Tingkatkan Cyber Security dengan Microsoft Defender: Pelatihan Intensif

Muthiatur Rohmah

•

26 February 2024

•

142

Image Banner

Mempelajari alat dan teknologi yang membantu keamanan sistem dan jaringan operasional adalah hal yang penting, terlebih Sobat MinDi adalah seorang IT perusahaan.


Ada banyak alat dan teknologi untuk meningkatkan cyber security perusahaan, salah satunya adalah microsoft defender.


Pelatihan MIcrosoft Defender untuk keamanan siber dapat membantu Sobat MinDi meminimalkan risiko dengan memulihkan serangan aktif, meningkatkan praktik perlindungan ancaman, dan mengamankan sistem IT perusahaan.


Penasaran mengenai pelatihan microsoft defender? yuk simak penjelasannya pada artikel ini.


Pelatihan Microsoft Defender untuk Keamanan Siber


Microsoft Defender adalah solusi keamanan siber komprehensif dari Microsoft, untuk melindungi infrastruktur TI dan data perusahaan dari berbagai ancaman siber.


Pelatihan Microsoft Defender untuk keamanan siber adalah program edukasi yang dirancang untuk mengajarkan peserta tentang cara menggunakan microsoft defender dalam cyber security jaringan perusahaan.


Pelatihan ini mencakup berbagai aspek keamanan siber, meliputi:

  • dasar-dasar keamanan jaringan dan endpoint

  • Microsoft Defender untuk Endpoint

  • Defender untuk Identitas 

  • Defender untuk Cloud. 

  • Defender untuk office 365, dan masih banyak lagi.


Peserta akan belajar tentang teknik-teknik untuk mendeteksi, mencegah, dan merespons terhadap perangkat lunak berbahaya, ransomware, phishing, dan serangan siber lainnya. 


Selain itu, pelatihan ini juga menyajikan best practices dalam konfigurasi kebijakan keamanan, analisis ancaman, serta integrasi dengan solusi keamanan lain dalam ekosistem Microsoft. 


Tujuan dari pelatihan microsoft defender adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memperkuat keamanan siber perusahaan, dan memanfaatkan fitur-fitur Microsoft Defender secara maksimal.


Apa saja Fitur Microsoft Defender?


Microsoft Defender, yang merupakan bagian dari solusi keamanan Microsoft yang lebih luas, menawarkan berbagai fitur untuk melindungi individu dan organisasi dari ancaman siber. 


Berikut adalah beberapa fitur Microsoft Defender yang perlu kita pahami:


1. Proteksi Antimalware dan Antivirus


Microsoft Defender menyediakan perlindungan real-time terhadap perangkat lunak berbahaya, virus, spyware, dan ransomware, menggunakan teknologi heuristik dan machine learning untuk mendeteksi ancaman baru.


2. Advanced Threat Protection (ATP)


Defender ATP adalah platform keamanan yang membantu mencegah, mendeteksi, menyelidiki, dan merespons terhadap ancaman lanjutan. Ini termasuk deteksi perilaku, analisis forensik, dan alat respons insiden.


3. Defender untuk Identitas


Fitur ini menggunakan sinyal pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi dan melindungi terhadap ancaman yang ditargetkan pada identitas organisasi, seperti akun yang disusupi.


4. Defender untuk Office 365


Melindungi email, dokumen, dan komunikasi kolaborasi dari serangan phishing, malware, dan ancaman lainnya dalam Office 365.


5. Defender untuk Endpoint


Memberikan perlindungan, deteksi, penyelidikan, dan respons terhadap ancaman tingkat lanjut pada endpoint, termasuk PC, ponsel, dan server.


6. Defender untuk Cloud Apps


Solusi Cloud Access Security Broker (CASB) yang memberikan visibilitas ke dalam penggunaan aplikasi cloud dan data, serta kontrol atas data dan kepatuhan.


7. Secure Score


Fitur yang menilai konfigurasi keamanan organisasi dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan postur keamanan.


8. Manajemen Ancaman


Fitur microsoft defender ini memungkinkan perusahaan untuk menemukan, memprioritaskan, dan memperbaiki kerentanan dan konfigurasi yang salah di dalam perangkat mereka.


9. Isolasi Berbasis Perangkat Lunak


Memungkinkan aplikasi berjalan dalam lingkungan yang terisolasi untuk mencegah malware dari menyebabkan kerusakan atau mencuri data dari sistem utama.


Microsoft Defender terus berkembang, menambahkan fitur dan kemampuan baru untuk bertahan melawan ancaman siber yang terus berubah dan semakin canggih.


Baca Juga: Pelatihan Data Scientist: Tingkatkan Kinerja Karyawan


Fungsi Pelatihan Microsoft Defender


Pelatihan Microsoft Defender bertujuan untuk memperkuat kemampuan keamanan siber perusahaan dengan mengajarkan cara efektif menggunakan berbagai produk Microsoft Defender. 


Adapun fungsi pelatihan microsoft defender untuk keamanan siber meliputi:


1. Pemahaman Komprehensif tentang Ancaman Siber


Peserta diajarkan untuk memahami berbagai jenis ancaman siber, termasuk virus, malware, ransomware, phishing, dan serangan lanjutan lainnya. 


Pelatihan ini membantu dalam mengidentifikasi tanda-tanda awal dari serangan potensial dan cara terbaik untuk mencegahnya.


2. Penggunaan Efektif Microsoft Defender


Pelatihan microsoft defender dapat meliputi cara menggunakan Microsoft Defender, termasuk Defender untuk Endpoint, Defender untuk Office 365, Defender untuk Identitas, dan Defender untuk Cloud. 


Peserta belajar cara mengkonfigurasi, mengelola, dan memaksimalkan penggunaan alat-alat ini untuk perlindungan maksimal.


3. Deteksi dan Respons Terhadap Ancaman


Melalui pelatihan microsoft defender untuk keamanan siber, peserta diajarkan bagaimana mendeteksi ancaman siber secara real-time dan meresponsnya dengan cepat dan efektif untuk meminimalkan dampaknya bagi perusahaan. 


Hal ini termasuk pelatihan tentang penggunaan dashboard, alert, dan alat analisis yang disediakan oleh Microsoft Defender.


4. Manajemen Keamanan dan Kebijakan


Peserta belajar cara merancang dan menerapkan kebijakan keamanan yang kuat menggunakan Microsoft Defender. 


Pelatihan ini mencakup konfigurasi pengaturan keamanan, manajemen akses, dan penggunaan kebijakan untuk melindungi data dan sumber daya IT.


5. Integrasi dan Otomatisasi


Pelatihan ini juga mencakup cara mengintegrasikan Microsoft Defender dengan alat dan platform keamanan lain, serta penggunaan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi proses keamanan. 


Peserta akan memahami cara menggunakan API Microsoft Defender untuk integrasi dan otomatisasi.


6. Best Practices dan Strategi Keamanan


Selain penggunaan teknis, pelatihan ini mengajarkan best practices dalam keamanan siber, strategi untuk membangun budaya keamanan di dalam organisasi, dan cara mengembangkan kerangka kerja keamanan yang komprehensif.


Pelatihan Microsoft Defender untuk keamanan siber merupakan solusi tepat untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan perusahaan dalam menghadapi ancaman siber.


Dengan pelatihan microsoft defender yang efektif, perusahaan dapat melindungi infrastruktur IT dan data penting dengan lebih efisien.


Baca Juga: Mengenal Pentingnya Belajar Cyber Security untuk Keamanan


Ikuti Pelatihan Microsoft Defender untuk Keamanan Siber bersama dibimbing.id


Pelatihan Microsoft Defender sangat penting bagi perusahaan dalam memastikan keamanan siber yang efektif dan komprehensif. 


Dengan meningkatnya ancaman siber yang kompleks dan canggih, memiliki tim yang terlatih untuk menggunakan Microsoft Defender memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan sepenuhnya fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh solusi keamanan ini. 


Pelatihan microsoft defender untuk keamanan siber dapat membantu tim IT mengidentifikasi, mencegah, dan merespons ancaman dengan lebih cepat dan efisien, mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan data. 


Corporate training dibimbing.id akan membantu perusahaan mengadakan pelatihan intensif cyber security melalui defender yang efisien dan efektif. Dibimbing.id siap membantu mempersiapkan tim IT perusahaan yang berintegritas terhadap keamanan sistem operasional perusahaan.


Ayo segera konsultasikan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati kinerja karyawan yang meningkat pesat setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!