dibimbing.id - 6 Rekomendasi Buku Project Management Terbaik, Yuk Lihat!

6 Rekomendasi Buku Project Management Terbaik, Yuk Lihat!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

27 March 2024

•

504

Image Banner

Bagi kamu yang baru memulai karir sebagai project manager, belajar dari beberapa referensi terpercaya bisa jadi pilihan tepat. Kamu bisa memulai mempelajari industri ini dengan membaca buku-buku project management.

Untuk membantu kamu menemukan buku yang tepat, MinDi telah siapkan rekomendasinya di sini. Simak sampai habis ya!



6 Rekomendasi Buku Project Management Terpopuler


Ada berbagai buku yang membahas berbagai aspek penting dalam manajemen proyek. Mulai dari perencanaan, eksekusi, hingga penutupan proyek, serta menawarkan berbagai perspektif dan metodologi. Berikut rekomendasi buku yang terpopuler:



1. A Guide to the Project Management Body of Knowledge



Sumber: Wikipedia

Rekomendasi buku project management pertama adalah A Guide to the Project Management Body of Knowlegde. Buku ini diterbitkan oleh Project Management Institute (PMI). Organisasi ini merupakan institusi profesional terkemuka di dunia untuk manajer proyek. 

Lebih lanjut, buku ini dianggap sebagai standar dalam industri manajemen proyek. Ini juga digunakan sebagai panduan utama untuk sertifikasi Project Management Professional (PMP)®. 

Edisi terbaru dari PMBOK® Guide menguraikan proses, praktik terbaik, terminologi, dan pedoman yang telah diakui secara universal dalam manajemen proyek. Ini dibagi menjadi bagian yang mencakup:


  • Lingkup Proyek

  • Waktu

  • Biaya

  • Kualitas

  • Sumber Daya Manusia

  • Komunikasi

  • Risiko

  • Pengadaan

  • Manajemen Pemangku Kepentingan



2. Agile Project Management with Scrum



Sumber: Amazon

Rekomendasi buku project management berikutnya adalah Agile Project Management with SCRUM. Buku ini ditulish oleh Ken Schwaber yang merupakan salah satu pencipta metode Scrum.

Dia menulis buku ini sebagai pengantar komprehensif ke Scrum yang merupakan kerangka kerja manajemen proyek Agile. Buku ini menawarkan panduan praktis tentang bagaimana menerapkan prinsip-prinsip Agile dan Scrum dalam manajemen proyek.

Melalui studi kasus dan contoh dari pengalaman nyata, pembaca akan mempelajari tentang peran Scrum Master, Product Owner, dan Tim Scrum. 

Selain itu, mereka juga akan mempelajari bagaimana siklus iteratif Scrum dapat digunakan. Mulai digunakan untuk merencanakan, mengelola, dan menyelesaikan proyek secara efektif.


Baca Juga: Apa Itu Project Management Plan dan Bagaimana Cara Membuatnya?





3. Project Management: The Managerial Process



Sumber: Mc-Graw Hill

Rekomendasi buku project management berikutnya adalah Project Management: The Managerial Process. Buku ini ditulis oleh Erik W. Larson dan Clifford F. Gray.

Lebih lanjut, buku ini menawarkan pandangan menyeluruh tentang manajemen proyek dari perspektif manajerial dan strategis. Penulis juga menyajikan kerangka kerja integratif yang menekankan pentingnya mengelola proyek dalam konteks strategi keseluruhan organisasi. 

Beberapa hal yang akan dipelajari pembaca antara lain:


  • Pentingnya Seleksi Proyek

  • Perencanaan

  • Penjadwalan

  • Kontrol Proyek

  • Manajemen Risiko



4. The Lean Startup



Sumber: Matthew Montaruli


Rekomendasi buku project management berikutnya adalah The Lean Startup. Meskipun bukan secara eksklusif tentang manajemen proyek, buku ini menawarkan prinsip dan teknik yang sangat relevan bagi manajer proyek.

Hal tersebut terutama dalam konteks startup dan pengembangan produk baru. Eric Ries memperkenalkan konsep seperti Minimum Viable Product (MVP), pivot, dan feedback loop yang cepat untuk mendorong inovasi dan adaptasi berkelanjutan.

Buku ini menekankan pentingnya pembelajaran validasi untuk membangun produk dan bisnis yang sukses dalam lingkungan tak pasti.



5. Making Things Happen: Mastering Project Management



Sumber: Goodreads

Rekomendasi berikutnya adalah Making Things Happen: Mastering Project Management oleh Scott Berkun. Penulisnya merupakan mantan manajer proyek di Microsoft.

Lebih lanjut, buku ini menawarkan wawasan praktis dan strategi tentang apa yang diperlukan untuk berhasil dalam manajemen proyek. Berkun membahas berbagai topik mulai dari perencanaan dan pengambilan keputusan. 

Ia juga menguraikan topik terkait kepemimpinan dan resolusi konflik. Penguraian tersebut dilakukan dengan menekankan pada aplikasi praktis daripada teori. 

Secara keseluruhan, buku ini penuh dengan contoh nyata, tips, dan teknik yang dapat diterapkan di banyak jenis proyek.


Baca Juga: Mengenal Perbedaan Product Manager vs Project Manager



6. Project Management for the Unofficial Project Manager



Sumber: Franklin Planner

Rekomendasi buku project management terakhir adalah Project Management for the Unofficial Project Manager. Buku ini dirancang untuk individu yang mungkin tidak bekerja sebagai manajer proyek tetapi sedang bertanggung jawab untuk mengelola proyek. 

Penulis Kory Kogon, Suzette Blakemore, dan James Wood menyediakan panduan yang jelas dan praktis untuk membantu 'manajer proyek tak resmi' ini berhasil. 

Buku ini berfokus pada keterampilan inti manajemen proyek seperti perencanaan, penjadwalan, pemantauan, dan komunikasi. Semua materinya disajikan dengan cara yang mudah diakses dan langsung dapat diterapkan.


Itulah beberapa rekomendasi buku project management yang bisa kamu baca. Apabila tertarik untuk belajar lewat praktinya, MinDi sarankan kamu untuk ikut Bootcamp product and project management dibimbing.id

Lewat program ini, kamu bisa belajar konsep dasar, kembangkan skills, hingga praktik dengan real-case project. Selain itu, programnya dirancang dengan kurikulum beginner-friendly yang cocok untuk pemula atau career-switcher.

Bukan hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk dapatkan pekerjaan lewat layanan job-connection ke 500+ companies. Menarik kan? Yuk, segera daftarkan dirimu dan bangun karir sebagai project manager bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!