Blog

/

Data Science

/

Prospek Kerja Data Scientist, The Sexiest Job of the 21st Century

Prospek Kerja Data Scientist, The Sexiest Job of the 21st Century

Dibimbing.id

10 June 2022

2229

Image Banner

Sobat MinDi sering gak sih ngalamin kalau tiap kali membuka situs job seeker, lihat banyak perusahaan yang sedang buka lowongan pekerjaan untuk data scientist. Belum lagi kalau buka Instagram, sering banget muncul course untuk mengenal lebih jauh tentang data scientist. Rasanya profesi yang satu ini jadi profesi yang lagi naik daun. Banyak banget penggemarnya. 

 

Jadi, penasaran gak sih sebenarnya gimana prospek kerja data scientist? Apakah bakal sangat menjanjikan? Nah, kalau Sobat MinDi sedang bertanya-tanya tentang hal itu, kamu berkunjung di blog yang tepat! 

 

Kali ini MinDi bakal bahas nih, gimana sih prospek kerja data scientist yang sedang digandrungi oleh banyak orang ini. Yuk simak sampai habis ya!

 

Prospek Kerja Data Scientist

 

1. Bidang yang akan terus berkembang

Tugas utama seorang Data Scientist adalah menganalisis dan mengolah data sedemikian rupa hingga akhirnya data olahan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan suatu perusahaan untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar. Sederhananya nih, seorang Data Scientist itu mainannya tentang programming, machine learning, risk analysis, dan research skills

 

Kehidupan kita yang serba bergantung pada internet, atau lebih dikenal dengan Internet of Things (IoT) menjadikan data sebagai hal yang penting. Sementara internet dan teknologi digital akan selalu mengalami perkembangan dan bisa dibilang, perkembangan dari Data Science ini sejalan dengan perkembangan internet dan teknologi digital. Dilansir dari Forbes, ahli memprediksi bahwa 163 zettabytes informasi akan dihasilkan. Kenapa bisa sebesar itu? Karena didorong juga oleh pertumbuhan yang eksplosif dari perangkat yang terhubung dan peningkatan kualitas jaringan. 

 

Lalu apa artinya?

 

Artinya profesi ini akan menjadi profesi yang dicari-cari di masa depan nanti untuk menunjang kebutuhan pengolahan big data. Atau bisa dibilang prospek kerja Data Scientist akan sangat cerah.  Jadi buat Sobat MinDi yang sedang berkecimpung atau sedang akan terjun ke dalam bidang ini, gak usah khawatir nih. 

 

2. Perkembangan data di dunia industri

Perkembangan ekonomi digital akan membawa perubahan besar pada dunia industri. Sobat MinDi pernah dengar tentang Artificial intelligence, bukan? NahArtificial Intelligence (AI) dan big data akan menjadi salah satu hal penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. 

 

Kenapa? Karena dengan adanya dua hal tersebut, membuat jangkauan perdagangan jadi lebih luas. Sederhananya, seperti makin mudahnya Sobat MinDi untuk bisa jual-beli lintas negara. Itu juga gak lepas dari kehadiran AI dan big data. 

 

Akhirnya, peluang untuk Data Scientist akan semakin besar. Data Scientist akan memberikan kontribusi yang positif pada industri manufaktur, retail, hingga finance, karena dengan pengolahan big data  yang dilakukan oleh seorang Data Scientist  akan mampu memberikan pengembangan yang lebih baik. 

 

3. Karir Data Science di tahun 2025

Seperti yang udah MinDi bahas sebelumnya, bahwa nanti di tahun 2025 diperkirakan 163 zettabytes informasi akan dihasilkan. Maka dari itu sangat diperlukan peran dari Data Scientist untuk mengolah dan mengimprovisasi data tersebut. Sementara itu, menurut data dari The US Bureau of Labour Statistics, pada tahun 2026, jobs requiring yang membutuhkan skill Data Science bisa meningkat hingga 27,9% lho!

 

Jadi, memilih Data Science menjadi karir masa depan kamu bukanlah keputusan yang salah. Data Science akan tetap menjadi salah satu profesi yang menggiurkan, dengan perannya yang penting dalam membantu menjawab kebutuhan khalayak ramai, salarynya juga gak sedikit lho, Sobat MinDi. 

 

Jadi gimana, apakah Sobat MinDi tertarik untuk mendalami profesi yang satu ini? Kalau dilihat dari pembahasan yang udah MinDi jelaskan, prospek kerja Data Scientist  ini sangat cerah, apalagi untuk 5 tahun mendatang. Belajar tentang Data Science bisa menjadi investasi besar untuk mengembangkan karir kamu, lho Sobat MinDi. 

 

Maka dari itu, untuk kamu yang merasa perlu banget untuk belajar Data Science, kamu bisa segera daftar Bootcamp Data Science  yang disediakan oleh dibimbing.id. Dengan mengikuti bootcamp ini, kamu berkesempatan untuk belajar Data Science secara intensif Bersama expert. Benefit lain yang bakal Sobat MinDi dapat juga gak kalah menarik, lho!

 

Mulai dari live class zoom selama 35 pertemuan, 20 lebih video learning, Sobat MinDi juga akan langsung mempraktikkan ilmu yang udah didapat di setiap pertemuan, dan final project yang bakalan mengasah kemampuan kamu. Ditambah lagi ada materi tambahan Business English bersertifikat yang bisa kamu gunakan untuk persiapan kerja, lho!

 

Masih terasa kurang benefitnya? Tenang, gak sampai disitu aja kok. Benefit paling utamanya adalah, akan ada konsultasi pribadi bersama mentor yang berpengalaman dan program penyaluran kerja! 

 

Nah, tunggu apalagi nih, Sobat MinDi? Data Scientist bakalan menjadi profesi yang dicari-cari banyak perusahaan besar, lho! Yuk segera daftar disini


 

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait