Tugas Data Scientist: Job Description , Tanggung Jawab, Skill dan Kualifikasinya

Syaukha Ahmad Risyad

•

14 May 2024

•

1319

Image Banner

Kamu mungkin tertarik dan penasaran dengan profesi data scientist, maka kamu perlu tahu apa saja tugas dan tanggung jawab seorang data scientist.

Di era digital dengan data yang melimpah dan terus bertambah, tentunya peran data scientist semakin dibutuhkan industri. Makanya, pilihan bagus kalau Sobat MinDi tertarik buat mengejar karir di bidang data science. Nah, di sini MinDi mau jelasin tentang tugas-tugas dan tanggung jawab apa saja yang dimiliki data scientist dalam perusahaan, dan apa saja sih yang kamu butuhkan untuk menjadi data scientist.


Apa itu Data Scientist?

Secara singkatnya, data scientist adalah seorang profesional yang memiliki tugas untuk mengumpulkan dan mengelola data yang sangat besar menggunakan keterampilan analitik, statistik, dan pemrograman. Mereka berperan untuk mengembangkan infrastruktur data yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam membuat keputusan berbasis bisnis.


Di Perusahaan Mana Data Scientist Bekerja?

Saat ini, data scientist bisa bekerja di ranah yang beragam. Hampir semua perusahaan bisnis memerlukan peran data scientist dalam operasinya. Bahkan badan-badan pemerintahan pun sudah menggunakan data-data. Jadi kamu bisa menjadi seorang data scientist yang terjun di bidang yang kamu gemari.

Meskipun begitu, ada beberapa sektor lembaga yang banyak memerlukan jasa data scientist:

  • Lembaga pemerintahan,

  • Institusi pendidikan,

  • Perbankan dan keuangan,

  • Layanan kesehatan,

  • Transportasi dan logistik,

  • Perusahaan teknologi,

  • E-commerce,

  • Media dan hiburan,

  • Riset dan pengembangan (RnD)



Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist


Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist


1. Mengumpulkan Data

Data scientist memiliki peran sepanjang proses pengolahan data, dan tugas pertamanya adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber. Sumber data ini bisa sangat beragam, termasuk database internal perusahaan, data publik, data dari sensor, dan bahkan data dari media sosial.

Proses pengumpulan data bukan hanya dilakukan secara manual. Data scientist juga harus mampu menggunakan berbagai metode data mining dan menggunakan tools machine learning untuk otomasi proses pengumpulan dan kategorisasi data.


2. Menjalankan Tahapan Pemrosesan Data

Selanjutnya, data scientist ikut andil dalam tahapan pembersihan data (data cleaning) agar bisa dianalisis. Data scientist harus membersihkan data dengan mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan, menghapus nilai yang hilang, dan menyesuaikan format agar sesuai dengan kebutuhan analisis. Data dalam pekerjaan ini meliputi data besar, yang kita sebut sebagai big data.


3. Melakukan Analisis Data

Data scientist juga ikut melakukan analisis data. Bersama stakeholder, data scientist mengidentifikasi masalah dan menentukan tujuan penelitian. Selanjutnya, data scientist melaksanakan berbagai teknik-teknik data science agar bisa mendapatkan informasi penting dari data. Mereka menerapkan model prediktif dan algoritma machine learning untuk mengidentifikasi pola, tren, dan korelasi di antara data.

Kemudian, data scientist harus membuat presentasi data, yang meliputi visualisasi data, untuk disampaikan kepada stakeholder.


4. Memberikan Rekomendasi Bisnis

Dari data yang sudah diolah dan dianalisis, data scientist ikut memberikan rekomendasi-rekomendasi bisnis berdasarkan temuan dari data. Bantuan dari data scientist bisa mencakup banyak ranah di perusahaan, dari pengembangan produk dan layanan, optimalisasi operasional, prediksi dan perencanaan, hingga identifikasi peluang bisnis.


5. Mengelola dan Mengembangkan Infrastruktur Data

Pekerjaan lain yang membedakan data scientist dengan pekerjaan bidang data lain adalah pengelolaan dan pengembangan infrastruktur data. Data scientist akan bertugas untuk membangun infrastruktur yang akan dipakai perusahaan dalam menyimpan big data dan memudahkan proses pengolahan data.



