi wujudkan mimpi sebagai seorang social media marketing sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!