dibimbing.id - Metode Agile: Definisi, Kelebihan & Kekurangan

Metode Agile: Definisi, Kelebihan & Kekurangan

Muthiatur Rohmah

•

02 February 2024

•

600

Image Banner

Metode Agile adalah pendekatan dalam pengelolaan proyek, terutama dalam pengembangan perangkat lunak, yang menekankan pada fleksibilitas, kolaborasi tim, dan tanggapan cepat terhadap perubahan. 


Metode agile penting untuk dipelajari seorang project manager atau project officer dalam mengembangkan software perusahaan.


Metode agile dapat membantu proses pengembangan software, agar product yang dihasilkan nantinya sesuai dengan minat konsumen.


Ingin tahu lebih lanjut tentang metode agile? Simak artikel ini, lalu pelajari juga tentang kelebihan dan kekurangan metode agile.


Definisi Metode Agile


Metode Agile adalah  pendekatan dalam pengelolaan proyek yang menekankan pada adaptasi cepat dan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan. 


Metode ini berasal dari pengembangan perangkat lunak, kemudian dirancang untuk mengatasi kelemahan pendekatan tradisional seperti model Waterfall, yang kurang fleksibel dalam menanggapi perubahan kebutuhan. 


Metode Agile dapat memecah proyek menjadi serangkaian siklus pendek atau sprint, di mana tim bekerja dalam iterasi kecil untuk menghasilkan produk atau bagian dari produk yang dapat diperiksa dan disesuaikan. 


Metode agile dapat memfasilitasi kolaborasi erat antara anggota tim dan stakeholder, serta adaptasi yang cepat terhadap feedback atau perubahan kondisi. 


Metode agile selalu fokus pada kepuasan pelanggan dan pengiriman nilai secara berkelanjutan, Agile mendorong komunikasi yang lebih transparan, perencanaan yang lebih responsif, dan pengambilan keputusan yang lebih cepat.


Sudah paham mengenai metode agile? Yuk tambah pemahamanmu dengan menyimak penjelasan kelebihan dan kekurangan metode agile, berikut ini.



Kekurangan Metode Agile


Meskipun metode Agile memiliki banyak kelebihan, terdapat juga beberapa kekurangan metode agile yang perlu dipertimbangkan, antara lain sebagai berikut.


1. Sulit diprediksi


Karena sifatnya yang fleksibel dan adaptif, kekurangan metode Agile adalah membuat perencanaan jangka panjang dan prediksi anggaran menjadi lebih sulit. 


Perubahan yang sering terjadi dalam skop proyek atau prioritas dapat mengakibatkan tantangan dalam memperkirakan sumber daya dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek secara keseluruhan.


2. Ketergantungan Tim


Kesuksesan metode Agile bergantung pada keahlian dan dedikasi tim. Tim yang kurang berpengalaman dan memiliki komunikasi buruk dapat mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip-prinsip Agile dengan efektif. 


Hal ini memerlukan investasi lebih dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan tim, saat menjalankan manajemen proyek menggunakan metode agile.


3. Kurangnya Dokumentasi


Metode Agile cenderung menekankan pada pengembangan produk daripada dokumentasi lengkap. 


Meskipun ini dapat mempercepat proses pengembangan, kurangnya dokumentasi yang detail dapat menjadi masalah, terutama dalam proyek yang kompleks atau ketika terjadi pergantian anggota tim.


4. Risiko Perubahan


Fleksibilitas metode Agile dalam menangani perubahan dapat menyebabkan creeping scope atau perluasan skop proyek yang tidak terkendali. 


Tanpa pengawasan yang cermat, perubahan berkelanjutan dapat menyebabkan proyek menyimpang dari tujuan awal atau mengalami penundaan dan peningkatan biaya yang signifikan. 


Kekurang metode agile dapat dihindari dengan manajemen proyek yang kuat, komunikasi yang efektif, dan keterlibatan stakeholder yang teratur. Sehingga project dalam berjalan dengan lancar dan sukses menggunakan metode agile.


Dengan memahami kelebihan dan kekurangan metode agile, Sobat MinDi dapat memutuskan metode yang tepat yang sesuai dengan project perusahaan yang sedang dijalankan.


Gimana nih, ingin mempelajari metode agile lebih lanjut? atau berkeinginan switch career sebagai project manager atau project officer?


MinDi ada rekomendasi, Yuk ikuti bootcamp product and project management dibimbing.id. Dengan pembelajaran yang inovatif disertai silabus terbaik, dibimbing.id siap bantu wujudkan karirmu sebagai project manager yang sukses.


Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!