Jobdesc Data Scientist


Sumber : jobstreet.co.id



Kualifikasi Jobdesc Data Scientist

Berikut merupakan kualifikasi job description data science yang MinDi ambil dari lowongan pekerjaan yang asil. Berikut kualifikasinya:


  • Gelar sarjana atau pengalaman setara di bidang kuantitatif (Statistik, Matematika, Ilmu Komputer, Teknik, dll)

  • Pengalaman 1-2 tahun dalam analisis data atau pemodelan dan pemrograman data

  • Pemahaman tentang pemodelan prediktif, pembelajaran mesin, teknik pengelompokan dan klasifikasi, serta algoritma

  • Mahir dalam SQL, Hive, Pig dan pengalaman bekerja dengan bahasa komputer statistik (R, Python, Weka, NumPy, MatLab dll)

  • Pengalaman dalam kerangka pembelajaran mesin dan keakraban dengan kerangka Big Data dan alat visualisasi

  • Pemahaman di bidang otomotif dan up to date dengan tren pasar otomotif

  • Latar Belakang Teknik Perangkat Lunak yang Kuat

  • Pengalaman langsung dengan alat sains data

  • Kemampuan Memecahkan Masalah

  • Pikiran Analitis dan rasa bisnis yang hebat

  • Pengalaman Terbukti sebagai Analis Data atau Data Scientist



Skill yang Dibutuhkan Data Scientist

Sebagai data scientist, ada beberapa keterampilan yang perlu dikuasai. Berikut adalah beberapa keterampilan yang umumnya menjadi kualifikasi bagi seorang data scientist.

  • Statistika: Data scientist memerlukan pemahaman yang cukup kuat dalam bidang ini karena banyak teknik dan konsep dari statistika yang digunakan.

  • Matematika: Data scientist membutuhkan konsep matematika, khususnya kalkulus dan aljabar, karena berfungsi sebagai fondasi penting dalam pembuatan algoritma machine learning.

  • Pengolahan data: Data scientist harus mempunyai skills terkait proses-proses pengolahan dan analisis data, seperti data cleaning.

  • Machine learning: Data scientist harus memiliki keterampilan yang baik dalam pemodelan dan metode-metode machine learning.

  • Bahasa pemrograman: Kuasai bahasa-bahasa pemrograman, seperti Python, dan query, seperti SQL.

  • Visualisasi data: Data scientist harus mampu melakukan presentasi data. Keterampilan dalam menggunakan tool visualisasi data, seperti Tableau, akan menjadi nilai plus.

  • Data Wrangling: Keahlian dalam menangani ketidaksempurnaan dalam data adalah aspek penting dari deskripsi pekerjaan seorang ilmuwan data.

  • Pengalaman dengan Alat Visualisasi Data: seperti matplotlib, ggplot, d3.js., Tableau yang membantu mengkodekan data secara visual.

  • Kemampuan Komunikasi yang Luar Biasa: sangat penting untuk menjelaskan temuan kepada audiens teknis dan non-teknis.



Pelatihan Data Scientist

Kalau Sobat MinDi tertarik jadi data scientist, tentunya kamu perlu berlatih dan bersiap diri. Ada banyak konsep dan teknologi data science yang perlu kamu pelajari, seperti yang MinDi sebutkan di atas.

Nah, jangan khawatir! Dengan mengikuti Bootcamp Data Science dari Dibimbing.id, Sobat MinDi bakal bisa belajar dan berlatih konsep dan teknik yang dibutuhkan data scientist, seperti SQL, Python, dan Tableau, dengan kurikulum dan jadwal yang jelas!

Selain itu, kamu bakal dibimbing oleh ahli-ahli di bidang data science langsung! Jadi kamu bisa berdiskusi dan membangun relasi dengan mereka.

Yuk, bergabung dan jadi data scientist sekarang!



FAQ (Frequently Ask Question)


Siapa yang bekerja dengan seorang Data Scientist?


Data Scientist bekerja sama dengan tim Bisnis dan TI untuk memastikan solusi dan strategi yang diusulkan diimplementasikan.



Apakah pekerjaan sebagai Data Scientist sangat menekan?


Data Scientist secara definitif merupakan tugas yang sulit. Volume pekerjaan, tenggat waktu, dan tuntutan pekerjaan dari berbagai sumber dapat membuat pekerjaan data scientist menjadi sangat menekan.



Apakah Data Scientist Banyak Diminati?


Dengan data menjadi bagian besar dari dunia profesional saat ini, adalah ideal bahwa Ilmuwan Data menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, ilmu data akan mengalami pertumbuhan lebih besar daripada hampir semua bidang lain antara sekarang dan 2029.



Berapa Gaji Seorang Data Scientist?


Permintaan dan gaji untuk ilmuwan data cenderung lebih tinggi daripada sebagian besar pekerjaan ITES lainnya. Pengalaman adalah salah satu faktor kunci dalam menentukan kisaran gaji seorang profesional ilmu data. Menurut Glassdoor, seorang Ilmuwan Data di Amerika Serikat menghasilkan rata-rata tahunan sebesar USD 117.212, dan situs yang sama melaporkan bahwa Ilmuwan Data di India mendapatkan rata-rata tahunan sebesar ₹1.000.000.




Editor Notes: 


Artikel ini pertama kali ditulis pada Agustus 2023, dan telah diperbarui agar isinya tetap relevan dengan informasi terkini.



Referensi:


1. https://www.simplilearn.com/data-scientist-job-description-article

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!