Training Soft Skill: Pengertian & Pentingnya Bagi Karyawan

Muthiatur Rohmah

•

08 February 2024

•

255

Image Banner

Training soft skill adalah melatih kemampuan non teknis seseorang berkaitan dengan caranya dalam bekerja.


Dalam dunia kerja, seseorang yang memiliki keterampilan soft skill yang unggul seperti, manajemen dan kolaborasi tim dapat meningkatkan kemampuan timnya dalam bekerja.


Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan maupun pemimpin tim untuk memperhatikan keterampilan soft skill yang dimiliki anggotanya.


Salah satunya adalah dengan mengikuti training soft skill.


Apa itu training soft skill? Apa pentingnya training soft skill bagi karyawan? Simak pembahasannya berikut ini.


Apa itu Soft Skill Training?


Training soft skill adalah program pelatihan yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan interpersonal dan atribut personal yang esensial untuk sukses dalam lingkungan kerja dan kehidupan sosial. 


Berbeda dengan hard skill yang berfokus pada kemampuan teknis dan pengetahuan spesifik terkait pekerjaan, soft skill mencakup aspek-aspek seperti komunikasi efektif, kerja sama tim, kepemimpinan, manajemen waktu, dan kemampuan adaptasi. 


Tujuan pelatihan soft skill adalah untuk meningkatkan kemampuan individu dalam berinteraksi secara efektif dengan orang lain, mengelola konflik, memimpin dengan empati.


Tujuan training soft skill bagi karyawan secara umum, adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan pribadi. 


Training soft skill biasanya menggunakan metode interaktif, seperti workshop, role-playing, dan diskusi kelompok, untuk memfasilitasi pembelajaran yang praktis dan aplikatif. 


Sehingga peserta dapat secara langsung menerapkan keterampilan soft skill yang dipelajari dalam situasi nyata di lingkungan kerja maupun pribadi.


Baca Juga: Upgrade Diri dengan Pelatihan Soft Skill Kampus? Intip Caranya Disini!


6 Training Soft Skill Penting dan Banyak Diminati


Menurut KPI Consultancy, terdapat 6 jenis pelatihan soft skill yang diminati dan penting untuk dipelajari oleh karyawan maupun individu.


Berikut adalah penjelasan dari 6 training soft skill tersebut:

Pelatihan soft skill sangat dicari dan dianggap kritikal untuk pengembangan profesional. Berikut adalah ringkasan dari beberapa program pelatihan soft skill utama yang sangat dihargai di lingkungan kerja:


1. Pelatihan Komunikasi Efektif


Komunikasi yang efektif merupakan kunci untuk menjadi komunikator yang handal, yang tidak hanya mampu menyajikan ide secara jelas tetapi juga dapat menjadi pendengar yang aktif. 


Keterampilan seperti penulisan bisnis, presentasi lisan, mendengarkan secara aktif, dan bekerja sama dengan tim, sangat penting di tempat kerja.


2. Pelatihan Kepemimpinan


Skill leadership merupakan hal yang penting, bukan hanya untuk pemimpin saja, namun seluruh anggota tim.


Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memimpin dan mengelola orang dalam situasi yang menantang, serta mencari solusi praktis dalam setiap permasalahan yang ada di lingkungan organisasi atau kelompok.


3. Pelatihan Kerja Sama Tim


Value seseorang dapat dinilai dari kemampuannya dalam berkolaborasi dengan tim yang sangat baik. 


Banyak orang lain yang kesulitan dalam bekerja sama dengan anggota tim lain, hal ini akan memberikan masalah pada akhirnya dan mengganggu kinerja antar anggota tim.


Sebagai seorang karyawan penting untuk melatih skill kolaborasi tim dengan efektif, agar target dan tujuan proyek perusahaan tercapai secara konsisten.


4. Pelatihan Manajemen Waktu


Jika seseorang memiliki keterampilan manajemen waktu yang efisien, mereka dapat menyelesaikan tugas lebih banyak dalam waktu yang lebih terbatas, sesuai dengan deadline yang diberikan.


Pelatihan skill ini mengajarkan karyawan cara mengatur waktu mereka secara strategis untuk meningkatkan produktivitas dan ketepatan pengiriman hasil kerja.


5. Pelatihan Kecerdasan Emosional


Keterampilan dalam mengelola emosi sendiri dan membangun hubungan kerja yang efektif sangat penting. 


Pelatihan kecerdasan emosional dapat melatih kemampuan mempengaruhi, memotivasi, dan berkolaborasi dengan anggota tim, yang semuanya penting bagi keberhasilan kepemimpinan.


Baca Juga: Tips Optimalisasi Pelatihan Soft Skill untuk Mahasiswa Disini!


6. Pelatihan Problem Solving


Individu yang pintar dalam menangani masalah artinya dapat menganalisis situasi dengan kritis dan mengidentifikasi solusi yang efektif.


Pelatihan ini mencakup pengembangan kemampuan berpikir kritis, membuat keputusan yang tepat, dan menerapkan pendekatan proaktif dalam mencari solusi.


Ikuti Training Soft Skill untuk Membuka Peluang Karir


Mengikuti training soft skill bagi karyawan dapat membuka peluang karir yang lebih luas, memperkuat kemampuan beradaptasi dan efektivitas kerja dalam berbagai situasi profesional.


Training soft skill tidak hanya penting bagi karyawan, pelatihan soft skill juga perlu untuk siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum untuk menghadapi tantangan kehidupan yang makin berat kedepannya.


Sebagai seorang pemimpin, Anda tertarik mendaftarkan tim mengikuti pelatihan soft skill? Ayo daftarkan tim Anda dalam corporate training dibimbing.id


Tidak hanya soft skill karyawan yang akan dilatih, dibimbing.id akan mengasah dan mengembangkan skill dan potensi karyawan dengan tepat sehingga berguna untuk kemajuan perusahaan


Jangan sampai kelewatan, segera konsultasikan tim Anda di sini! lalu nikmati kinerja tim yang naik level setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi potensi dan skill karyawan Anda.




Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!